15 Website Freelance Terbaik Selain Fiverr - GimTekno

15 Website Freelance Terbaik Selain Fiverr

Fiverr adalah salah satu website freelance terbaik bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah berbekal skill yang kamu miliki. Namun bagi kamu yang ingin mencari alternatif Fiverr, masih ada cukup banyak opsi lain di luar sana.

Salah satu yang membuat Fiverr menonjol adalah kemudahannya, serta banyaknya calon klien yang menggunakan situs ini untuk mencari freelancer yang mereka butuhkan. Namun memasarkan skill kamu di satu situs saja tentu akan sangat mubazir bukan, apalagi di luar sana ada begitu banyak website seperti Fiverr yang juga bisa jadi tempat kamu memasarkan jasa freelance. 

Nah, jika kamu sedang mencari online marketplace selain Fiverr, beberapa website freelance terbaik berikut ini bisa jadi pertimbangan kamu selanjutnya.

Freelance Marketplace Selain Fiverr

1. Projects.co.id

Situs freelance selain Fiverr pertama yang harus kamu coba adalah Projects.co.id. Dibuat oleh mantan freelancer, baik penyewa maupun freelancer dijamin bisa sama-sama mendapatkan keuntungan melalui situs freelance lokal ini.

Projects.co.id

Di sini kamu bisa memasarkan beragam jasa mulai dari desain, menulis artikel, data entry, sosial media, edit video, dan masih banyak lagi. Selain itu di sini pun kamu bisa menjual produk-produk digital seperti Ebook, template website, maupun video kursus.

Dengan jumlah pengunjung harian yang banyak, Projects.co.id jelas harus kamu pertimbangkan untuk mempromosikan jasa freelance kamu. Dan selagi kamu mencobanya, tidak ada salahnya untuk mengajak orang lain untuk menggunakan situs ini karena kamu bisa mendapatkan komisi tambahan melalui program afiliasi mereka.

2. Sribulancer

Situs freelance Indonesia lainnya yang tidak kalah populer adalah Sribulancer. Mirip dengan situs sebelumnya, di sini kamu juga bisa memasarkan beragam jasa mulai dari desain, programing, coding, SEO, terjemahan, dan masih banyak lagi.

Sribulancer

Salah satu kelebihannya dibanding situs freelance terbaik lain di daftar ini adalah kemudahannya. Karena merupakan situs lokal, layanan customer service tersedia dalam bahasa Indonesia. Sistem pembayarannya pun memakai metode pembayaran yang berlaku di Indonesia, jadi kamu tidak perlu repot memiliki akun Paypal terlebih dahulu untuk mencairkan upah kamu nantinya.

3. Sribu

Sribu merupakan situs yang masih berafiliasi dengan Sribulancer. Bedanya, di situs freelance ini kamu hanya bisa menawarkan jasa seputar desain mulai dari desain logo, website, hingga desain interior.

Sribu

Satu hal yang menarik, klien di Sribu juga seringkali mengadakan kontes yang bisa diikuti siapa saja. Dengan tema dan ketentuan tertentu, peserta akan diminta untuk men-submit gambar yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan klien. Nantinya karya yang berhasil terpilih akan mendapatkan hadiah uang yang telah ditentukan, plus bonus khusus dari pihak Sribu.

Jika kamu berhasil memenangi beberapa kontes, hal ini bisa meningkatkan portfolio kamu dan memperbesar peluang kamu untuk ditunjuk langsung untuk mengerjakan proyek dari klien.

4. Upwork

Upwork adalah website freelance terbaik berbasis cloud di mana pengusaha di berbagai industri dapat mencari kandidat terbaik yang cocok untuk berbagai pekerjaan yang mereka butuhkan. Makanya situs ini jadi alternatif Fiverr yang banyak digunakan oleh para freelancer dari seluruh dunia.

Upwork

Situs ini memungkinkan komunikasi yang lebih baik antara pengusaha dan pekerja dalam hal kolaborasi kerja dan penagihan. Klien bahkan dapat mewawancarai kandidat sehingga mereka dapat memverifikasi bahwa pekerja yang akan mereka sewa memang memiliki kualifikasi untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Klien nantinya juga dapat mendanai freelancer mereka untuk layanan perusahaan. Para pekerja lepas dapat berbicara langsung dengan para penyewa mereka melalui layanan pesan dalam aplikasi yang didukung oleh alat berbasis teks dan video.

5. Freelancer Indonesia 

Situs Freelancer.co.id menjadi rumah bagi lebih dari jutaan pengguna di mana para pekerja lepas dapat menemukan pekerjaan sambil duduk di rumah. Situs ini memiliki banyak fitur yang membantu perusahaan menemukan talenta terbaik, seperti fitur pencarian yang dapat mempersempit kumpulan kandidat terbaik, mengatur milestone dan melakukan pembayaran, dll.

