Postingan Populer

10 Emulator SNES Terbaik di Semua Platform

Super Nintendo adalah konsol game yang populer di era 90-an. Meski kini konsol sudah tidak diproduksi lagi, kita masih bisa menikmati game-game yang populer pada konsol tersebut menggunakan emulator SNES terbaik yang hadir di berbagai platform.

Meski kini ada banyak game SNES yang dipindahkan ke konsol Nintendo yang lebih baru, emulator SNES memungkinkan kita untuk memainkan game-game populer Super Nintendo di PC, laptop, atau bahkan hape kita. Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi kamu yang ingin bernostalgia atau ingin memainkan game-game pixel 8bit berkualitas.

Nah, buat kamu yang tidak sabar ingin mencoba game SNES, berikut adalah beberapa emulator Super Nintendo terbaik di Windows, Linux, Mac, dan smartphone Android kamu.

Emulator Super Nintendo (SNES) Terbaik

1. Higan (PC)

Platform: Windows, Linux

Emulator SNES Higan

Higan adalah penyempurnaan dari emulator SNES yang sebelumnya bernama BSNES. Dikembangkan oleh developer bernama Byuu di tahun 2004, BSNES menjadi software open source dan dikembangkan oleh komunitas game sejak tahun 2020.

Dibandingkan emulator SNES lainnya, Higan diklaim sebagai salah satu emulator paling akurat. Hal ini disebabkan karena kebanyakan emulator masih menerapkan High-Level Emulation (HLE), sedangkan Higan justru menggunakan metode Low-Level Emulation (LLE) yang membuat pengalaman kamu dalam menggunakan emulator ini lebih mirip dengan bermain di konsol SNES aslinya.

Dengan Higan, kamu bisa mendapatkan banyak fitur seperti save/load states, modifikasi setting audio dan video, dan masih banyak lagi. Satu hal yang menarik, Higan tidak hanya bisa mengemulasikan SNES saja, tapi juga banyak konsol jadul lain seperti Famicom, Game Boy, Game Boy Advance, Mega Drive, Neo Geo, dan belasan konsol lainnya.

Sayangnya Higan bisa cukup kompleks bagi gamers pemula. Tidak seperti emulator lain yang siap pakai, kamu harus mengatur Higan terlebih dahulu agar bisa menjalankan game Super Nintendo. Namun bila kamu sudah tahu cara main game SNES di PC dengan Higan, emulator ini akan terasa mudah kok!

2. BSNES

Platform: Windows, Linux

Emulator Super Nintendo BSNES

Jika komputer lama kamu tidak kuat untuk menjalankan Higan dengan sempurna, kamu bisa memakai BSNES yang sama-sama dikembangkan oleh Byuu/Near. Meski sempat diabaikan, BSNES kembali mendapatkan update dan mendapatkan fitur baru, termasuk HD Mod yang bisa meningkatkan kualitas grafis pada bebrapa game seperti Mario Kart atau F-Zero.

BSNES sendiri memiliki aplikasi yang solid dengan banyak fitur yang bisa digunakan untuk mengatur tampilan emulator. Selain itu ada banyak menu pengaturan yang sesuai dengan selera kamu.

Di aplikasi ini kamu juga bisa mendapatkan menu tambahan lain seperti load/save state, mengatur kecepatan permainan, hingga mengambil screenshot. Satu hal yang menarik, BSNES memiliki fitur recording yang bisa merekam permainan kamu, meski sayang kamu hanya bisa memutar ulang video tersebut di BSNES saja.

3. SNES9x

Platform: Windows, Linux

Emulator Super Nintendo SNES9x

SNES9x adalah emulator SNES terbaik lain yang patut jadi rekomendasi sebelumnya. Software ini dapat digunakan secara portable untuk menjalankan ROM SNES populer, termasuk kebanyakan game SNES berbahasa Jepang.

SNES 9x sendiri merupakan gabungan dari dua emulator SNES terbaik sebelumnya, SNES96 dan SNES97. Dan sesuai dengan namanya, emulator ini hanya fokus pada game Super Nintendo saja.

Dengan emulator ini, kamu bisa memainkan game SNES, save/load states, mengubah resolusi, melakukan scaling, mengatur audio, dan banyak lagi. Meski memiliki banyak fitur, tampilan SNES9x cukup sederhana dan mudah digunakan.

