20 Game Java Terbaik Sepanjang Masa - GimTekno

20 Game Java Terbaik Sepanjang Masa

Jauh sebelum kemunculan game modern, game berbasis Java jadi pilihan bagi mereka yang ingin punya permainan di ponsel genggam mereka. Meski kini sudah banyak tergantikan, deretan game Java terbaik dari era hp Symbian dan Windows Phone nyatanya masih cukup seru untuk dimainkan.

Game Java lama yang sering ditemukan pada feature phone sebenarnya dibatasi oleh teknologi pada masanya. Game ini memiliki grafik sederhana, mekanisme gameplay dasar, dan kekuatan pemrosesan yang terbatas. Namun, game ini merupakan terobosan di zamannya dan memberikan hiburan yang tidak kalah serunya.

Meski terlihat ketinggalan zaman, ada satu alasan utama kenapa game Java masih banyak dicari. Dibanding game modern, game Java tidak dimonetasi besar-besaran. Jadi rasanya akan jarang menemukan game Java yang mengharuskan kamu untuk menonton banyak iklan, top up diamond, atau menerapkan sistem pay-for-win.

Poin plus lainnya adalah ukurannya yang rata-rata jauh lebih kecil dibanding game hp saat ini serta kemampuannya untuk dimainkan secara offline sepenuhnya.

Nah, buat kamu yang ingin memainkan game semacam ini di hp kamu, berikut adalah beberapa game-game Java terbaik yang bisa kamu coba.

Game Java Terbaik Sepanjang Masa

Cara Main Game Java di Android

Game Java dirancang untuk feature phone dan ponsel pintar versi awal yang mendukung teknologi Java ME (Micro Edition). Seiring kemajuan teknologi, smartphone modern yang menjalankan sistem operasi Android atau iOS umumnya tidak lagi support teknologi tersebut.

Untuk bisa memainkan game Java klasik di smatphone Android dan iOS terbaru, kamu harus menggunakan emulator atau aplikasi yang dapat menjalankan game Java ME. Salah satu aplikasi emulator game java terbaik untuk Android adalah J2ME Loader yang bisa kamu download lewat Google Play Store.

Lalu untuk kamu yang ingin download Java Games untuk J2ME Loader bisa coba cek beberapa website berikut ini.

  • mobygames.com
  • java.gogamz.com
  • phoneky.com
  • java-ware.net

Di website tersebut kamu bisa download game Java dengan berbagai resolusi, mulai dari 240x320, 360x640, hingga 480x800. Pilih resolusi tertinggi dan ratio yang tepat untuk pengalaman bermain yang lebih baik.

Selain lewat emulator, kamu juga bisa bernostalgia dengan game Java terbaik di hp Android terbaru dengan menginstal game Gameloft Classic yang dibuat untuk memperingati 20 tahun usia mereka.

GameLoft sendiri merupakan salah satu developer populer yang karyanya banyak masuk daftar game Java terbaik. Dalam aplikasi Gameloft Classic, kamu bisa menemukan 30 game java Gameloft terbaik, mulai dari BLock Breaker, Brain Challenge 3, Diamond Rush, Hero of Sparta, KO Legends, Miami Nights 2, hingga NOVA dan Zombie Infection. 

Kumpulan Game Java Terbaik

1. Age of Empires III Mobile

Age of Empires Mobile III adalah salah satu game Java strategi terbaik yang pertama kali rilis pada tahun 2007 untuk ponsel legendaris Nokia N-Gage. Game ini memiliki kisah yang terinspirasi dari pengepungan Malta yang terjadi di pertengahan abad ke-15.

Age of Empires III Mobile

Di sini, kamu bisa memainkan campaign sebagai Knights Hospitaller yang bertugas untuk menahan gempuran dari serangan tentara Ottoman melalui 15 misi yang berbeda. Sama seperti game AoE lainnya, kamu pun harus bisa mengatur strategi sekaligus menggunakan sumber daya untuk membangun kerajaan besar agar bisa mengalahkan rival.