Freelancer Indonesia

Di situs freelancer ini, kamu dapat memposting pekerjaan secara gratis dan mendapatkan pembayaran untuk setiap proyek yang berhasil kamu selesaikan. Agar jasa yang kamu tawarkan lebih dilirik, pastikan kamu memposting deskripsi pekerjaan dengan baik dan melengkapi halaman profil kamu dengan data-data yang akurat.

Jika ada yang disayangkan, akun gratis Freelancer hanya bisa dipakai untuk melakukan beberapa kali bidding saja. Namun jika kamu akan sering mendapatkan pekerjaan freelance dari situs ini, mengupgrade akun kamu menjadi premium patut jadi pertimbangan.

6. Fastwork Indonesia

Fastwork jadi alternatif Fiverr lain yang juga punya lingkup kerja luas di negara-negara ASEAN, termasuk Indonesia. Di sini kamu bisa menawarkan beragam pekerjaan, mulai dari menulis, mengedit konten sosial media, hingga membuat website.

Dengan penentuan harga dan sistem pembayaran yang terjamin, para freelancer dapat mencari pekerjaan yang sesuai keahlian mereka, baik on-site maupun remote. Dan dengan pasar khusus pengguna lokal, situs freelance gratis ini pun dapat dipakai tanpa perlu mengerti Bahasa Inggris terlebih dahulu.

7. PeoplePerHour

PeoplePerHour adalah platform hebat yang menyederhanakan proses perekrutan bagi jutaan pemberi kerja yang dapat memilih freelancer untuk melakukan tugas mereka. Beda dari situs freelance kebanyakan, People per Hour akan menyaring calon freelancer terlebih dahulu agar perekrut bisa mendapatkan bakat terbaik dari seluruh dunia.

PeoplePerHour

Situs ini menyediakan dewan manajemen yang memastikan pekerjaan dikerjakan sesuai dengan deadline yang sudah ditentukan. Selain itu situs web ini juga memiliki perlindungan escrow yang akan mengendalikan kerugian bagi kedua belah pihak. Terakhir, klien pun bisa memanfaatkan dasbor mereka untuk berkomunikasi dan memeriksa kemajuan pekerjaan mereka dengan mudah.

8. Design Crowd

Dibandingkan alternatif Fiverr, Design Crowd lebih mirip dengan Sribu yang lebih fokus pada pekerjaan freelance di bidang desain. Salah satu website freelance terbaik ini memiliki lebih dari 600.000 pekerja lepas dan menawarkan talenta terbaik untuk bisnis yang mencari kandidat desain yang akan memenuhi visi organisasi kamu.

Design Crowd

Paket awal untuk bisa menggunakan situs ini bernilai $99 di mana pengusaha akan mendapatkan proposal desain berkualitas dari berbagai seniman. Situs web ini menyediakan saluran komunikasi yang baik di mana pemberi kerja dapat berkolaborasi dengan pekerja lepas.

Situs ini juga memastikan penyelesaian pekerjaan yang cepat di mana para pekerja harus menyerahkan desain mereka dalam waktu tiga hari. Beberapa desainer dengan tanggal jatuh tempo yang lebih lama akan membuat lebih banyak proposal desain.

9. Guru

Guru.com adalah platform hebat lainnya yang populer dan cocok untuk kamu yang mencari website mirip Fiverr. Dengan antarmuka yang baik, pemberi kerja dapat mencari pekerja lepas yang sesuai, membuat kesepakatan, dan memulai pekerjaan mereka. Tidak ada biaya tersembunyi untuk memposting pekerjaan dan menerima proposal dari pekerja lepas dan pemberi kerja hanya perlu membayar untuk layanan yang diberikan oleh kandidat pilihan mereka saja.

Guru

Dengan platform seperti ini, kamu dapat mempererat hubungan jangka panjang dengan pekerja terbaik dan tidak perlu mencari pekerja baru.

Situs web ini memiliki dasbor di mana pengusaha dapat melacak kemajuan pekerjaan dan berkomunikasi dengan pekerja dengan mudah. Pengusaha dapat menetapkan tenggat waktu dan mengelola proyek mereka secara terstruktur.

10. Fourerr

Fourerr memiliki konsep yang paling mirip Fiverr. Namun sesuai dengan namanya, semua pekerjaan di sini dihargai minimal $4, bukan $5 seperti di Fiverr. Jika kamu mencari alternatif selain Fiverr yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan, Fourerr patut jadi pertimbangan.

