13 Screen Recorders Terbaik untuk PC dan Laptop Windows - GimTekno

13 Screen Recorders Terbaik untuk PC dan Laptop Windows

Screen Recorder terbaik Windows akan sangat berguna jika kamu ingin merekam dan menyimpan video klip streaming, tutorial pendidikan, atau webinar untuk dibagikan dengan teman kamu nanti. Meskipun OS Windows menyertakan aplikasi perekam layar bawaan yang disebut Xbox Game Bar, aplikasi tersebut memiliki beberapa batasan yang membuat pengguna untuk mencari alternatif Screen Recorder Windows lainnya.

Software screen recorder dapat menangkap seluruh (atau sebagian) layar di komputer atau laptop Windows kamu. Gerakan kursor dan hasil ketikan kamu pun dapat terekam untuk membantu orang mempelajari apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya.

Jika kamu berencana untuk membuat video tutorial dan gaming untuk Youtube atau semacamnya, kamu bisa menggunakan beberapa aplikasi screen recorder terbaik di PC ini, baik gratis maupun berbayar

Screen Recorder Terbaik Windows

1. ShareX

Aplikasi screen recorder gratis terbaik untuk pc dan laptop, ShareX

Software screen recorder open source dan gratis ini sangat ideal untuk pengambilan video. Meski gratis, aplikasi ini tidak menambahkan tanda air (watermark) atau batas waktu ke rekaman kamu, dan kamu dapat menyimpan file kamu sebagai GIF.

Keuntungan terbesar ShareX adalah fitur berbagi file videonya, membuatnya mudah untuk mengunggah rekaman langsung ke YouTube dan platform lainnya. Selain itu juga tidak sulit untuk meningkatkan tangkapan layar yang diambil dengan alat ini. Adanya editor foto bawaan pun memungkinkan kamu mengedit foto sesuai kebutuhan secara bebas.

2. Snagit

Ketika bicara software penangkap video layar terbaik untuk Windows, Snagit adalah pilihan yang sangat baik. Aplikasi ini merupakan perpaduan sempurna dari alat pengeditan serta beberapa mode untuk menangkap tangkapan layar dalam bentuk video.

Makanya tidak heran bila Snagit dianggap sebagai salah satu program screen recorder favorit dan paling efektif untuk membuat presentasi dan tutorial YouTube. Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mengimpor gambar dari scanner dan kamera untuk mengekstrak teks di dalamnya.

4. BandiCam

Bandicam adalah aplikasi screen recorder sederhana untuk Windows yang dilengkapi dengan banyak fitur untuk membuat konten berkualitas tinggi. Dengan versi berbayarnya, kamu dapat merekam video dan audio hingga 24 jam. Tidak hanya itu, aplikasi ini bahkan memiliki modul khusus untuk Perekaman Game, yang memungkinkan kamu untuk menangkap gameplay dan membagikannya langsung di media sosial.

Tidak seperti Screen Recorder lainnya untuk Windows, Bandicam menawarkan berbagai opsi konfigurasi video/audio untuk menyesuaikan FPS, Frekuensi, Codec, dan parameter lainnya. Meski berbayar, fitur yang disediakan akan sepadan dengan apa yang kamu bayarkan.

4. Camtasia

Aplikasi screen recording terbaik, Camtasia

Camtasia buatan TechSmith mempermudah pengambilan dan pembuatan video yang terlihat profesional di PC kamu. Kamu dapat merekam audio dan video dari desktop atau perangkat iOS, serta merekam dari webcam untuk menambahkan sentuhan pribadi pada rekaman kamu.

Satu hal yang membuat Camtasia unggul adalah editor video bawaannya. Bilah sisi alat ini berisi pilihan gambar stok yang bagus serta efek yang bisa diaplikasikan dengan click and drag.

Misalnya, pengguna dapat dengan cepat membuat segmen outro dan intro dengan menyeret dan melepaskan preset ke dalam rekaman mereka. Kamu juga dapat menggunakan transisi antara slide dan adegan, serta memperkecil, memperbesar, dan menggeser animasi untuk meningkatkan kualitas video kamu.

5. ScreenRec

Screenrec adalah Screen Recorder gratis yang fantastis untuk Windows 10 dan semua versi di atasnya. Aplikasi ini memungkinkan kamu menangkap screenshot dan video dengan cepat dan membagikannya melalui tautan pribadi.

Kamu dapat merekam tampilan kamu dalam kualitas HD untuk waktu yang tidak terbatas menggunakan perangkat lunak perekaman video ringan ini. Selain itu, Screenrec, tidak seperti program tangkapan layar gratis lainnya, tidak memberlakukan batasan apa pun atau menambahkan tanda air (watermark) ke video yang kamu simpan.

6. ScreenCastify

Screencastify adalah aplikasi screen recorder yang bekerja sempurna dengan Google Chrome. Baik kamu pembuat video berpengalaman atau pemula, Screencastify memiliki semua fitur yang diperlukan. Kamu dapat menggunakannya untuk merekam video melalui webcam, seluruh layar, atau hanya satu tab, serta menambahkan audio melalui mikrofon kamu.

Apliaksi ini juga memberi kamu alat anotasi untuk membantu menjaga perhatian pemirsa kamu pada apa yang akan kamu sorot. Sorotan mouse, alat pena gambar, dan penyorotan klik semuanya dapat ikut terekam oleh aplikasi ini. Selanjutnya, Screencastify akan secara otomatis menyimpan video ke Google Drive kamu setelah kamu selesai merekam layar.

