Mesin pencari selain Google yang jadi alternatif di banyak negara

Bicara mesin pencari, semua orang pasti akan mengingat Google. Padahal ada lho banyak mesin pencari selain Google yang bisa kamu gunakan.

Dengan hasil pencarian yang relatif berbeda, mesin pencari selain Google di bawah ini bisa jadi alternatif jika kamu menginginkan lebih banyak privasi atau mencari hasil pencarian yang tidak mainstream.

Mesin Pencari Terbaik Alternatif Google

1. Bing

Mesin pencari selain google pertama yang bisa kamu gunakan adalah Bing yang dimiliki oleh Microsoft. Bing sendiri kini mulai cukup populer mengingat banyak pengguna Windows yang menggunakan browser bawaan yang menggunakan Bing sebagai mesin pencari utama mereka.

Meski begitu persentase pengguna Bing memang masih kalah oleh Google, yang kebanyakan berasal dari Amerika Serikat. Namun jika kamu butuh mesin pencari yang bisa diandalkan dan nyaman digunakan, Bing mungkin sudah terinstal di browser kamu sekarang dan bisa langsung kamu coba.

2. Yahoo

Mesin pencari selain google selanjutnya adalah Yahoo! Sebelum Google mendominasi seperti sekarang, mesin pencari Yahoo adalah rajanya. Selain mesin pencari, ada beberapa fitur di Yahoo seperti news, finance, dan email.

Meski kini sudah kalah pamor, ternyata masih ada cukup banyak orang yang senang menggunakan search engine ini. Makanya Yahoo bisa menempati posisi mesin pencari ketiga terbanyak digunakan setelah Google dan Bing. Popularitas Yahoo bahkan masih cukup tinggi di Jepang.

3. DuckDuckGo

DuckDuckGo adalah mesin pencari yang sudah ada sejak 2008 dan fokus pada keamanan data penggunanya. Makanya mesin pencari ini jadi alternatif Google yang cukup banyak digunakan di seluruh dunia.

Untuk setiap pencarian, kamu dan pengguna lainnya akan mendapatkan hasil yang sama. Jadi data yang kamu dapat tidak akan disesuaikan dengan koleksi data personal yang biasa dilakukan oleh mesin pencari populer lainnya.

4. Baidu

Google boleh menjadi rajanya mesin pencari di banyak negara, tapi tidak dengan Cina. Di Tiongkok, kamu mungkin akan kesulitan untuk mengakses Google dan melaukan pencarian.

Sebagai gantinya, pemerintah Cina lebih memprioritaskan kamu untuk menggunakan mesin pencari dalam negeri seperti Baidu yang dibuat dengan algoritma mereka sendiri.

Terbukti, Baidu menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan di Cina. Persentasenya bahkan mencapai hampir 80 persen dari total pengguna internet di Cina yang jumlahnya milyaran.

5. Naver

Sama dengan Cina, Korea juga memiliki search engine sendiri yang sangat mereka banggakan. Dibandingkan Google yang memiliki akses terbatas di negeri Gingseng tersebut, Naver menjadi mesin pencari utama di sana.

Sama seperti Google, Naver juga menyediakan banyak layanan lainnya. Integrasinya pun lebih baik dan hasil pencarinnya lebih akurat karena pemerintah membebaskan gerak Naver di Korea.

6. Yandex

Yandex jadi mesin pencari selain Google yang meraih popularitas tinggi di beberapa negara berbahasa Rusia seperti Belarusia, Ukraina, dan beberapa negara di Asia Tengah.

Satu hal yang membuatnya populer adalah tingkat keakuratannya saat kita memasukan input dalam bahasa Rusia yang menggunakan alfabet Cyrilic.

7. AOL

Sama seperti Yahoo, AOL adalah salah satu nama besar di dunia mesin pencari sebelum eranya Google. AOL yang merupakan singkatan dari American Online tersebut bahkan sudah ada sejak tahun 1985, meski baru memunculkan AOL Search di tahun 1999.

Sempat mencaplok beberapa situs besar seperti TechCruch dan Huffington Post, kini AOL menjadi mesin pencari yang berada di bawah jaringan Verizon Communications.

8. Wolfram Alpha

Wolfram Alpha adalah mesin pencari semantik yang ditemukan oleh Stephen Wolfram pada tahun 2005. Wolfram Alpha adalah mesin pencari komputasi, meski hasilnya tidak melulu menunjukkan hasil yang berkaitan dengan matematika.

Wolfram Alpha berbeda dari mesin pencari lain yang merayapi dan mengindeks semua website di internet. Pencarian di Wolfram Alpha dilakukan di bawah kategori perhitungan kompleks, nilai gizi makanan dalam bentuk tabel dan grafik sebagai hasilnya, konversi dimensi atau tampilan waktu yang berbeda

9. Internet Archive

Satu mesin pencari unik lain yang bisa jadi alternatif Google adalah Internet Archive. Beda dari mesin pencari lainnya, Internet Archive adalah organisasi yang merekam semua data di internet agar dapat digunakan secara gratis.

Dengan begitu kamu tidak hanya bisa mencari banyak hal, tapi juga mampu mengakses banyak data-data digital mulai dari website, video, aplikasi, music, ebook, dan banyak lagi.

Post a Comment