17 Aplikasi Baca PDF Gratis di Windows dan Android - GimTekno

17 Aplikasi Baca PDF Gratis di Windows dan Android

Sebagai salah satu format dokumen paling populer, tidak sulit untuk menemukan aplikasi baca PDF gratis di Windows maupun Android. Masing-masing pun memiliki fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Beberapa aplikasi PDF Reader dibuat simpel dan cocok untuk kamu yang hanya ingin membuka PDF dan melihat isinya. Beberapa lainnya memiliki fitur tambahan buat kamu yang senang baca PDF seperti buku online, baik di pc atau hp. Sementara sisanya memiliki fitur lengkap yang bisa menunjang produktivitas kamu.

Apapun pilihannya, PDF Reader jadi salah salah satu aplikasi esensial yang harus kamu miliki. Jika bingung dengan banyaknya pilihan, beberapa rekomendasi aplikasi baca PDF gratis berikut bisa jadi pertimbangan.

PDF Reader Gratis Terbaik

1. Browser

Platform: Windows, Mac, Linux

Bagi pengguna PC, kamu sebenarnya bisa membuka PDF tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan, selama kamu memiliki aplikasi browser. Untuk menggunakannya, cukup drag file PDF ke dalam browser tersebut saja.

Hampir semua browser modern seperti Edge, Firefox, Chrome, hingga Opera memiliki fitur ini. Meski begitu cara hanya cocok untuk kamu yang ingin melihat membaca, dan mencetak isi PDF saja tanpa perlu fitur-fitur lainnya.

2. Adobe Acrobat Reader

Platform: Windows, Mac, Android, iOS

Adobe Acrobat Reader jadi PDF Reader paling populer di Windows dan Android

Mungkin tidak salah untuk menyatakan Adobe Acrobat Reader sebagai PDF Reader Windows paling populer sepanjang masa. Lagipula format PDF memang dikembangkan oleh Adobe hingga menjadi salah satu standar file office hingga saat ini.

Software PDF gratis ini memungkinkan pengguna untuk mengakses, melihat, dan mengedit PDF kapan saja dan dari lokasi mana pun. Kamu dapat dengan mudah mengisi formulir, mengonversi PDF ke format file lain, menambahkan komentar, dan bahkan menandatangani dokumen.

Adobe Acrobat pun hadir sebagai aplikasi baca PDF gratis di Android dan iOS dengan fitur yang tidak jauh berbeda. Jadi satu-satunya PDF Reader yang di-download lebih dari 500 juta kali di Play Store, kamu juga mungkin memerlukan aplikasi baca PDF gratis ini di smartphone kamu.

3. Sumatra PDF Reader

Platform: Windows

Sumatra PDF jadi aplikasi PDF Reader paling ringan di Windows

Sumatra PDF Reader adalah pilihan yang baik untuk orang-orang yang perlu melihat PDF dalam berbagai mode. Pengguna dapat mengakses dan membaca dokumen mereka dalam satu jendela, sebagai buku, atau bahkan dalam tampilan presentasi.

Aplikasi ini merupakan software open-source dan gratis terbaik untuk Windows. Tidak hanya itu, kamu dapat menggunakan PDF Reader paling ringan untuk Windows ini untuk membuka dan mengelola file lain seperti EPUB, MOBI, FB2, CHM, XPS, dan DjVu.

Sumatra PDF juga memiliki ukuran yang kecil dan tidak menggunakan banyak sumber daya sistem. Selain itu aplikasi baca buku PDF ini juga punya versi portable yang bisa dipakai tanpa perlu diinstal terlebih dahulu.

4. Google PDF Viewer

Platforms: Android

Google PDF Viewer jadi aplikasi PDF Reader ringan untuk Android

Sesuai namanya, Google PDF Viewer adalah aplikasi baca PDF buatan Google, yang sayangnya kini tidak lagi diteruskan. Makanya kamu tidak akan menemukan aplikasi ini di Play Store, meski kamu bisa download APK versi lamanya dari situs-situs tertentu.

Sama seperti aplikasi Google lainnya, PDF Viewer ini 100% gratis tanpa iklan. Aplikasi ini pun tergolong ringan dan minimalis, cocok untuk kamu yang hanya ingin membuka dan melihat isi PDF saat sharing melalui WhatsApp atau sumber lainnya.

