cara streaming dari smartphone ke tv

Bingung bagaimana caranya menyambungkan smartphone ke TV untuk streaming? Meskipun hal ini dulu sulit dilakukan, berbagai teknologi, kabel, dan gadget murah sekarang membuatnya lebih mudah dilakukan.

Baik kamu yang ingin menonton acara favorit, mendengarkan musik, bermain game, menelusuri foto-foto liburan, atau sekadar menampilkan apa pun yang ada di ponsel menggunakan layar televisi, biasanya hal itu dapat dilakukan dan cukup mudah.

Cara paling mudah dan memiliki koneksi yang stabil adalah menggunakan kabel HDMI. Bila kamu tidak memilikinya, kamu masih bisa menggunakan cara lain sesuai dengan perangkat yang kamu miliki.

1. Gunakan Kabel HDMI

Cara menghubungkan ponsel dan TV yang paling mudah adalah dengan hanya menghubungkan kabel HDMI antara ponsel, tablet, atau laptop dan TV. Meski hampir semua televisi modern memiliki port HDMI, masih banyak perangkat seluler yang belum memiliki hal ini.

Untuk mengakalinya, kita bisa menggunakan dua macam kabel, yaitu Micro HDMI ke HDMI bagi mereka yang ponselnya sudah dilengkapi port mini HDMI, atau menggunaan kabel MHL untuk menghubungkan port micro USB ke HDMI yang umumnya ada pada ponsel.

Untuk menyambungkan ponsel dengan TV menggunakan kabel HDMI, kamu hanya perlu mengikuti langkah berikut ini:

  • Matikan televisi terlebih dahulu
  • Sambungkan kabel HDMI converter ke HP dan ke televisi
  • Nyalakan televisi lalu pilih mode sambungan HDMI
  • Saat tersambung, pada HP biasanya akan ada notifikasi
  • Jika sudah tersambung, maka kamu pun bisa menampilkan layar kamu di televisi

Dibanding cara lain di daftar ini, menghubungkan smartphone dan TV dengan kabel HDMI memiliki koneksi yang paling baik. Jadi kamu tidak akan merasakan gangguan seperti delay, gambar yang patah-patah, dan lain sebagainya.

2. Sambungkan Secara Wireless

Bila kamu ingin menyambungkan handphone dan smart tv tanpa kabel, cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyambungkannya secara wireless. Untuk saat ini hape keluaran terbaru sudah memiliki fitur screen sharing atau scree mirroring yang bisa kamu manfaatkan.

Untuk menghubungkan smartphone ke tv dengan cara ini akan tergantung pada perangkat yang kamu gunakan, entah itu merek Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo, Sony, atau merek populer lainnya.

Pertama-tama kamu bisa masuk ke menu Setting. Setelah itu cari opsi Smart View, Connection & Sharing, atau Wifi Display. Jika kamu tidak menemukannya, coba cari pada opsi Other Wireless Connection.

Jika sudah, silahkan ikuti langkah selanjutnya lalu aktifkan opsi untuk screen mirroring atau wireless display.

Setelah itu hubungkan tv yang ingin kamu pasangkan. Jika berhasil, maka kamu bisa melihat layar hp kamu di tv.

3. Screen Mirroring dengan Dongle

Jika hape kamu belum memiliki fitur yang diperlukan untuk menyambungkannya ke tv secara wireless, kamu bisa menggunakan alat dongle. Dengan alat tersebut, kamu bisa menghubungkan ponsel atau gadget lainnya ke tv kamu. Jadi alat ini bisa mengubah TV apa saja menjadi smart tv yang bisa dipakai untuk browsing, menonton Youtube, dan banyak lagi.

Dongle semacam ini sendiri kini cukup mudah ditemukan di pasaran. Google Chromecast atau Xiaomi Mi TV Stick dibandrol dengan harga 500-ribuan, namun kamu juga bisa mendapatkan dongle murah di bawah 100-ribuan yang juga berfungsi cukup baik.

Post a Comment