12 Game PC Terbaik Buatan Korea Selatan - GimTekno

12 Game PC Terbaik Buatan Korea Selatan

(Update: 23 Juni 2023) - Terkenal dengan K-Pop dan dramanya yang bisa menguras air mata, Korea Selatan ternyata juga jadi gudangnya developer game berkualitas. Tanpa disadari, kamu mungkin juga pernah memainkan beberapa game buatan Korea Selatan tanpa tahu siapa pembuatnya.

Game buatan Korea sendiri tidak hanya populer di negara mereka sendiri. Banyak developer game yang berbasis di kota-kota besar Korea yang berhasil membawa game mereka dikenal secara internasional dan dimainkan oleh banyak orang di seluruh dunia.

Nah, buat kamu yang penasaran, berikut adalah beberapa game Korea Terbaik yang mungkin pernah kamu mainkan.

Game PC Terbaik Buatan Korea Selatan

1. Dungeon Fighter Online

Dungeon Fighter Online (DFO) adalah game beat 'em up MMO yang dirilis oleh Neople pada tahun 2005. Meski sudah ada hampir 2 dekade, game ini masih mendapatkan update rutin dan memiliki fansbase besar, terutama di negara asalnya, Korea Selatan.

Dungeon Fighter Online, game PC terbaik buatan Korea Selatan

Dungeon Fighter Online menggabungkan elemen permainan beat 'em up side-scrolling tradisional dengan aspek imersif dan sosial dari MMORPG. Gim ini berlangsung di tanah fiksi Arad, tempat para pemain memulai misi, mengalahkan monster, dan menelusuri berbagai ruang bawah tanah.

Dungeon Fighter Online telah memiliki banyak rilis global dan telah dilokalkan dalam berbagai bahasa untuk melayani audiens internasional. Popularitas game yang bertahan lama dan dukungan berkelanjutan dari Neople telah memantapkan posisinya sebagai salah satu game MMO terbaik dan dicintai dengan gaya gameplay beat 'em up-nya.

2. Black Desert Online

Black Desert Online adalah game MMORPG buatan Korea Selatan yang berasal dari developer Pearl Abyss. Pertama kali rilis di negara asalnya pada tahun 2014, game ini pun mendapatkan pengakuan internasional dan memiliki basis pemain yang besar dari seluruh penjuru dunia.

Game Black Desert Online buatan developer Korea Selatan, Pearl Abyss

Untuk memainkannya kamu akan diberi pilihan kelas bermain, dari tingkatan warrior hingga giant. Tentunya dengan tingkat kerumitan berbeda, dan strategi lebih mumpuni yang harus disiapkan untuk memenangkan pertarungan dengan konsep audio visual yang sangat menakjubkan.

Gim ini juga menekankan elemen ekonomi dan sandbox, dengan sistem perdagangan yang kuat, perumahan yang dimiliki pemain, dan kemampuan untuk membangun dan mengelola rute perdagangan dan serikat. Sistem PvP open world dan perang skala besar menambah lapisan kedalaman dan persaingan ekstra ke dalam game.

3. PUBG: Battlegrounds

Playerunknown's Battleground (PUBG) adalah game battle royale terkenal yang dibuat oleh PUBG Corporation, anak perusahaan Bluehole Studio asal Korea Selatan yang kini bernama Krafton. Dirilis pada Maret 2017, game ini dengan cepat menjadi sensasi global dan jadi salah satu game tembak-tembakan paling populer.

Game populer asal Korea Selatan, PlayerUnknown's Battleground (PUBG)

Permainan yang satu ini sangat digandrungi pecinta game dengan genre battle royal, karena pola permainannya yang menuntut strategi. Bahkan sampai saat ini sudah puluhan juta orang yang mengunduhnya di ponsel untuk dimainkan sendiri, atau online bersama teman-teman dan termasuk salah satu game yang paling seru di dunia saat ini.

Satu hal menarik, kesuksesan PUBG membuat genre battle royale menjadi sangat digandrungi dan ditiru banyak developer game lainnya. Dan meski sudah cukup lama dirilis, PUBG terus mendapatkan update yang membuatnya tetap asik dimainkan hingga saat ini di banyak platfrom gaming.

4. Lineage II

Sejarah Lineage bisa ditarik dari tahun 2003 saat seri pertama game ini dirilis di Korea Selatan. Kesuksesan pendahulunya pun diteruskan NCSOFT lewat Lineage II yang dengan cepat mendapatkan popularitas dan sejak itu menjadi salah satu MMORPG paling sukses dan ikonik dalam genre tersebut.

MMORPG terbaik asal Korea Selatan, Lineage II

Lineage II berlatar belakang dunia fantasi yang disebut Aden, di mana pemain dapat memilih dari berbagai ras dan kelas untuk memulai petualangan epik. Gim ini menawarkan dunia terbuka yang luas dan imersif yang dipenuhi dengan beragam lanskap, serta gameplay menarik di mana kamu bisa bertarung 1v1, membuat aliansi, atau menantang bos besar.

