80+ Rekomendasi Game Komputer Jaman Dulu - GimTekno

80+ Rekomendasi Game Komputer Jaman Dulu

Daftar game komputer jaman dulu yang masih enak dimainkan sekarang

Meski ada rilis yang lebih baru, game komputer jaman dulu alias game pc jadul ternyata masih banyak diminati. Tidak cuma karena faktor nostalgia saja, tapi memang karena banyak dari game tersebut yang masih asik dimainkan hingga saat ini.

Dibandingkan game keluaran sekarang, tampilan grafisnya mungkin terlihat ketinggalan zaman. Gameplaynya pun kebanyakan jauh lebih simple. Tapi game-game ini masih memiliki daya magis yang membuatnya menarik, baik untuk pemain lama maupun pemain baru.

Mulai dari Diablo II hingga Age of Empires III, berikut adalah beberapa rekomendasi game komputer jaman dulu yang masih bagus dan cocok buat kamu yang ingin download game dan main di pc/laptop kentang dengan low spec.

Daftar Game Komputer Jaman Dulu

Mengingat masifnya jumlah permainan yang bisa dikategorikan sebagai game komputer jaman dulu, maka daftar ini akan dibatasi untuk game pc jadul yang muncul lebih dari dua dekade silam, alias 2003 ke bawah saja, dengan tambahan beberapa game dari 2004 dan 2005 yang sayang untuk dilewatkan.

Agar lebih mudah dicari, beberapa game ini juga sudah dikategorikan berdasarkan genre utama mereka.

Real-Time Strategy (RTS)

RTS (Real-Time Strategy) adalah genre yang fokus pada strategi, resource management, serta keputusan taktis yang harus dibuat secara real-time. Game lawas di akhir 90-an dan awal 2000 memiliki cukup banyak game RTS ikonik yang bahkan masih beranjut hingga sat ini.

Buat kamu yang senang mengontrol pasukan dan merencakanan strategi kemenangan, berikut adalah beberapa game RTS terbaik jaman dulu yang bisa kamu mainkan di PC Windows (dan Mac).

Games Developer Tahun Rilis
Sid Meier's Civilization III Firaxis Games 2001
Sid Meier's Civilization IV Firaxis Games 2005
Age of Empires II: The Age of Kings Ensemble Studios 1999
Age of Empires III Ensemble Studios 2005
Rome: Total War Creative Assembly 2004
Warhammer 40,000: Dawn of War Relic Entertainment 2004
Age of Mythology Ensemble Studios 2002
Warcraft III: Reign of Chaos Blizzard Entertainment 2002
Warcraft III: The Frozen Throne Blizzard Entertainment 2003
Starcraft Blizzard Entertainment 1998
The Lord of the Rings: The Battle for Middle-earth EA Games 2004
Heroes of Might and Magic IV New World Computing 2002
Stronghold Firefly Studios 2001

1. Sid Meier's Civilization III (2001)

Sid Meier's Civilization adalah seri game RTS yang memungkinkan kamu untuk menjadi pemimpin sebuah negara. Kamu akan ditugaskan untuk memandu wargamu, mulai dari zaman kuno, zaman pertengahan, hingga ke era modern. Kamu pun harus waspada terhadap dominasi negara lain yang bisa mempengaruhi negaramu.

Sid Meier's Civilization III (2001)

Jika kamu senang dengan game semacam ini, Civilization III yang rilis tahun 2001 dan sekuelnya yang rilis di tahun 2005 jadi game yang masih asik dimainkan. Keduanya bahkan dianggap sebagai game Civilization terbaik yang ikut membantu mempopulerkan franchise ini.

Civilization III memperkenalkan banyak hal baru, seperti agama dan cultural borders yang memungkinkan kamu untuk menaklukan wilayah negara lain tanpa berperang. Sedangkan Civilization IV menyempurnakan semua fiur tersebut dengan tambahan kualitas grafis dan soundtrack yang lebih baik.

2. Age of Empires II: The Age of Kings (1999)

Sekilas, franchise Age of Empires mirip dengan Civilization di mana kamu memimpin sebuah bangsa dengan latar belakang sejarah sungguhan, mengumpulkan resource, membangun kota dan meraih pencapaian sains, hingga menaklukan bangsa lainnya. Meski begitu game pc jadul ini juga menggabungkan aksi real-time yang membuatnya menarik bagi sebagian orang.

