Factorio merupakan game yang memanfaatkan imajinasi agar kamu bisa merancang pabrik kompleks yang memprioritaskan otomatisasi dan efisiensi.

Perpaduan unik game yang melibatkan pembangunan, strategi, dan mekanisme untuk bertahan hidup membuat Factorio menjadi game yang memuaskan dan adiktif yang mungkin sulit untuk ditinggalkan.

Nah, jika kamu jika kamu juga menyukai game dengan genre semacam ini, berikut adalah beberapa rekomendasi game mirip Factorio yang bisa kamu mainkan di PC atau laptop kamu.

Game Alternatif Factorio

1. Automation Empire

Game mirip Factorio - Automation Empire

Rekomendasi pertama untuk penggemar Factorio adalah Automation Empire. Mirip Factorio, game ini sama-sama mengharuskan kamu untuk mengotomatisasi jalur produksi dan membangun pabrik yang kuat.

Pemain memulai dari nol, seiring waktu, membangun jaringan pabrik luas lengkap dengan mesin, pipa, dan kereta api yang saling berhubungan yang mampu mengangkut sumber daya di setiap peta.

Meskipun tidak selengkap Factorio dalam hal fitur, alat baru akan selalu tersedia saat kamu berhasil melangkah lebih jauh dan menyelesaikan setiap tantangan.

Pada akhir permainan, kamu bisa membuka fitur kereta tambang, robot drone, truk, dan bahkan roket kargo yang semuanya dapat digabungkan untuk mengubah lini produksi kamu menjadi operasi yang mulus.

2. Hydroneer

Game Hydroneer fokus pada aspek penambangan yang mirip Factorio sambil memperkenalkan beberapa mekanik baru yang sangat baik seperti terraforming.

Hal ini memungkinkan pemain untuk membentuk dunia di sekitar mereka untuk membuat jaringan gua yang luas, lubang tambang, dan gunung lumpur dalam upaya untuk mempercepat produksi dan memperoleh bahan yang berbeda.

Game ini memiliki sistem modular untuk membangun struktur dan memberi daya pada mesin. Dengan begitu kamu memiliki banyak peluang untuk merancang dan mengoptimalkan jaringan pipa kamu untuk mengontrol tekanan air.

Sumber daya yang dikumpulkan dapat digunakan untuk membuat jenis material, persenjataan, dan dekorasi baru untuk pangkalan kamu.

3. Satisfactory

Satisfactory

Sama seperti Factorio, Satisfactory menekankan manajemen sumber daya otomatis dan pencarian efisiensi yang tiada akhir. Segalanya dimulai dari yang lini produksi simpel sampai akhirnya pabrik kamu dipenuhi dengan conveyor belt.

Ada banyak cara untuk memanfaatkan material kamu dengan baik, mulai dari merakit senjata dan peralatan hingga membuat bangunan dan kendaraan yang membuka area baru untuk mengungkap lebih banyak makhluk, jenis sumber daya, dan peluang untuk dijelajahi.

4. Astroneer

Sangat kontras dengan dunia kelam di Factorio, Astroneer terjadi di planet asing yang cerah dan berwarna-warni tanpa makhluk berbahaya. Meski begitu bukan berarti tidak ada tantangan di game ini, karena keterbatasan oksigen dan sumber daya adalah masalah konstan yang harus kamu atasi.

Satu hal yang membedakan Astroneer dari game mirip Factorio lainnya adalah Terrain Tool, yang memungkinkan pengguna untuk membentuk lingkungan sesuai keinginan mereka.

Alat ini memiliki banyak aplikasi yang dapat menguntungkan traversal, produksi, dan kreativitas. Terakhir, Astroneer terus diperbarui dengan planet baru yang dapat dijelajahi, kustomisasi, bahaya, kendaraan, dan peralatan lainnya.

5. Oxygen not Included

Oxygen Not Included adalah game survival luar angkasa yang menantang dengan tingkat kesulitan yang sama seperti Factorio. Pemain ditugaskan untuk membangun dan memperluas koloni yang mencari perlindungan di gua bawah tanah di planet asing di mana oksigen sangat sulit didapat.

Di sini kamu harus bisa menugaskan anggota kru ke stasiun yang berbeda untuk menjaga semuanya tetap berjalan lancar, mengumpulkan sumber daya untuk menjaga koloni tetap hidup, dan meneliti teknologi baru untuk meningkatkan markas kamu.

butuh strategi yang jitu untuk memainkan game ini, mengingat satu langkah buruk dapat dengan mudah mengakibatkan sebagian besar koloni kamu terhapus selamanya.

6. OpenTTD

Open TTD

Dirilis pada tahun 2004, OpenTTD sebenarnya mendahului Factorio lebih dari satu dekade. Secara teknis game ini bahkan jauh lebih tua karena permainan tersebut merupakan remake open-source dari permainan Transport Tycoon Deluxe yang dirilis tahun 1995.

Di dalamnya, pemain mencoba mendapatkan uang dengan mengangkut penumpang dan kargo melintasi bentangan panjang jalan, kereta api, air, dan udara menggunakan jaringan kendaraan darat, laut, dan kereta api.

