Keberadaan pandemi membuat banyak hal berubah, salah satunya adalah kegiatan conference atau meeting yang lebih banyak dilakukan secara online. Tanpa perlu bertatap muka langsung, kita bisa berbicara dengan sekelompok orang dengan mudah dari mana saja kita bekerja.

Aplikasi conference sendiri memiliki popularitas yang sangat menanjak dan banyak digunakan selama kegiatan belajar mengajar atau pekerjaan. Dan salah satu aplikasi video conference yang banyak digunakan adalah Zoom.

Tanpa perlu membuat akun, kita bisa bergabung dengan room khusus dengan pengguna lain yang telah diizinkan oleh host. Meski cukup terbatas, penggunaan aplikasi zoom gratis sudah lebih dari cukup untuk penggunaan pribadi.

Selain Zoom sendiri sebenarnya masih ada banyak lagi aplikasi meeting dan video conference yang bisa digunakan. Masing-masing memiliki kelebihannya masing-masing dan bisa jadi alternatif Zoom yang sama-sama bisa diandalkan.

1. Skype

aplikasi video conference terbaik selain zoom

Skype adalah salah satu aplikasi panggilan video tertua, bahkan sudah ada jauh sebelum Zoom. Sejak tahun 2003, Skype sudah diandalkan untuk melakukan panggilan suara atau panggilan video ke seluruh dunia dengan tarif yang sangat bersahabat.

Aplikasi ini tersedia pada banyak platform yang mendukung browser. Skype bahkan bisa digunakan pada konsol game seperti Xbox. Setiap panggilan bisa dilakukan hingga 50 partisipan dengan batas waktu panggilan hingga 4 jam.

Satu hal yang menarik, Skype bisa digunakan untuk menelpon nomor telepon rumah, meski hanya bisa dilakukan di negara tertentu. Selain itu Skype juga menyediakan fitur Classroom yang diperuntukan khusus untuk pendidikan.

2. Google Duo

Google Duo merupakan jawaban Google akan popularitas aplikasi video conference FaceTime milik Apple. Cara kerjanya sendiri tidak jauh berbeda dengan aplikasi sosial lain seperti WhatsApp atau Facebook Messenger. Menariknya, kamu tidak perlu memiliki kontak orang lain untuk dapat terhubung dengan mereka.

Sayangnya aplikasi Google Duo hanya bisa digunakan untuk melakukan panggilan hingga 12 peserta saja. meski begitu kualitas koneksi Google Duo patut diacungi jempol dan memastikan kamu mendapatkan pengalaman terbaik saat melakukan panggilan video.

3. Google Hangouts

Selain Google Duo, ada Google Hangouts yang bisa digunakan oleh lebih banyak peserta. Melalui Google Hangouts, kamu bisa melakukan panggilan video hingga 25 orang, atau melakukan panggilan suara hingga 150 orang peserta.

Menariknya, tidak ada batasan waktu untuk melakukan panggilan sehingga kamu bisa puas berbicara banyak dengan peserta lainnya. Dan tidak hanya tersedia di Android saja, aplikasi video conference alternatif Zoom ini juga tersedia di iOS dan web yang support browser.

4. Microsoft Teams

Sebagai salah satu nama besar di dunia teknologi, Microsoft juga memiliki aplikasi video conference yang mereka kembangkan sendiri. Microsoft Teams bahkan diklaim lebih baik dari Zoom karena mampu menyediakan panggilan video berkualitas HD dengan 250 peserta atau 10 ribu orang saat melakukan live video.

Dan jika kamu sering menggunakan aplikasi Office 365, maka integrasi kamu dengan Microsoft Teams akan lebih mudah.

5. Cisco Webex Meeting

aplikasi meeting terbaik selain zoom

Cisco Webex umumnya lebih dikenal di kalangan profesional dan pelaku bisnis. Aplikasi meeting ini tersedia untuk beragam platform mulai dari iOS, Android, Windows, dan Mac OS.

Untuk setiap akun gratis bisa digunakan untuk menampung 100 orang partisipan sekaligus. Enaknya lagi tidak ada batasan waktu panggilan seperti pada aplikasi Zoom. Hasil meeting pun nantinya dapat direkam untuk diputar ulang kembali di lain waktu.

6. Discord

Discord jadi salah satu aplikasi perpesanan yang lebih popular di kalangan gamer dan streamer. Aplikasi Discord sendiri bisa diakses di banyak platform mulai dari Windows, Mac, Linux, atau smartphone.

Aplikasi ini cukup powerful untuk digunakan dalam berkirim pesan dan melakukan panggilan video. Dengan Discord, kamu bisa membaut server yuang nantinya bisa diatur untuk dijadikan ruang obrolan, baik chatting maupun panggilan audio video hingga 50 orang.

7. Jitsi Meet

Jitsi Meet adalah aplikasi open source yang memungkinkan kita untuk membuat room khusus dan membagikan linknya ke orang lain. Dengan kemampuannya untuk menampung hingga 75 peserta, Jitsi Meet jadi aplikasi meeting alternatif Zoom yang cukup populer di kalangan pengguna Android dan iPhone.

Menariknya, tidak ada batasan waktu saat menggunakan aplikasi ini. Kamu pun tidak perlu membuat akun terlebih dahulu untuk mulai menggunakannya. Dan tidak kalah pentingnya, Jitsi Meet juga dapat diintegrasikan dengan mudah dengan layanan lain seperti Slack, Google Calendar, serta Office 365.


Aplikasi video conference jadi salah satu aplikasi wajib untuk kamu yang akan sering melakukan meeting atau berkomunikasi dengan banyak orang. Selain menggunakan Zoom, ada banyak alternatif Zoom lain yang juga tidak kalah populer dan sama-sama bisa digunakan untuk memudahkan kamu dalam melakukan panggilan video grup.

Post a Comment