Age of Empires II: The Age of Kings (1999)

Di franchise game ini, Age of Empires II rasanya pantas disebut sebagai salah satu yang terbaik. Di satu sisi ia berhasil menyelesaikan masalah di seri sebelumnya, menyempurnakan fitur yang ada, sambil menambahkan fitur-fitur baru yang membuat game ini semakin menarik.

Meski rilis pada tahun 1999, game komputer jaman dulu ini masih digemari, hingga mendapatkan dua versi remake serta expansion dengan kualitas grafis yang lebih baik. Game ini diam-diam bahkan meraih kembali popularitasnya di era Covid dengan banyaknya orang yang ingin bernostalgia dengan game lawas tersebut.

3. Warcraft III: Reign of Chaos (2002)

Rekomendasi game komputer jaman dulu selanjutnya adalah Warcraft III; Reign of Chaos. Game ini dikenal dengan kampanye single-player yang mengikuti kisah dari empat faksi berbeda, Manusia, Orc, Undead, dan Night Elves. Setiap faksi memiliki heronya masing-masing, serta unit dan cerita menarik seputar dunia Azeroth.

Warcraft III: Reign of Chaos (2002)

Hero System juga jadi daya tarik game ini di mana kamu bisa mengontrol unit pahlawan yang kuat dengan kemampuan khusus. Selama kampanye, karakter kamu bisa memperoleh experience dan meningkatkan level, mirip dengan elemen game RPG pad aumumnya.

Game ini p un hadir dengan paket ekspansi yang tidak kalah menarik, yaitu The Frozen Throne. Dengan expansion ini, game Warcraft II mendapatkan kampanye, unit, hero, dan gameplay baru yang membuat pertandingan semakin seru dan lebih bervariasi.

First-Person Shooter (FPS)

FPS (First-Person Shooter) merupakan genre video game tembak-tembakan dengan sudut pandang orang pertama. Dengan begitu pemain melihat dunia game melalui sudut pandang karakter dalam game mereka. Kamu yang senang beraksi pun pasti akan suka melihat begitu banyak game komputer jaman dulu dari genre FPS, seperti beberapa rekomendasi berikut ini.

Games Developer Tahun Rilis
Quake III Arena Raven Software 1999
Quake 4 Raven Software 2005
Half-Life 2 Valve 2004
Counter Strike Valve 2000
Far Cry Crytek 2004
Battlefield 1942 Digital Illusions CE 2002
Battlefield 2 Digital Illusions CE 2005
Return to Castle Wolfenstein Gray Matter Studios 2001
Deus Ex Ion Storm 2000
System Shock 2 Irrational Games 1999
Unreal Tournament 2004 Epic Games 2004
Doom 3 id Software 2004
Medal of Honor: Allied Assault 2015, Inc 2002
Tom Clancy's Ghost Recon: Desert Siege Red Storm Entertainment 2002
Halo: Combat Evolved Bungie 2003
Serious Sam: The First Encounter Croteam 2001
Serious Sam: The Second Encounter Croteam 2002

4. Half-Life 2 (2004)

Half-Life 2 adalah game FPS jaman dulu buatan Valve yang rilis pada tahun 2004. Berlatar belakang masa depan distopia, pemain berperan sebagai ilmuwan Gordon Freeman saat ia berperang melawan rezim Alien menggunakan Gravity Gun-nya yang ikonik.

Half-Life 2 (2004)

Game pc jadul ini sendiri populer berkat desain gamenya yang inovatif, penyampaian cerita yang mulus tanpa cutscene, dan mesin fisika revolusioner. Makanya para penggemarnya masih setia menunggu sekuel yang tidak kunjung muncul hingga kini.

Jika kamu senang dengan game FPS, maka kamu harus mencoba game ikonik ini. Mengingat game ini sudah rilis hampir dua dekade lalu, Half-Life 2 juga jadi rekomendasi game ringan buat kamu yang punya pc/laptop kentang dengan spek rendah.

