10 Aplikasi Uninstaller Gratis Terbaik untuk PC dan Laptop - GimTekno

10 Aplikasi Uninstaller Gratis Terbaik untuk PC dan Laptop

Aplikasi uninstaller terbaik untuk pc dan laptop Windows

(Update: 26 Oktober 2023) - Aplikasi uninstaller adalah software yang dapat membantu kamu untuk menghapus program yang sudah tidak terpakai atau tidak lagi kamu inginkan. Tidak cuma itu, ada banyak aplikasi uninstaller gratis yang juga bisa membantu kamu menghapus file dan folder tersisa, hingga data-data yang tertinggal di dalam registry.

Nah, buat kamu yang ingin menghapus sebuah program secara menyeluruh, berikut adalah beberapa software untuk menghapus program gratis untuk PC dan laptop kamu

Aplikasi Uninstaller Terbaik PC

1. Revo Uninstaller Free

Revo Uninstaller adalah salah satu program uninstaller PC paling populer. Aplikasi ini telah dipakai selama bertahun-tahun dan banyak disukai karena kemampuan pemindaiannya untuk mengetahui sisa program yang berbahaya, item registri, dan hal-hal lain yang tertinggal setelah menghapus software dari PC Windows.

Revo Uninstaller Free untuk uninstal aplikasi pc

Revo Uninstaller adalah aplikasi uninstalle yang sangat sederhana, mudah digunakan, dan cocok untuk siapa saja. Jika kamu tidak dapat menghapus program yang membandel, maka kamu sangat disarankan untuk menggunakannya.

Revo Uninstaller tersedia dalam versi freeware dan berbayar. Versi gratis perangkat lunak ini bebas dari iklan dan cukup untuk penggunaan pribadi. Jika kamu butuh fitur tambahan seperti multiple uninstall, real-time monitoring, serta multi-level backup system, kamu bisa membeli versi Pro-nya.

2. Soft Organizer

Soft Organizer adalah aplikasi uninstaller program PC yang sangat ringan dan menawarkan fitur yang kuat dan efektif untuk menyingkirkan program yang membandel bersama dengan sisa-sisa file/folder yang bisa memenuhi hard drive kamu.

Soft Organizer, software uninstaller terbaik PC

Jika kamu mengaktifkan fitur monitoring dan meng-uninstal program dengan cara biasa, kamu masih akan mendapatkan notifikasi mengenai sisa-sisa program yang belum ikut terhapus. Kamu pun bisa menghapus sisa file tersebut setelah penghapusan software selesai atau setelah komputer restart.

Soft Organizer ditawarkan dalam versi berbayar dan gratis. Versi gratis dari Soft Organizer melakukan pekerjaan dengan cukup baik. Pada versi Pro terdapat tambahan fitur lain seperti mencari sisa file dari program yang pernah kamu uninstal sebelumnya, mengupdate program, dan masih banyak lagi.

3. iObit Uninstaller Free

iObit Uninstaller adalah aplikasi uninstaller gratis lain yang bisa kamu gunakan di Microsoft Windows XP, Vista, 7, 8, dan 10 untuk menghapus instalasi perangkat lunak bersama dengan sisa file dan folder yang ditinggalkannya.

iOBit Uninstaller Free

Satu hal yang menarik, program ini dapat digunakan untuk meng-uninstall beberapa program sekaligus. Selain itu kamu juga bisa menghapus toolbar, add-on, ekstensi, dan plug-in yang terpasang di dalam Microsoft Edge, Internet Explorer, dan Mozilla Firefox.

iObit Uninstaller membuat restore point sebelum menghapus instalasi perangkat lunak. Hal ini akan membantu kamu kembali Jika terjadi kesalahan selama semua proses. Pada versi gratis akan terdapat iklan yang rasanya akan sepadan dengan fitur-fitur gratis yang kamu dapat.

4. Geek Uninstaller

Geek Uninstaller adalah aplikasi uninstaller gratis yang sangat ringan untuk digunakan. Tidak hanya membantu kamu menghapus aplikasi pihak ketiga, kamu pun bisa meng-uninstal aplikasi dari Windows Store lengkap dengan semua file residu yang tertinggal.

Geek Uninstaller, aplikasi uninstall program PC dan laptop

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur force removal yang bisa dipakai untuk menghapus program yang membandel atau rusak.

Satu hal yang menarik, aplikasi ini bisa digunakan secara portable, sehingga kamu tidak perlu menginstal program tambahan lagi di PC atau laptop kamu. Selain itu aplikasi ini pun memiliki tampilan yang sederhana dan sudah memiliki support bahasa Indonesia.

5. Bulk Crap Uninstaller

Bulk Crap Uninstaller (BCU) adalah aplikasi uninstaller gratis yang bisa kamu gunakan untuk menghapus program yang tidak diinginkan dari PC atau laptop kamu. Tidak hanya menyingkirkan program, aplikasi ini juga bisa mendeteksi file, folder, dan data registri sisa yang tertinggal saat proses uninstall.

Bulk Crap Uninstaller, aplikasi uninstaller gratis terbaik

Sama seperti Geek Uninstaller, aplikasi ini juga bisa digunakan sebagai aplikasi portable. Selain itu BCU juga bisa digunakan untuk menghapus beberapa program sekaligus.