Karena umur panjang dan popularitasnya, Lineage II memiliki komunitas pemain yang kuat, khususnya di Korea Selatan. Game ini pun masih mendapatkan update rutin yang memperkenalkan peningkatan konten, wilayah, kelas, gameplay baru, serta beragam tantangan yang bisa ditaklukan pemain.

5. MapleStory

Masih dari genre MMORPG, kali ini ada MapleStory yang dikembangkan oleh Wizet dan diterbitkan oleh Nexon. Dirilis pertama kali pada tahun 2003, game ini memperoleh basis pemain dari seluruh dunia dan masih memiliki jumlah pemain bulanan aktif yang besar.

Game MapleStory buatan Nexon asal Korea

MapleStory dikenal dengan grafis side-scrolling 2D yang menawan dan berwarna-warni, mengingatkan pada game arcade klasik. Gim ini berlangsung di tanah fiksi Maple World, tempat para pemain memulai misi, terlibat dalam pertempuran, dan menjelajahi dunia yang luas dan saling berhubungan.

Salah satu fitur menonjol dari MapleStory adalah penekanannya pada interaksi sosial dan komunitas. Pemain dapat bergabung dengan guild, membentuk party, dan berpartisipasi dalam event bersama. Gim ini menyediakan komunitas yang dinamis dan aktif, memungkinkan pemain untuk mengobrol, bertukar item, dan terlibat dalam permainan kooperatif.

6. Blade & Soul

Blade & Soul adalah game MMORPG buatan Korea yang dikembangkan oleh NCSOFT dan rilis pada tahun 2012. Game ini sendiri berlatar belakang dunia fantasi yang terinspirasi seni bela diri yang dikenal sebagai Earthen Realm, yang memiliki lingkungan yang menakjubkan secara visual dan imersif dengan lanskap yang semarak dan desain karakter yang rumit.

Game PC buatan Korea, Blade & Soul

Di game ini, pemain dapat memilih dari beberapa kelas, masing-masing dengan kemampuan dan gaya bertarung yang unik. Sistem pertarungan di Blade & Soul menekankan gameplay berbasis keterampilan, yang mengharuskan pemain menguasai kombo, menghindari lawan, dan melakukan serangan balik untuk mengalahkan musuh.

Blade & Soul menawarkan beragam konten PvE dan PvP. Pemain dapat terlibat dalam misi, menerobos dungeon, melawan bos yang menantang, atau berpartisipasi dalam pertempuran dan arena berbasis faksi berskala besar. Kamu pun bisa menjelajahi isi cerita yang banyak membahas tema balas dendam, kehormatan, dan pembalasan dendam.

7. Point Blank

Game ini dibuat oleh Zepetto yang berkantor di Seoul dan mengusung platform permainan tembak-menembak. Point Blank akan sangat seru dimainkan karena dibekali sejumlah fitur pendukung menarik, misalnya saja dynamic environment yang akan membuat kamu terkejut ketika lingkungan sekitar berubah drastis secara otomatis.

Game populer asal Korea Selatan, Point Blank

Kelebihan dari permainan asal Korea yang sudah melegenda ini adalah beberapa fitur tambahan yang membantu pemain lebih cepat menyelesaikan misi. Diantaranya fitur clan untuk bergabung dalam kelompok tertentu, mode permainan yang bisa dipilih sesuai keinginan seperti death matcheliminate, atau online match yang sangat disukai penggemar game ini.

Tidak hanya populer di Korea Selatan, game ini juga banyak dimainkan pemain global. Dan meski dibuat tahun 2008, game ini masih mendapatkan update rutin yang memperkenalkan senjata, peta, dan fitur permainan baru untuk memberikan pengalaman baru pada para pemain.

8. Lost Ark

Lost Ark adalah game buatan Smilegate RPG yang sebelumnya sukses dengan Cross Fire. Namun beda dengan game populer mereka tersebut, Lost Ark yang diluncurkan pada tahun 2018 memiliki genre RPG dan bisa dimainkan secara online beramai-ramai.

Lost Ark

Game ini memiliki konsep open-world yang luas dan memiliki tampilan visual yang menakjubkan. Dengan memilih karakter dari berbagai class, kamu bisa melakukan banyak hal seperti eksplorasi, bertarung, dan mengembangkan karaktermu untuk menjadi yang terhebat.

Salah satu fitur menonjol dari Lost Ark adalah penekanannya pada eksplorasi dan penemuan. Gim ini menampilkan harta karun tersembunyi, pencarian rahasia, dan teka-teki yang tersebar di seluruh dunia. Hal ini mendorong pemain untuk keluar dari jalur yang sulit untuk mengungkap hadiah tersembunyi.

9. Vindictus

Vindictus, juga dikenal sebagai Mabinogi Heroes di Korea Selatan, adalah game MMORPG yang dikembangkan oleh devCAT, anak perusahaan dari Nexon. Berlatar belakang dunia bernama Erinn, kamu berperan sebgai tentara bayaran dan memulai misi untuk mempertahankan dunia dan mengungkap misterinya.

