11 Aplikasi Kompresi File Gratis di Windows & Android - GimTekno

11 Aplikasi Kompresi File Gratis di Windows & Android

Bicara aplikasi kompresi terbaik di Windows biasanya tidak jauh dari yang namanya WinZip dan WinRAR. Dua software kompresi tersebut memang sangat populer dan memiliki kualitas yang baik untuk memperkecil ukuran sebuah file.

Meski begitu, keduanya juga merupakan software premium yang mengharuskan penggunanya untuk membeli sebelum bisa menggunakannya, meski kamu juga bisa mencoba aplikasi tersebut secara gratis berkat program free 30 days trial.

Jika kamu memilih untuk menggunakan aplikasi kompresi gratis, sebenarnya di luar sana ada banyak tools kompresi yang memiliki performa yang tidak kalah baiknya. Sebagai rekomendasi, berikut adalah beberapa aplikasi kompresi file gratis terbaik yang bisa kamu gunakan di PC atau laptop Windows kamu.

Aplikasi Kompresi Gratis Terbaik

1. 7-Zip

Create: 7z, XZ, BZIP2, GZIP, TAR, ZIP and WIM

Extract: AR, ARJ, CAB, CHM, CPIO, CramFS, DMG, EXT, FAT, GPT, HFS, IHEX, ISO, LZH, LZMA, MBR, MSI, NSIS, NTFS, QCOW2, RAR, RPM, SquashFS, UDF, UEFI, VDI, VHD, VHDX, VMDK, WIM, XAR and Z.

7-Zip jadi aplikasi kompresi open source gratis paling populer dan tersedia dalam Bahasa Indonesia.
7-Zip jadi aplikasi kompresi open source gratis paling populer dan tersedia dalam Bahasa Indonesia.

7 Zip merupakan alternatif Winzip dan WinRAR terbaik, dan salah satu rekomendasi aplikasi kompresi yang sangat populer. Perangkat lunak ini bersifat open source, yang berarti benar-benar gratis, baik untuk tujuan komersial & individu. Selain itu alat ini juga hadir dalam ukuran yang sangat kecil, hanya 1MB saja!

Software kompresi ini memiliki support untuk mengkompresi file serta membuka berbagai macam format kompresi, mulai dari XZ, BZIP2, ZIp, GZIP, RAR, TAR, WIM, dan masih banyak lagi. 7-Zip bahkan memiliki format kompresinya sendiri "7Z" yang menawarkan kompresi hingga 70% lebih baik daripada format lainnya. Format kompresi 7Z pun didukung oleh semua software kompresi lainnya sehingga kamu tidak perlu khawatir tentang kompatibilitasnya.

2. NanaZip

Create: 7z, XZ, BZIP2, GZIP, TAR, ZIP and WIM

Extract: AR, ARJ, CAB, CHM, CPIO, CramFS, DMG, EXT, FAT, GPT, HFS, IHEX, ISO, LZH, LZMA, MBR, MSI, NSIS, NTFS, QCOW2, RAR, RPM, SquashFS, UDF, UEFI, VDI, VHD, VHDX, VMDK, WIM, XAR and Z.

NanaZip adalah aplikasi kompresi berbasis 7-Zip yang hadir dengan tampilan yang sangat modern.
NanaZip adalah aplikasi kompresi berbasis 7-Zip yang hadir dengan tampilan yang sangat modern.

Jika kamu menyukai 7Zip, kemungkinan besar kamu juga akan menyukai NanaZip. Aplikasi kompresi gratis ini memang dibuat oleh Kenji Mouri berdasarkan software open source tersebut, namun dengan tampilan yang lebih modern, lebih banyak fitur, serta dapat diinstal melalui Microsoft Store.

NanaZip sendiri mengambil semua fitur dari 7-Zip versi 22.01, dengan tambahan fitur seperti NSIS script decompiling serta support untuk Brotli, Fast-LZMA2, Lizard, LZ4, LZ5 dan masih banyak lagi. Makanya tidak heran jika NanaZip jadi salah satu finalis Microsoft Store App Awards di tahun 2022 kemarin.

3. PeaZip

Full support: 7Z, 7Z-sfx, ARC/WRC, BZ2/TBZ2, Custom (user defined), GZ/TGZ, PAQ/ZPAQ, PEA, QUAD/BALZ, split, TAR, UPX, ZIP.

Open, browse, extract, test: ACE, ARJ, CAB, CHM, COMPOUND (MSI, DOC, XLS, PPT), CPIO, ISO, Java (JAR, EAR, WAR), Linux (DEB, PET/PUP, RPM, SLP), LHA/LZH, LZMA, Mac (DMG/HFS), NSIS, Open Office files, PAK/PK3/PK4, RAR, SMZIP, U3P, UDF, WIM, XAR, XPI, Z/TZ.(95 file extension supported).

