Cara Menghapus Password dari PDF tanpa Software - GimTekno

Cara Menghapus Password dari PDF tanpa Software

Perhatian, cara menghapus password dari PDF ini hanya bisa digunakan jika kamu mengetahui passwordnya dan ingin menghilangkan kata sandi tersebut agar file PDF bisa dibuka oleh siapa saja.

Tidak seperti tutorial lainnya di mana kamu harus menggunakan aplikasi atau software tertentu untuk menghilangkan password tersebut, ada cara mudah untuk menghapus password dari PDF tanpa software tambahan.

Cara ini pun bisa digunakan pada semua versi Windows, MacOS, atau Linux

Cara Menghilangkan Password dari File PDF

Secara singkat, menghilangkan password dari file PDF dapat dilakukan menggunakan bantuan browser saja. Setelah itu kita bisa menggunakan perintah Print dan mencetak file PDF yang kita buka ke PDF lagi, namun tanpa password.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa mengikuti beberapa langkah mudah berikut ini.

Langkah #1: Buka file PDF menggunakan browser terbaru (Chrome, Edge, atau Firefox) yang umumnya sudah memiliki fitur built-in PDF Reader yang mampu membuka dan membaca file PDF.

Langkah #2: Saat membuka password protected PDF, kamu akan diminta untuk memasukan kata sandi terlebih dahulu. Masukan kata sandi untuk membuka file PDF tersebut terlebih dahulu.

Cara Menghapus Password dari PDF tanpa Software

Langkah #3: Setelah dokumen PDF terbuka, klik tombol Ctrl + P untuk membuka menu print pada browser tersebut.

Langkah #4: Saat memilih printer, cari opsi Microsoft Print to PDF.

Microsoft Print to PDF

Langkah #5: Klik tombol Print lalu simpan file PDF baru tersebut di tempat yang kamu inginkan.

Bagaimana, cukup mudah bukan?

Dengan langkah sederhana tersebut, kamu bisa menghilangkan password dari file PDF kamu tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan apapun. Cukup dengan browser terbaru, kamu sudah bisa menghapus password dari PDF dan membagikannya kepada orang lain.

Dengan cara di atas, yang kita lakukan adalah mencetak ulang kembali file PDF yang sebelumnya diproteksi menggunakan password. Namun sebelum melakukannya, pastikan kamu memang sudah tidak memerlukan isi dari file PDF tersebut sehingga kamu tidak perlu melindunginnya dengan kata sandi lagi. Bagaimanapun adanya password menandakan bahwa isi dari file PDF tersebut penting bukan?

0 Komentar