10 Aplikasi Sosial Media Terbaik di Dunia - GimTekno

10 Aplikasi Sosial Media Terbaik di Dunia

aplikasi sosial media terbaik yang paling banyak digunakan di dunia

Sekarang ini, aplikasi media sosial jadi salah satu aplikasi penting di hape kamu. Tidak hanya terhubung dengan teman dan kerabat, aplikasi ini juga bisa jadi cara kamu untuk mendapatkan info terbaru atau menyuarakan ide kamu ke seluruh dunia.

Aplikasi media sosial sendiri sangat beragam, mulai dari yang lebih banyak didominasi oleh teks atau malah lebih banyak konten videonya. Semuanya tentu bisa digunakan bersamaan tergantung keperluan dan kebutuhan kamu.

Kelebihan dan kekurangan masing tentu membuat kita sulit untuk menilai mana aplikasi sosial media terbaik tentu bukan hal mudah. Namun jika kita melihat jumlah penggunanya, berikut adalah beberapa aplikasi media sosial terbaik yang paling banyak digunakan di seluruh dunia berdasarkan data Statista 2021.

Aplikasi Sosial Media Terbaik

1. Facebook

Facebook - Aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan

Facebook menjadi aplikasi sosial media terbaik dengan basis pengguna terbesar dan penggunaan aktif bulanan yang tinggi. Melalui banyak fitur di dalamnya, sangat mudah untuk memposting status kamu dalam semua jenis format konten gambar, teks, video, story, dan live streaming.

Aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan bekerja menggunakan algoritma yang memprioritaskan konten, yang memicu lebih banyak interaksi antara orang-orang, terutama di antara teman dan keluarga. Kamu pun bisa saling terhubung dan berkomunikasi dengan fitur Messenger di dalamnya.

2. Youtube

Youtube memang lebih dikenal sebagai platform video sharing terbesar di dunia, tapi sebenarnya Youtube juga bisa menjadi aplikasi media sosial terbaik untukmu . Dari musik hingga film dan dari video pribadi hingga film independen, semua konten ada di Youtube.

Sebagai yang kedua dalam daftar aplikasi media sosial terbaik ini, YouTube juga merupakan mesin pencari terbesar kedua setelah Google. Jadi, jika kamu ingin mempromosikan merek atau konten buatan kamu sendiri, Youtube adalah salah satu media yang bagus untuk melakukannya.

3. WhatsApp

WhatsApp - Aplikasi sosmed yang wajib dimiliki

WhatsApp jadi salah satu aplikasi chatting terbaik yang memungkinkan kamu untuk terhubung dengan semua orang di kontak kamu. Tidak hanya saling berbalas pesan, kamu juga bisa melakukan panggilan suara, video call, bahkan membuat status mirip insta story. Dengan tingkat popularitasnya yang tinggi, WhatsApp jadi salah satu sosmed yang wajib dimiliki.

Orang-orang di lebih dari 180 negara menggunakan WhatsApp, salah satu dari 10 situs media sosial teratas secara global. Meski awalnya hanya digunakan untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarga, secara bertahap, orang-orang juga mulai menggunakan aplikasi media sosial gratis ini untuk berkomunikasi dalam bisnis.

Karena itulah WhatsApp menyediakan aplikasi khusus untuk hal tersebut bernama WhatsApp Business. Di dalamnya kamu bisa menemukan banyak fitur tambahan yang bisa dipakai untuk mengembangkan bisnis kamu.

4. Instagram

Instagram rasanya jadi salah satu sosmed yang wajib dimiliki akhir-akhir ini mengingat jumlah penggunanya terus bertambah dari hari ke hari. Setiap hari, Instagram memperkenalkan perkembangan baru untuk lebih melibatkan penggunanya. Instagram memungkinkan kamu berbagi berbagai konten seperti video, video langsung, foto, dan cerita.

Baru-baru ini, Instagram juga meluncurkan IGTV untuk mendukung video berdurasi panjang. Dengan begitu kamu bisa melakukan siaran langsung dan ditonton langsung oleh semua follower kamu.

Jika kamu ingin menggunakan IG untuk berbisnis, kamu juga bisa membuat profil bisnis di aplikasi media sosial populer ini. Dengan begitu kamu bisa mengakses tools analytic yang bisa memberi kamu beragam informasi seperti jumlah posting, view, like, dan siapa saja yang mengakses profil kamu.

5. TikTok

TikTok - Aplikasi sosial media yang lagi trend di kalangan anak muda

Jika kamu bertanya apa aplikasi sosial media yang lagi trend? maka TikTok lah salah satu jawabannya. Dari semua nama di daftar ini, TikTok adalah aplikasi termuda yang dan memiliki perkembangan paling pesar belakangan ini. Di tahun 2018 saja, Tiktok menjadi aplikasi sosial media paling banyak diunduh, mengalahkan Instagram, Facebook, dan aplikasi media sosial terkenal lainnya.