Dengan ukuran yang kecil, Google PDF Viewer mampu menawarkan fitur dasar yang solid, mulai dari mencari kata, zoom in/out, seleksi teks, dsb. Menariknya, ikon aplikasi ini tidak akan muncul di hp kamu. Namun opsi untuk membaca PDF menggunakan aplikasi ini akan muncul saat kamu coba membuka file dengan format tersebut.

5. MuPDF

Platform: Windows, Linux, Android

Aplikasi baca PDF gratis MuPDF untuk Windows dan Android

PDF Reader gratis terbaik untuk Windows selanjutnya adalah MuPDF. Aplikasi ini adalah PDF Reader standar yang memungkinkan kamu untuk melihat dan mengedit file PDF.

Kamu dapat menggunakan aplikasi baca PDF gratis ini untuk mengisi formulir teks, membubuhi keterangan dokumen, dan mengonversi file PDF ke format file lain seperti HTML, SVG, dan CBZ. Skrip Javascript juga dapat digunakan untuk memodifikasi dokumen kamu.

MuPDF adalah pilihan terbaik jika kamu menginginkan PDF Reader yang ringan dengan memori rendah, yang memungkinkan kamu mengedit dan melihat file PDF dengan cepat.

6. Foxit Reader

Platform: Windows, Mac, Linux, Android, iOS

Foxit Reader

Jika kamu butuh PDF Reader yang kuat dan kaya fitur untuk Windows 10, 8, 7, dan versi lainnya, aplikasi baca PDF gratis yang bisa kamu coba adalah Foxit Reader. PDF Manager ini jauh lebih ringan daripada Acrobat Reader dan menyediakan banyak pilihan untuk membuat, mengedit, dan melindungi PDF kamu di cloud.

Di dalam Foxit Reader, kamu akan menemukan banyak fitur seperti PDF Annotation, Spell Checking, mengisi dan membubuhkan tanda tangan pada form PDF, hingga fitur Text to Speech yang bisa membantu kamu membacakan file PDF.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk berkolaborasi dengan teman dan kolega kamu. Cukup berikan akses, dan kamu dapat melacak siapa yang membuka dokumen, mengeditnya, dan melihat semua aktivitas mereka secara real-time.

7. STDU Viewer

Platform: Windows


STDU Viewer, juga dikenal sebagai Scientific and Technical Document Utility Viewer, adalah aplikasi gratis (freeware) yang bisa digunakan untuk melihat berbagai format file, tidak cuma PDF saja.

Software ini bisa digunakan sebagai viewer lengkap untuk format file paling umum yang digunakan dalam dokumentasi ilmiah, termasuk TIFF, DjVu, XPS, JBIG2, WWF, FB2, TXT, TCR, PalmDoc(PDB), MOBI, AZW, EPub, DCX, dan berbagai jenis file gambar.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki antarmuka tab yang baik, dukungan multibahasa, berukuran sangat kecil, dan punya versi portable. Meski sudah tidak lagi diupdate sejak 2015, aplikasi ini tetap bekerja sempurna pada pc/laptop Windows modern.

8. Okular

Platform: Linux, Windows

Okular jadi aplikasi baca pdf terbaik di Linux

Sama seperti STDU Viewer, Okular lebih dari sekadar PDF Reader biasa. Aplikasi ini juga support beragam format lain seperti EPUB, DjVu, XPS, Tiff, Markdown serta bisa jadi aplikasi baca komik dan gambar/foto.

Okular sendiri awalnya dibuat untuk Linux KDE, meski kini bisa dipakai di banyak varian Linux lainnya serta Microsoft Windows. Dan untuk ukuran software open-source, Okular memiliki fitur yang tidak kalah dibanding aplikasi baca PDF lainnya.

Selain fitur dasar seperti highlight dan thumbnail panel, Okular juga memungkinkan kamu untuk menyalin konten PDF, membuat bookmark, serta menambahkan anotasi dan tanda tangan. Okular pun diklaim sangat ringan dan dapat dipakai di komputer low-spec kamu.

9. Evince

Platforms: Linux

Aplikasi baca buku PDF minimalis, Evince

Evince adalah software yang cocok untuk kamu yang mencari PDF Reader ringan lain dengan ukuran kecil. Memiliki tampilan antarmuka yang sederhana, Evince adalah PDF Reader yang sangat baik jika kamu ingin fokus membaca dokumen PDF.

Aplikasi ini tidak dilengkapi dengan terlalu banyak alat yang mengganggu. Evince juga memiliki panel samping untuk navigasi yang mudah jika kamu membaca dokumen yang panjang. Mode presentasi juga tersedia jika kamu ingin lebih fokus membaca PDF.

