Aplikasi email terbaik di Android

Bagi sebagian orang, aplikasi email mungkin bukanlah suatu hal yang penting. Namun bagi mereka yang sering berkirim pesan secara resmi seperti pekerjaan kantor, keberadaan aplikasi tersebut masih sangat diperlukan dalam kegiatan sehari-hari.

Smartphone saat ini, baik Android maupun iPhone, sebenarnya sudah memiliki aplikasi email bawaan yang siap digunakan. Kita hanya perlu login dengan akun yang kita miliki, email pun siap disinkronkan dengan perangkat tersebut.

Meski begitu masih banyak yang merasa bila aplikasi email bawaan hape tersebut masih belum bisa mengakomodir keperluan mereka. Apalagi bagi mereka yang memiliki banyak email dari provider yang berbeda-beda.

Nah, supaya bisa membantu kamu mengakses dan mengatur semua surat elektronik tersebut, berikut adalah beberapa aplikasi email terbaik di Android yang bisa kamu pilih.

Aplikasi Email Terbaik

1. Gmail

Gmail adalah aplikasi email paling populer dan bisa dibilang terbaik di Android. Tanpa perlu diinstal, aplikasi Gmail umumnya sudah terpasang secara otomatis di setiap smartphone berbasis Android.

Tidak seperti kebanyakan aplikasi built-in yang berkualitas rendah, Gmail dilengkapi banyak fitur berguna seperti pemfilteran spam, akses offline, integrasi dengan Google Hangouts, dan banyak lagi.

Tidak hanya itu, aplikasi email terbaik ini juga menawarkan penyimpanan cloud 15 GB, yang hampir dua kali lipat dari yang ditawarkan penyedia layanan email lainnya. Ukuran file yang bisa kamu jadikan attachment pun cukup besar, hingga 25 MB!

Pada umumnya fitur-fitur yang ada pada Gmail sudah lebih dari cukup untuk penggunaan pribadi, bahkan bisnis. Namun jika kamu berencana untuk mencari alternatif Gmail, kamu bisa mencoba aplikasi email gratis berikutnya!

2. Microsoft Outlook

Pesaing kuat sekaligus alternatif Gmail terbaik yang bisa kamu pertimbangkan pertama kali adalah Microsoft Outlook. Melalui aplikasi ini, pengguna Android dapat mengelola semua akun email dan file mereka di satu tempat.

Aplikasi email android ini memiliki tampilan inbox yang fokus menyimpan pesan penting di bagian teratas. Selain itu Outlook juga memungkinkan pengguna untuk beralih antara email dan kalender hanya dengan beberapa langkah saja.

Tidak hanya itu, Microsoft Outlook juga menawarkan akun pertukaran, yang memungkinkan pengguna untuk mengelola kalender, menjadwalkan rapat, dan banyak lagi. Dengan semua fitur tersebut, aplikasi email android ini dapat membantu pengguna menjadi lebih produktif.

Satu hal lain yang patut jadi pertimbangan kamu dalam memilih Outlook adalah penggunaan layanan Microsoft lainnya, seperti Office 365.

3. Blue Mail

Blue Mail - Aplikasi buka email di Android

BlueMail adalah aplikasi email gratis namun paling aman untuk Android yang mampu mengelola banyak akun email. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengirim email secara massal dan menggunakan smart push notification. Kamu bahkan dapat mengatur waktu untuk menerima notifikasi email tersebut.

Tampilan layout Blue Mail sendiri cukup standar meski kamu dapat memodifikasinya sesuai kebutuhan. Aplikasi ini memiliki tema terang dan gelap, yang dapat diubah pada waktu tertentu dalam sehari.

Untuk layanan yang lebih baik, aplikasi email untuk Android ini juga mendukung penyedia email lain seperti IMAP, POP3, dan Exchange (ActiveSync, EWS, 365).

4. TypeApp Mail

TypeApp Mail  - Aplikasi email android yang ringan dan cepat

TypeApp adalah aplikasi email yang dirancang dengan indah yang memberikan pengalaman email terbaik yang dapat mengelola banyak akun dari satu aplikasi email yang sepenuhnya dapat disesuaikan. Salah satu aplikasi email terbaik untuk Android ini memiliki fitur 'Cluster Otomatis' yang menggabungkan semua email dari layanan tersebut secara otomatis, berdasarkan nama layanan dan avatar.

Untuk menjadikannya platform terpadu, aplikasi ini juga mendukung protokol Exchange dan dapat digunakan untuk mengonfigurasi semua akun. Dan untuk menjaga komunikasi tetap aman, aplikasi ini terintegrasi dengan standar enkripsi terdepan dan memberikan kamu opsi kode sandi dan lock screen.

