13+ Game Nintendo Switch dengan Ukuran Kecil - GimTekno

13+ Game Nintendo Switch dengan Ukuran Kecil

Game Nintendo Switch ukuran kecil di bawah 1GB

Mencari game Nintendo Switch ukuran kecil bisa jadi salah satu cara untuk memaksimalkan storage. Semakin kecil ukurannya, tentu game yang bisa kamu simpan akan semakin banyak bukan?

Meski berukuran kecil, game-game Nintendo Switch tersebut tetap asik dimainkan. Dengan ukuran di bawah 1 GB, keseruan yang kamu dapat pun tidak kalah dibanding game reguler yang ukurannya 5-8 GB.

Nah, buat kamu yang mau tahu apa saja game Nintendo Switch ukuran kecil yang bisa kamu mainkan, berikut adalah beberapa rekomendasinya.

Game Nintendo Switch Ringan di Bawah 500MB

1. Undertale

Release: 2018
Ukuran: 220 MB

Undertale

Game Nintendo Switch ringan pertama yang bisa kamu mainkan adalah Undertale dengan ukuran file hanya 220 MB saja. Meski berukuran kecil, Undertale adalah salah satu game Nintendo Switch dengan rating tertinggi berdasarkan Metacritic, dan membuat mereka jadi salah satu game Nintendo Switch terbaik sepanjang masa.

Satu hal menarik, Undertale memiliki elemen pertarungan turn-based tradisional dengan mekanisme inovatif yang memungkinkan pemain menyelesaikan pertarungan tanpa kekerasan. Gim ini menekankan pilihan dan konsekuensi, menghadirkan dilema moral kepada pemain dan membiarkan mereka memutuskan bagaimana cerita ini berjalan.

Secara visual, tampilan Undertale mungkin terlalu sederhana bagi sebagian besar orang. Namun jangan salah sangka, karena game ini memiliki banyak karakter yang berkesan. Dialog yang ditampilkan pun dibuat dengan cerdas dengan selipan humor ringan yang menghibur.

2. Retro City Rampage DX

Release: 2017
Ukuran: 51 MB

Retro City Rampage DX

Dengan ukuran hanya 51 MB, Retro City Rampage DX jadi salah satu game Nintendo Switch dengan ukuran terkecil di daftar ini. Sesuai namanya, Retro City Rampage DX dibuat dengan inspirasi game-game arcade dari era game 8-bit dan 16-bit.

Retro City Rampage DX menawarkan dunia open-world luas untuk dijelajahi, dikemas dengan misi, tantangan, dan rahasia. Ada banyak variasi dalam gameplay, dengan misi seputar balapan hingga mini-game. Gim ini juga menyertakan berbagai power-up dan senjata yang menambah kekacauan dan memungkinkan terjadinya kekacauan yang kreatif.

Bagi pemain yang besar di era 80 dan 90-an, game ini bisa jadi ajang nostalgia dengan banyaknya referensi budaya pop, mulai dari film, acara TV, hingga video game di zaman tersebut. Semuanya pun dikemas dengan tampilan piksel khas game retro klasik, lengkap dengan musik chiptune yang banyak dipakai di game arcade zaman dahulu.

3. Steamworld Dig 2

Release: 2017
Ukuran: 275 MB

Steamworld Dig 2

Dikembangkan oleh Image & Form Games, SteamWorld Dig 2 mengambil semua nilai baik dari pendahulunya dan memperkuatnya untuk menciptakan pengalaman yang luar biasa. Selain itu sekuel ini juga menawarkan perpaduan adiktif antara eksplorasi, platform, dan mekanisme penambangan yang akan membuat kamu betah memainkannya berjam-jam.

Meski berlatar belakang pasca peristiwa SteamWorld Dig pertama, kamu tidak perlu memainkan seri pertamanya untuk menikmati game ini. Di sini kamu berperan sebagai Dorothy, seorang robot yang mencari temannya yang hilang, Rusty. Saat kamu mempelajari lebih dalam dunia bawah tanah, kamu akan mengungkap rahasia, menemukan karakter unik, dan menemukan kebenaran di balik misteri yang kamu temui.

Salah satu fitur menonjol dari SteamWorld Dig 2 adalah gameplay loop yang mulus dan adiktif. Kamu akan mulai dengan tools dasar dan secara bertahap membuka upgrade yang memungkinkan kamu menggali lebih dalam, melompat lebih tinggi, dan melepaskan serangan yang lebih kuat. Hal ini membuat progres game lebih menark dan membuat gameplay tetap segar dan mengasyikkan.