Mengingat game ini dibuat untuk hp, populasi yang bisa kamu tambahkan hanya dibatasi hingga 30 orang saja. Dan jika kamu menyukai game RTS semacam ini, cek juga sekuelnya, Age of Empires III: The Asian Dynasties Mobile.

2. Ancient Empires 2

Buat kamu yang senang dengan game RTS mirip AoE, Ancient Empires bisa jadi game Java strategi terbaik yang cocok untukmu. Dirilis tahun 2005, game ini memiliki semua elemen yang ada dalam Age of Empires. Bedanya, Ancient Empires 2 mengkombinasikannya dengan latar belakang dunia fantasi.

Ancient Empires 2

Di game ini, kamu akan berperan sebagai Raja Galamar yang harus menghentikan invasi dari demon bernama Saeth. Kamu pun harus bisa kembali merebut kota dan kastil, serta membuat unit yang tangguh. Tidak cuma ksatria dan pemanah saja, kamu bahkan bisa menggunakan naga dan makhluk elemental. Tentara yang berhasil selamat berkali-kali pun bisa mencapai level veteran yang akan membuatnya makin sulit dikalahkan.

3. Asphalt 6: Adrenaline

Asphalt 6: Adrenaline adalah salah satu balap terbaik yang lebih dulu rilis di iOS pada tahun 2010, sebelum muncul di hp berbasis Symbian, Blackberry, dan Java2ME setahun setelahnya. Salah satu ciri khas game ini adalah Mode Adrenaline yang membuat mobil kamu tak terkalahkan dan dapat merusak mobil lawan hanya dengan menyentuhnya.

Asphalt 6: Adrenaline

Di game ini kamu bisa memilih mode balapan bebas atau mengikuti mode Karir untuk menjadi "The Lord of Asphalt". Dibandingkan versi lainnya, game balap Java buatan Gameloft ini memiliki sedikit perbedaan gameplay.

Sebagai contoh, mode Under Pressure tidak diikutsertakan di versi Java, di mana pemain harus menyelesaikan lomba sembari menyelamatkan diri dari terjangan lawan. Sebagai gantinya, Asphalt 6 justru memiliki mode Wanted yang hanya ada di versi Java-nya saja. Di mode ini pemain harus bisa menyelesaikan lap dalam jumlah tertentu sambil menghindari beragam rintangan dan kejaran polisi.

4. Chuck Norris: Bring on the Pain

Popularitas Chuck Norris yang sempat menanjak melalui fakta nyeleneh mengenai dirinya menginspirasi Gameloft untuk membuat game side scrolling beat 'em up' dengan karakter laga tersebut.

Chuck Norris: Bring on the Pain

Di game ini kamu akan bertugas untuk menyelamatkan tahanan perang di tengah hutan Kamboja sambil melawan Fidel Castro dan Kim Jong-il beserta pasukan mereka. Satu hal menarik dari game ini adalah selipan humor di mana Chuck Norris digambarkan sebagai manusia super yang tidak terkalahkan.

Di awal permainan, karakter kamu tidak memiliki kekuatan aslinya karena amnesia. Namun seiring permainan, kamu bisa membuka kekuatan asli Chuck Norris. Sama seperti guyonannya, Chuck Norris di game ini bisa melakukan banyak hal gila, mulai dari melempar mobil, hingga menunjuk lawan dan meneriakkan kata "Bang!" untuk menghabisi mereka.

5. Stranded

Sebagai game yang pernah mendapat penghargaan Most Innovative Mobile Game Award di tahun 2006, Stranded patut jadi perhatian, terutama bagi penggemar game misteri dan petualangan.

Stranded

Di sini , kamu dan teman kamu terdampar di sebuah pulau tropis dan harus bisa bertahan hidup sambil mencari cara untuk bisa pulang. Namun lama-kelamaan kamu sadar bahwa kamu tidak bisa mempercayai semua orang yang ada di pulau tersebut.

