10 Aplikasi Download Torrent Terbaik untuk Semua Platform - GimTekno

10 Aplikasi Download Torrent Terbaik untuk Semua Platform

(Update: 13 juli 2023) - Aplikasi download torrent berbeda dengan download manager lain seperti IDM. Dengan metode peer-to-peer network, cara download torrent hanya bisa dilakukan menggunakan aplikasi khusus torrent saja.

aplikasi torrent terbaik untuk windows, mac, linux, dan android

Dibandingkan dengan metode download biasa, download via torrent memiliki beberapa kelebihan. Sebagai contoh, penggunaan torrent dapat mengurangi beban kerja server karena setiap komputer yang terhubung memainkan peran mereka dalam mengupload file pada orang lain yang sedang mengunduh. Torrent pun lebih bisa diandalkan untuk mengirimkan file berukuran besar, sehingga banyak digunakan oleh distributor software dan produk digital lainnya.

Nah, jika kamu ingin download torrent, kamu butuh salah satu aplikasi download torrent terbaik berikut ini di PC atau smartphone Android kamu.

Aplikasi Download Torrent Terbaik

1. uTorrent

Aplikasi µTorrent atau uTorrent rasanya jadi aplikasi terbaik untuk download torrent. uTorrent dapat digunakan pada Windows, Mac, Linux, hingga hape Android. Meski ada versi PRO-nya, versi gratisnya sudah lebih dari cukup untuk penggunaan pribadi.

Salah satu kelebihan uTorrent adalah ukurannya yang kecil, hanya 6MB saja. Makanya aplikasi ini sangat ringan dan bisa dijalankan tanpa banyak menggangu performa komputer atau hape kamu.

Kamu bisa mulai mendownload menggunakan file torrent atau menggunakan magnet link. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan streaming file video selama kamu memiliki koneksi internet yang baik.

Torrent yang kamu download pun dapat dijadwalkan atau bahkan dibatasi kecepatan download dan uploadnya. Dengan begitu kamu tetap bisa menggunakan koneksi internet untuk melakukan hal lain tanpa harus menunggu proses download selesai.

2. qBitTorrent

Aplikasi torrent client terbaik berikutnya adalah qBitTorrent. Aplikasi ini memiliki tampilan yang sederhana, gratis, dan memiliki fitur yang bekerja sempurna. Makanya qBitTorrent jadi salah satu alternatif terbaik uTorrent yang bisa diandalkan.

qbittorrent, aplikasi download torrent terbaik untuk Windows dan Mac

Aplikasi torrent ini dapat digunakan pada Windows 7, 8, 10 serta Mac Mojave, Catalnina, dan Big Sur. Selain itu qBittorrent sepenuhnya bebas iklan, support antrian torrent, memprioritaskan torrent, dan pemfilteran IP. Selain itu aplikasi ini juga bisa memutar media yang telah berhasil kamu unduh.

Satu kelebihan qBitTorrent adalah kinerjanya yang tidak memakan banyak RAM saat mengunduh file. Selain itu aplikasi ini memiliki dukungan RSS feed, penjadwal bandwidth, dan ekstensi seperti koneksi terenkripsi. Dan meski tampilannya sedikit jadul, aplikasi ini masih terus diperbarui secara berkala.

3. BitTorrent

Apapun yang kamu cari, entah video, acara TV, perangkat lunak, musik, atau buku audio, klien BitTorrent resmi mendukung jadi aplikasi yang cocok untuk kamu. BitTorrent adalah aplikasi download torrent yang memungkinkan kamu untuk memakai file torrent atau tautan magnet untuk mengunduh file yang kamu butuhkan.

Aplikasi BitTorrent sangat mudah digunakan. Pengguna torrent dapat menemukan konten yang diinginkan dengan mencari menggunakan mesin pencari bawaan di aplikasi ini. Selain itu BitTorrent juga memiliki fitur drag-and-drop yang memungkinkan kamu untuk menyesuaikan antarmuka dengan cepat dan mudah.

Beberapa fitur keren lainnya dari BitTorrent adalah kemampuannya untuk menjadwalkan unduhan torrent, mengelola perangkat yang dipasangkan, dan membatasi penggunaan bandwidth.

4. WebTorrent

Ketika WebTorrent pertama kali dikembangkan pada tahun 2017, fitur yang membuatnya populer adalah kemampuannya untuk berjalan di dalam browser tanpa perlu diinstal terlebih dahulu. Sekarang kamu dapat mengunduh dan menginstal WebTorrent di Windows, macOS, dan Ubuntu.

Perangkat lunak yang ringan ini juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan dan membuat torrent dengan mudah dengan kustomisasi drag-and-drop. Fitur penting lainnya dari WebTorrent memungkinkan kamu untuk terhubung ke pengguna lain yang menggunakan uTorrent, BitTorrent, dan Transmission.

Meskipun gratis, tidak ada iklan di platform ini karena mereka merupakan software open source. Aplikasi ini dikembangkan untuk streaming video torrent. Jadi, kamu dapat melakukan streaming acara dan film favorit menggunakan Chromecast, AirPlay, atau DLNA. Namun, kamu juga bisa mengunduh file torrent lain atau membuka tautan magnet.

5. Brave Browser

Buat kamu yang ingin download torrent tanpa aplikasi atau software khusus torrent, kamu bisa mengganti browser kamu dengan Brave Browser. Brave sendiri merupakan salah satu browser terbaik yang tersedia di berbagai platform. Salah satu keunggulannya adalah masalah privasi dan keamanan, serta reward dalam bentuk Basic Attention Token (BAT) setiap kali kamu menggunakannya.