Ide seperti TikTok sendiri sebenarnya mirip dengan Instagram untuk video musik berdurasi pendek. Pada aplikasi media sosial terbaru ini, pengguna dapat merekam video hingga 60 detik, mengeditnya, menambahkan musik dan efek khusus, sebelum memublikasikannya.

Meski awalnya lebih terkenal di Asia, popularitas TikTok dengan cepat merambah dunia barat. Baru-baru ini, TikTok telah mengakuisisi Musical.ly, aplikasi media sosial populer lainnya yang berbagi video musik yang sama. Keterlibatan salah satu situs media sosial terbaik ini dengan platform media sosial utama lainnya menjadikannya aplikasi manajemen media sosial terbaik.

6. Telegram

Dianggap sebagai salah satu aplikasi sosial terbaik untuk kamu yang senang dengan privasi, Telegram kini berusaha memperluas basis penggunanya memanfaatkan popularitas kebijakan berbasis privasi penggunanya. Tidak heran karena fitur keamanannya lah yang membuat aplikasi ini menonjol di antara para pesaingnya.

Dari sudut pandang bisnis, merek platform media sosial paling populer dapat terhubung dengan penggunanya secara instan. Misalnya, merek dan bisnis dapat membuat chatbot di platform Telegram atau menggunakan fitur saluran Telegram untuk menyiarkan pesan ke beberapa pelanggan sekaligus.

Bahkan setelah beberapa tindakan keras oleh badan pemerintah di beberapa situs jejaring sosial, Telegram telah mendapatkan banyak popularitas dibandingkan dengan aplikasi media sosial teratas lainnya dalam daftar platform media sosial dan membuat pilihan pertama di daftar aplikasi media sosial terbaik di dunia.

7. Snapchat

SnapChat - Aplikasi sosial media anti mainstream

Di Indonesia Snapchat mungkin tidak sepopuler nama-nama sebelumnya. Padahal aplikasi ini memiliki jumlah pengguna yang cukup banyak di negara lainnya. Salah satu keunikan sosial media anti mainstream ini adalah fitur unik 'Snaps'. melalui fitur ini, pengguna dapat mengirim gambar atau video pendek sebagai pesan yang secara otomatis menghilang setelah beberapa detik.

Dan bagi yang belum tahu, Snapchat adalah aplikasi media sosial yang pertama kali membuat 'Stories' populer. Fitur 'Story' ini akhirnya banyak diadopsi oleh aplikasi media sosial lain seperti Instagram, WhatsApp, dan Facebook.

8. Pinterest

Aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan lainnya adalah Pinterest. Sama seperti Instagram, Pinterest lebih fokus pada konten visual yang membuatnya populer di banyak kalangan dan membuatnya memiliki jutaan pengguna setiap bulannya.

Pada aplikasi ini pengguna dapat memposting gambar buatannya sendiri atau mem-pin dan mengumpulkan gambar lain yang bisa memberikan inspirasi dan ide-ide baru bagi para pengikut kamu.

9. Reddit

Reddit jadi salah satu media sosial anti mainstream dengan tampilan dan konsep yang sangat unik. Aplikasi media sosial gratis ini memiliki komunitas kuat yang mendorong penggunanya untuk saling berdiskusi, mengobrol, berbagi gambar, dan video.

Ada juga forum khusus dalam daftar platform media sosial untuk hampir semua hal, yang disebut 'Subreddits'. Namun, subreddit memiliki tingkat keterlibatan yang berbeda, jadi disarankan untuk meneliti dan menemukan subreddit yang relevan dan populer dan cocok dengan topik yang kamu senangi.

10. Twitter

Aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan terakhir adalah Twitter. Terkenal dengan batasan karakternya, Twitter cukup populer untuk berbagi ide dan cerita dan banyak digunakan sebagai platform microblogging.

Meski terus disalip aplikasi sosial media baru lainnya, Twitter tetap mendapatkan tempat di hati pengguna setianya. Apalagi berita yang tersebar di Twitter termasuk paling up-to-date dan terjadi secara real-time.

Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan Lainnya

Selain semua nama di atas, sebenarnya masih ada beberapa lagi aplikasi media sosial dan pertemanan yang memiliki jumlah pengguna harian yang tinggi. Namun aplikasi tersebut hanya populer di satu negara saja, yaitu Cina.

  • WeChat
  • QQ
  • Douyin
  • Sina Weibo
  • Kuaishou

Dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, hal ini tentu menjadi hal yang wajar, apalagi beberapa aplikasi sudah terintegrasi dengan banyak layanan di negara tersebut. Namun jika kamu tertarik dengan negara tersebut atau bisa menggunakan bahasa Mandarin, maka beberapa aplikasi tersebut juga bisa kamu pertimbangkan.

0 Komentar