Gameplaynya sendiri mirip dengan game pertanian di mana kamu bisa bercocok tanam atau memancing untuk dijual. Kamu pun bisa mengupgrade alat dan senjata serta mengeksplorasi pulau. Meski kini sudah banyak dipakai, Stranded disebut jadi salah satu game yang ikut mempopulerkan siklus 24 jam pada mobile game, yang memberikan twist menarik pada banyak hal yang bisa kamu lakukan di game ini.

6. CSI: Miami Mobile

CSI: Miami (Crime Scene Investigaion: Miami) adalah serial detektif yang cukup populer di awal 2000-an. Buat kamu yang senang memecahkan teka-teki yang menantang, serial tersebut hadir dalam bentuk Java Games lengkap dengan semua karakter uniknya, mulai dari Horatio, Callie, Delco hingga Alex Woods.

CSI: Miami Mobile

Sama seperti film-nya, di sini kamu harus bisa membuktikan sebuah tindak kejahatan. Untuk melakukannya, kamu harus mampu mencari petunjuk di tempat kejadian, mengotopsi korban, hingga menggali informasi mendalam dari para saksi dan tersangka.

7. Silent Hill: Orphan

Buat kamu yang senang game thriller dan horor, Silent Hill memiliki beberapa judul yang rilis untuk ponsel jadul. Salah satunya adalah Orphan yang rilis pada tahun 2007. Game buatan Konami ini pun mendapatkan sekuel, Orphan 2 di tahun 2008 dan Orphan 3 di tahun 2010.

Silent Hill: Orphan

Sama seperti game konsolnya, Silent Hill memiliki kisah kelam yang bisa membuat bulu kuduk berdiri. Di sini kamu akan menelusuri sebuah panti asuhan terbengkalai dengan gameplay point-and-click. Ceritanya sendiri dibagi menjadi tiga chapter dengan karaker yang berbeda-beda, namun saling terkait satu sama lain.

Agar bisa selamat, kamu harus menyelesaikan serangkaian teka-teki, serta mengumpulkan petunjuk dan peralatan. Seiring perjalanan, akan ada lebih banyak rahasia dan misteri yang satu-persatu mulai terungkap. Kamu pun bisa mengetahui event puluhan tahun lalu yang membuat kota tersebut menjadi semenyeramkan seperti sekarang.

8. Darkest Fear

Sebelum fokus pada Angry Birds, Rovio telah merilis puluhan mobile game dengan berbagai genre. Salah satu game Java terbaik mereka yang patut diapresiasi adalah Darkest Fear yang bertema horor.

Darkest Fear

Di awal kemunculannya, Darket Fear mendapatkan banyak pujian mengingat game ini mampu menembus batas hardware ponsel saat itu, sekaligus menghadirkan permainan original yang memberi kesan menyeramkan yang natural. Di game ini, kamu akan terjebak dalam sebuah rumah sakit yang dilimuti kegelapan dan membuat banyak orang di dalamnya menjadi monster.

Agar bisa selamat, kamu harus menghindari tempat gelap yang dapat mengkonsumsimu. Setiap kali menjejaki tempat baru, kamu harus secepat mungkin membuatnya terang agar monster di kegelapan tidak bisa mendekatimu. Kamu pun harus bisa memecahkan teka-teki untuk bisa maju ke tempat berikutnya hingga bisa selamat keluar dari rumah sakit tersebut.

9. Doom RPG

Menarik untuk melihat nama Doom di berbagai daftar game shooter terbaik untuk beragam perangkat. Doom RPG pun tidak jauh berbeda dan bahkan mampu meraih berbagai penghargaan saat diluncurkan pada tahun 2005.