Vindictus

Vindictus menonjol karena sistem pertarungan berbasis fisika yang serba cepat, yang membedakannya dari MMORPG tradisional. Gim ini menawarkan pengalaman mendalam dan imersif di mana pemain terlibat dalam pertempuran sengit melawan musuh yang kuat.

Selain pertempuran, Vindictus menawarkan sistem perkembangan karakter yang kaya. Pemain dapat memilih dari pilihan karakter yang berbeda, masing-masing dengan gaya bermain dan kemampuannya sendiri. Saat mereka maju, pemain dapat memperoleh keterampilan baru, meningkatkan peralatan, dan menyesuaikan penampilan karakter mereka agar sesuai dengan preferensi mereka.

10. Audition Online

Audition Online adalah gim multipemain berbasis ritme daring yang dikembangkan T3 Entertainment dan dipublikasikan oleh Hanbitsoft. Pertama kali rilis di Korea Selatan pada tahun 2004, game ini juga dilokalisasi di Indonesia dengan nama AyoDance.

Audition Online yang dikenal sebagai AyoDance di Indonesia

Gameplay inti Audition Online berputar di sekitar memukul panah atau ketukan yang selaras dengan irama musik. Pemain harus mengatur waktu penekanan tombol secara akurat untuk mencapai skor tinggi dan melakukan gerakan tarian yang mengesankan di layar. Gim ini menawarkan berbagai tingkat kesulitan untuk mengakomodasi pemain dengan tingkat keahlian yang berbeda.

Selain gameplay solo, Audition Online mendorong interaksi sosial dan kompetisi antar pemain. Gim ini menampilkan berbagai mode multipemain, termasuk duet, pertempuran, dan pertandingan kru, yang memungkinkan pemain bersaing satu sama lain dan memamerkan keterampilan menari mereka.

11. KartRider

KartRider, juga dikenal sebagai Crazy Racing KartRider atau PopKart, adalah game balapan multipemain populer yang dikembangkan Nexon. Meski sempat dibanding-bandingkan dengan Mario Kart, game yang pertama pertama kali dirilis di Korea Selatan pada tahun 2004 berhasil membuat jalur kesuksesanya sendiri dan memperoleh basis pemain yang besar, baik di dalam negeri maupun internasional.

KartRider

KartRider menawarkan pengalaman balapan yang menyenangkan dan dapat diakses dengan gaya seni kartun yang aneh. Gim ini menampilkan berbagai trek balap yang penuh warna dan imajinatif, masing-masing dengan tantangan dan tema uniknya sendiri.

Di KartRider, pemain dapat memilih dari beragam karakter, masing-masing dengan kart dan kemampuan yang berbeda. Gim ini menawarkan berbagai opsi penyesuaian, memungkinkan pemain mempersonalisasi kart mereka dengan berbagai skin, aksesori, dan peningkatan.

12. TROUBLESHOOTER: Abandoned Children

TROUBLESHOOTER: Abandoned Children adalah game tactical RPG buatan studio Korea Dandylion. Gim berlatar belakang dunia Troubleshooter ini terlihat terinpsirasi dari game taktikal terbaik seperti X-Com dan Final Fantasy Tactics, dengan tambahan bumbu RPG Jepang (JRPG).

Troubleshooter: Abandoned Children

Di game ini kita akan mengikuti sekelompok agen lepas yang berfungsi sebagai polisi anti huru hara berkekuatan super. Mereka ditugaskan untuk membantu penegakan hukum, terutama untuk menangani situasi berbahaya yang melibatkan geng terorganisir dan makhluk kuat. Struktur permainan terdiri dari bab-bab cerita inti dan beragam side quest, menawarkan berbagai tingkat kesulitan dan panjang.

Melihat gameplay-nya, game ini mengambil inspirasi dari XCOM 2, terutama untuk masalah pergerakan pemain dan cover system yang dipakai ketika karakter kita berlindung di balik objek tertentu. Elemen Final Fantasy Tactics sendiri bisa dilihat dari speed stat yang mempengaruhi seberapa lama sampai satu karakter mendapatkan gilirannya.

Dari basis tersebut, TROUBLESHOOTER juga menambahkan sistem kustomisasi yang cukup kompleks. Di game ini, masing-masing karakter bisa memiliki kekuatan bernama masteries. Tergantung level dan class yang kamu gunakan, karakter kamu bisa berkembang dengan berbagai skill dan kemampuan berbeda yang bisa membantu kamu dalam pertempuran.


Itulah deretan game buatan Korea yang sudah berhasil mengambil hati para gamers dari seluruh dunia. Sekarang kamu jadi sadar bahwa Korea memang pintar dalam berbagai hal termasuk menghasilkan permainan populer. Dengan karakter yang berbeda-beda, membuat waktu luangmu menjadi lebih seru dan menyenangkan. (Gimtekno.com)

0 Komentar