aplikasi chatting terbaik dan teraman untuk Android

Aplikasi chatting jadi salah satu aplikasi penting yang harus diinstal di hape baru. Selain mengirim pesan teks, aplikasi chatting kini juga dilengkapi dengan beragam fitur seperti status, voice note, voice call, stiker lucu, hingga video call. Makanya jangan heran jika aplikasi perpesanan kini mulai menggantikan SMS dan MMS yang lebih dulu populer.

Aplikasi chat sendiri sangat mudah ditemui di play store atau app store. Masing-masing memiliki kelebihan yang membuat mereka tampil beda dan punya penggemar sendiri.

Nah, jika kamu masih bingung harus instal yang mana, berikut adalah beberapa aplikasi chatting terbaik dan teraman yang bisa kamu instal di hape Android atau iPhone.

1. WhatsApp

WhatsApp jadi aplikasi chattingan yang paling populer dan terkenal, tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Tidak tangung-tanggung, aplikasi chatting terbaik ini melayani lebih dari dua miliar pengguna aktif setiap bulannya.

Pada WhatsApp kita bisa menemui beragam fitur yang bisa memudahkan kita untuk berkomunikasi hingga mencari teman baru. Selain mengirim pesan teks dan suara, kita juga bisa melakukan panggilan video, menempelkan stiker, hingga membuat status dengan fitur yang mirip insta story.

Tidak hanya bisa digunakan untuk keperluan personal, WhatsApp juga memiliki varian khusus untuk keperluan bisnis lho! Pada aplikasi ini kamu bisa menemukan fitur tambahan yang tidak ada di versi biasa seperti pemberian label, autoresponder, pembuatan profil bisnis, statistik pesan, dan masih banyak lagi.

2. Telegram

Bila kamu sedang mencari aplikasi chatting selain WhatsApp, maka Telegram bisa jadi alternatif pertama kamu. Selain gratis dan bebas iklan, aplikasi ini juga diklaim sangat aman berkat enkripsi end-to-end-nya yang dijamin bikin chat kamu terjaga kerahasiaannya.

Telegram, aplikasi chatting teraman alternatif WA

Namun tidak hanya itu saja, aplikasi ini juga punya banyak kelebihan dibanding WhatsApp seperti pengiriman file yang mencapai 1.500 MB atau grup yang dapat menampung hingga 30 ribu anggota sekaligus. Makanya tidak heran jika aplikasi ini sering digunakan untuk saling berbagi file dan internet marketer yang tidak mau repot membuat banyak akun terpisah untuk menampung member dan follower mereka.

Satu hal lain yang tidak kalah menarik, Telegram memiliki dukungan untuk melakukan video call dengan beberapa fitur tambahan keren seperti animated backgrounds, stylish message animations, serta screen sharing.

3. Facebook Messenger

Nama Facebook rasanya sih sudah tidak perlu dijelaskan lagi. Sebagai salah satu aplikasi media sosial yang paling banyak digunakan, Facebook Messenger juga ikut menjadi salah satu aplikasi chatting yang patut diperhitungkan.

Meski menjadi fitur bawaan Facebook, aplikasi ini bisa kamu instal secara terpisah dan bisa diakses menggunakan akun Facebok kamu. Melalui Facebook Messenger, kamu bisa saling bertukar pesan dengan semua kontak kamu di Facebook di segala platform.

Meski namanya Messenger, aplikasi ini tidak hanya bisa digunakan untuk chattingan saja, tapi juga melakukan panggilan suara hingga video call bersama dengan beberapa orang sekaligus.

4. Skype

Sebelum panggilan video merajalela di banyak aplikasi chatting, Skype sudah lebih dulu populer sebagai aplikasi panggilan video yang bekerja di seluruh dunia. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga gratis dan bisa digunakan dengan modal kuota internet saja.

Sayangnya popularitas Skype mungkin tidak sebaik aplikasi chatting lain di daftar ini. Tapi kalau kamu mau punya alternatif untuk video call atau group meeting, Skype bisa jadi salah satu nama yang patut kamu pertimbangkan.

5. LINE

Aplikasi chat terbaik selanjutnya adalah LINE yang populer di kalangan anak muda. Aplikasi gratis ini bisa digunakan untuk mengirimkan pesan teks, gambar hingga melakukan panggilan suara.

LINE, aplikasi chatting terbaik untuk menambah teman

Satu hal yang membuat aplikasi ini unik dibanding aplikasi sejenis adalah jumlah stiker lucu dan emoticon yang pastinya bisa bikin chattingan kamu semakin meriah. Kamu bahkan bisa menggunakannya saat melakukan panggilan lho!