Download torrent tanpa aplikasi lewat Brave Browser

Dan jika kamu sering mengunduh torrent, Brave Browser hadir dengan ekstensi bawaan torrent downloader yang bisa digunakan gratis.

Untuk mengaktifkannya, kamu hanya perlu masuk ke menu Settings > Extensions lalu aktifkan opsi WebTorrent. Jika sudah, maka Brave browser akan secara otomatis menyimpan file torrent, atau mengunduh file saat kamu mengklik magnet link. Brave Browser bahkan memungkinkan kamu untuk streaming melalui torrent lho!

6. Deluge

Aplikasi torrent terbaik selanjutnya adalah Deluge. Aplikasi yang awalnya muncul di Linux ini merupakan software yang serbaguna, gratis, dan memiliki sejarah yang panjang. Fitur-fiturnya menjadikannya salah satu klien torrent terbaik untuk mengunduh torrent di Windows 10, meskipun aplikasi ini juga berfungsi dengan macOS dan Linux.

Satu hal yang menarik, kamu bisa mengintegrasikan aplikasi torrent ini dengan browser web seperti Chrome atau Firefox. Selain itu kamu bisa mengatur batas bandwidth torrent global dan memindahkan file torrent ke direktori tertentu. Aplikasi ini pun sudah mendukung teknologi local peer discovery (LPD).

Tidak hanya itu, Deluge memiliki dukungan plugin yang bisa menambah fitur ke dalam aplikasi ini seperti Auto Shutdown, Auto Remove, My Scheduler dan masih banyak lagi. Satu hal yang unik, ada plugin uTorrent Import yang bisa digunakan untuk melanjutkan unduhan yang kamu lakukan di uTorrent.

7. Tixati

Tixati adalah klien torrent berbasis BitTorrent yang sangat efisien dan kuat lainnya dengan fitur menonjol yang luar biasa. Sama seperti software lain di daftar ini, kamu dapat menggunakan media ini untuk membagikan magnet link atau tautan URL.

Tixati, aplikasi untuk download file torrent khusus Linux

Aplikasi torrent ini adalah platform yang sangat ringan dengan ruang obrolan yang memungkinkan kamu mengirim pesan pribadi terenkripsi ke pengguna lain. Software ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan streaming dan mengunduh banyak konten audio dan video tanpa takut menginfeksi PC dengan spyware atau malware.

Fitur mengesankan lainnya dari pengunduh torrent ini adalah pemfilteran IP, manajemen bandwidth, penjadwalan unduhan, dan pelaporan terperinci. Semua itu bebas digunakan secara cuma-cuma bagi pengguna Windows dan Linux.

8. Transmission

Transmission adalah klien torrent open source terbaik untuk Linux dan tersedia untuk beragam distro mulai dari Ubuntu, Fedora, OpenSUSE, Debian, FreeBSD, Gentoo, Mandriva, CentOS, Slackware, dan masih banyak lagi. Namun kini aplikasi tersebut juga bisa dinikmati oleh pengguna Windows dan MacOS X.

Dibandingkan dengan kebanyakan klien torrent P2P, Transmission menggunakan lebih sedikit sumber daya sistem, bahkan dibandingkan dengan beberapa klien torrent non-GUI sekalipun.

Dan meski gratis, fitur Transmission tergolong sangat melimpah mulai dari enkripsi, peer exchange, magnet links, DHT, µTP, UPnP and NAT-PMP port forwarding, webseed support, watch directories, tracker editing, global dan per-torrent speed limits, serta banyak lagi yang lainnya.

9. Vuze

Vuze yang sebelumnya dikenal sebagai Azureus juga merupakan salah satu klien torrent terbaik yang patut kamu coba. Melalui aplikasi ini, kamu bisa mengunduh banyak hal menggunakan file torrent atau magnet link.

Aplikasi ini sangat user-friendly dengan tampilan antarmuka yang menarik, intuitif, dan dirancang dengan rapi. Selain itu Vuze juga memberi kamu akses ke beragam plugin pihak ketiga, yang memberi kamu kendali penuh dan memungkinkan kamu menyesuaikan antarmuka sesuka hati.

Pada Vuze terdapat beberapa fitur menarik seperti penyaringan IP dan pembatasan bandwidth. Selain itu pada Vuze juga terdapat media player built-in serta fitur pencarian yang memungkinkan kamu menemukan konten apa pun dalam hitungan detik.

10. BiglyBT

BiglyBT adalah aplikasi torrent open source yang benar-benar bebas iklan. BiglyBT sendiri melanjutkan kesuksesan Vuze/Azureus dan sudah ada sejak tahun 2003.

Biglybt, software download torrent cepat

Klien torrent ini tersedia pada banyak platform mulai dari Windows (32 & 64 bit), MacOS, LegacyOS, Linux, BSD, Unix, hingga Android. Selain memiliki fitur dasar yang sama dengan Vuze, BiglyBT juga memiliki fitur tambahan seperti swam merging untuk memeprcepat download, tag dan kategori, I2P support untuk download secara anonim, serta plugin RSS untuk saling berbagi konten streaming melalui chat.

Menariknya, aplikasi ini memiliki support untuk klien torrent lain seperti WebTorrent. Dan jika kamu menggunakan Vuze, kamu juga bisa mengimport plugin serta download-an yang kamu lakukan di software tersebut sebelumnya.


Selain nama-nama di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi aplikasi untuk download torrent dari situs kesukaanmu. Namun tentu tidak ada salahnya untuk menggunakan software terpercaya yang populer dan banyak digunakan pengguna lain di seluruh dunia bukan? (GimTekno.com)

0 Komentar