9 Aplikasi Piano Terbaik untuk Semua Perangkat - GimTekno

9 Aplikasi Piano Terbaik untuk Semua Perangkat

Sesuai namanya, aplikasi piano virtual memungkinkan kamu untuk memainkan alat musik tersebut tanpa piano sesungguhnya. Pilihannya pun beragam dengan adanya software untuk PC Windows dan Mac, serta aplikasi untuk smartphone Apple iOS dan Android.

Tidak cuma mensimulasikan bunyi piano, beberapa aplikasi piano virtual juga dilengkapi dengan berbagai fitur lainnya. Misalnya saja recording, sound effect, hingga tutorial yang pastinya akan sangat membantu untuk kamu yang ingin belajar piano.

Jika kamu ingin mencobanya, berikut adalah beberapa aplikasi piano virtual terbaik yang bisa kamu coba sesuai dengan perangkat yang kamu inginkan.

Aplikasi Piano Terbaik

1. Recursive Arts Virtual Piano

Platform: Web (Online)

Aplikasi piano terbaik pertama adalah Virtual Piano dari Recursive Arts. Dengan tampilan 3D, kamu bisa memainkan simulasi piano, organ, harpa, atau synthesizer secara online tanpa perlu menginstal software apapun.

Recursive Arts Virtual Piano

Virtual piano online ini pun dilengkapi dengan beberapa fitur seperti metronome, key mapping, serta tombol Record dan Save agar kamu bisa menyimpan permainan kamu sendiri.

Menariknya, virtual piano ini juga memiliki Song Mode yang bisa membantu kamu untuk belajar piano melalui lagu-lagu favoritmu. Kamu pun bisa memainkan Piano Game untuk mengetes skill piano kamu dan berkompetisi dengan user lain dari seluruh dunia.

2. VirtualPiano.net

Platform: Web (Online)

VirtualPiano.net adalah aplikasi piano lain yang bisa kamu gunakan secara online di berbagai perangkat. Selain bisa memilih berbagai jenis Piano, kamu bahkan bisa memainkan instrumen lainnya seperti organ, harpa, gitar, akordion, hingga instrumen perkusi.

VirtualPiano.net

Virtual Piano ini sendiri akan sangat cocok untuk kamu yang ingin belajar piano hingga mahir. Untuk memainkannya, kamu bisa memilih salah satu dari beragam music sheets yang disediakan. Kamu pun bisa bermain menggunakan keyboard yang sudah secara otomatis disesuaikan. Saat bermain, kamu pun hanya perlu menekan tombol yang di-highlight secara real-time mengikuti irama lagu.

Sama seperti aplikasi sebelumnya, virtual piano ini juga hadir dengan beragam fitur untuk mengatur suara atau mengubah tampilan piano. Kamu pun bisa merekam sesi permainan kamu meski hal ini terbatas jika kamu tidak membuat akun.

3. Online Pianist

Platform: Web (Online), Android, iOS

Online Pianist adalah aplikasi piano virtual lain yang bisa kamu gunakan secara online di berbagai perangkat. Kamu juga bisa memakainya melalui aplikasi resmi mereka untuk Android dan iOS.

Online Pianist Virtual Piano

Aplikasi ini dapat dipakai untuk mensimulasikan piano sungguhan dengan 88 tuts yang mencakup 7 1/4 oktaf. Namun pada aplikasi mobile, aplikasi ini hanya menyediakan tuts hingga 5 oktaf saja karena keterbatasan lebar layar smartphone.

Sama seperti aplikasi piano virtual lainnya, Online Pianist juga memiliki fitur lain seperti opsi pedal sustain, metronome, dan mode full-screen. Aplikasi ini pun menyediakan beragam pilihan lagu untuk membantu belajar piano meski tidak ada opsi untuk merekam sesi permainan kamu.

4. Piano App by Virtual Drumming

Platform: Web (Online), Android & iOS (via Web)

Piano App by Virtual Drumming adalah aplikasi piano virtual yang bisa kamu mainkan secara online di PC Windows atau Mac. Mereka pun menyediakan halaman khusus agar pengguna smartphone Android atau iOS lebih mudah memakainya.

Piano App by Virtual Drumming

Tidak kalah dari aplikasi lainnya, Piano App juga dilengkapi dengan banyak fitur seperti metronome, sustain pedal, serta fitur rekam yang memungkinkan kamu untuk menyimpan permainan kamu hingga 1 menit.

Satu hal yang menarik, aplikasi piano virtual ini juga memungkinkan kamu untuk mempelajari triad Major dan Minor, serta belajar skala seperti Pentatonic atau Harmonic dari nada yang kamu pilih.

5. Piano by Yousician

Platform: Windows, Mac, Android, iOS

Yousician adalah salah satu platform terbesar di dunia bagi kamu yang ingin belajar memainkan musik. Mereka mengembangkan banyak aplikasi yang bisa membantu kamu belajar alat musik, seperti piano yang bisa dimainkan di PC, Android, serta iOS.

