software backup terbaik untuk mencadangkan driver, data, dan operating system di PC Windows

Software backup seringkali disepelekan banyak pengguna Windows dan Mac. Padahal ini adalah cara terbaik untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti system crash atau semacamnya.

Lagipula kini ada banyak software backup gratis yang bisa digunakan. Tidak hanya bisa membackup data, kamu juga bisa menyimpan file system, driver, dan masih banyak lagi.

Nah, jika kamu sedang mencari aplikasi pencadangan data, berikut adalah beberapa software backup terbaik yang bisa kamu gunakan gratis di PC Windows dan Mac.

1. EaseUS ToDo Backup Free

Kamu bisa membuat backup dari banyak file menggunakan perangkat lunak ini, mulai dari file dan folder individual, seluruh partisi dan drive, dan bahkan membuat cadangan lengkap operating system yang kamu gunakan. File backup bantinya bisa kamu simpan di lokasi umum atau bahkan menggunakan penyimpanan cloud

Kamu bisa memilih untuk menjalankan pencadangan sesuai jadwal, atau menggunakan pencadangan yang berjalan secara bertahap tergantung pada tujuan kamu.

Versi gratis software ini memiliki semua fitur yang ditawarkan di edisi premium. Dan untuk penggunaan pribadi, versi gratis ini sudah lebih dari cukup untuk pengguna Mac dan Windows.

2. Paragon Backup and Recovery

paragon backup and recovery

Software backup gratis ini membuat proses pembuatan cadangan file tampak sederhana. Yang harus kamu lakukan adalah menggunakan tampilan antarmuka yang digerakkan oleh wizard untuk mengatur perintah. Kamu dapat memilih untuk mencadangkan beberapa file atau seluruh partisi sekaligus. Selain itu kamu juga dapat membuat cadangan file berdasarkan jenis atau lokasi.

Setelah kamu memilih jenis pencadangan, pilih jadwal dan biarkan perangkat lunak ini berjalan sendiri.

Terlepas dari itu, software backup ini juga bisa membantu kamu mendapatkan data kamu kembali, bahkan jika OS Windows kamu rusak.

3. Macrium Reflect Free 6

Macrium Reflect adalah salah satu pelopor software backup gratis. Jika kamu ingin membuat cadangan file dan memulihkan sistem dengan cepat, Macrium adalah aplikasi terbaik untuk tugas tersebut.

Perangkat lunak ini memiliki desain kuno, yang memberi kamu lebih sedikit pilihan. Meski begitu hal tersebut membuat software mudah untuk digunakan siapa saja. Software ini terbatas pada fitur disc imaging atau untuk partisi individual.

Software ini menawarkan opsi penjadwalan yang memungkinkan kamu untuk menetapkan aturan penyimpanan seperti berapa lama Anda ingin menyimpan file dan kapan harus menghapus file. Selain itu software ini juga mendukung cakram MBR dan GPT.

4. Cobian Backup

cobian backup

Jika kamu adalah pengguna tingkat lanjut, maka Cobian Bakcup adalah perangkat lunak terbaik untuk kamu. Kamu bisa mengatur software ini agar bekerja sesuai dengan kebutuhan. Meskipun mungkin sulit untuk digunakan bagi pengguna baru, pengguna tingkat lanjut dapat dengan mudah menggunakannya untuk mendapatkan hasil yang mereka inginkan.

Jika kamu tahu persis apa yang kamu inginkan dan bagaimana melakukannya, maka kamu bisa menikmati perangkat lunak ini. Kamu bisa mengarsipkan file ke drive lokal, lokasi jaringan atau server FTP.

Satu-satunya kekurangan perangkat lunak ini adalah kamu tidak akan memiliki cara untuk memulihkan data secara otomatis. Kamu harus menyalin data secara manual kembali ke penyimpanan aslinya.

5. MiniTool ShadowMaker

Jika kamu mencari alat yang membuat dapat membackup dengan cepat dan mudah, maka MiniTool ShadowMaker adalah salah satu yang perlu dipertimbangkan. Versi gratisnya memiliki semua fitur yang kamu butuhkan sebagai pengguna biasa. Versi gratisnya bisa dipakai untuk melakukan pencadangan tambahan juga, yang hanya mencadangkan perubahan yang telah kamu buat sejak pencadangan terakhir.

Menariknya, software ini hanya berukuran 70 MB saja dan dapat diinstal hanya dengan satu klik. Ini menginstal semua alat yang kamu butuhkan untuk menjalankan tugas pencadangan dan penjadwalan yang sukses.

Antarmukanya bersih dan intuitif, memberi kamu semua fitur yang dibutuhkan dalam antarmuka yang sama. Untuk tugas step-by-step, dialog tab membuat semuanya mudah dan cepat.

Software backup ini dapat mencadangkan partisi penuh serta seluruh drive. Alat ini mudah digunakan bahkan untuk pengguna yang kurang teknis. Versi gratisnya memberi Anda kemampuan untuk melakukan pencadangan tambahan juga, yang hanya mencadangkan perubahan yang telah Anda buat sejak pencadangan terakhir.

6. Fbackup

fbackup


Antarmuka yang terinspirasi Office membuat perangkat lunak ini sedikit kurang menarik bagi banyak pengguna. Namun, fitur-fiturnya membuatnya menarik bagi banyak pengguna, baik baru maupun yang sudah advanced.

Kamu bisa melakukanpenjadwalan otomatis dengan alat ini, dan pengaturan berbasis wizard yang memungkinkan kamu untuk menyesuaikan berbagai opsi dengan cara yang benar dan lebih mudah. Fungsi scheduling tersedia untuk memastikan cadangan kamu selalu terbarui.

Kamu dapat membuat cadangan mudah yang terdiri dari file dan folder, yang dapat kamu simpan di drive lokal atau jarak jauh, drive Google, atau removable disk.

7. Comodo Backup

Ini adalah salah satu perangkat lunak backup gratis terbaik yang tersedia untuk penggunaan pribadi. Alat ini memungkinkan kamu untuk membuat cadangan tidak hanya file media dan dokumen, tetapi email, riwayat obrolan, serta email registri.

Kamu dapat mencadangkan file ke drive lokal atau cloud. Untuk memungkinkan ini, perusahaan menawarkan penyimpanan cloud gratis (hingga 10GB) kepada pelanggannya.


Itulah dia beberapa software backup gratis terbaik yang bisa kamu gunakan untuk pemakaian pribadi. Tidak hanya bisa dipakai untuk menyimpan data, software tersebut juga bisa dipakai untuk membuat backup operating system lengkap dengan driver di dalamnya.

Post a Comment