Repair: ARC

PeaZip adalah software kompresi ringan yang pas sebagai alernatif WinZip dan WinRar.
PeaZip adalah software kompresi ringan yang pas sebagai alernatif WinZip dan WinRar.

PeaZip adalah software kompresi open source lain yang merupakan alternatif terbaik untuk WinZip dan WinRAR. Aplikasi kompresi ini memiliki ukuran file instalasi sebesar 10MB, namun menawarkan beberapa fitur tambahan. Aplikasi ini kompatibel dengan semua format kompresi populer seperti 7z, xz, bz2, zip, rar, tar, dan gz. Selain itu PeaZip juga memiliki format zip sendiri "PEA" yang memprioritaskan keamanan dibanding kompresi.

PeaZip hadir dengan tampilan UI yang bersih & sederhana. Kamu dapat mengerjakan banyak file sekaligus atau juga dapat memilih file individual untuk diekstrak. PeaZip memiliki kemampuan khusus ini untuk mengonversi format archive dan mengujinya untuk mencari cacat. Tidak cuma itu, aplikasi ini juga bisa lho memperbaiki archieve yang rusak!

4. Ashampoo Zip

Create: ZIP, 7-ZIP, CAB, TAR (TAR, TAR.GZ, TAR.BZ2, TAR.XZ) and LHA formats.

Extract: RAR, ZIPX, ARJ, ARC, ACE, MSI, NSIS, CHM, DMG, RPM, CPIO, VHD, XAR, LZMA, LZH, SquashFS, CramFS, Z, ZOO, WIM plus ISO (ISO9660 and UDF).

Ashampoo Zip jadi alernatif WinZip dengan fitur yang tak kalah menarik.
Ashampoo Zip Free jadi alternatif WinZip yang tidak kalah canggih.

Ashampoo Zip bukanlah aplikasi open source, tetapi masih merupakan salah satu alternatif winzip gratis terbaik. Aplikasi ini menawarkan semua fitur dasar dengan antarmuka pengguna yang bersih dan jelas. Kamu bahkan bisa mendapatkan file kompresi yang lebih aman dengan teknologi enkripsi 256-bit AES.

Salah satu fitur menarik yang membuat Ashampoo Zip menonjol adalah fungsionalitas pratinjaunya. Dengan begitu kamu bisa melihat isi file kompresi tanpa perlu mengekstraknya terlebih dahulu. Selain itu aplikasi ini juga hadir dengan fitur Repair ZIP tools yang mampu memperbaiki file ZIP yang rusak, serta Write Multivolume ZIP yang bisa memecah file ZIP menjadi beberapa bagian yang lebih kecil.

5. Hamster Zip Archiver 4

Extract: ZIP, 7Z, ARJ, BZ2, TBZ, GZIP, DEB, DMG, IMG, GZ, TGZ, HFS, LZH, RMP, PKG, Z, TAZ, CAB, ISO, RAR, TAR, WIM, SWM, JAR, APM, AR, A, LIB, MSI, CPIO, ELF, FAT, TPZ, IHEX, MACHO, MBR, MSLZ, MUB, NTFS, DLL, SYS, TE, PMD, SQUASHFS, SCAP, UEFIF, VHD, XAR, XZ, TXZ, CHM, CHI, CHQ, CHW, HXS, HXI, HXR, HXQ, HXW, LIT, NSIS, UDF, ODT, ODS, EPUB, XPI

Hamster Zip Archiver 4 jadi alternatif WinRar terbaik dengan tingkat kompresi yang tinggi.
Hamster Zip Archiver 4 jadi alternatif WinRar terbaik dengan tingkat kompresi yang tinggi.

Zip Archiver 4 dari HamsterSoft adalah aplikasi kompresi terbaik lain yang juga patut dipertimbangkan. Meski hanya bisa membuat file dalam format ZIP dan 7Z saja, aplikasi ini mampu membuka jauh lebih banyak format kompresi mulai dari img, gz, iso, rar, jar, tar, tbz, gzip, deb, cab, dan masih banyak lagi.

Dibandingkan aplikasi kompresi Windows lainnya, Zip Archiver mengklaim memiliki rasio kompresi yang sangat baik dan mampu membuat ukuran file menjadi jauh lebih kecil. Selain itu file kompresi yang kamu buat pun bisa langsung kamu bagikan atau diupload ke beberapa layanan cloud seperti Dropbox, Google Drive, atau One Drive.