Tidak hanya menghapus aplikasi bawaan Windows atau aplikasi pihak ketiga saja, BCU juga bisa mendeteksi dan menghapus aplikasi lain seperti portable apps, Chocolatey packages, Windows Updates Applications, dan masih banyak lagi.

6. HiBit Uninstaller

Aplikasi uninstaller gratis terbaik lainnya adalah HiBit Uninstaller yang mampu menghapus software serta file-file sisa yang ditinggalkannya. Tidak hanya membuat storage kamu makin lega, kinerja PC/Laptop kamu pun akan menjadi lebih baik.

HiBit Uninstaller

Selain itu, kemampuan HiBit Uninstaller untuk menghapus program secara paksa memastikan penghapusan program yang sulit dihapus dengan cara standar. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mampu menghapus aplikasi Windows Store dan ekstensi browser, memberikan pengguna kendali penuh terhadap aplikasi yang terpasang. 

Dengan tambahan fitur shredding file, HiBit Uninstaller tidak hanya menghapus, tetapi juga menjaga keamanan data pengguna. Fitur tambahan seperti perbaikan registry, pencarian folder kosong, serta manajemen sistem restore Windows, membuat HiBit Uninstaller menjadi pilihan utama untuk memastikan kebersihan dan kinerja optimal pada perangkat PC atau laptop kamu.

7. Wise Uninstaller

Wise Uninstaller adalah aplikasi uninstaller gratis yang kompatibel dengan Windows XP ke atas. Tidak hanya menghapus sebuah program dari Start Menu, aplikasi ini pun dapat mencari file, folder, dan registry yang ditinggalkannya setelah diuninstal.

Wise Uninstaller

Dengan fitur force uninstall-nya, kamu bahkan bisa menghapus program paling 'bandel' sekalipun. Hal ini tentu akan sangat berguna saat kamu berhadapan dengan program yang uninstaller-nya rusak dan tidak bisa dihapus secara normal.

Satu hal menarik, Wise Uninstaller mampu memperbaiki perangkat lunak Windows seperti Office atau Adobe. Dengan integrasi yang mudah diakses melalui klik kanan pada program tertentu, pengguna dapat menghemat waktu dengan menggunakan Wise Uninstaller tanpa perlu membukanya terlebih dahulu.

8. O&O AppBuster

O&O AppBuster adalah aplikasi uninstaller gratis yang bisa membantu kamu menghapus software bawaan Windows, aplikasi pihak ketiga yang kamu instal sebelumnya, hingga program tersembunyi. Kamu bisa memakai aplikasi ini untuk Windows 10 ke atas dan menggunakannya secara gratis selama untuk keperluan pribadi.

O&O AppBuster

Pada setiap program yang kamu hapus, O&O AppBuster juga akan membuat system restore point. Hal ini akan sangat membantu jika kamu secara tidak sengaja menghapus aplikasi dan ingin mengembalikannya seperti sedia kala hanya dengan satu kali klik saja.

Enaknya lagi, software ini bisa kamu pakai sebagai aplikasi portable. Jadi kamu tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu untuk bisa memanfaatkan semua fitur O&O AppBuster.

9. CCleaner

CCleaner sebenarnya bukan software khusus untuk menguninstal program saja, melainkan aplikasi pembersih yang mampu menghapus berbagai 'sampah' di PC/laptop kamu, mulai dari history browser, temporary files, hingga registry yang tidak lagi terpakai.

CCleaner Free

Meski begitu mereka juga dilengkapi dengan banyak tools lainnya, salah satunya untuk meng-uninstal program bawaan Windows atau software pihak ketiga lainnya. Saat dijalankan, fitur ini dapat memindai semua program yang kamu miliki. Jika tidak lagi membutuhkannya, ada opsi Uninstall dan Delete untuk menghilangkannya dari sistem kamu.

Tidak cuma itu, CCleaner juga memberikan opsi Repair untuk membantu memperbaiki aplikasi yang rusak. Namun berhati-hati saat menginstalnya untuk menghindari bundleware yang nantinya bisa cukup mengganggu.

10. Aplikasi Uninstaller Bawaan Windows

Sebagai opsi terakhir, sebenarnya kamu juga bisa menggunakan aplikasi uninstaller gratis bawaan Windows untuk menghapus software/program. Meski fiturnya terbatas, aplikasi ini cukup mudah dipakai dan cocok untuk kamu yang hanya akan sesekali saja menggunakannya.

Untuk menggunakannya, cukup buka Star Menu lalu cari Add or Remove Programs. Jika sudah, lihat daftar aplikasi pada kolom sebelah kanan, pilih aplikasi yang ingin kamu hapus, lalu klik tombol Uninstall. Agar kamu juga bisa menghapus sisa-sisa file/folder yang ditinggalkan, kamu juga bisa menggunakan CCleaner, atau alternatif CCleaner seperti BleachBit atau PrivaZer.


Aplikasi uninstaller menawarkan solusi efisien dan efektif untuk mengelola dan membersihkan perangkat PC atau laptop dengan cepat. Dengan fitur-fitur canggih yang disediakan, pengguna dapat dengan mudah menghapus program-program yang tidak diperlukan secara menyeluruh, meningkatkan ruang penyimpanan, dan meningkatkan kinerja sistem secara keseluruhan. Untungnya ada cukup banyak aplikasi uninstaller gratis yang bisa kamu gunakan. (GimTekno.com)

0 Komentar