Cara Melihat Status WhatsApp yang Sudah Lama - GimTekno

Cara Melihat Status WhatsApp yang Sudah Lama

Mau tahu bagaimana cara melihat status WhatsApp yang sudah lama? Ternyata mudah banget lho! Jadi meski aslinya hanya bertahan 24 jam saja, ada cara untuk mengembalikan status WA yang sudah menghilang dari hp kamu.

Untuk mengembalikan status Whatsapp yang sudah hilang setelah 24 jam, kamu bisa menggunakan cara berikut:

  1. Buka aplikasi File Manager
  2. Aktifkan mode File Tersembunyi alias Hidden Files
  3. Buka folder Whatsapp lalu cari subfolder bernama .statuses
  4. Salin status tersebut lalu pindahkan ke folder lainnya (atau buat folder baru)

Jika sudah, status akan terdeteksi dan bisa dilihat lewat galeri. Untuk melihat penjelasan lengkapnya, silahkan scroll terus ke bawah yah!

Cara melihat status Whatsapp yang sudah lama

Sekilas Mengenai Status WhatsApp

Sebagai informasi, Status WhatsApp adalah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk saling berbagi update berupa foto atau video dengan orang lain di kontak mereka. Pengguna pun bisa mengatur siapa saja yang bisa mengakses status mereka untuk membatasi siapa saja yang bisa melihat dan membalas pesan di status tersebut.

Satu hal unik dari status adalah waktu tayangnya yang terbatas dalam 24 jam saja. Setelah melewati masa tersebut, pesan tidak akan lagi dapat dilihat, disimpan, atau muncul dalam chat.

Konsep ini sendiri bukanlah hal baru dan sudah ada pada banyak platform lainnya setelah dipopulerkan oleh Snapchat.

Mengutip dari beberapa sumber, ada banyak alasan kenapa fitur seperti ini memiliki waktu tayang yang terbatas. Satu alasan utama adalah untuk menjaga agar timeline selalu memiliki konten yang fresh dan selalu up-to-date. Hal ini pun bisa meningkatkan engagement, terutama bagi mereka yang tidak mau ketinggalan info terbaru.

Tidak cuma itu, status yang berlaku hanya 24 jam juga akan cocok untuk pengguna yang ingin menuangkan isi hatinya tanpa perlu membuat status mereka permanen.

Cara Melihat Arsip Status WA

Meski status kamu sudah terhapus, ada cara untuk melihat arsip status WA. Meski begitu hal ini hanya bisa dilakukan jika kamu tidak mengganti hp dan masih menggunakan hp yang sama. Selain itu penting juga untuk tidak menghapus cache ponsel sebelumnya agar status WA lama tidak terhapus permanen.

Jika sudah, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai cara melihat status WhatsApp yang sudah lama di hp kamu.

1. Buka aplikasi File Manager

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi File Manager.

Semua hp Android, baik merek Samsung, Xiaomi, atau Oppo umumnya sudah memiliki aplikasi file manager bawaan yang tinggal kamu pakai. Hanya saja namanya mungkin akan sedikit berbeda, entah itu File Manager, My Files atau File Explorer. Bila belum ada, kamu bisa menginstalnya terlebih dahulu melalui Google Play Store.

2. Aktifkan mode File Tersembunyi

Karena nantinya kita akan melihat hidden files di Android, maka kita perlu mengaktifkan opsi agar kita bisa melihat file/folder tersembunyi tersebut. Untuk melakukannya, klik tombol titik tiga lalu cari opsi Show Hidden Files.

Jika sudah, file dan folder tersembunyi di Android nantinya akan muncul dengan warna yang sedikit transparan untuk membedakannya dari file/folder biasa.

3. Buka tempat penyimpanan status WhatsApp

Setelah itu kita bisa melihat tempat penyimpanan status WhatsApp.

Secara default File Manager akan membuka internal storage kamu. Namun jika mengarah ke SD Card, segera ganti ke tempat penyimpanan internal karena WhatsApp umumnya terinstal di situ.

Jika sudah, masuk ke folder Android > media > com.whatsapp > .statuses.

Buka folder status Whatsapp di Android

Sebagai informasi tambahan folder .statuses digunakan untuk menyimpan gambar dan video dari status yang pernah kamu buat dan lihat, sehingga status akan lebih cepat di-load saat kamu ingin melihatnya kembali.

4. Pindahkan status WA lama ke folder baru

Sebagai langkah terakhir, kamu hanya perlu menyalin file dalam folder .statuses tersebut ke folder lain atau dengan membuat folder baru. Setelah melakukan hal tersebut, kamu pun bisa melihat status wa yang sudah lama tersebut melalui galeri hp kamu.


Itulah dia beberapa langkah mudah untuk melihat status WhatsApp yang sudah lama. WA sendiri kini sedang mengembangkan beberapa fitur, mulai dari memperpanjang masa status hingga menggunakan status dan story WA untuk dipublikasikan kembali sebagai iklan pada WA Bisnis. Namun sambil menunggu hal itu terjadi, trik di atas bisa kamu coba terlebih dahulu. (GimTekno.com)

0 Komentar