4. Steamworld Heist: Ultimate Edition

Release: 2017
Ukuran: 261 MB

Steamworld Heist: Ultimate Edition

Masih dari developer yang sama, Steamworld Heist jadi game Nintendo Switch ukuran kecil lainyang juga bisa kamu mainkan. SteamWorld Heist: Ultimate Edition adalah gim strategi berbasis giliran yang berada di alam semesta yang sama dengan seri "SteamWorld Dig" yang populer sebelumnya.

Dalam SteamWorld Heist: Ultimate Edition, pemain berperan sebagai Kapten Piper Faraday, bajak laut steambot di dunia steampunk. Gim ini menggabungkan pertarungan strategis, skill menembak, dan sentuhan unik pada formula berbasis giliran. Alih-alih mengendalikan unit di grid, pemain secara manual membidik dan menembakkan senjata mereka dalam lingkungan gulir samping 2D, yang membutuhkan presisi dan pemosisian taktis yang cermat.

Pengaturan dan gaya seni gim ini kaya dengan estetika steampunk, menampilkan grafik gambar tangan detail dan desain karakter yang menawan. Berbagai anggota kru steambot yang kamu rekrut masing-masing memiliki kemampuan dan kepribadian unik, dan menambah kedalaman dan strategi pada gameplay.

5. Shovel Knight: Treasure Trove

Release: 2017
Ukuran: 309 MB

Shovel Knight: Treasure Trove

Jika kamu senang dengan game piksel di Nintendo Switch, salah satu judul dari Shovel Knight akan sangat cocok untukmu. Salah satunya adalah Treasure Trove yang dibuat mirip game platforming era 8-bit klasik yang cocok untuk penggemar game retro atau pendatang baru.

Sama seperti seri Shovel Knight lainnya, di sini kamu akan berperan sebagai ksatria yang memiliki senjata berupa sekop. Mekanik sekop khas memberi sentuhan unik, yang memungkinkan kamu menggali tanah, memantul dari musuh, dan mengungkap harta karun.

Hal unik dari Shovel Knight: Treasure Trove adalah komitmennya terhadap variasi. Koleksinya mencakup banyak kampanye, masing-masing menampilkan karakter yang dapat dimainkan berbeda dengan kemampuan dan alur cerita unik mereka sendiri. Di game ini pun kamu bisa membuka mode permainan tambahan, seperti "New Game+" yang menantang dan mode multipemain kompetitif yang disebut "Shovel Knight Showdown".

6. Nuclear Throne

Release: 2019
Ukuran: 210 MB

Nuclear Throne

Nuclear Throne adalah game indie roguelike yang dikembangkan oleh Vlambeer dan hanya memiliki file instalasi sebesar 210 MB saja! Berlatar belakang dunia pasca-apokaliptik, game ini menawarkan permainan seru yang asik dimainkan berulang-ulang.

Di game ini, tujuan kamu adalah menaklukan serangkaian level yang dipenuhi dengan musuh dalam lingkungan penuh nuklir yang berbahaya untuk mencapai tahta Nuclear Throne. Sepanjang jalan, kamu bisa menemukan berbagai makhluk bermutasi, masing-masing dengan pola serangan dan kemampuannya sendiri, membuat pertempuran menjadi intens dan strategis.

Gim ini memiliki banyak pilihan karakter, dengan kemampuan dan gaya bermain khusus mereka sendiri. Saat kamu maju, kamu akan membuka kunci karakter, senjata, dan mutasi baru yang dapat meningkatkan kemampuan kamu dan memberikan opsi strategis yang berbeda.

7. Enter the Gungeon

Release: 2017
Ukuran: 443 MB

Enter the Gungeon

Dengan konsep yang mirip Nuclear Throne, Enter the Gungeon adalah game roguelike indie populer yang menawarkan perpaduan antara tembak-tembakan, penjelajahan bawah tanah, dan mekanik roguelike yang menantang sekaligus adiktif.

Dalam game ini, kamu bisa memainkan satu dari banyak karaker yang masing-masing memiliki kemampuan unik dan senjata awal mereka sendiri. Game ini berlatar belakang di Gungeon, ruang bawah tanah mistis dan selalu berubah yang dipenuhi musuh, jebakan, dan bos yang kuat dengan reward tertinggi berupa senjata yang dapat membunuh masa lalu.

Gameplay-nya sendiri berputar di sekitar tembak-menembak yang intens, di mana kamu harus menghindari rentetan peluru sambil membidik dan menembak musuh secara strategis. Adanya sistem permadeath akan membuat karaker kamu mulai dari awal saat mati. Namun, hal tersebut akan membantu kamu untuk membuka karakter, senjata, dan item baru, dan meningkatkan peluang kamu untuk sukses dalam putaran berikutnya.