Meski tidak seakurat Higan, SNES9x bisa jadi pilihan untuk kamu yang menginginkan emulator yang bekerja dengan sempurna. Apalagi emulator ini masih rutin diupdate dan memiliki komunitas yang solid. Makanya tidak heran jika core SNES9x banyak digunakan oleh emulator lainnya, seperti contoh di bawah ini.

4. SNES9x EX+

Platform: Android

Emulator Super Nintendo SNES9x EX+ di Android

SNES9x EX+ adalah salah satu emulator SNES Android terbaik yang menggunakan core SNES9x. Dengan emulator ini, kamu bisa memainkan game SNES langsung di hp Android kamu dengan mudah.

Emulator SNES ini sendiri support berbagai jenis ekstensi ROM seperti .smc, .sfc, atau ROM yang sudah dikompresi dalam format ZIP, RAR, atau 7Z. Kamu bahkan bisa menggunakan cheat code dalam format .cht.

Satu hal yang membuat SNES9x EX+ jadi emulator SNES terbaik di Android adalah kontrolnya yang mudah. Selain menggunakan on-screen control, kamu juga bisa menyambungkan gamepad bluetooth atau keyboard yang kompatibel dengan smartphone.

5. ZSNES

Platform: Windows, Linux, DOS

Emulator Super Famicom ZSNES

ZSNES adalah salah satu emulator SNES tertua yang sudah ada sejak tahun 1997. Sayangnya ZSNES tidak lagi mendapatkan update sejak 2007 meski masih bisa berjalan dengan baik di OS terbaru seperti Windows 10.

Dengan tampilan 8 bit yang sekilas ketinggalan zaman, ZSNES nyatanya masih mampu menjalankan banyak ROM SNES dengan sempurna. Satu hal yang perlu kamu ketahui, ZSNES menjadi emulator pilihan untuk mengetes ROM SNES pada masanya. Jadi ROM SNES lama yang mungkin bermasalah dengan emulator baru kemungkinan besar tidak akan masalah saat dijalankan dengan ZSNES.

Pertimbangan lain untuk memiliki ZSNES adalah resource yang dibutuhkan untuk menjalankannya. Dijamin PC kentang pun bisa dipakai untuk bermain game SNES favoritmu.

Jika kamu mencari unduhan ZSNES di internet, pastikan kamu mencari versi 1.36 atau 1.42 yang diklaim penggemarnya sebagai versi terbaik karena support Netplay yang memungkinkan kamu untuk bermain online multiplayer.

6. RetroArch

Platform: Windows, Mac, Linux, Playstation, Switch, dsb

Emulator konsol game RetroArch

RetroArch sebenarnya kurang tepat disebut sebagai emulator karena software ini lebih mirip dengan sebuah framework di mana kamu bisa menginstal emulator lainnya untuk dijalankan di dalam RetroArch.

Dengan konsep modular seperti ini, RetroArch bisa digunakan untuk menginstal banyak emulator sekaligus, termasuk emulator SNES terbaik yang kamu pilih. Makanya emulator ini akan sangat cocok untuk kamu yang gemar mengkoleksi game-game dari konsol lawas.

RetroArch sendiri merupakan software open source yang bisa digunakan secara gratis. Komunitasnya pun sangat aktif sehingga aplikasi ini rutin mendapatkan update terbaru. Namun satu hal yang paling menarik adalah kompabilitasnya. Kamu bisa menggunakan Retro Arch di berbagai perangkat mulai dari Windows, Mac, Linux, Android, Nintendo Switch, Wii, Playstation, Xbox, atau bahkan dimainkan secara online melalui browser.

Hal lain yang tidak kalah menariknya adalah adanya fitur untuk merekam dan menyiarkan permainan secara langsung. Cocok untuk kamu yang memiliki channel Youtube gaming atau sering melakukan streaming game di Twitch.

7. ClassicBoy

Platform: Android

Emulator Super Nintendo ClassicBoy Android

Jika kamu butuh emulator SNES terbaik di Android, ClassicBoy jadi salah satu aplikasi yang banyak direkomendasikan. Emulator ini hadir dengan 8 emulation cores seperti PCSX-ReARMed, Mupen64Plus, VBA-M/mGBA, Snes9x, FCEUmm, Genplus, FBA dan Stella.

Selain mampu menjalankan SNES dengan baik, ClassicBoy juga memiliki banyak fitur menarik seperti on-screen gamepad, external gamepad input sampai 4 pemain, game cheat, dan berbagai fitur modifikasi lainnya.

