Cara Mengubah MP4 ke MP3 di VLC Media Player - GimTekno

Cara Mengubah MP4 ke MP3 di VLC Media Player

Melakukan konversi MP4 ke MP3 sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah jika kamu sudah memiliki aplikasi VLC Media Player. Kamu mungkin akan lebih mengenal aplikasi tersebut sebagai salah satu aplikasi pemutar video terbaik, namun di dalamnya ternyata ada juga fitur bawaan yang tidak kalah menarik, seperti transkoding atau converter.

Dengan fitur bawaan tersebut, kamu pastinya tidak akan kesulitan jika ingin mengubah file video MP4 kamu ke dalam file audio MP3 tanpa perlu menginstal aplikasi converter video tambahan. File yang sudah kamu konversi tersebut pun nantinya bisa kamu masukan ke hp dan didengarkan seperti file audio biasa.

Nah, buat kamu yang sudah punya aplikasinya, berikut adalah beberapa langkah mudah untuk melakukan konversi MP4 ke MP3 menggunakan VLC Media Player.

Cara Mengubah MP4 ke MP3 di VLC Media Player

Jika belum punya, langsung saja ke website resmi mereka di videolan.org dan download VLC terbaru. Tenang, semuanya gratis kok! Jika sudah, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah mudah berikut untuk mengubah MP4 ke MP3 di VLC Media Player.

Langkah #1: Buka VLC Media Player lalu buka file MP4 yang ingin kamu konversi dengan memilih menu Media > Convert /Save.

Gunakan menu Convert/Save untuk mengubah MP4 ke MP3 di VLC media player

Langkah #2: Klik tombol +Add... lalu pilih video yang akan diekstrak file audio-nya.

Gunakan tombol Add untuk menambahkan file yang akan dikonversi di VLC media player

Langkah #3: Klik tombol Convert / Save

Langkah #4: Pada halaman berikutnya, kamu bisa melihat beberapa menu pengaturan sederhana. Untuk mengubah MP4 ke MP3, kamu hanya perlu memilih profil audio Audio - MP3 saja.

Jika ingin melakukan beberapa perubahan, pada audio profile terdapat ikon berbentuk tang yang merupakan menu setting, di mana kamu bisa mengubah beberapa hal seperti bitrate, jumlah channel, sample rate, atau menambahkan beberapa filter pada file audio output.

Langkah #5: Jika sudah, kamu hanya perlu menentukan tempat penyimpanan file output pada opsi Destination file, lalu klik tombol Start untuk memulai konversi.

Cara mengubah mp4 ke mp3 di VLC Media Player

Jangan tutup media player kamu selama proses konversi berlangsung. Bila proses konversi MP4 ke MP3 di VLC selesai, kamu bisa langsung melihat hasilnya dan menggunakannya untuk berbagai keperluan.


Itulah dia beberapa langkah sederhana yang bisa kamu gunakan untuk mengubah MP4 ke MP3 di VLC Media Player dengan mudah. Jadi jika kamu sudah memiliki aplikasi pemutar video tersebut, kamu tidak perlu lagi memasang aplikasi MP4 to MP3 converter tambahan hanya untuk mengkstrak file audio dari video kamu.

0 Komentar