10 Aplikasi Equalizer Terbaik untuk Komputer Windows - GimTekno

10 Aplikasi Equalizer Terbaik untuk Komputer Windows

aplikasi equalizer terbaik untuk komputer dan laptop WIndows

Windows sebenarnya memiliki equalizer atau mixer audio bawaan, tapi fiturnya sangat minim dan mungkin tidak mampu memenuhi kebutuhan semua orang. Jika kamu seorang gamer berat, audiophile, atau orang yang menyukai kualitas suara yang lebih baik, kamu mungkin perlu mencari apliaksi equalizer terbaik untuk PC kamu.

Aplikasi equalizer sendiri dapat membantu menyesuaikan frekuensi audio dengan kotrol yang lebih banyak. Selain itu kamu juga bisa mengatur bass dan treble, hingga mendapatkan kualitas suara surround yang sesuai dengan perangkat audio PC kamu.

Nah, jika kamu juga merasa kurang puas dengan aplikasi bawaan Windows, berikut adalah beberapa aplikasi equalizer terbaik yang bisa kamu gunakan.

Equalizer Terbaik Windows

1. Equalizer APO

Equalizer APO

Aplikasi pertama yang bisa masuk dalam daftar rekomendasi adalah Equalizer APO. Aplikasi ini adalah equalizer Windows yang powerful dan memiliki banyak menu pengaturan untuk perangkat Windows 11 kamu. Perangkat lunak ini beroperasi sebagai Audio Processing Object (APO).

Beberapa fitur terbaik dari aplikasi ini adalah beragam filter yang memiliki kombinasi tanpa batas, penggunaan multi-channel, dukungan 3D surround, dan kebutuhan sumber daya memori yang sangat sedikit. Tidak hanya itu, Equalizer APO merupakan aplikasi open source yang dapat digunakan secara gratis.

2. Viper4Windows

viper4windows

Viper4Windows adalah aplikasi equalizer suara Windows berikutnya yang patut kamu pertimbangkan. Aplikasi ini memiliki semua fitur yang umumnya dimiliki oleh audio mizer. Kamu dapat mengakses beragam tools seperti equalizer, mixer, kompresor, reverb, dll. Beberapa fitur yang menjaid andalan aplikasi ini antar lain penguat bass dan amplifikasi suara yang lebih rendah.

Dengan menggunakan opsi gema, kamu dapat mengontrol bandwidth audio, kepadatan, redaman audio, decay, dan banyak fitur lainnya. Kamu juga dapat mengatur dan mengubah pita musik dalam desibel menggunakan kontrol distorsinya. Secara umum, Viper4Windows adalah aplikasi equalizer suara yang cukup mudah digunakan dan tersedia secara gratis.

3. FX Sound

fxsound

Aplikasi equalizer terbaik untuk Windows lain yang patut kamu coba adalah FXSound yang sebelumnya dikenal sebagai DFX audio enchancer. Aplikasi ini menyediakan fitur equalizer dan prosesor audio real-time dan mendukung 3D soundsurround, high fidelity, dynamic gain boosting, dan masih bayak lagi.

Dengan semua fitur di dalamnya, FXSound dapat memberi kamu efek audio berkualitas tinggi untuk berbagai kebutuhan mulai dari gaming, menonton Netflix, karaoke, atau mendengarkan audio berkualitas tinggi. FX Sound memiliki versi gratis dengan fitur minimum, namun kamu dapat mengakses fitur lengkap lainnya dengan harga yang cukup terjangkau.

4. Voicemeeter Banana

voicemeeter banana

Jika kamu mencari aplikasi equalizer lengkap yang kaya fitur canggih untuk perangkat Windows, maka VoiceMeeter Banana adalah pilihan terbaik untuk kamu. Alat ini memungkinkan kamu untuk mengatur sumber audio apa pun dari perangkat atau aplikasi mana pun. Fungsi mixer audionya adalah fitur hebat yang memungkinkan kamu mengontrol file audio input dan output sekaligus.

Jika kamu banyak bekerja dengan mikrofon karena membuat podcast atau mengunggah video di YouTube, kamu harus mencoba Voicemeeter Banana. Saat kamu berbicara dengan orang lain di Zoom, streaming melalui Twitch, merekam layar, atau merekam podcast, kamu dapat meningkatkan kualitas mikrofon kamu, dan membuat suaranya terdengar lebih tajam dan tidak terlalu terdistorsi. Enaknya lagi, Voicemeeter Banana bisa digunakan secara gratis. Namun donasi kamu akan sangat membantu untuk membantu pengembang dalam meningkatkan kualitas software ini.

5. Boom 3D

boom 3d

Equalizer terbaik berikutnya untuk pc atau laptop Windows kamu adalah Boom 3D. Jika kamu lebih fokus pada suara surround 3D, tidak ada pilihan yang lebih baik daripada Boom 3D. Aplikasi ini dirancang untuk mereka yang mendengarkan audio melalui headphone. Tanpa perangkat keras atau penguat tambahan, alat ini dapat mengubah output audio menjadi suara surround 3D.