5. Halo: Combat Evolved (2003)

Halo: Combat Evolved adalah game first-person shooter (FPS) yang dikembangkan oleh Bungie dan diterbitkan oleh Microsoft pada tahun 2001. Dengan latar belakang konflik galaksi antara umat manusia dan Perjanjian alien, game ini mengikuti Master Chief saat ia bertempur melintasi dunia cincin misterius yang dikenal sebagai Halo.

Halo: Combat Evolved (2003)

Peluncuran Halo: Combat Evolved menandai lahirnya franchise Halo yang sangat sukses, dengan banyak sekuel, spin-off, novel, dan merchandise. Game ini pun memainkan peran penting dalam membangun konsol Xbox dan menjadi identik dengan platform tersebut.

Fitur inovatif game ini memengaruhi genre FPS, khususnya di konsol, dan menetapkan standar baru untuk narasi pemain tunggal dan pengalaman multipemain. Popularitas dan dampak yang ditimbulkan Halo juga terlihat jelas dalam kancah esports yang membuatnya masih digemari hingga saat ini.

Jika kamu tertarik untuk memainkan game ini dengan kualitas grafis yang lebih baik, The Master Chief Collection merupakan game remastered dari beberapa game Halo awal yang harus kamu coba!

6. Quake III Arena (1999)

Quake adalah franchise game yang disebut sebagai salah satu seri FPS terbaik sepanjang masa. Di antara banyak judul, Quake III Arena jadi salah satu yang paling populer.

Quake III Arena (1999)

Meski bisa dimainkan single-player, game ini lebih fokus pada kompetisi multiplayer. Gameplaynya yang lugas namun menantang, dipadukan dengan penggunaan mesin id Tech 3, menghasilkan kontrol yang halus dan sangat responsif di zamannya. Kamu yang ingin bermain sendirian pun bisa beradu skill melawan bot dengan tingkat keterampilan yang dapat disesuaikan dan tanpa perlu koneksi internet.

Quake III Arena meninggalkan warisan abadi dalam dunia game multipemain kompetitif. Game pc jadul ini memainkan peran penting dalam mempopulerkan konsep turnamen esports profesional, khususnya di awal tahun 2000-an. Mesin game ini, id Tech 3, juga digunakan untuk judul-judul sukses lainnya, dan pengaruhnya dapat dilihat di arena shooter lain seperti "Unreal Tournament".

Role-Playing Game (RPG)

RPG (Role-Playing Game) merupakan genre video game yang menekankan pengembangan karakter dan alur cerita. Dalam RPG, pemain berperan sebagai satu atau lebih karakter dalam dunia fiksi dan mengambil kepribadian serta kemampuan karakter tersebut.

Jika kamu menyukai hal semacam ini, ada banyak game komputer jaman dulu yang menawarkan cerita dan petualangan seru, seperti beberapa contoh berikut ini,

Games Developer Tahun Rilis
Dungeon Siege Gas Powered Games 2002
Neverwinter Nights BioWare 2002
Baldur's Gate BioWare 1998
Baldur's Gate II: Shadows of Amn BioWare 2000
Gothic Piranha Bytes 2001
Star Wars: Knights of the Old Republic BioWare 2003
The Elder Scrolls III: Morrowind Bethesda Studios 2002
Divine Divinity Larian Studios 2002
Fable Big Blue Box Studios 2004
Hitman 2: Silent Assassin IO Interactive 2002
Diablo II Blizzard 2000
Diablo II: Lord of Destruction Blizzard 2001
Icewind Dale Black Isle Studios 2000
Fallout 2 Black Isle Studios 1998
Planescape: Torment Black Isle Studios 1999
Vampire: The Masquerade – Bloodlines Troika Games 2004
Wizardry 8 Sir-Tech Canada 2001

7. Baldur's Gate (1998)

Meski seri ketiganya baru rilis di tahun ini, franchise Baldur's Gate sudah ada sejak tahun 1998 lho! Berlokasi di The Forgotten Realm dari Dungeons & Dragons, kamu akan diajak untuk mengikuti petualangan karakter pemain, yang sering dikenal sebagai "Bhaalspawn", saat mereka mengungkap warisan misterius mereka dan terjerat dalam pencarian epik.

