30+ Game Kereta Api Terbaik di Android - GimTekno

30+ Game Kereta Api Terbaik di Android

Ada banyak hal yang membuat kereta api menarik, mulai dari sejarahnya, bentuknya, aspek nostalgianya, hingga kecanggihan teknologinya. Maka tidak heran jika game kereta Android tidak kalah populer dibanding simulasi kendaraan lainnya.

Di Google Play Store, kamu bisa download beragam game kereta api, mulai dari simulasi kereta api klasik, kereta listrik, kereta cepat, MRT, masinis, kondektur, dan masih banyak lagi.

Nah, buat kamu yang mengagumi kendaraan ini, berikut adalah beberapa rekomendasi game kereta api terbaik di Android yang bisa kamu mainkan.

Game Kereta Api Android

Game Developer Rating Download
Train Taxi SayGames 4.4 50M+
Train Racing Games 3D 2 Player Multi Touch Studios 4.2 50M+
Thomas & Friends: Go Go Thomas Budge Studios 4.2 50M+
Tiny Rails Trophy Games 4.5 10M+
Train Sim 3583 Bytes 4.4 10M+
Train Conductor World The Voxel agents 4.4 10M+
Indonesian Train Simulator Highbrow Interactive 4.3 10M+
Train Station 2 Pixel Federation Games 4.3 10M+
Baby Panda's Train BabyBus 4.3 10M+
Train Simulator: Railroad Game Azur Interactive 4.3 10M+
Labo Brick Train Game For Kids Labo Lado 4.3 10M+
Chuggington: Kids Train Game Budge Studios 4.3 10M+
Thomas & Friends Minis Budge Studios 4.3 10M+
Thomas & Friends: Magic Tracks Budge Studios 4.2 10M+
City Train Driver Simulator ALP GAMES 4.1 10M+
Euro Train Simulator 2 Highbrow Interactive 4.3 5M+
Railroad Train Simulator Games GamePark 4.1 5M+
Mini Metro Dinosaur Polo Club 4.9 1M+
Idle Train Empire Candy Madness 4.6 1M+
Electric Trains Zhenya 4.5 1M+
Train and Rail Yard Simulator 3dinteger 4.4 1M+
Open TTD Pelya 4.4 1M+
Classic Train Simulator Highbrow Interactive 4.3 1M+
Tracky Train Crash Lab Limited 4.3 1M+
Pocket Trains NimbleBit LLC 4.1 1M+
Train Maker Monois Inc 4.6 500K+
DeckEleven's Railroads 2 DeckEleven 4.3 500K+
SenSim Train Simulator Studio 134 4.2 500K+
IDBS Indonesia Train Simulator IDBS Studio 4.0 500K+
Train. Station. Railroad. Stereo7 Games Limited 4.7 100K+
Hmmsim 2 - Train Simulator Jeminie Interactive 4.3 50K+
Train Racing Highbrow Interactive 4.3 10K+
Sid Meier's Railroads! Feral Interactive 4.7 5K+

1. Train Station 2

Buat kamu yang senang dengan game tycoon, Train Station 2 adalah game kereta yang fokus pada aspek manajemen dibanding judul lain di daftar ini. Jadi alih-alih mengendarai kereta api, kamu ditugaskan untuk membangun kerajaan transportasi berbasis kereta.

Train Station 2

Untuk melakukannya, kamu harus memenuhi permintaan beberapa kontraktor dalam memenuhi kebutuhan logistik mereka. Kamu pun harus bisa mengatur armada kamu agar perusahaan berjalan dengan efisien.

Tidak cuma itu, kamu pun bisa mengoleksi berbagai kereta bersejarah yang ada di dunia nyata. Setiap kereta pun bisa diupgrade untuk mengangkut lebih banyak barang. Jangan lupa juga untuk membangun jalur kereta yang lebih besar untuk menampung lebih banyak kereta api.

2. IDBS Indonesia Train Simulator

Bagi pecinta kereta lokal, IDBS Indonesia Train Simulator jadi game kereta terbaik Android yang harus kamu instal. Di sini kamu bisa menemukan banyak kereta krl ikonik Indonesia, lengkap dengan desain khas mereka.

IDBS Indonesia Train Simulator

Sama seperti game simulator kereta api lainnya, tugas kamu adalah menangkut penumpang. Bedanya di sini kamu akan berkeliling Pulau Jawa, mulai dari stasiun Merak hingga ke Surabaya. Kamu pun bisa memilih lokomotif yang kamu pakai, mulai dari model lama BB201, BB303, CC200, CC300 atau D300.

