Cara Menghilangkan Bekas Analog dan Efek Pelangi di Layar HP - GimTekno

Cara Menghilangkan Bekas Analog dan Efek Pelangi di Layar HP

Main game di HP memang menyenangkan. Sayangnya HP juga kadang jadi sering bermasalah, terutama pada bagian layar. Salah satu kasus yang paling umum adalah munculnya bercak atau bekas analog, serta efek pelangi di layar hp.

Jika sudah seperti itu, smartphone kamu tentu tidak akan nyaman lagi untuk dipakai main game. Untungnya ada beberapa solusi untuk menghilangkan bekas analog tersebut, meski untuk mengatasi efek pelangi di hp caranya lebih sulit.

Cara Menghilangkan Bercak di Layar HP

Cara menghilangkan bercak di layar hp

1. Menggunakan Kain Microfiber atau Tissue

Menghilangkan bercak di layar HP sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah tergantung seberapa kotor layar kamu.

Untuk bercak ringan bisa dihilangkan menggunakan tissue atau kain microfiber. Kain microfiber sendiri lebih disarankan karena memiliki serat yang lebih halus. Dengan begitu layar atau screen protector tidak akan mudah baret atau menjadi kusam.

Untuk bekas analog atau bekas noda yang lebih pekat, kamu bisa memakai menghilangkannya dengan tissue basah.

Sebelum melakukannya, ada baiknya hp dimatikan terlebih dahulu. Dan jika hp terasa panas, tunggu sampai hp adem.

Jika sudah, gosok layar hp dengan tisu basah secara perlahan. Hindari area speaker (bila ada) agar air dari tissue basah tidak masuk melalui celah tersebut. Setelah selesai, segera keringkan menggunakan tissue basah atau kain lembut.

2. Gunakan Tissue Pembersih Kacamata

Sebagai alternatif tissue biasa, kamu bisa menggunakan tissue pembersih kacamata untuk menghilangkan bercak di layar hp.

Gunakan tissue pembersih kacamata untuk menhilangkan bekas analog di layar hp

Dibandingkan tissue biasa, tissue pembersih kacamata lebih aman dan tidak akan menimbulkan goresan halus pada layar hp. Selain itu tissue khusus tersebut juga lebih ampuh dalam menghilangkan minyak dan sidik jari pada hp.

3. Gunakan Lens Cleaner

Lens Cleaner adalah cairan yang biasanya digunakan untuk membersihkan lensa kamera atau kacamata. Namun jika kamu memilikinya di rumah, kamu juga bisa memakainya untuk menghilangkan bekas analog dan noda lain di layar smartphone kamu.

Membersihkan layar hp dengan lens cleaner

Untuk melakukannya, cukup semprotkan cairan lens cleaner ke atas tissue atau kain microfiber. Setelah itu usapkan secara perlahan sampai bercak di layar hp hilang. Setelah selesai, keringkan sisa cairan menggunakan tisu kering.

4. Tambahkan Anti Gores pada HP

Anti Gores alias tampered glass tidak hanya berfungsi untuk melindungi layar hp dari benturan saja, tapi semua hal yang dapat merusak atau mengganggu kinerja layar hp kamu.

Dengan adanya tampered glass ini, maka semua bercak di layar hp akan tertinggal di lapisan tersebut. Jadi jika screen protector tersebut sudah kusam atau memiliki bercak yang sulit hilang, kamu cukup menggantinya saja agar layar kamu tampak seperti baru.

5. Bersihkan tangan sebelum main HP

Sebagai langkah pencegahan, ada baiknya kamu membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum main hp. Selain itu hindari juga makan sambil main game hp agar nantinya kamu tidak perlu menghilangkan bercak di layar hp kamu.

Jika kamu adalah orang yang mudah berkeringat atau berminyak, tidak ada salahnya untuk selalu sedia tissue basah. Jadi saat tangan sudah berkeringat atau berminyak, kamu bisa langsung membersihkannya agar tidak tertingggal di layar hp kamu.

6. Mengganti LCD

Tidak seperti membersihkan bekas analog di hp, menghilangkan efek pelangi di layar HP bisa lebih sulit tergantung tingkat keparahannya.

Bila efek pelangi muncul akibat bekas makanan atau tangan yang berminyak, kamu mungkin hanya perlu membersihkannya seperti biasa, atau mengganti tampered glass yang kamu pakai.

Tapi bila efek pelangi muncul karena kamu sering menekan layar terlalu keras saat bermain hp, efek pelangi ini bisa saja jadi masalah permanen. Kalau sudah begitu, kamu perlu mengganti LCD smartphone kamu dengan LCD baru.


Itulah dia beberapa langkah mudah untuk menghilangkan bercak dan bekas analog di layar HP serta cara mengatasi efek pelangi di hp. Jika kamu sering main game di hp, penting bagi kamu untuk menjaga kebersihan layar agar kamu tetap nyaman saat bermain.

0 Komentar