Baldur's Gate (1998)

Seri Baldur's Gate sendiri memiliki dampak signifikan terhadap genre CRPG (Computer RPG) dan industri game secara keseluruhan. Film ini memainkan peran penting dalam menghidupkan kembali minat terhadap CRPG pada akhir tahun 1990an dan awal tahun 2000an, membuka jalan bagi judul terkenal lainnya seperti "Planescape: Torment", "Icewind Dale", dan "Neverwinter Nights".

Pengaruh seri ini bakan dapat dilihat di RPG BioWare berikutnya seperti seri "Knights of the Old Republic" dan "Dragon Age". Selain itu, popularitasnya yang bertahan lama membuat game ini dibuat ulang dengan peningkatan kualitas grafis dan suara untuk memperkenalkan generasi gamer baru pada judul-judul klasik ini.

8. Planescape: Torment (1999)

Planescape: Torment adalah game yang sering dianggap sebagai salah satu game RPG terbaik sepanjang masa di PC. Dikembangkan oleh Black Isle Studios, game ini bercerita mengenai "The Nameless One" dalam usahanya untuk mengembalikan memorinya dan mengungkap misteri keabadiannya.

Planescape: Torment (1999)

Dikenal dengan narasi filosofisnya yang mendalam, game ini dikenal berkat pendekatan uniknya terhadap genre RPG. Beda dengan game RPG konvensional, Planescape: Torment memprioritaskan dialog, interaksi karakter, dan dilema moral dibandingkan pertarungan.

Planescape: Torment dianggap sebagai mahakarya RPG dan telah meninggalkan warisan mendalam dalam industri game. Game ini pun menginspirasi banyak RPG berikutnya, termasuk "Pillars of Eternity" dan "Torment: Tides of Numenera."

9. The Elder Scrolls III: Morrowind (2002)

Elder Scrolls adalah seri game buatan Bethseda yang banyak melahirkan game western RPG terbaik, salah satunya adalah The Elder Scroll III: Morrowind yang rilis pada tahun 2002.

The Elder Scrolls III: Morrowind (2002)

Sama seperti game Elder Scrolls lainnya, popularitas game pc jadul ini juga dipengaruhi oleh dunia permainannya yang luas dan kompleks, di mana pemain dapat memulai petualangan epik, bergabung dengan guild, mengungkap ramalan kuno, dan menyelami beragam budaya di dunia Morrowind.

Kehadidan The Elder Scrolls III: Morrowind pun menjadi tolok ukur untuk sebuah game RPG dan bahkan menjadi inspirasi bagi entri selanjutnya dalam seri The Elder Scrolls, seperti “Oblivion” dan “Skyrim.” Morrowind juga memiliki komunitas modding yang terus menciptakan konten dan penyempurnaan untuk game tersebut, sehingga memperpanjang umur dan relevansinya hinga saat ini.

10. Star Wars: Knights of the Old Republic (2003)

Menarik untuk melihat nama Knights of the Old Republic (KotOR) dalam peringkat teratas pada banyak daftar game Star Wars terbaik sepanjang masa. Apalagi game laptop jaman dulu buatan tahun 2003 ini bersaing dengan banyak game Star Wars lain yang dirilis belakangan.

Star Wars: Knights of the Old Republic (2003)

Di saat game Star Wars lain memperluas cerita Star Wars yang dikenal penggemarnya, KotOR memungkinkan pemain untuk tenggelam dalam dunia tersebut di mana mereka bisa membuat karakter Jedi atau Sith mereka sendiri, menjelajahi lokasi ikonik di dunia Star Wars, melakukan duel lightsaber, hingga menggunakan kekuatan The Force.

Cerita pun menjadi hal lain yang membuat seri ini ikonik, lengkap dengan karakter yang menarik serta dunia yang kompleks. jadi tidak heran, meski dibuat lebih dari 20 tahun lalu, Knight of the Old Republic masih terus diingat sebagai salah satu game RPG paling bersejarah, dan tidak hanya untuk penggemar Star Wars saja.