Dengan kontrol yang mudah, game kereta api Indonesia ini juga memiliki beberapa mode view, mulai dari dalam kabin, dari atas/samping kereta, hingga melihatnya dari sudut pandang orang yang berada di luar kereta. Kamu pun bisa membunyikan kereta saat melewati perlintasan kereta api dengan bangunan dan pemandangan khas Indonesia yang bisa membuat kamu bernostalgia.

3. Indonesian Train Simulator

Game kereta api Indonesia lain yang harus kamu coba adalah Indonesia Train Simulator buatan Highbrow Interactive. Di game ini kamu bisa memainkan simulasi kereta api barang dan penumpang secara bebas, atau dengan mengikuti Career Mode dan mengikuti serangkaian misi tertentu.

Indonesian Train Simulator

Meski dibuat oleh developer game asal india, game ini dibuat menyesuaikan dengan suasana per-kereta-an di Indonesia, mulai dari nama tempat, tampilan penumpang, hingga detail pada setiap stasiun. Kamu pun bisa memilih lokomotif yang banyak dipakai PT KAI seperti GE U18C, GE U20C, atau GE CC206.

Di luar itu, Indonesian Train Simulator pun menyediakan simulasi kereta krl yang solid dengan fitur Weather Options, Track Changing dan Signalling System yang mirip dengan sistem kereta api sungguhan. Sistem AI mereka pun memungkinkan kereta lain yang dijalankan dapat menyatu seperti kondisi sesungguhnya.

4. Euro Train Simulator 2

Sebelum populer dengan Indonesian Train Simulator, Highbrow Interactive lebih dulu membuat salah satu game kereta terbaik di Android, Euro Train Simulator. Pada sekuelnya, game simulasi kereta ini dibuat dengan lebih detail dan peningkatkan kualitas grafis.

Euro Train Simulator 2

Pada game ini, kamu bisa merasakan pengalaman mengendarai kereta api di Eropa, melalui berbagai stasiun populer di Jerman dan Perancis. Kamu bahkan bisa memilih lokomotif populer untuk kereta penumpang atau barang yang sudah mendapatkan lisensi resmi.

Satu hal menarik, Euro Train Simulator 2 memiliki fitur Train Academy yang akan memberikan kamu materi seputar dunia kereta api dan bagaimana cara menjalankannya dengan benar. Hal ini tentu jadi kabar baik bagi pecinta kereta untuk memperdalam ilmu mereka.

5. Train Conductor World

Sekilas Train Conductor World mirip dengan game kereta api lainnya di mana tugas kamu adalah mengangkut penumpang dan mengantarkannya dengan selamat sampai tujuan.

Train Conductor World

Meski begitu ada beberapa aspek unik yang membuatnya jadi rekomendasi bagi kamu yang sedang mencari game puzzle kereta api. Jadi tidak hanya mengendarainya, kamu pun harus memilih jalur yang tepat dengan semua cabang dan persimpangan di setiap sudutnya.

Dalam perjalanan kamu pun harus mengatur kecepatan kereta dan menghindari berbagai rintangan hingga bentrokan kereta bawah tanah.

6. Thomas & Friends: Go Go Thomas

Thomas adalah salah satu franchise populer dengan karakter sebuah kereta api berwarna biru. Bagi yang sedang mencari game kereta untuk anak kecil, Thomas dan kawan-kawan hadir dalam beragam game Android, salah satunya adalah Thomas & Friends: Go Go Thomas.

Thomas & Friends: Go Go Thomas

Thomas & Friends: Go Go Thomas adalah game balap kereta extreme di mana kamu bisa bermanuver di jalur kereta yang tidak biasa, dengan putaran, puntiran, seluncur air, hingga rel yang bisa membuat kamu melompat tinggi. Karakter kamu pun memiliki skill khusus yang bisa membuat balapan kereta semakin seru.

Selain Thomas, kamu bisa memainkan tokoh lain seperti Percy, James, Emily, Toby, Rebecca, Nia, Yong Bao, Spencer dan masih banyak lagi. Kamu pun akan diajak berpetualang ke berbagai lokasi unik dengan tampilan mirip seri kartunnya.

7. Train Sim

Dengan lebih dari 50 juta unduhan, Train Sim adalah salah satu game kereta terbaik di Android yang cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa. Di game ini kamu bisa mengendarai kereta, mengangkut penumpang, duduk di kursi penumpang, mengamati kereta, hingga mengangkat barang.

Train Sim

Game kereta grafik HD ini memiliki lebih dari 50 jenis kereta, mulai dari jaman dulu hingga yang modern. Setiap kereta dilengkapi dengan interior 3D yang realistis. Kamu pun bisa mengendarai keretamu di berbagai lokasi, mulai dari gunung, padang pasir, Inggris Selatan, Pantai California, Jepang, atau di bawah tanah kota.