Piano by Yousician

Di aplikasi ini, terdapat ribuan pelajaran, latihan, hingga pilihan lagu populer yang bisa kamu pelajari. Kurikulum musik yang disediakan pun dirancang khusus oleh pengajar terbaik agar setiap orang bisa meningkatkan skill berdasarkan level mereka.

Satu hal yang menarik, Aplikasi Piano ini mampu mendengarkan permainan kamu dan memberi penilaian. Kamu pun bisa mengikuti tantangan mingguan dan bersaing dengan jutaan pengguna aplikasi ini di seluruh dunia.

6. Piano Academy

Platform: Android, iOS

Piano Academy adalah aplikasi yang cocok untuk kamu yang ingin belajar piano dari nol. Melalui aplikasi ini kamu bisa belajar piano dari dasar dan terus naik dengan materi yang lebih advanced.

Pada awal pembelajaran, kamu akan diajarkan untuk lebih familiar dengan layout piano atau keyboard kamu. Setelah itu kamu bisa belajar notasi musik serta memainkan beberapa lagu yang sudah disesuaikan untuk pemula. Pada tahap selanjutnya, kamu bisa mempelajari chords, cara bermain dengan dua tangan, dan materi lainnya.

Setiap topik dan teori pun memiliki video penjelasan dan animasi yang mudah dicerna. Aplikasi ini pun menyediakan games yang bisa membantu kamu mengingat materi dengan lebih baik. Dan untuk memudahkan kamu dalam belajar piano, akan lebih baik jika kamu memiliki keyboard/piano elektrik, MIDI keyboard controller, atau bahkan piano akustik biasa.

7. Simply Piano

Platform: Android, iOS

Sesuai namanya, Simply Piano adalah aplikasi piano virtual yang akan membuat proses belajar piano kamu mudah dan menyenangkan. Di dalamnya, kamu bisa menemukan beragam materi dan music sheets yang dibuat oleh tenaga pendidik ahli.

Simply Piano

Bagi yang sedang belajar piano dari nol, Simply Piano bisa mengajarkan semua materi yang kamu butuhkan dari dasar. Kamu pun bisa belajar step-by-step, mulai dari membaca sheet musik hingga bermain piano dengan dua tangan.

Sama seperti banyak aplikasi piano terbaik lainnya, Simply Piano juga bisa mendengarkan nada yang kamu mainkan melalui mic atau koneksi MIDI. Nantinya aplikasi ini bisa mendeteksi nada yang salah dan memberikan kamu feedback agar kamu bisa memperbaikinya.

8. Skoove

Platform: Android, iOS

Skoove adalah aplikasi piano yang bisa digunakan di smartphone Android, iPhone, serta iPad. Dan selain bisa dimainkan langsung dari gadget kamu, aplikasi ini juga bisa dihubungkan ke keyboard kamu melalui sambungan Bluetooth.

Skoove Piano App

Di dalam aplikasi ini terdapat ratusan materi pembelajaran agar kamu bisa mempelajari dasar-dasar musik dengan sempurna. Skoove pun menyediakan fitur agar kamu bisa belajar untuk mengenali nada dan berimprovisasi dengan teknik yang sudah kamu pelajari. Menariknya, Skoove mampu mengenali nada yang kamu mainkan dan memberikan masukan agar kamu bisa meningkatkan permainan piano kamu.

Sayang kebanyakan kontennya hanya bisa dinikmati pada versi premium. Pada versi Pro-nya, kamu bisa mendapatkan banyak hal seperti akses tidak terbatas, special courses, hingga one-on-one support dari instruktur terbaik dari Skoove.

9. Piano+

Platform: Android

Dengan 50 juta lebih unduhan dan rating rata-rata 4.4, Piano+ adalah salah satu aplikasi piano terbaik untuk smartphone dan tablet Android. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mensimulasikan piano 88 tuts dengan kualitas suara yang luar biasa. Menariknya, kamu bisa mengatu ukuran piano agar lebih mudah dimainkan sesuai ukuran jari tangan masing-masing.

Pilihan instrumen musik yang bisa kamu mainkan di aplikasi ini pun beragam, mulai dari Grand Piano, Digital Piano, Guitar, Viola, bahkan Music Box. Tampilan aplikasi pun dibuat sangat menarik, serta dilengkapi dengan huruf pada masing-masing tuts agar kamu bisa dengan mudah mengikutinya.

Tidak cuma itu saja, Piano+ juga memiliki fitur MIDI keyboard recording di mana kamu bisa meerekan file MIDI kamu sendiri dan membagikannya ke orang lain. Selain itu ada fitur Caily Challenge untuk menantang diri kamu dan berkompetisi dengan user lain dari seluruh dunia.


Itulah dia beberapa aplikasi piano terbaik yang mampu mensimulasikan piano secara virtual. Tidak cuma memudahkan kamu untuk bermain alat musik ini, beberapa aplikasi tersebut juga bisa memandu kamu untuk belajar piano dari nol. (Gimtekno.com)

0 Komentar