8. Terraria

Release: 2019
Ukuran: 453 MB

Terraria

Terraria adalah game petualangan sandbox populer yang dikembangkan oleh Re-Logic, dan telah dirilis di berbagai platform, termasuk Nintendo Switch. Game ini sendiri mendukung mode pemain tunggal dan multipemain. Jadi kamu bisa bekerja sama dengan teman secara lokal atau online untuk menjelajahi, membangun, dan menaklukkan tantangan bersama.

Dalam Terraria, pemain ditugaskan untuk menjelajahi dan membangun dunia 2D luas yang dipenuhi makhluk, harta karun, dan kemungkinan yang tak terhitung jumlahnya. Hampir mirip dengan Minecraft, game ini menawarkan perpaduan unik antara eksplorasi, crafting, pertarungan, dan building.

Kamu bisa mulai dengan alat dasar dan secara bertahap memperoleh sumber daya, memungkinkan kamu membuat peralatan yang lebih canggih, membangun struktur, dan mempelajari dunia lebih dalam. Ada banyak bioma untuk dijelajahi, masing-masing dengan tema, musuh, dan harta yang berbeda.

Gameplay Terraria yang bersifat terbuka, memberi pemain kebebasan untuk memilih jalur dan gaya bermain mereka sendiri. Di sini kamu bisa memulai pencarian epik, mengalahkan bos yang menantang, mengumpulkan bahan langka, menambang sumber daya berharga, atau terlibat dalam pertempuran dengan berbagai makhluk dan musuh. Mekanika pertempurannya menarik, dengan berbagai macam senjata, mantra sihir, dan perlengkapan untuk dipilih.

9. Mini Metro

Release: 2018
Ukuran: 219 MB

Mini Metro

Mini Metro adalah game strategi dan simulasi minimalis yang dikembangkan oleh Dinosaur Polo Club. Dalam game ini, kamu berperan sebagai perencana transit dan harus merancang dan mengelola sistem kereta bawah tanah seefisien mungkin. Kamu pun harus bisa beradaptasi dengan sumber daya yang terbatas dan tuntutan kota yang terus berkembang.

Gim ini menampilkan berbagai kota dunia nyata sebagai skenario, masing-masing dengan tata letak, tuntutan, dan tantangannya sendiri yang unik. Dari Kota New York ke Tokyo, kamu akan menghadapi kendala geografis dan struktural yang berbeda yang membutuhkan perencanaan matang untuk mengatasinya.

10. Baba is You

Release: 2019
Ukuran: 231 MB

Baba is You

Buat kamu yang senang dengan puzzle dan teka-teki, Baba is You jadi game Nintendo Switch ukuran kecil yang pas untuk menghabiskan waktu. Beda dengan game teka-teki lainnya, Baba is You memungkinkan kamu untuk memanipulasi aturan game untuk menyelesaikan puzzle.

Setiap level di game ini akan memiliki aturan masing-masing yang muncul dalam bentuk blok teks. Menariknya, teks ini bisa kamu atur ulang agar menjadi aturan baru yang menguntungkan kamu.

Setiap level memiliki tantangan tersendiri yang mengharuskan kamu untuk berpikir out-of-the-box dan mencari solusi yang mungkin tidak kamu sangka. Semakin jauh progres kamu, semakin kompleks pula mekanisme serta kombinasi aturan yang bisa kamu manipulasi.

11. Katana Zero

Release: 2019
Ukuran: 359 MB

Katana Zero

Katana Zero adalah game platformer aksi yang menawarkan pengalaman penuh gaya dan intens yang menggabungkan pertarungan cepat, platform yang tepat, dan narasi yang menarik.

Di Katana Zero, pemain berperan sebagai samurai assassin yang dikenal sebagai Dragon. Berbekal katana dan berbagai kemampuan manipulasi waktu, kamu akan menjelalahi serangkaian level yang dirancang dengan cermat, sambil menaklukan musuh dengan skill yang kamu miliki.

Pertarungan di Katana Zero sangat memuaskan, dengan menekankan kecepatan dan ketepatan. Game ini mengharuskan pemain untuk mengatur waktu serangan, menangkis, dan menghindar secara strategis. Kekuatan manipulasi waktu sang protagonis juga menambah kedalaman pertempuran, memungkinkan pendekatan dan strategi kreatif.

Di luar gameplay tersebut, Katana Zero juga menawarkan narasi yang memikat. Gim ini bercerita mengenai kisah kelam dan mencekam yang penuh dengan misteri dan intrik. Sebagai Dragon, kamu akan berinteraksi dengan berbagai karakter dan membuat pilihan yang menentukan hasil permainan.