Aplikasi yang juga terdapat pada Android, iOS, dan Mac ini juga memberi kamu pengalaman mendengarkan yang mempesona terlepas dari gaya audio yang kamu mainkan, dengan menggabungkan equalizer dari 31 band dan lusinan preset. kamu dapat meningkatkan efek suara headphone, perangkat audio default, dan pemutar media. Aplikasi ini bisa kamu uji coba gratis 30 hari, dan jika cocok kamu bisa mengupgradenya ke versi premium dengan harga terjangkau.

6. Bongiovi DPS

bongiovi dps

Bongiovi DPS adalah equalizer berbayar terbaik berikutnya dalam daftar ini. Perangkat lunak ini menggunakan teknologi Digital Power Station (DPS) untuk meningkatkan kualitas suara pc atau laptop Windows. Aplikasi ini dapat memperbaiki dan mengoptimalkan suara dengan bekerja secara real-time, sehingga membuat musik, film, dan video game kamu lebih hidup.

Versi premium memberi kamu banyak fitur, termasuk pemrosesan audio DPS, akses ke sub-woofer virtual untuk bass yang kencang, audio headphone yang imersif, dan ratusan profil suara khusus dengan pengaturan pita yang sesuai dengan preferensi kamu. Alat ini juga menawarkan bass, treble, visualisasi suara, dll. Jika berminat, Bongiovi DPS dapat diuji coba gratis selama 30 hari.

7. Equalizer Pro

Equalizer pro

Equalizer Pro adalah salah satu aplikasi equalizer populer pada perangkat berbasis Windows. Dengan tampilannya yang sederhana, aplikasi ini sangat mudah digunakan namun tetap memiliki segudang fitur untuk meningkatkan kualitas audio kamu. Alat ini dilengkapi dengan sepuluh equalizer band, dan 20 preset dan memberi kamu semua peningkatan yang diperlukan untuk pemutar media dan aplikasi audio lainnya.

Salah satu fitur penting adalah kontrol volume pre-amp yang memungkinkan kamu menyetel satu band untuk memperkuat nada rendah dengan menyesuaikan setiap band satu per satu. Selain itu ada fitur bass boost jika kamu ingin suara bass yang lebih nendang. Jika tertarik, kam,u bisa mencoba EqualizerPro selama 7 hari untuk melihat apakah software ini cocok untukmu.

8. Graphic Equalizer Studio

graphic equalizer pro

Aplikasi equalizer Windows berikut yang tidak kalah menarik adalah Graphic Equalizer Studio. Software ini menawarkan sistem pemrosesan real-time, pemutar audio built-in, serta hadir dengan power processing yang tanggung dan kontrol yang signifikan untuk memberi kamu efek suara yang jernih dan tajam.

Graphic Equalizer Studio menghadirkan grafik yang membantu kamu menyetel audio dan mengubah suara dari berbagai sumber menjadi lebih konsisten. Melalui grafik ini, kamu juga dapat melihat amplitudo minimum dan maksimum. Perangkat lunak ini dikenakan biaya $49 dan dilengkapi dengan uji coba gratis 30 hari untuk mencobanya.

9. WavePad Audio

WavePad Audio adalah equalizer suara hebat lainnya yang memungkinkan kamu merekam dan memodifikasi musik dan rekaman audio lainnya. Aplikasi ini menyediakan banyak fitur untuk meningkatkan efek audio seperti amplify, equalizer, normalizes, reverb, echo, reverse, dll. Kamu pun bisa mengedit file audio kamu dan menyimpannya dalam berbagai format audio populer.

Salah satu kelebihan perangkat lunak ini adalah kemampuannya untuk menjalankan semua fiturnya secara real-time. Dengan begitu kamu bisa mengubah audio kamu agar memiliki bass yang menggelegar, fidelitas tinggi, dan audio yang jernih. WavePad Audio memiliki versi gratis, tetapi pembelian premium dikenakan biaya $29 hingga $49.

10. Breakaway Audio Enhancer

breakeaway audio enhancer

Yang terakhir masuk dalam daftar aplikasi equalizer terbaik Windows adalah Breakaway Audio Enhancer. Breakaway Audio Enhancer adalah alat pro yang menyajikan semua fitur untuk menyempurnakan audio, video, game, dan browser web dan membuat audio terdengar lebih keras dan tajam sesuai kebutuhan.

Beberapa fitur menarik dari tools ini mencakup penyesuaian otomatis volume dan spectral balance. Selain itu aplikasi ini juga bisa mengoreksi pergeseran volume dari lagu-ke-lagu. Perangkat lunak ini hadir dengan uji coba gratis 30 hari, dan setelah itu, kamu akan dikenakan biaya $29,95.

0 Komentar