Selain versi gratis, terdapat pula versi berbayar ClasicBoy Pro yang akan menambahkan banyak fitur premium seperti slot saves, auto saves, gesture controller, dll.

Kamu pun mendapatkan lebih banyak emulator mulai dari PCSX-ReARMed, Beetle-PSX, Mupen64Plus, VBA-M, mGBA, Desmume, MelondS, Snes9x, FCEUmm, Genplus, Yabause, FB Alpha, MAME-arcade (0.78 and 0.139 romset), NeoPop, NeoCD, Stella, Beetle-PCE, Cygne, dsb.

8. Lemuroid

Platform: Android

Aplikasi emulator Super Nintendo Lemuroid di Android

Lemuroid adalah emulator SNES Android lain yang juga bisa kamu coba. Emulator ini merupakan aplikasi open source berbasis Libretro yang mirip dengan RetroArch. Dan tidak seperti kebanyakan emulator SNES gratis di Android lainnya, Lemuroid benar-benar gratis tanpa adanya tampilan iklan.

Aplikasi Lemuroid sendiri tidak hanya mempu mengemulasi SNES, namun juga banyak konsol jadul lain mulai dari Atari 2600, Game Boy Advance, Sega Genesis, Playstation, PSP, Nintendo DS, NeoGeo, dan masih banyak lagi. Namun perlu diingat bahwa untuk menjalankan konsol yang lebih canggih butuh smartphone dengan spek yang tinggi pula.

Fitur lain dari Lemuroid yang penting untuk diketahui antara lain auto save, save slots, restore game states, fast forward, local multiplayer, gamepad support, sampai cloud save sync. Tidak cuma itu, kamu pun bisa mengubah tampilan layar agar tampak seperti layar LCD atau CRT.

9. John NESS

Platform: Android

Aplikasi emulator SNES John Ness di Android

Aplikasi emulator SNES Android lain yang tidak kalah menarik adalah John Ness. John Ness sendiri merupakan gabungan dari aplikasi John NES dan John SNES yang kini sudah tidak bisa lagi diakses di Google Play Store karena pelanggaran hak cipta.

Sama seperti aplikasi pendahulunya, John NESS juga mampu mengemulasi konsol Nintendo dan Super Nintendo dengan baik di Android. Tampilan gambarnya pun dijamin baik dengan adanya teknologi high quality rendering.

Tidak cuma itu saja, aplikasi emulator SNES John Ness juga hadir dengan banyak fitur lain seperti virtual on-screen keypad, save states with preview, Tombol Turbo, screenshot, fast forward, dan adanya support untuk joypad bluetooth.

10. OpenEMU

Platform: MacOS

Emulator Super Nintendo untuk Mac, OpenEMU

Setelah membahas emulator SNES terbaik di Android dan Windows, kini saatnya melirik emulator SNES terbaik untuk MacOS. Dan rasanya tidak ada emulator yang lebih baik dibanding OpenEMU.

OpenEMU memiliki konsep yang sama dengan RetroArch, meski hanya bisa dipakai khusus untuk pengguna OS macOS (OS X) 10.14.4 ke atas. Jadi software ini memiliki konsep modular di mana kamu bisa mengemulasi berbagai konsol populer seperti Atari, Famicom, Game Boy, Intellivision, Nintendo DS, GameCube, Odyssey, Sega Saturn, Virtual Boy, Wonder Swan, dan masih banyak lagi.

Untuk memainkannya pun kamu tidak butuh joypad PC, karena kamu bisa menggunakan kontroller dari konsol lain seperti Playstation DualShock, Nintendo Switch Pro Controller, Nintendo Wiimote dan Wii U Pro, atau Xbox wireless controller.

Satu hal lain yang cukup menonjol dari emulator ini adalah tampilannya. Sama seperti kebanyakan aplikasi Mac, OpenEMU memiliki interface yang sangat baik dibanding emulator lain di daftar ini. Kamu pun dapat menambahkan ROM dengan cara drag and drop saja. Aplikasi ini nantinya akan mengkategorikan semua koleksi kamu berdasarkan konsol, dan bahkan akan menambahkan artwork secara otomatis.


Itulah dia beberapa emulator SNES terbaik di platform Android, Windows, Linux, dan MacOS. Dengan emulator SNES, kamu bisa memainkan beragam game-game Super Nintendo lawas meski tidak memiliki konsolnya secara fisik.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2021

GimTekno