Menariknya, kamu bisa membuat trek kamu sendiri dan memilih kereta sesuai dengan medan yang kamu buat. Kamu pun bisa mengganti cuaca agar bisa merasakan pengalaman berbeda saat menjalankan kereta di suasana hujan, bersalju, dan di malam hari.

8. Tiny Rails

Game kereta Android lain yang juga menggabungkan aspek manajemen atau tycoon adalah Tiny Rails. Di game ini kamu akan mewarisi perusahaan kakekmu dan mengubahnya menjadi kerjaan tranportasi kereta api.

Tiny Rails

Sama seperti game kereta lain, tugas kamu adalah mengantarkan penumpang dan barang ke tempat tujuan masing-masing. Kereta penumpang-mu pun harus dilengkapi dengan hal-hal yang bisa membuat orang-orang nyaman selama perjalanan.

Dengan tampilan pixel yang memukau, game ini bisa dimainkan secara offline dengan santai. Kamu pun bisa mengumpulkan beragam jenis kereta yang nantinya bisa dipakai untuk mengunjungi landmarks ikonik dunia, mulai dari kota kecilmu hingga ke Taj Mahal atau Tembok Besar Cina.

9. Sid Meier's Railroads!

Nama Sid Meier pastinya akan meningatkan kita pada seri game komputer jaman dulu, Civilization. Nyatanya, Sid Meier's Railroads! merupakan bagian dari hal tersebut dan pertama kali rilis di Windows pada 2006 sebelum ada di Android pada tahun 2023.

Sama seperti game Civilization pada umumnya, kamu akan bersaing dengan pemimpin industri transportasi lainnya dalam membuat kerajaan bisnis terbesar sepanjang sejarah. Kamu pun bisa melakukannya dengan meningkatkan efisiensi kereta, melakukan inovasi, mendapatkan paten, atau membeli industri yang bisa mendukung bisnis kamu.

Tidak cuma itu saja, kamu pun bisa menghadirkan lebih dari 40 lokomotif bersejarah mulai dari awal abad ke-18 hingga ke era modern. Kamu juga bisa melakukan beberapa misi unik, seperti melayani penumpang pertama di tahun 1830, hingga mendukung fenomena Gold Rush di Amerika.

10. Train Racing Games 3D 2 Player

Sesuai dengan namanya, Train Racing Games 3D 2 Player adalah game kereta balap yang hadir dengan tampilan 3D. Game ini pun support multiplayer mode buat kamu yang ingin adu cepat dengan teman atau orang lain.

Train Racing Games 3D 2 Player

Sama seperti game balap mobil atau motor, kamu bisa memacu keretamu untuk sampai di stasiun terlebih dahulu. Bedanya, kamu harus memperhatikan lampu sinyal pada setiap perlintasan dan zona berbahaya, serta switch yang dapat mengubah jalur rel-mu.

11. City Train Driver Simulator

City Train Driver Simulator adalah game simulasi kereta api dengan kontrol lengkap dan tampilan 3D yang dibuat serealistis mungkin. Setiap tombol pun memiliki beragam fungsi, mulai dari menyalakan mesin dan lampu, memindahkan jalur kereta, hingga membunyikan klaskson.

City Train Driver Simulator

Sama seperti game simulasi kereta api lainnya, tugas kamu adalah mengangkut penumpang dan mengantarkan mereka ke tempat tujuan. Namun kamu harus berhati-hati di jalan dan menghindari kendaraan lain seperti bus, truk, dan mobil yang melintasi jalur rel keretamu.

Buat kamu yang ingin bersantai sambil mengagumi kendaraan besar tersebut, kamu bisa mengubah kamera selagi kereta melaju. Setelah sampai di ujung perjalanan, kamu pun bisa memarkir kereta di tempat yang telah disediakan.

12. SenSim Train Simulator

SenSim Train Simulator jadi salah satu game kereta paling realistis di Android. Penggunaan background video kereta sungguhan membuat pengalaman kamu sebagai masinis yang duduk di kursi terdepan akan terlihat lebih nyata.

SenSim Train Simulator

Sama seperti masinis sungguhan, tugas kamu adalah menjalankan kereta sebaik mungkin agar bisa datang tepat waktu. Kamu pun harus melakukannya tanpa membuat penumpang merasa tidak nyaman, atau bahkan membuat kereta mengalami kecelakaan.

Pada mode offline, kamu bisa memainkan part dasar menggunakan jadwal kereta api Jepang. Jika ingin jalur yang lebih banyak, kamu bisa mengaktifkan paket data untuk melihat rute yang tersedia di website mereka.