Seiring waktu, kota akan terus berkembang dan menciptakan moda transportasi baru, yang pada gilirannya menciptakan industri dan peluang baru untuk memaksimalkan produksi.

Dan karena gim ini open-source, pemain dapat memodifikasinya sesuka hati atau menjelajahi banyak mod buatan komunitas melalui penyedia konten dalam gim.

7. Space Haven

Space Haven adalah game manajemen koloni lain yang terletak di luar angkasa yang membuat kamu memimpin kru dari penjelajah luar angkasa untuk mencari rumah baru bagi populasi manusia yang semakin berkurang.

Seperti Factorio, gim ini menawarkan potensi pembangunan dasar yang luar biasa, memungkinkan kamu membangun tahap demi tahap dan menyempurnakan penempatan semua bagian kapal.

Karena kru Anda bergantung pada kamu, kamu juga harus memantau kebutuhan mereka dan menyediakan cukup makanan, obat-obatan, dan oksigen untuk memastikan mereka bertahan hidup.

Saat kamu melakukan perjalanan melalui luar angkasa, kamu juga akan menemukan skenario acak seperti invasi alien, kapal terlantar, dan konflik internal di antara anggota kru yang dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik mereka.

8. Stormworks

Jika kamu menginginkan permainan membangun seperti Factorio, Stormworks menawarkan konsep yang tidak jauh berbeda di mana kamu bisa merancang, membuat, dan mengemudikan kendaraan penyelamat udara dan laut kamu sendiri.

Kustomisasi Stormworks lebih dari sekadar pesawat dan kapal selam. Game ini juga memungkinkan kamu memprogram script kamu sendiri dan membuat skenario unik untuk dibagikan dengan pemain lain.

Seperti Factorio, game ini juga menawarkan beberapa opsi kesulitan, rangkaian alat bangunan yang kuat, dukungan Steam Workshop, dan komunitas yang erat.

9. RimWorld

RimWorld

Mirip dengan Factorio, RimWorld menampilkan perpaduan sempurna antara mekanika permainan dasar, bertahan hidup, dan strategi dengan banyak ruang yang bisa disesuaikan.

Di dalamnya, kamu dapat memilih dari beberapa bioma sebelum mendarat dengan tim penjajah di planet asing yang dibuat secara acak.

Koloni kamu memiliki kebutuhan fisik dan emosional yang harus dipenuhi agar komunitas dapat berkembang, termasuk menyediakan perumahan yang cukup dan memperluas basis kamu bila perlu.

10. Mindustry

Jika kamu penggemar game mirip Factorio, kamu dapat menikmati Mindustry, game manajemen sumber daya serupa yang lebih fokus pada aspek tower defense.

Pemain ditugaskan untuk menempatkan dan menghubungkan ban berjalan untuk mengangkut amunisi, memproduksi bahan, dan membangun menara untuk mengalahkan gelombang musuh.

Alat pembuat peta yang kuat memungkinkan kamu untuk membuat lingkungan yang unik, memodifikasi bentuk medan, tempat munculnya resources, penempatan sungai, dan bahkan formasi musuh.

Selain itu game ini juga menampilkan berbagai pilihan aturan dan alat permainan yang dapat disesuaikan yang membuat pengalaman tetap segar, bahkan setelah kamu menyelesaikan kampanye yang ada.

11. Dyson Sphere Program

Dyson Sphere Program

Game lain yang bisa jadi alternatif Factorio adalah Dyson Sphere Program. Game ini berlatar belakang masa depan yang jauh dengan sains dan teknologi canggih. Di sini kamu bermain sebagai insinyur ruang angkasa yang bertugas membangun struktur pengorbit bintang besar yang menyerap energi dan mengubahnya menjadi kekuatan untuk planet Bumi.

Gim ini menggunakan pembuatan prosedural untuk memastikan setiap permainan itu unik, dengan tipe bintang, distribusi, planet, dan sumber daya yang berbeda untuk menjaga Spheres kamu tetap beroperasi.

DSP menekankan produksi otomatis dan transportasi antarbintang, memungkinkan kamu mengirim tim untuk memindahkan sumber daya bolak-balik serta membuat bahan sesuai dengan spesifikasi kamu.

12. Stationeers

Game lain yang bisa kamu coba sebagai alternatif Factorio adalah Stationeers. Game bertahan hidup ini bahkan lebih hardcore dibanding Factorio dan hadir dengan sistem yang lebih kompleks dan learning curve yang curam.

Di dalamnya, kamu ditugaskan untuk membangun dan mengelola stasiun luar angkasa. Selain itu kamu harus memenuhi kebutuhan dasar karakter kamu dengan menyediakan makanan, kehangatan, dan kekuatan untuk menjaga semuanya tetap berjalan.

Seperti Factorio, Stationeers memberi kamu alat dan kebebasan untuk memutuskan tampilan dan fungsi stasiun kamu di setiap langkahnya. Agar lebih seru, gim ini juga mendukung multipemain daring.

Post a Comment