Simulation/Management

Games Developer Tahun Rilis
RollerCoaster Tycoon 3 Frontier Developments 2004
The Sims 2 Maxis 2004
SimCity 4 Maxis 2003
Tropico PopTop Software 2001
Tropico 2: Pirate Cove Frog City Software 2003
Railroad Tycoon II PopTop Software 1998
Railroad Tycoon 3 PopTop Software 2003
Zeus: Master of Olympus Impressions Games 2000
Sid Meier's Alpha Centauri Firaxis Games 1999
Who Wants to Be a Millionaire Jellyvision 1999
Anno 1503 Max Design 2003
Freelancer Digital Anvil 2003
Black & White Lionhead Studios 2001
Star Wars: X-Wing Alliance Totally Games 1999
Port Royale Ascaron Entertainment 2003

11. RollerCoaster Tycoon 3 (2004)

Sesuai namanya, Rollercoaster Tycoon 3 adalah game komputer jaman dulu yang memungkinkan kamu untuk mengatur wahana kamu sendiri, termasuk membuat Rollercoaster paling keren hingga mengatur keuangan wahana agar makin menguntungkan.

RollerCoaster Tycoon 3 (2004)

Tidak seperti pendahulunya, seri ketiga game ini hadir dengan tampilan full 3D yang revolusioner pada masanya. Pemain pun dapat zoom in/out untuk melihat lebih detail mahakarya yang mereka buat. Tidak cuma itu, menu kustomisasi yang bisa dipilih saat membuat wahana kamu sendiri pun membuat game ini begitu diingat hingga sekarang.

Buat kamu yang kreatif, Rollercoaster Tycoon 3 juga memiliki mode sandbox di mana kamu bisa menggunakan unlimited resource untuk mewujudkan wahana impianmu, atau untuk sekadar bereksperimen.

12. The Sims 2 (2004)

The Sims adalah franchise game yang memungkinkan kamu untuk mengontrol Sims dan memandunya dalam kehidupan, cinta, dan pekerjaan. Melanjutkan kesuksesan game pertamanya, The Sims 2 hadir dengan tampilan grafis yang jauh lebih baik dan dinamis, serta memiliki banyak tambahan fitur baru.

The Sims 2 (2004)

Sebagai contoh, faktor genetik lebih disempurnakan mengingat di seri pertamanya, anak tidak selalu mirip dengan orangtuanya. Selain itu game ini pun memperkenalkan sistem aspirasi, yaitu goal dalam hidup yang nantinya akan berpengaruh pada keinginan dan ketakutan yang dimiliki karakter kamu.

Game ini pun mendapatkan respons yang sangat baik dari para kritikus dan penggemar game simulasi. Beragam ekstensi yang tersedia pun membuat game ini makin kompleks dan seru untuk dimainkan.

13. Freelancer (2003)

Frelancer adalah salah satu game underrated yang menggabungkan elemen simulasi dengan cerita menarik khas RPG dan pertarungan penuh aksi. Berlatar abad ke-23, dunia laptop jadul ini dipenuhi dengan beragam sistem bintang, planet, stasiun luar angkasa, dan medan asteroid. Pemain dapat dengan bebas menavigasi alam semesta ini, mengunjungi berbagai lokasi dan terlibat dalam berbagai aktivitas.

Freelancer (2003)

Meski begitu, aspek penting dari permainan ini adalah simulasi perdagangan dan ekonomi-nya. Pemain dapat membeli dan menjual komoditas, mengangkut kargo antar sistem, dan menjalankan misi untuk berbagai faksi dan organisasi. Mengelola keuangan dan memilih jalur perdagangan yang menguntungkan sangat penting untuk bisa sukses di game ini.

Tidak cuma itu, kamu pun bisa memodifikasi pesawat luar angkasa dan melengkapinya dengan senjata, perlengkapan, dan komponen berbeda. Kamu pun bisa terlibat pada pertarungan udara menggunakan berbagai senjata, rudal, dan taktik untuk mengalahkan musuh-musuhmu di luar angkasa.