5. myMail

myMail - Aplikasi untuk membuka dan mengirim email lewat hp Android

myMail adalah aplikasi email lain untuk Android yang telah mengumpulkan jutaan unduhan di Play Store. Aplikasi ini menawarkan dukungan untuk semua penyedia email utama dan layanan kotak surat berbasis IMAP atau POP3 lainnya.

Bagian terbaik dari aplikasi email Android ini adalah tempat penyimpanannya tak terbatas, yang mungkin dapat berguna untuk kamu yang menggunakan email untuk bisnis. Selain itu inboks dan interaksi pesan di aplikasi ini pun cukup intuitif, karena memungkinkan korespondensi melalui gerakan dan ketukan.

Aplikasi ini menyimpan semua surat dengan aman di satu tempat dan membuat komunikasi menjadi cepat, ringan, dan ramah seluler. Untuk menjaga komunikasi tetap aman, aplikasi email Android ini mengakses data pengguna langsung dari situs web Microsoft dan Google.

6. Edison Mail

Email dari Edison Software adalah aplikasi email Android yang ringan dengan desain elegan dan cocok sebagai pengganti ideal untuk aplikasi email bawaan hape kamu. Edison Mail dapat digunakan untuk mengelola akun email dari beberapa penyedia layanan termasuk Gmail, AOL Mail, Yahoo Mail, dan banyak lagi.

Aplikasi email seluler terbaik dikembangkan secara baik dan menawarkan layanan yang tak tertandingi dengan asisten bawaannya yang cerdas yang dengan cepat mengumpulkan info utama email termasuk lampiran, tagihan, file, dan tanda terima.

Untuk lebih memudahkan penggunanya, aplikasi ini juga dapat menyesuaikan lokasi dan jenis tindakan melalui menu pengaturan.

7. Yahoo Mail

Yahoo! Mail - Apliksi yahoo email di Android

Sebelum ada Gmail, Yahoo Mail adalah salah satu email terpopuler. Meski kini sudah tidak banyak menarik pengguna baru, banyak pengguna lama Yahoo Mail yang masih menggunakan email tersebut.

Meski dikembangkan langsung oleh Yahoo!, aplikasi Yahoo email di Android sendiri bisa dipakai untuk membuka email dari Gmail, Outlook, AOL, dan AT&T. Masing-masing inbox pun dapat dikustomisasi dan diberi label agar kamu dapat mengaturnya dengan mudah.

Satu hal yang menarik, aplikasi email ini bisa dipakai untuk mengatur waktu penerbangan kamu dengan mudah. Hanya dari satu tempat, kamu bisa mendapatkan update mengenai delay, pembatalan penerbangan, serta waktu check-in secara lengkap.

8. Spark Mail

Spark Mail - Aplikasi email kantor di Android

Spark Mail adalah aplikasi email client yang bisa dipakai untuk membuka email dari beberapa email provider seperti Gmail, AOL, Hotmail, MSN, Yahoo, Exchange, iCloud, Microsoft Outlook, mail.ru, IMAP, dan masih banyak lagi.

Pada aplikasi ini kamu bisa menemukan banyak fitur berguna menunda email, mengirim email di waktu tertentu, reminder, pin emails, smart mail search, hingga undo send mail. Selain itu kamu pun akan disediakan widget agar kamu bisa mengakses email dengan mudah dari homescreen.

Satu hal yang menarik, Spark Mail bisa dipakai untuk membuat inboks bersama yang bisa diakses oleh beberapa orang sekaligus. Hal ini akan sangat cocok untuk kamu yang sedang mencari aplikasi email kantor di Android untuk digunakan bersama-sama dalam sebuah tim.

9. Proton Mail

ProtonMail adalah aplikasi email client terbaik untuk kamu yang sangat mengedepankan urusan privasi. Aplikasi ini mengintegrasikan PGP end-to-end encryption yang membuat email kamu tetap aman. Semua komunikasi email disimpan dalam format terenkripsi yang bahkan tidak bisa dibaca oleh ProtonMail sekalipun.

Aplikasi ini menawarkan antarmuka dengan tampilan modern dengan serangkaian fitur inventif seperti kemampuan untuk mengirim email kedaluwarsa.

Untuk akun gratis, kamu bisa mengirim hingga 150 pesan per hari dengan penyimpanan 500 MB. Jika kamu ingin batas yang lebih besar, Proton Mail memiliki akun berbayar mulai dari 48 Euro per tahunnya.


Meski email bawaan Android dan Gmail sudah cukup mumpuni, tidak jarang ada pengguna yang menginginkan fitur lebih untuk mengelola email mereka.

Jadi jika kamu sering menggunakan email untuk pekerjaan kantor atau internet marketing, tidak ada salahnya untuk mencari alternatif yang lebih baik di luar sana bukan?

Post a Comment