12. Collection of Mana

Release: 2019
Ukuran: 356 MB

Collection of Mana

"Mana" adalah salah satu seri RPG paling populer yang dikembangkan oleh Square Enix. Bagi kamu yang ingin menikmati game dengan cerita yang menarik atau sekadar ingin bernostalgia, Collection of Mana bisa jadi pilihan yang tepat.

Pada Collection of Mana, kamu bisa menemukan tiga game sekaligus, yaitu Final Fantasy Adventure, Secret of Mana, dan Trials of Mana. Ketiganya masing-masing dirilis pertama kali pada konsol Game Boy, SNES, dan Super Famicom.

Bagi penggemar seri "Mana", maka game ini wajib kamu mainkan karena seri Trials of Mana yang sebelumnya hanya tersedia di Jepang kini bisa kamu nikmati dalam Bahasa Inggris.

13. The Touryst

Release: 2019
Ukuran: 245 MB

The Touryst

The Touryst adalah game teka-teki petualangan yang dikembangkan oleh Shin'en Multimedia untuk Nintendo Switch. Game ini menawarkan pengalaman yang unik dan santai, serta menampilkan kombinasi eksplorasi, pemecahan teka-teki, dan gim mini dalam dunia yang dibuat dengan indah.

Pemain berperan sebagai turis yang mengunjungi berbagai pulau, masing-masing dengan suasana dan rahasia yang berbeda untuk diungkap. Gameplay berputar di sekitar berinteraksi dengan lingkungan, memecahkan teka-teki, dan menyelesaikan misi. Di sini kamu akan terlibat dalam aktivitas seperti tantangan platforming, menyelam, berselancar, dan banyak lagi.

Gaya seni The Touryst secara visual menarik, dengan grafik penuh warna dan stylish yang menambah suasana permainan yang ringan dan santai. Soundtrack game melengkapi visual, semakin meningkatkan pengalaman bermain secara keseluruhan.

14. Kamiko

Release: 2017
Ukuran: 117 MB

Kamiko

Kamiko adalah game indie yang menawarkan pengalaman gameplay yang serba cepat dengan sentuhan mitologi Jepang. Meski jadi game Nintendo Switch dengan ukuran kecil, Kamiko menawarkan petualangan yang ringkas namun memuaskan yang dapat diselesaikan dalam beberapa jam. Replayability-nya berasal dari membidik skor tinggi, menemukan rahasia, dan menguasai gaya bermain Kamiko yang berbeda.

Di Kamiko, pemain berperan sebagai pendeta wanita bergelar Kamiko, yang harus membasmi kekuatan jahat dan memulihkan harmoni. Gim ini menampilkan gaya seni piksel yang semarak dan perspektif top-down yang mengingatkan pada game aksi klasik.

Setiap stage diisi dengan musuh, rintangan, dan teka-teki yang harus diatasi dengan menggunakan kemampuan unik dari setiap Kamiko. Setiap karakter memiliki senjata dan gaya bermain yang berbeda, memungkinkan pemain untuk beralih di antara mereka dan beradaptasi dengan tantangan yang berbeda.

15. SNES App For Switch

Release: 2019
Ukuran: 246 MB

SNES App for Switch adalah aplikasi yang memungkinkan kamu untuk memainkan beragam game pilihan dari konsol NES, SNES, dan Game boy untuk dimainkan di Nintendo Switch.

Di dalam aplikasi ini kamu bisa menemukan banyak game retro yang ikonik seperti Donkey Kong, Breath of Fire I & II, Earthbound, Super Metroid, Harvest Moon, The Legend of Zelda: A Link to the Past, Super Mario, Kirby Super Star, Super Punch out, dan ratusan game lainnya.

Buat kamu yang senang main bersama, semua game multiplayer yang ada di aplikasi ini juga bisa dimainkan bareng-bareng dengan pengguna konsol Switch lainnya. Nintendo bahkan menjual kontroler SNES bagi kamu yang ingin menikmati pengalaman penuh bermain SNES sungguhan.


Nintendo Switch sendiri sebenarnya memiliki storage bawaan yang cukup besar. Versi OLED hadir dengan memori 64GB, sementara versi Lite dan Console hadir dengan memori 32GB. Dengan rata-rata ukuran game anara 5-8 GB, kamu sebenarnya masih bisa menyimpan cukup banyak game tanpa tambahan microSD untuk Nintendo Switch.

Namun jika kamu masih memiliki beberapa GB storage tersisa, menginstal beberapa game Nintendo Switch ukuran kecil ini bisa kamu lakukan agar semakin banyak permainan yang bisa kamu mainkan di konsol tersebut. (Gimtekno.com)

0 Komentar