Doom RPG

Doom RPG sendiri memiliki cerita yang bersinggungan dengan plot yang ada di Doom 3, namun kali ini dikisahkan menggunakan karakter yang berbeda. Sedikit berbeda dari game Doom pada umumnya, Doom RPG lebih fokus pada plot cerita, dan bahkan lebih mirip game turn-based RPG dibanding game shooter yang jadi ciri khas Doom.

Meski begitu, beberapa elemen tetap dipertahankan, mulai dari tampilan visual, efek suara, status bar, hingga beragam senjata dan monster di dalamnya. Sebagai tambahan, ada beberapa senjata serta musuh baru yang diperkenalkan. Musuh yang ada pun ditampilkan dalam indikator warna berbeda yang menunjukan tingkat kesulitan mereka.

10. Gangstar

Gangstar adalah seri game Java gameloft terbaik yang memulai debut mereka di tahun 2006. Seri ini sendiri sudah melahirkan banyak judul game Java, mulai dari Crime City, Kings of LA, Samurai, Miami Vindication, hingga City of Saints. Seri ini pun masih berlanjut di era Android dan iOS melalui Gangstar: Vegas dan Gangstar: New Orleans.

Gangstar Rio: City of Saints

Secara singkat, permainan Gangstar sangat mirip dengan Grand Theft Auto (GTA). Game ini fokus pada dunia open-world di mana kamu bebas melakukan apapun, mulai dari berkendara keliling kota, menyelinap, balapan, hingga tembak-tembakan.

Namun jangan salah, game ini juga memiliki beberapa misi buat kamu yang ingin mengikuti ceritanya. Secara umum, fokus cerita lebih banyak ditujukan pada karakter yang berusaha untuk menjadi raja di dunia kriminal. Setiap judul game pun menampilkan karakter yang berbeda dengan motif mereka masing-masing.

11. Mafia Wars 3: Yakuza

Mirip dengan Gangstar, Mafia Wars 3: Yakuzajuga bercerita mengenai perjuangan untuk bisa menjadi raja di dunia kriminal bawah tanah. Di game ini, kamu akan berperan sebagai Snow Dragon, anak angkat bos Yakuza yang harus menghadapi kisruh keluarga untuk menjadi penerus selanjutnya.

Mafia Wars 3: Yakuza

Game ini sendiri jadi seri ketiga dalam franchise Mafia Wars buatan Digital Chocolate. Beda dari pendahulunya, cerita Mafia Wars 3 punya kualitas yang lebih baik dengan alur cerita yang lebih cepat.

Satu hal menarik dari game ini adalah tampilan isometriknya. Selain itu setiap tempat pun bisa hancur, membuatnya tampak lebih realistis saat kamu menggunakan senjata api, pedang, hingga bola api untuk melawan musuh-musuhmu.

12. God of War: Betrayal

God of War adalah franchise populer yang memulai debutnya di PS2 sebalum menjadi salah satu seri ikonik dari Playstation. Meski semua game-nya dirlis untuk konsol game Nintendo, ada satu game yang dibuat khusus untuk mobile, yaitu God of War: Betrayal.

God of War: Betrayal

God of War: Betrayal sendiri dirilis oleh Sony pada tahun 2007. Terinspirasi dari mitologi Yunani, kamu akan beperan sebagai Kratos yang dituduh dalam pembunuhan Argos. Kamu pun nantinya akan masuk dalam petualangan mencari pembunuh Argos sebenarnya, hingga berkonfrontasi dengan pembawa pesan Olympian bernama Ceryx.

Di antara judul lain di seri ini, Betrayal jadi satu-satunya game God of War yang dibuat dalam format side-scrolling 2D. Meski terbatas oleh limitasi hardware, game ini mampu mempertahankan sebagian besar gameplay unik dari God of War, dan masih seru untuk kamu mainkan saat ini.

13. Gothic 3: The Beginning

Buat penggemar RPG, Gothic 3 adalah salah satu game Java petualangan terbaik yang bisa kamu mainkan. Tidak hanya cocok untuk fans Gothic, game yang meraih banyak penghargaan di Jerman ini juga pas buat penggemar game RPG pada umumnya.