Selain itu kamu juga bisa menambah teman baru di kontak LINE hanya menggunakan QR Code saja. Kontak yang kamu tidak inginkan pun bisa masuk ke dala black list agar tidak menggangu kamu.

6. Signal

Aplikasi Signal sempat mendadak populer sebagai alternatif WhatsApp waktu mereka tersandung kasus privasi pengguna. Apalagi aplikasi chat ini juga pernah di-mention sama Elon Musk yang bikin penggunanya makin meroket.

Salah satu kelebihan Signal adalah enkripsi end-to-end-nya yang diklaim membuat percakapan aman dari tangan-tangan jahil. Selain itu kamu bisa membuat pesan yang bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu tertentu.

Dengan fitur yang sebenarnya tidak berbeda dengan WhatsApp, Signal memang bisa jadi alternatif yang lumayan bagus. Sayang di Indonesia penggunanya masih sedikit jadi aplikasi ini masih kalah populer dibanding aplikasi chatiingan lainnya.

7. WeChat

WeChat mungkin tidak terlalu populer di Indonesia, tapi berkat penggunaannya yang masif di CIna, aplikasi ini jadi salah satu aplikasi chatting dengan pengguna terbanyak di dunia.

Tidak hanya bisa digunakan di hape Android, aplikasi WeChat juga bisa digunakan pada iPhone, Blackberry, Windows Phone, serta platform Symbian yang jadul itu, keren kan?

Menariknya, kamu cukup menggoyangkan hape saja untuk mencari teman baru. Selain itu kamu juga bisa berkenalan dengan pengguna WeChat lainnya dengan memanfaatkan fitur look around.

8. Discord

Kalangan gamers pastinya tidak asing nih sama yang namanya Discord. Melalui aplikasi ini, ppara gamer bisa saling berkomunikasi dan berkoordinasi menggunakan server pribadi. Selain saling bertukar pesan, kamu juga bisa lho mengobrol menggunakan aplikasi ini.

Discord, aplikasi perpesanan terbaik dan populer di kalangan gamers

Namun kini tidak hanya di kalangan gamers saja, Discord juga mulai banyak digunakan mereka yang ingin aplikasi chattingan yang aman. Jadi voice meeting kamu dijamin tidak ada yang bisa nguping!

Selain itu aplikasi ini juga terkenal ringan dan tidak memakan banyak kuota. Dan bila ada gangguan koneksi, pengguna lainnya tidak akan terdampak dan obrolan seru kamu pun bisa lanjut terus.

9. Viber

Viber adalah bagian dari Rakuten Group yang menjadi salah satu pemimpin di bidang e-commerce dan layanan finansial di seluruh dunia. Melalui aplikasi ini, kamu bebas mengirim pesan serta melakukan panggilan telepon dan video tanpa ada batasan.

Tidak hanya itu, melalui aplikasi ini kamu juga bisa membuat grup hingga 250 anggota. Cocok untuk kamu yang ingin membahas topik tertentu dengan penggemar lainnya. Menariknya, kamu bisa menampilkan polling dan quiz pada group chat kamu lho!

Satu hal lain yang tidak kalah menarik adalah fitur self-disappearing messages. Melalui fitur ini, kita bisa mengirimkan pesan menggunakan timer yang bisa diatur mulai dari 10 detik, 1 menit, atau 1 hari sampai pesan tersebut menghilang.

10. Kakao Talk

Penggemar K-Pop dan K-Drama rasanya sih tidak bakal asing dengan aplikasi chat orang Korea yang satu ini. Dibanding aplikasi chat lainnya, Kakao Talk memang lebih banyak dipakai dan terintegrasi dengan banyak layanan di Korea Selatan.

kakao talk, aplikasi chat orang korea yang populer di seluruh dunia

Meski begitu layanan ini tetap punya banyak penggemar dan digunakan oleh 150 juta orang di seluruh dunia. Meski awalnya dipakai untuk mengikuti tren idola mereka, aplikasi ini ternyata juga punya fitur yang tidak kalah canggih dibanding aplikasi chattingan lainya lho!

Selain fitur dasar chatting, di aplikasi kini kita juga bisa membuat jadwal, mengakses lewat PC atau laptop, main game, mengaktifkan voice filter, sampai menghubungkannya ke smartwatch kita, Duh, semakin tertarik gak sih pakai aplikasi chat orang Korea ini?


Itu dia beberapa aplikasi chat terbaik dan teraman yang bisa kamu gunakan. Dengan beragam fitur di dalamnya, dijamin obrolan kamu makin seru dan lebih menyenangkan.

Post a Comment