Adventure/Puzzle/Action

Games Developer Tahun Rilis
Myst Cyan 1994
Grand Theft Auto III DMA Design 2002
Grand Theft Auto: Vice City Rockstar North 2003
Grand Theft Auto: San Andreas Rockstar North 2005
Star Wars Jedi Knight II: Jedi Outcast Raven Software 2002
Max Payne Remedy Entertainment 2001
Max Payne 2: The Fall of Max Payne Remedy Entertainment 2003
Prince of Persia: The Sands of Time Ubisoft Montreal 2003
Prince of Persia: Warrior Within Ubisoft Montreal 2004
Mafia Illusion Softworks 2002
Thief: The Dark Project Looking Glass Studios 1998
Fahrenheit/Indigo Prophecy Quantic Dream 2005
Oddworld: Abe's Oddysee Oddworld Inhabitants 1997
The Operative: No One Lives Forever Monolith Production 2000
No One Lives Forever 2: A Spy in H.A.R.M.'s Way Monolith Production 2002
Psychonauts Double Fine Production 2005
The Curse of Monkey Island LucasArt 1997

14. Grand Theft Auto: San Andreas (2004)

Game komputer jaman dulu lain yang juga harus kamu coba adalah Grand Theft Auto: San Andreas. Di game ini kamu akan berperan sebagai Carl "CJ" Johnson yang terlibat dalam konflik antar gang, aktivitas kriminal, hingga intrik politik.

Grand Theft Auto: San Andreas (2004)

GTA San Andreas sendiri jadi salah satu entri paling ikonik dan memberi pengaruh besar dalam seri GTA dan genre aksi-petualangan. Kombinasi dunia open-world yang luas, alur cerita yang menarik, dan beragam aktivitas gameplay bahkan membuatnya sering didaulat sebagai salah satu game terbaik sepanjang masa.

Tidak cuma diingat berkat cerita dan gameplaynya yang menarik, GTA San Andreas juga memiliki banyak momen kontroversial, seperti salah satu misi yang menampilkan hal yang tak lazim di banyak video game lainnya. Meski begitu hal ini malah semakin memperkuat legacy-nya dan membuat banyak orang makin penasaran dengan game ini.

15. Prince of Persia: The Sands of Time (2003)

Prince of Persia: The Sands of Time adalah game petualangan berlatar belakang Persia kuno dan mengikuti kisah sang Pangeran, yang tanpa disadari melepaskan Sands of Time, sebuah artefak magis yang mengubah sebagian besar penghuni istana menjadi makhluk pasir. Pangeran, bersama putri Farah, harus menjelajahi istana untuk membatalkan kutukan sambil melawan makhluk pasir dan mengungkap rahasia artefak tersebut.

Prince of Persia: The Sands of Time (2003)

Fitur menarik dari game laptop jaman dulu ini adalah mekanisme manipulasi waktunya. Sang Pangeran memperoleh kemampuan untuk memundurkan waktu, memungkinkan pemain memperbaiki kesalahan, mencoba kembali bagian platforming yang menantang, dan bereksperimen dengan pendekatan berbeda terhadap teka-teki dan pertarungan.

Seri ini sendiri diikuti oleh dua sekuel, "Prince of Persia: Warrior Within" dan "Prince of Persia: The Two Thrones", yang melanjutkan alur cerita dan elemen gameplay. Kesuksesan game ini merevitalisasi franchise "Prince of Persia" dan berkontribusi pada popularitas game aksi-petualangan dengan elemen platforming dan pemecahan teka-teki.

16. Mafia (2002)

Mafia adalah game yang dikenal karena narasinya yang menarik, penceritaan sinematik, dan latar waktu yang akurat. Di sini pemain berperan sebagai Tommy Angelo, yang menjadi anggota keluarga kriminal Salieri di kota fiksi Lost Heaven. Kisah game ini terungkap melalui serangkaian misi dan cutscene, memberikan pengalaman mendalam yang mengingatkan kita pada film gangster klasik.

Mafia (2002)

Meskipun gameplay Mafia berbasis misi, game ini juga menawarkan dunia terbuka di man kamu bebas berkeliaran di dalam kota Lost Heaven. Pemain dapat menjelajahi kota, melakukan aktivitas sampingan, dan berinteraksi dengan NPC. Latar tahun 1930-an pun dibuat dengan seksama, lengkap dengan desain arsitektur, kendaraan retro, dan musik yang sesuai dengan zaman tersebut.

Tidak cuma itu, game ini pun mampu menampilkan model kerusakan yang realistis, dengan kendaraan mengalami kerusakan dan perubahan bentuk berdasarkan tabrakan dan baku tembak. Meski kini terlihat biasa saja, pada awal 2000-an, hal ini membuat game terasa lebih realistis..