Gothic 3: The Beginning

Gothic 3: The Beginning mengambil scene 140 tahun sebelum game pertama Gothic I dengan karakter bernama Xardas yang juga berasal dari game tersebut. Setelah mendapat bisikan gaib mengenai ancaman yang akan datang, Xardas pun bergegas untuk mencari The Chosen One untuk menghentikannya.

Mirip dengan seri Gothic lainnya, kamu akan diajak berpetualang di dunia mirip abad pertengahan yang penuh orc. Di awal game kamu pun bisa memilih class kamu sendiri, entah sebagai melee fighter, ranged weapon fighter, atau penyihir.

Untuk ukuran mobile game Java, game ini cukup besar dengan lebih dari 50 level yang bisa dimainkan. Meski begitu perlu diketahui bahwa game ini lebih mirip old school text RPG yang lebih banyak menyampaikan cerita dibanding aksi laga.

14. Might and Magic II

Game untuk hp jadul lain yang juga pas buat pecinta RPG adalah Might and Magic II. Di sini kamu berperan sebagai Louis yang harus melindungi kerajaan dan menyelamatkan dunia dari pasukan kegelapan yang terdiri dari demon, ghost, dan orc.

Might and Magic II

Tidak kalah dibanding game Java petualangan terbaik lainnya, alur cerita game dibuat dengan komposisi yang sempurna antara misi, cerita, dan aksi yang kamu lakukan. Lingkungan pun dibuat dengan detail, mulai dari istana, gurun, hingga gletser yang bahkan dilengkapi dengan siklus siang dan malam.

Pada akhirnya, Might and Magic II jadi game yang mampu menawarkan dunia yang luas dan dieksekusi dengan baik. Ceritanya yang terbilang epik pun bisa membuat kamu lupa bahwa ini adalah game Java yang sudah ada hampir dua dekade yang lalu.

15. Zombie Infection

Sesuai namanya, Zombie Infection adalah game tembak-tembakan di mana kamu harus menghadapi sekumpulan zombie. Zombie Infection sendiri jadi salah satu game Java Gameloft terbaik dengan sekuel yang tidak kalah serunya.

Zombie Infection

Di game ini kamu bisa memilih untuk menjadi reporter, anggota militer, atau petugas kepolisian. Senjata yang kamu bisa gunakan pun beragam, mulai dari katana, granat, machine gun, hingga peluncur roket yang jauh lebih mematikan.

Melalui 36 misi berbeda, kamu harus menyelamatkan kota New York dan jadi pahlawan dengan menghabisi semua zombie yang ada, sambil menghindari terkaman zombie tersebut agar kamu juga tidak ikut terinfeksi.

16. Deep 3D

Deep 3D adalah game Java yang akan membawamu ke dalamnya lautan di planet Cappa, planet unik yang dikelilingi air dan diisi oleh beragam makhluk eksotik.

Deep 3D

Di game ini kamu akan berperan sebagai nelayan sekaligus orang bayaran, yang hidup dari mengambil sumber daya alam sekaligus melakukan misi militer dari penguasa Cappa. Pada perjalannnya, kamu pun akan mengetahui rahasia di balik konflik berkepanjangan antara pemberontak, bajak laut, dan kehidupan asing di dalam laut.

Gameplaynya sendiri mirip dengan game memancing meski di sini kamu akan memakai kapal selam. Kamu bisa memakai satu dari 11 kapal selam yang tersedia untuk melakukan berbagai misi. Kamu pun bisa membeli senjata dan mengupgrade kapal selam untuk memudahkan kamu dalam menjalankan tugas.

17. Splinter Cell: Conviction

Bicara game shooter, Splinter Cell adalah seri yang populer di awal milenia ini. Game ini pun memiliki banyak representasi sebagai mobile game, salah satunya melalui Splinter Cell: Conviction.