Evince sendiri adalah PDF Reader open-source yang awalnya merupakan bagian dari proyek GNOME dan menjadi PDF Reader secara default untuk distribusi Linux tertentu, seperti Fedora dan Ubuntu. Meskipun pengembang Evince tidak menyediakan biner Evince untuk Windows, kamu masih bisa download PDF Reader gratis untuk Windows di banyak website.

10. Moon+ Reader

Platforms: Android, iOS

Ebook Reader terbaik Android untuk baca buku pdf

Buat kamu yang sedang cari aplikasi baca PDF terbaik di Android, Moon+ Reader patut jadi rekomendasi teratas. Aplikasi yang berulang kali masuk Editor's Picks di Play Store ini tidak hanya bisa jadi PDF Reader, tapi juga library tempat kamu mengoleksi file bacaan kamu.

Moon+ Reader memiliki support terhadap banyak file, mulai dari txt, html, epub, pdf, djvu, mobi, azw/azw3, fb2, hingga docx, odt, dan. Aplikasi ini bahkan bisa membantu kamu membaca komik yang telah dikompresi dalam format CBR atau CBZ.

Aplikasi ini sendiri memiliki segalanya untuk membantu kamu membaca PDF degnan nyaman. Mulai dari beragam tema, menu tampilan tulisan yang bisa disesuaikan, pengaturan tombol untuk mengakses menu dan mengganti halaman, hinggal pilihan mode auto-scroll yang membuat Moon+ Reader jadi aplikasi android baca pdf seperti buku.

11. Koodo Reader

Platforms: Windows, Linux, Mac, Online

Koodoo Reader

Buat kamu yang mencari aplikasi mirip Moon+ Reader untuk Windows, Koodo Reader bisa jadi pilihan yang pas. Calibre sebenarnya jadi aplikasi baca PDF sekaligus ebook management yang paling populer, namun kehadiran alternatif lain seperti Kodoo Reader rasanya patut untuk diapresiasi.

Tidak kalah dengan Calibre, Kodoo Reader juga support beragam format, mulai dari epub, pdf, mobi, azw3, txt, md, djvu, docx, rtf, cbz, cbr, cbt, fb2, html dan xml. Kamu pun bisa merapihkan koleksi kamu dengan mengkategorikan buku menggunakan tag.

Agar kamu lebih nyaman dalam membaca, Kodoo Reader punya banyak fitur yang sangat membantu, mulai dari beragam mode membaca, night mode, bookmark, catatan, hingga modifikasi teks lengkap.

12. WPS Office

Platforms: Windows, Mac, Linux, Mac, Android, iOS, Online

Buat kamu yang sering berurusan dengan file office rasanya tidak akan asing dengan nama WPS Office. Tapi selain mampu jadi alternatif Microsoft Office, aplikasi ini juga bisa jadi PDF Reader. Pas buat kamu yang sudah memiliki aplikasi ini.

Dengan WPS Office, kamu bisa membuka dan melihat PDF, membagikan, serta menambahkan komentar pada file PDF. Dan karena tersedia pada banyak platform, kamu tidak akan kesulitan untuk menggunakan aplikasi ini dari perangkat yang berbeda-beda.

Di luar itu, WPS Office juga dilengkapi beberapa fitur ambahan, mulai dari mengubah file office dan gambar ke PDF, scan dokumen ke PDF, annotation, split PDF, tanda tangan, menggabungkan PDF, dan masih banyak lagi.

13. KOReader

Platforms: Kindle, Kobo, PocketBook, Android, Linux

KOReader, aplikasi baca pdf mirip buku khusus tablet dan E-Ink seperti Kindle

KOReader adalah aplikasi baca PDF gratis yang dibuat khusus untuk perangkat E-Ink seperti Kindle, Kobo, atau PocketBook. Meski begitu aplikasi ini juga bisa cocok untuk tablet Android dan perangkat berbasis Linux.

Aplikasi open-source ini hadir dengan Custom UI dengan tampilan teks yang bisa kamu modifikasi. File yang bisa kamu baca lewat aplikasi ini pun beragam, mulai dari EPUB, PDF, DjVu, XPS, CBT, CBZ, FB2, PDB, TXT, HTML, RTF, CHM, DOC, hingga MOBI dan file ZIP.