7. APowerSoft Unlimited

Apowersoft Unlimited memungkinkan kamu untuk menghubungkan perangkat Android atau iPhone ke layar PC kamu tanpa sambungan kabel. Hal ini bisa dilakukan sambil menggunakan perekam desktop untuk merekam audio PC, perangkat seluler, mikrofon, dan webcam komputer kamu secara bersamaan.

Screen Recorder desktop ini juga mendukung berbagai mode perekaman, termasuk layar penuh, area khusus, dan lainnya, dan juga memungkinkan pengguna untuk membuat anotasi pada rekaman secara real-time.

Selain itu, kamu dapat menggunakan info, teks, garis, dan fitur lainnya tanpa jeda. Cukup sambungkan komputer dan ponsel cerdas kamu ke jaringan WiFi yang sama dan mulai transmisikan layar kamu dengan bantuan aplikasi sederhana khusus seluler ini.

8. OBS Studio

OBS Studio, aplikasi screen recorder terbaik untuk Youtube

OBS Studio jadi software yang banyak direkomendasikan oleh Youtuber sebagai salah satu aplikasi screen recorder terbaik PC dan laptop Windows. Alat penangkap layar gratis untuk Windows ini memiliki banyak fitur berguna seperti menangkap audio video yang berkualitas baik, noise gate, pengambilan dan pencampuran video/audio berkinerja tinggi, dan banyak lagi.

Selain itu, OBS Studio, tidak seperti Screen Recorder populer lainnya untuk Windows, terkenal dengan dukungannya untuk merekam video streaming secara langsung.

9. Filmora Scrn

Filmora Scrn memungkinkan kamu merekam gameplay, webcam, layar komputer, dan audio secara bersamaan, tanpa batas waktu. Selain itu, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk merekam pada 15-120 frame per detik. Frame rate yang lebih tinggi ini sangat ideal untuk merekam gameplay gaming kamu yang penuh aksi.

Melalui software ini, kamu juga dapat menambahkan anotasi seperti teks untuk meningkatkan user experience audiens kamu. Selanjutnya, kamu dapat mengubah ukuran, warna, dan bentuk kursor agar tampak menonjol.

Melalui software ini, kamu tidak memerlukan video editor terpisah karena Filmora Scrn sudah menyertakan berbagai alat pengeditan untuk membantu kamu menyempurnakan rekaman video kamu.

10. TinyTake

TinyTake adalah salah satu aplikasi screen recorder tercepat dan teringan untuk Windows 10, 8, 7, dan Vista. Alat praktis ini memungkinkan kamu untuk menangkap tangkapan layar dan video, menambahkan komentar, dan langsung berbagi dengan orang lain dalam hitungan menit.

Tidak hanya itu, kamu juga akan diberikan galeri online untuk menyimpan rekaman dan gambar kamu, sehingga mudah untuk membagikan karya kamu sesegera mungkin.

11. ScreenCast-O-Matic

Screencast-O-Matic adalah Screen Recorder dan editor video online gratis yang memungkinkan kamu merekam webcam dan rekaman layar. Meskipun aplikasi tidak mendukung perekaman HD, aplikasi ini mendukung perekaman dalam resolusi 800x600, 640x480, dan resolusi standar lainnya. Hal ini membuat ScreenCast-O-Matic ideal untuk merekam dan mengunggah video pendek.

Aplikasi ini juga bisa membantu pengguna memperbesar dan memperkecil file video, menggambarnya, dan menambahkan overlay. Selain itu Screencast-O-Matic juga memiliki fitur tambahan alin seperti mengedit audio komputer dan menyinkronkan rekaman dengan rekaman video.

Perlu diingat bahwa sebagian besar fitur pengeditan video yang ada hanya tersedia dalam versi aplikasi berbayar. Namun, kamu tetap dapat mengunggah konten ke YouTube menggunakan versi gratisnya.

12. Movavi Screen Recorder Studio

Movavi, screen recorder ringan dengan banyak fitur

Aplikasi screen recorder lainnya, Movavi Screen Recorder Studio, memungkinkan kamu untuk merekam layar PC dan laptop. Selain merekam layar, kamu pun bisa mengambil screenshot serta merekam webcam menggunakan aplikasi ini.

Dengan aplikasi ini pun, kamu pun bisa mengedit hasil rekaman dengan menggunakan beberapa fitur bawaan, seperti trim, crop, flip, hingga menambahkan filter dan watermark kamu sendiri. Video yang kamu buat pun bisa ditambahkan audio yang kamu rekam secara terpisah melalui aplikasi ini.

Selain untuk PC Windows, kamu pun bisa menginstal Movavi Screen Recorder Studio di Mac. Meski berbayar, ada opsi untuk mencoba versi free trial untuk memastikan apakah software ini cocok dengan kebutuhan kamu atau tidak.

13. Ezvid

Aplikasi screen recorder gratis terbaik lainnya adalah EzVid. Ezvid sendiri mengklaim diri sebagai Screen Recorder termudah di dunia. Kejernihan Ezvid ditingkatkan oleh kecepatan produk: dirancang khusus untuk menghemat waktu pengguna. Hal ini akan memungkinkan kamu untuk memproduksi dan mengunggah video langsung ke YouTube dalam hitungan menit. Maka tidak heran bila aplikasi ini mendapatkan popularitas di kalangan gamer dan video editor yang ingin membuat klip video secepat mungkin.

0 Komentar