Postingan Populer

Cara Mengetahui dan Mencegah WhatsApp Dibajak Orang Lain

Cara mengetahui dan mencegah whatsapp dibajak orang lain

Mengetahui apakah WhatsApp kita dibajak atau tidak penting untuk diketahui, karena kini ada banyak tindak kejahatan yang memanfaatkan akun WA. Dengan mengetahui beberapa tips berikut, kita juga bisa mencegah WhatsApp dibajak orang lain dan dimanfaatkan untuk kepentingan mereka.

Sebagai salah satu aplikasi chat paling populer di dunia, tidak heran jika ada orang yang berniat jahat dengan cara mengambil alih akun WhatsApp kita. Dengan cara tersebut, mereka bisa menipu lebih banyak orang dan mengambil keuntungan dari kejadian tersebut.

Makanya penting bagi kita untuk melakukan tindakan pencegahan agar WhatsApp tidak mudah dibajak orang lain. Dan untuk melakukannya, kita bisa melakukan beberapa langkah mudah berikut ini.

Cara Mengetahui Akun WhatsApp Dibajak

Salah satu cara untuk mengetahui apakah akun WhatsApp kita dibajak atau tidak adalah dengan melihat aktivitas loginnya. Karena butuh nomor telepon, maka akun WhatsApp seharusnya hanya bisa digunakan dari satu hape saja. Makanya kita harus curiga ketika ada notifikasi bahwa seseorang telah login dari perangkat lainnya.

Untuk mengetahui hal ini, kamu bisa melakukan beberapa langkah berikut ini.

Langkah #1: Buka WhatsApp dan masuk ke menu WhatsApp Web.

Langkah #2: Di halaman berikutnya kita bisa melihat aktivitas login WA kita, termasuk perangkat apa saja yang mengakses nomor WA kita.

Langkah #3: kamu merasa tidak pernah login dari perangkat yang ada di daftar tersebut, sergera klik tautan Log out from all device untuk keluar dari semua perangkat tersebut kecuali smartphone yang kita pegang.

Cara mengetahui WhatsApp dibajak atau tidak

Dengan melakukan hal ini, kita bisa mencegah orang lain untuk mengakses nomor WhatsApp kita sembarangan.

Cara lain untuk mengetahui apakah WhatsApp kita dibajak atau tidak adalah melalui notifikasi WA. Saat ada perangkat lain yang ingin mengakses WhatsApp dengan nomor kita, biasanya akan ada notifikasi untuk melakukan verifikasi ulang.

Jika kamu mendapatkan notifikasi seperti ini, segera abaikan dan jangan melakukan verifikasi. Dengan begitu nomor WA kamu akan tetap aman dan tidak akan diambil alih oleh orang lain.

Cara Mencegah Akun WhatsApp Dibajak Orang Lain

Setelah memastikan hape kita aman, kita bisa melakukan beberapa langkah tambahan untuk mencegah akun WhatsApp kita dibajak oleh orang lain, di antaranya.

1. Tidak mengklik link sembarangan

Pembajakan akun WhatsApp umumnya lebih sering terjadi karena faktor human error. Salah satunya adalah ketika kita mengklik sembarang link, apalagi yang dikirim oleh orang yang tidak kita kenal.

Satu aturan penting untuk mengamankan diri kamu di dunia maya adalah dengan tidak sembarangan mengklik link dari orang lain, apalagi bila kamu merasa ada sesuatu yang janggal setelah mengklik link tersebut.

2. Waspada saat login di tempat umum

Jika kamu menggunakan WhatsApp di komputer umum, pastikan kamu sudah logout terlebih dahulu sebelum meninggalkan komputer tersebut.

3. Mengaktifkan fitur two-step verification

Cara paling ampuh untuk mencegah akun WhatsApp dibajak adalah dengan mengaktifkan fitur keamanan bawaan WA, yaitu two-step verification. Dengan fitur ini, maka kamu perlu memasukan PIN untuk menambahkan nomor kamu ke dalam WhatsApp.

Untuk melakukannya, klik ikon titik tiga pada pojok kanan atas lalu masuk ke menu Settings > Account > Two-step Verification >Enable. Jika sudah, masukan 6 digit PIN lalu klik tombol Confirm.

aktifkan fitur two-step-verification untuk mencegah akun WA dibajak orang lain

4. Menambahkan email sebagai recovery method

Setelah menambahkan PIN, kita juga bisa menambahkan email sebagai recovery method. Dengan cara ini, PIN yang sudah kita atur hanya bisa direset melalui alamat email yang kita miliki.


Itulah beberapa langkah mudah untuk mengetahui apakah akun WhatsApp kita dibajak atau tidak. Bila kamu menemukan hal yang mencurigakan, kamu bisa langsung mengamankan WA dengan cara mengaktifkan two-step verification dan menambahkan email sebagai recovery method.

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2021

GimTekno