Racing/Sports

Games Developer Tahun Rilis
Need for Speed: Underground 2 EA Black Box 2004
Need for Speed: Hot Pursuit 2 EA Black Box 2002
Colin McRae Rally 2005 Codemasters 2004
NASCAR Racing 2003 Season Papyrus 2003
Carmageddon Stainless Games 1997
Championship Manager 01/02 Sports Interactive 2001
Football Manager 2005 Sports Interactive 2004
Pro Evolution Soccer 3 Konami 2003

17. Need for Speed: Underground 2 (2004)

Need for Speed: Underground 2 jadi rekomendasi game komputer jaman dulu bagi kamu yang senang dengan balap mobil. Underground 2 sendiri merupakan salah satu game Need for Speed terbaik yang fokus pada balapan jalanan dan kustomisasi mobil.

Need for Speed: Underground 2 (2004)

Berlokasi di lokasi fiktif bernama Bayview, pemain bisa dengan bebas berkendara di dalam kota dan mengikuti berbagai event balapan. Meski game ini tidak memiliki narasi tertentu, pemain bisa melakukan progress dengan mengikuti berbagai seri balapan resmi dan meraih reputation point untuk meraih popularitas dalam dunia balapan liar.

Kustomisasi mobil juga jadi fitur utama game balapan jadul ini. Pemain dapat memodifikasi tampilan kendaraan dengan body kit kustom, spoiler, pelek, komponen mesin, dan sistem nitro oksida. Selain itu kamu pun bisa mengatur performa mobil, agar kecepatan, handling, dan akselerasi mobil kamu makin opimal untuk balapan di jalanan.

18. Collin McRae Rally 2005 (2004)

Bagi kamu yang lebih senang balap rally, Collin McRae Rally 2005 jadi game komputer jadul yang pas buat kamu. Game ini pun jadi game pertama di seri balap Collin McRae Rally yang muncul di perangkat dengan Mac OS X.

Collin McRae Rally 2005 (2004)

Sama seperti game lain di seri ini, Colin McRae Rally 2005 memungkinkan pemain untuk berlaga di 70 event di seluruh dunia. Kamu pun bisa menggunakan 30 jenis mobil yang berbeda, yang masing-masing memiliki kelebihan yang bisa membantu kamu menang.

Pada game ini, mode baru "Career" diperkenalkan bagi kamu yang ingin bersaing dari level balap terendah hingga mampu bersaing dengan Collin McRae sendiri dalam balapan 2004 Dakar Rally Nissan Pick-Up. Namun yang paling mengesankan adalah graphic engine baru mereka yang memungkinkan mobil untuk memiliki efek rusak yang lebih realistis, seperti kaca pecah, pintu yang copot, atau pandangan yang ngeblur saat pemain menabrak sesuatu.

19. Football Manager 2005 (2004)

Football Manager adalah game simulasi manajerial sepakbola terbaik di mana kamu bisa mempimpin tim sepakbolamu untuk menjadi juara di setiap ajang yang kamu ikuti. Di antara semua game yang pernah rilis, FM 2005 jadi salah satu yang ikonik mengingat ini adalah game pertama mereka setelah pecah kongsi dari seri Championship Manager.

Football Manager 2005 (2004)

Bagi yang belum tahu, Sports Interactive (SI) dan publisher mereka, Eidos Interactive, memiliki kesalahpahaman saat pembuatan Championship Manager 4. Hal ini pun membuat SI memilih untuk hengkang di edisi selanjutnya dan membuat versi mereka sendiri dalam game Football Manager yang berlanjut hingga kini.

FM 2005 pun menjadi hits dan dianggap lebih baik dari Championship Manager berkat tampilan mereka yang lebih interaktif, database yang lebih lengkap, peraturan game yang lebih update, dan tambahan banyak fitur lainnya. Dan karena masalah hak cipta, game pc jadul ini pun tidak sengaja melahirkan banyak tokoh ikonik, seperti Jens Mustermann yang menjadi nama samaran untuk kiper legendaris Jerman, Oliver Kahn.


Itulah daftar game komputer jaman dulu yang bisa kamu mainkan kembali. Tidak hanya jadi ajang nostalgia, game pc jadul tersebut pun memiliki cerita dan gameplay menarik yang membuatnya masih asik dimainkan di zaman sekarang. (GimTekno.com)

0 Komentar