6. BandiZip

Create: ZIP, 7Z(lzma2), ZIPX(xz), EXE(sfx), TAR, TGZ, LZH(lh7), ISO(joliet), GZ, and XZ

Extract: 7Z, ACE, AES, ALZ, ARJ, BH, BIN, BR, BZ, BZ2, CAB, Compound(MSI), DAA(1.0), DEB, EGG, GZ, IMG, ISO, ISZ, LHA, LZ, LZH, LZMA, PMA, RAR, RAR5, SFX(EXE), TAR, TBZ/TBZ2, TGZ, TLZ, TXZ, UDF, WIM, XPI, XZ, Z, ZIP, ZIPX, ZPAQ, ZSTD, and NSIS

Software kompresi gratis BandiZip mampu membuat file archive berukuran besar.
Software kompresi gratis BandiZip mampu membuat file archive berukuran besar.

BandiZip adalah tools kompresi yang tersedia untuk Windows dan MacOS. Versi gratisnya sudah lebih dari cukup untuk keperluan umum. Jika kamu ingin fitur tambahan seperti antimalware scan, password manager, password recovery, atau repair archive, maka kamu bisa membeli versi Profesional atau Enterprise.

Aplikasi Bandizip memiliki support untuk beragam format kompresi populer. Proses kompresi pun diklaim 6 kali lebih cepat menggunaakn multi-core, dan lebih aman berkat AES256 encryption algorithm.

Jika kamu sering membagikan file secara online, BandiZip bisa membantuk kamu untuk mengkompresi file besar hingga 4GB lebih. Kamu pun bisa memecah file archive tersebut agar lebih mudah diupload dan didownload kembali.

7. ZipWare

Create: ZIP, 7-ZIP, EXE

Extract: ZIP, ZIPX, 7Z, RAR, RAR5, ISO, VHD, MSI, GZIP, BZIP2, TAR, CPIO, DEB, DMG, LZH, LZMA, LZMA2, PPMd, NSIS, RPM, UDF, WIM, XAR, XPI, CBR, CBZ, XZ, Z

Zipware jadi salah satu aplikasi kompresi paling ringan untuk Windows.
Zipware jadi salah satu aplikasi kompresi paling ringan untuk Windows.

ZipWare adalah aplikasi kompresi gratis lainnya yang cocok untuk kamu yang mencari alternatif WinZip terbaik. Aplikasi ini bisa digunakan di berbagai versi Windows, mulai dari Win10, 8, 7, Vista, atau XP.

Dengan ukuran kurang dari 5 MB, ZipWare adalah salah satu aplikasi kompresi tercepat namun memiliki support terhadap banyak format kompresi populer. Kamu pun bisa menggunakan ZipWare untuk melakukan konversi dari semua format tersebut ke format ZIP atau 7Zip. untuk masalah keamanan, software ini sudah memiliki teknologi eknkripsi AES-256 bit, serta dilengkapi dengan virus scanner bawaan yang menggunakan tools dari Virus Total Online.

8. ArcThemAll

Create: 7Z, UPX, ZIP

Extract: APM, ARJ, BZIP2, CAB, CHM, CPIO, DEB, DMG, FAT, GZIP, HFS, ISO, LZH, LZMA, LZMA2, MBR, MSI, MSLZ, NSIS, NTFS, RAR, RPM, SFX, TAR, UDF, VHD, WIM, XAR, XZ, Z.

ArcThemAll! menawarkan aplikasi kompresi dalam bentuk portable.
ArcThemAll! menawarkan aplikasi kompresi dalam bentuk portable.

ArcThemAll! bisa jadi alternatif WinZip selanjutnya yang bisa kamu coba, apalagi tools ini tersedia dalam versi portable sehingga kamu tidak perlu menginstalnya dulu untuk bisa menggunakannya. Meski sudah tidak diupdate lagi sejak tahun 2013, aplikasi kompresi gratis ini masih layak dipakai untuk keperluan pribadi.

Aplikasi ini memiliki mode kompresi UPX yang cerdas, yang membuatnya support untuk pembuatan arsip yang mengekstraksi sendiri, enkripsi dan decrypt arsip, dan banyak lagi. Dengan drag and drop sederhana, kamu bisa membuat dan melihat isi file kompresi dari 30+ format yang berbeda, bahkan untuk file kompresi terbaru.