Satu hal yang menarik adalah adanya support ekstensi yang bisa menambahkan fitur pada aplikasi ini. Mulai dari integrasi dengan Calibre untuk melengkapi metadata, Evernote untuk mengekspor highlights, Wikipedia untuk melihat keterangan lengkap, hingga Google Translate untuk menerjemahkan bahasa asing.

14. Small PDF

Platforms: Windows, Online, Android, iOS

Small PDF, aplikasi baca PDF dengansegudang fitur

Small PDF adalah all-in-one tools untuk semua kebutuhan yang berhubungan dengan PDF. Tidak hanya jadi aplikasi PDF Reader, Small PDF juga bisa memindai PDF, menggabungkan PDF, menghapus satu halaman dari PDF, hingga mengkonversi beragam file ke dalam format PDF.

Dengan lebih dari 20 tools berbeda, kamu bisa melakukan banyak hal dengan file PDF yang kamu punya. Hal ini pun semakin melengkapi fitur dasar aplikasi ini yang juga mampu membaca, highlight, serta menambahkan gambar dan komentar pada PDF.

Fitur menarik lain yang dimiliki aplikasi baca PDF gratis ini adalah kompresi PDF-nya. Pada versi gratis, basic compression-nya mampu memangkas ukuran PDF hingga 40%. Pada versi premium, strong compression-nya malah bisa mengurangi ukuran PDF hingga di atas 70% lho!

15. Slim PDF Reader

Platforms: Windows, Mac, Linux

SlimPDF, aplikasi baca PDF gratis ukuran kecil

Slim PDF berada di urutan berikutnya dalam daftar PDF Reader Gratis Terbaik untuk Windows 10, 8, 7. Sesuai namanya, aplikasi ini adalah salah satu PDF Reader paling ringan dan terkecil untuk PC atau laptop kamu.

Software ini memungkinkan pengguna untuk mengakses dan membaca dokumen PDF tanpa menghabiskan banyak ruang di komputer mereka. Pengguna dapat menggunakan aplikasi untuk mengedit, berbagi, dan mencari banyak file dan mencetak PDF yang diinginkan. Tidak seperti kebanyakan PDF Reader gratis untuk Windows lainnya, Slim PDF support mode gelap yang memungkinkan kamu membaca untuk waktu yang lama tanpa melelahkan mata kamu.

Tidak cuma itu, Slim PDF juga support banyak bahasa dan bisa digunakan secara portable sehingga kamu tidak perlu menginstalnya terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya.

16. Javelin PDF Reader

Platforms: Windows, Mac, Android, iOS

Javelin PDF Reader

Javelin adalah software PDF Reader terbaik untuk PC yang memiliki kinerja cepat serta memiliki banyak fitur penting untuk menangani file PDF.

Kamu dapat membuka file PDF apa pun dalam mode Layar Penuh, serta menggunakan fungsi pencarian untuk menemukan kata kunci dan frasa tertentu dengan cepat. Untuk membaca beberapa halaman, cukup klik layar dan scroll ke atas dan ke bawah file.

Aplikasi ini akan sangat cocok untuk kamu yang hanya ingin mencari aplikasi PDF reader ringan tanpa fitur tambahan seperti fungsi untuk mengedit atau mengonversi PDF. Namun begitu, Javelin bisa jadi pertimbangan sebagai software PDF Reader terbaik karena mendukung konversi text-to-speech.

17. Google Drive

Platform: Online, Windows, Mac, Linux, Android, iOS

Mungkin banyak yang belum tahu jika Google Drive memiliki fitur bawaan yang membuatnya bisa digunakan sebagai PDF Reader. Terintegrasi dengan layanan Google Docs, kamu bisa membaca file PDF yang tersimpan pada cloud storage tersebut tanpa menginstal aplikasi tambahan.

Google Drive bisa jadi alternatif Acrobat Reader dan menjadi aplikasi PDF Reader terbaik dan gratis untuk siapa saja yang memiliki akun Google, selama mereka bisa mengakses browser.

Dengan Google Drive kamu bisa langsung mengakses, membaca, dan membuat catatan di PDF. Di platform tersebut, kamu juga dapat mengonversi, mengonversi file PDF menjadi format dokumen serta membagikan file PDF apa pun yang kamu simpan


Itulah beberapa rekomendasi aplikasi baca PDF yang bisa diunduh untuk beragam perangkat. Tergantung kebutuhan, kamu bisa download aplikasi yang sekadar bisa dipakai untuk membaca PDF, atau sekaligus mengeditnya. (GimTekno.com)

0 Komentar