Splinter Cell: Conviction

Di game Java ini kamu akan berperan sebagai mantan agen rahasia pemerintah bernama Sam Fisher. Saat mencari pembunuh anaknya, Sam malah terjebak dalam konflik penuh konspirasi yang bisa mengancam keamanan negara.

Beda dari game tembak-tembakan lainnya, Conviction justru lebih fokus pada aspek stealth, seperti mengendap-endap dan bersembunyi mirip game Metal Gear Solid. Kamu bahkan bisa meraih skor yang lebih tinggi dan mendapatkan medali khusus bila berhasil melakukannya.

18. Soul of Darkness

Sekilas, Soul of Darkness mirip dengan game Castlevania, lengkap dengan tema vampir dan platform 2D-nya. Di sini kamu akan berperan sebagai pembasmi vampir bernama Kale yang harus melawan beragam makhluk jahat untuk mengalahkan vampir yang telah mengubah hidupnya.

Soul of Darkness

Game Java buatan Gameloft ini mampu menggambarkan dunia bertema gelap dengan desain yang sangat apik. Setiap level pun dirancang dengan baik menjadi beberapa bagian kecil yang memudahkan pemain untuk menelusurinya dan mengagumi detail di masing-masing tempat.

Dari segi gameplay, Souls Shards jadi bagian menarik di game ini. Didapat melalui musuh yang tumbang, Soul Shards dapat meningkatkan kekuatan serangan dan sihir yang dapat membantu kamu mengalahkan musuh dan boss yang lebih kuat.

19. Ultimate Street Football

Buat kamu yang suka sepakbola, ponsel jadul pun punya banyak kumpulan game Java football terbaik yang bisa kamu mainkan meski kini tampilan dan gameplaynya tidak terlalu istimewa. Bila kamu ingin sesuatu yang sedikit berbeda, kamu bisa mencoba game Ultimate Street Football.

Ultimate Street Football

Ultimate Street Football sendiri merupakan saingan EA Mobile's FIFA Street yang sama-sama fokus pada trik sepakbola. Setiap juggling dan trik keren akan mengisi bar di bagian atas yang dapat memicu Freestyle Mode. Dalam mode ini, kamu harus memencet serangkaian tombol yang dapat memberikan kamu tendangan spesial bila berhasil dilakukan.

Selain mode pertandingan biasa, hal menarik di game ini adalah mode My Street. Mode ini mirip career mode di mana kamu bisa membawa tim kamu, dari pertandinan antar kampung hingga melaju ke panggung internasional. Dalam setiap jenjangnya, kamu pun bisa mengupgrade kemampuan pemain kamu agar sesuai dengan taktik yang kamu pakai.

20. Real Football Manager 2010

Buat kamu yang lebih senang dengan aspek manajerial sepakbola, Real Football Manager jadi game Java Football yang pas buatmu. Game ini pun jadi alternatif Championship Manager yang sama-sama menempatkan kamu sebagai manajer sepakbola dengan gameplay yang tak kalah seru.

Real Football Manager 2010

Real Football Manager 2010 adalah judul ketiga dari seri ini dengan 13 liga berbeda dan 4000 pemain sungguhan di era tersebut. Game ini pun mampu menyajikan permainan sepakbola yang realistis, di mana setiap game akan terasa unik sesuai dengan taktik yang kamu jalankan.

Sebagai manajer, tugas kamu tidak hanya berhubungan dengan pemain di lapangan saja. Di sini kamu pun harus bisa menavigasi pasar transfer dengan efektif, scouting pemain, hingga menjaga neraca keuangan klubmu.


Itulah beberapa game Java terbaik yang bisa kamu coba. Meski kini ada banyak pilihan game yang lebih baru, game Java bisa memberikan kamu kepuasan tersendiri, serta membawa kamu bernostalgia pada masa keemasan ponsel jadul Nokia, Sony Ericsson, Motorola, Blackberry, dan masih banyak lagi. (GimTekno.com)

0 Komentar