9. B1 Free Archiver

Create: ZIP, B1

Extract: ZIP, RAR, 7z, APK, A, AR, ARJ, B1, BZ2, BZIP2, CAB, CBT, CBZ, DEB, GZ, GZIP, JAR, ISO, LHA, LZH, LZMA, MTZ, RPM, TAR, TAR.BZ2, TBZ, TBZ2, TAR.GZ, TGZ, TPZ, TAZ, TAR.LZMA, TAR.XZ, TAR.Z, XAP, XAR, XZ, Z, ZIPX

B1 Free Archiver tersedia di berbagai platform dan memiliki format kompresinya sendiri.
B1 Free Archiver tersedia di berbagai platform dan memiliki format kompresinya sendiri.

B1 Free Archiver adalah aplikasi kompresi file yang bekerja di banyak platform, mulai dari Windows, Linux, Mac, bahkan dipakai secara online. B1 Fre Archiver pun hadir sebagai aplikasi Android yang sekaligus berfungsi sebagai File Manager.

Meski file yang bisa dibuatnya terbatas pada ZIp dan b1 saja, B1 Free Archiver bisa dipakai untuk membuka lebih dari 40 format kompresi lainnya. Aplikasi open source gratis ini pun hadir dengan beragam fitur, seperti password-protected archives, split archives, hingga partial extraction.

Satu hal menarik, aplikasi ini juga memiliki format kompresi mereka sendiri yang diberi nama b1. Menggunakan basis kompresi standar LZMA yang sudah dimodifikasi, format b1 tidak hanya diklaim punya tingkat kompresi yang lebih baik, tapi juga aman dengan adanya support 256-bit AES data encryption algorithm.

10. Zarchiver

Create: 7Z (7ZIP), ZIP, BZIP2 (BZ2), GZIP (GZ), XZ, LZ4, TAR, ZST (ZSTD)

Extract: 7Z (7ZIP), ZIP, RAR, RAR5, BZIP2, GZIP, XZ, ISO, TAR, ARJ, CAB, LZH, LHA, LZMA, XAR, TGZ, TBZ, Z, DEB, RPM, ZIPX, MTZ, CHM, DMG, CPIO, CRAMFS, IMG (FAT, NTFS, UBF), WIM, ECM, LZIP, ZST (ZSTD), EGG, ALZ

Zarchiver jadi aplikasi kompresi gratis di Android dengan segudang fitur
Zarchiver jadi aplikasi kompresi gratis di Android dengan segudang fitur

ZArchiver adalah aplikasi kompresi terbaik di Android lain yang juga berfungsi sebagai archive management. Tools ini support beragam format kompresi populer, mulai dari 7Z, ZIP, RAR, hingga format baru seperti EGG dan ALZ.

Dengan ukuran kecil, Zarchiver memiliki banyak fitur untuk digunakan di smartphone kamu, mulai dari mengedit archive, membuat dan mengkstrak sebagian file kompresi, hingga menginstal APK. Dengan tampilan yang simpel dan mudah digunakan, Zarchiver jadi aplikasi kompresi terbaik buat kamu yang sering berhubungan dengan archive di Android.

11. Alzip

Compress: EGG, ALZ, ZIP, TAR, TBZ, TGZ, LZH, JAR

Extract: EGG, ALZ, ARC, ARJ, B64, BH, BHX, BIN, BZ, BZ2, CAB, EAR, ENC, GZ, HA, HQX, ICE, IMG, ISO, JAR, LCD, LHA, LZH, MIM, NRG, PAK, RAR, TAR, TBZ, TBZ2, TGZ, UUE, UU, WAR, XXE, Z, ZIP, ZOO, 7Z

Alzip, software kompresi gratis asal Korea yang support beragam format kompresi
Alzip, software kompresi gratis asal Korea yang support beragam format kompresi.

Alzip adalah software kompresi gratis buatan Korea yang saat ini baru tersedia di Windows. Mereka support beragam format populer, termasuk dua format buatan mereka, EGG dan ALZ.

Tidak kalah dengan aplikasi kompresi lain, Alzip memiliki segudang fitur, mulai dari image preview tanpa meng-ekstrak file, split compression, hingga built-in antivirus yang dapat memindahkan file/folder yang dianggap berbahaya saat di-ekstrak.

Tidak cuma itu, Alzip juga memiliki teknologi unik yang dapat mempercepat proses ekstraksi hingga 700%. Alzip pun melengkapinya dengan fitur backward compatible yang dapat membuka file kompresi dalam format lama hingga awal 2000-an.


Itulah beberapa rekomendasi aplikasi kompresi terbaik yang bisa kamu download dan pasang di Windows maupun Android. Masing-masing aplikasi tersebut punya fitur dan performa yang tidak kalah baik dan patut jadi alternatif WinRAR dan WinZIP. (GimTekno.com)

0 Komentar