13. Train Taxi

Train Taxi adalah salah satu game kereta paling populer di Android dengan lebih dari 50 juta unduhan. Satu hal yang membuatnya menarik adalah gameplaynya yang mudah namun bisa cukup menantang.

Sekilas, game ini mirip Snake jadul di mana kamu harus mengangkut penumpang dalam jalur kereta tertutup. Semakin banyak penumpang, semakin panjang pula gerbong kamu. Jadi kamu juga harus bisa menghidari ujung kereta agar tidak terjadi tabrakan.

14. Mini Metro

Mini Metro jadi salah satu game kereta terbaik di Android dengan konsep yang sedikit berbeda dari simulator kereta lainnya. Bukan menaikinya, kamu justru harus merancang jalur kereta bawah tanah untuk mengakomodir kebutuhan kota.

Mini Metro

Dengan lebih dari dua lusin skenario yang berbeda, kamu harus bisa membuat jalur kereta dan meletakan stasiun seefisien mungkin. Kamu pun harus bisa melakukannya dengan sumber daya yang terbatas untuk bisa meraih hasil yang maksimal.

Game kereta berbayar ini sendiri memiliki beberapa mode permainan, mulai dari mode kreatif yang santai hingga mode ekstrim untuk kamu yang senang dengan tantangan. Kamu yang sudah mahir pun bisa saling beradu skill dengan mengikuti tantangan harian.

15. Classic Train Simulator

Classic Train Simulator adalah game kereta yang cocok untuk kamu yang senang dengan kereta api jadul, lebih tepatnya dari era Perang Dunia dengan latar belakang negara Inggris. Tidak hanya memiliki koleksi lokomotif khas Inggris tempoe doeloe, kamu pun bisa berkeliling di berbagai stasiun bersejarah di Inggris, seperti London's King's Cross, Peterborough, Doncaster, York dan Huntingdon.

Classic Train Simulator

Tidak cuma tampilannya saja, sistem kereta yang digunakan pun dibuat agar mirip seperti kondisi aslinya. Mulai dari penggunaan semaphore sebagai sinyal penanda, kursi penumpang yang terbagi dalam beberapa kelas, tuas dan sakelar yang berfungsi penuh, serta alat ukur yang berfungsi sesuai dengan kondisi kereta.

Selain menjalankan simulasi kereta api seperti biasa, kamu pun bisa mengikuti Career Mode dan menyelesaikan beragam misi untuk mendapatkan reward. Enaknya lagi, game ini sudah support Bahasa Indonesia, jadi lebih mudah dimainkan!

16. OpenTTD

OpenTTD adalah game simulasi transportasi populer yang dibuat mengikuti Transport Tycoon Deluxe buatan Chris Sawyer. Game ini pun kini hadir di beragam perangkat, termasuk smartphone Android.

OpenTTD

OpenTTD sendiri bukan murni game simulasi kereta api, karena di sini kamu juga bisa memanfaatkan moda transportasi lainnya. Meski begitu game ini cukup menarik, terutama bagi kamu yang senang dengan game manajemen dan suka tantangan dalam membuat jalur transportasi paling efisien dan menguntungkan.

Tidak jauh berbeda dengan versi desktop-nya, di sini kamu bisa melakukan banyak hal mulai dari membuat jalur dan stasiun hingga memilih kereta yang akan kamu jalankan. Dengan banyaknya skenario yang bisa dimainkan, game simulasi transportasi ini bisa membuatmu betah berlama-lama memainkannya.

17. (BONUS) Choo Choo Charles Mobile

Choo Choo Charles (bukan cucu carles yah!) adalah salah satu game kereta populer di PC dengan karakter jahat berupa kereta yang memiliki kaki seperti laba-laba. Jadi bukannya simulasi kereta, game ini justru punya genre horror yang menyeramkan.

Sayangnya game ini hanya dibuat resmi untuk PC saja. Meski begitu kamu bisa memainkannya di Android dan iOS dengan memainkan game serupa di Roblox, atau dengan menginstal Choo Choo Charles Mobile yang dibuat oleh developer lain.

Untuk main Choo Choo Charles di Android, kamu hanya perlu masuk ke situs Choo Choo Charles Mobile, lalu klik tombol Download APK untuk mengunduh file instalasi yang kamu butuhkan.


Itulah beberapa rekomendasi game kereta terbaik di Android yang bisa kamu pilih. Tidak cuma simulasi kereta api atau listrik, kamu pun bisa merasakan naik sebagai penumpang atau masinis, balapan kereta, hingga membuat bisnis transportasi kereta. (GimTekno.com)

0 Komentar