Fourerr

Mirip dengan online marketplace selain Fiverr lainnya, situs web ini menawarkan sistem peringkat. Dengan trafik harian yang luar biasa, situs web ini dapat membantu orang-orang yang ingin memulai kembali karir mereka dan karena itu telah menjadi pilihan yang bagus di mana jutaan pengguna menunjukkan bakat dan keahlian mereka dan mendapatkan beberapa pekerjaan terbaik.

11. Nexxt

Nexxt telah menjadi hub besar di mana pengusaha dapat mempekerjakan pekerja dan mengumpulkan informasi tentang mereka melalui resume atau portofolio bergaya infografis. Hal ini memungkinkan pemberi kerja untuk mempersempit barisan kandidat yang luas menjadi yang terbaik.

Nexxt

Pengusaha dapat mempromosikan pekerjaan kepada talenta yang tepat melalui lamaran langsung melalui email atau di tempat. Situs web ini juga berfungsi sebagai sumber untuk memperbaiki praktik periklanan perusahaan kamu seperti meningkatkan informasi perusahaan kamu, deskripsi pekerjaan, dll.

12. TaskArmy

TaskArmy.com adalah salah satu situs tugas pendek terbaik yang sangat direkomendasikan oleh para ahli, baik untuk pekerja maupun pengusaha. Situs ini berfungsi sebagai alternatif yang sangat baik dari Fiverr yang dikenal sangat menjaga ketat kualitas kerja para kandidat.

Task Army

Situs ini tidak mendorong penawaran yang berlebihan dan mempertahankan kriteria kualitas kerja yang ketat yang agar setiap pekerjaan dilakukan dengan sempurna. Tidak ada persetujuan otomatis dan mereka yang bersedia memposting pekerjaan akan menjalani proses tertentu terlebih dahulu. TaskArmy akan membuat penawaran yang kompetitif dan memastikan bahwa harga penawaran tetap realistis dan proporsional.

13. FreeUp

Freeup adalah alternatif baru untuk Fiverr yang bisa dimanfaatkan pekerja lepas untuk menemukan pekerjaan baru dari rumah mereka. Pekerja yang mencari pekerjaan dapat menampilkan sebanyak 85 keahlian yang berbeda di berbagai kategori dengan tarif per jam atau tetap.

FreeUp

Situs web ini menawarkan tarif klien dan tarif pekerja yang berbeda dan perbedaannya biasanya 15% dengan minimum $2,00. Para pekerja dan klien dibayar mingguan karena semua periode penagihan berjalan dari Rabu sampai Selasa setiap minggu.

14. Truelancer

Truelancer adalah platform yang dikuratori untuk pekerja lepas yang berspesialisasi dalam mendesain, SEO, menulis, dll. Di mana kamu dapat menemukan segudang peluang kerja. kamu dapat menggunakan situs web dan mencari pekerjaan berdasarkan lokasi, sehingga kamu dapat duduk di belahan dunia mana pun dan menemukan banyak sekali pilihan pekerjaan di semua kota besar.

Truelancer

Freelancer di Truelancer akan dikenakan biaya layanan pemrosesan sebesar 8% hingga 10% untuk semua pekerjaan yang ditagih sesuai dengan paket keanggotaan mereka. Pemegang akun non-premium akan memiliki batas 20 proposal gratis setiap bulannya.

15. Toptal

Jika kamu memiliki skill yang sangat mumpuni, maka TopTal bisa jadi website freelance terbaik yang perlu kamu coba. Beda dengan situs freelance lainnya, seleksi di Toptal sangatlah ketat karena kamu harus punya portfolio berkelas. Hal ini sesuai dengan visi misi mereka yang ingin menawarkan talenta-talenta terbaik pada calon klien mereka.

Toptal

Prosedur perekrutan di Toptal biasanya memakan waktu tiga minggu. Toptal memungkinkan perekrut untuk menguji kandidat melalui masa percobaan dua minggu di mana mereka dapat mengabaikan layanan jika pemberi kerja tidak puas dengan pekerjaannya.

Meski sulit, bayaran yang kamu terima akan sepadan dengan hasilnya. Tidak heran mengingat klien yang bisa kamu dapat merupakan perusahan-perusahaan besar yang tidak perlu diragukan lagi kredibiltasnya.


Itulah dia beberapa situs freelance terbaik selain Fiverr yang bisa kamu coba. Jika tidak ingin repot dengan masalah komunikasi dan pembayaran, situs lokal seperti Projects.co.id atua Sribulancer bisa jadi pilihan. Namun jika kamu memiliki portfolio yang sangat baik, website freelance seperti Toptal atau Guru bisa menjanjikan bayaran yang jauh lebih baik dibanding online marketplace freelance lainnya. (GimTekno.com)

0 Komentar