Cara Buat Link WhatsApp di Bitly, Link Generator, atau Manual - GimTekno

Cara Buat Link WhatsApp di Bitly, Link Generator, atau Manual

Cara buat link Whatsapp manual, link generator, atau lewat Bitly

Membuat link WhatsApp di Bitly, Linkttree, atau secara manual adalah cara ampuh untuk mencantumkan nomor WA kamu dengan mudah. Jadi dibanding mengingat deretan angka yang sulit, pengunjung dapat mengklik sebuah link atau mengingat kontak kamu dengan nama yang mudah.

Buat kamu yang sering menggunakan WhatsApp sebagai alat marketing, cara ini akan sangat membantu. Dengan adanya link WhatsApp, siapapun bisa langsung terhubung hanya dengan mengklik tautan tersebut. Kamu bahkan bisa menautkan pesan otomatis agar pengunjung tidak bingung membuat kalimat pembuka mereka sendiri.

Nah, buat yang mau tahu caranya, berikut adalah beberapa cara buat link WhatsApp langsung chat yang bisa kamu coba.

Cara Buat Link WhatsApp Langsung ke Chat

Jika kamu menggunakan WhatsApp untuk berniaga atau berbisnis, kamu bisa mencoba aplikasi resmi WhatsApp Business. Memiliki tampilan dan cara pakai yang sama dengan WA biasa, WA Business juga dilengkapi dengan berbagai fitur lain yang mendukung bisnis kamu seperti label, pesan balas otomatis, serta link WA (dan QR Code).

Untuk membuat short link lewat WhatsApp Business, silahkah ikuti langkah berikut:

  • Buka aplikasi WhatsApp Business
  • Klik  > Business Tools
  • Klik  > Short Link
  • Setelah itu Short Link akan secara otomatis dibuat. Kamu pun bisa menambahkan opsi pesan otomatis di tahap ini.

Buat short link di WhatsApp Business
Buat short link di WhatsApp Business (sumber: bisablog.com)

2. Cara Buat Link WhatsApp Secara Manual

Berikutnya ada cara untuk membuat link WhatsApp secara manual. Cara ini bisa dipakai, baik untuk WhatsApp biasa maupun WhatsApp Business.

Berdasarkan panduan resmi dari WhatsApp, kamu hanya perlu menggunakan link https://wa.me/ yang diikuti kode negara dan nomor telepon (tanpa angka nol) untuk membuat tautan tersebut.

Sebagai contoh, jika kamu tinggal di Indonesia (+62) dan memiliki nomor 081234567890, maka kamu bisa membuat link whatsapp manual sebagai berikut.

https://wa.me/6281234567890

Selain nomor, kamu pun bisa menambahkan pesan default yang akan secara otomatis ditulis pada pesan yang akan dikirim oleh pengirim. Hal ini bisa membantu, terutama bila kamu ingin melampirkan format order yang bisa langsung diisi pengirim seperti:

Nama:
Alamat:
Nomor Telepon:
Pesanan:
Model:
Jumlah:

Untuk membuatnya, kita bisa menggunakan format https://wa.me/?text=. Namun perlu diketahui bahwa teks yang kamu masukan harus di-encode terlebih dahulu, seperti spasi sebagai '%20' atau titik dua sebagai '%3A'. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah tabel yang bisa kamu gunakan.

Baris Baru Spasi " % - . < > \ ^ _ ` { | } ~
%0A or %0D or %0D%0A %20 %22 %25 %2D %2E %3C %3E %5C %5E %5F %60 %7B %7C %7D %7E

Jika kamu tidak ingin repot melakukannya, cek cara buat link WhatsApp dengan tools di bawah ini saja!

Buat kamu yang tidak mau repot dengan cara manual, kamu bisa memakai WhatsApp Link Generator untuk mempermudahnya. Gimtekno sendiri sudah menyiapkan WhatsApp Link Generator yang gratis dan mudah digunakan.

Seperti terlihat pada screenshot d bawah ini, kamu hanya perlu memasukan nomor WhatsApp dan memasukan pesan default yang kamu inginkan. Link WhatsApp (dan QR Code) pun secara otomatis dibuat dan tinggal disalin untuk kamu bagikan ke manapun.

WhatsApp Link Generator by Gimtekno
WhatsApp Link Generator by Gimtekno

4. Cara Buat Link WhatsApp di Bitly

Bitly adalah layanan online gratis untuk memperpendek sebuah link. Tidak cuma itu, Bitly pun bisa dipakai untuk membuat link kustom agar nama link tersebut lebih mudah diingat.

Sebagai contoh, link wa seperti di atas, bisa kamu ubah menjadi https://bit.ly/LinkWAToko. Jadi lebih mudah diingat bukan?

Hal lain yang tidak kalah menarik dari Bitly adalah adanya fitur analitik. Melalui fitur ini, kamu bisa melihat seberapa banyak orang yang mengklik link tersebut agar kamu bisa menilai seberapa sukses cara kamu dalam membagikan link WhatsApp.

Untuk membuat link WhatsApp di Bitly, kamu sebenarnya tidak perlu membuat akun terlebih dahulu. Namun jika kamu ingin bisa mengelola link dan melihat statistiknya, kamu bisa daftar terlebih dahulu menggunakan bisa menggunakan akun Google atau email.

Setelah itu, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

  • Masuk ke situs bit.ly
  • Buat link WhatsApp secara manual atau melalui WhatsApp link Generator di atas
  • Klik tombol Create New > Link
  • Masukan link wa.me pada kotak isian Destination
  • Masukan judul link pada kotak isian Title
  • Isi nama link yang kita inginkan pada kotak isian Custom back-half agar link WhatsApp kamu lebih mudah diingat.

Sebagai alternatif, kamu bisa mengaktifkan opsi UTM untuk melacak statistik link agar kamu bisa mengetahui jumlah klik, asal link, hingga konten dan medium yang menghasilkan klik pada link wa.me kita. Tidak cuma itu, kamu pun bisa membuat link bitly dalam bentuk QR Code, atau menyematkanna pada halaman bio kamu.

Cara buat link WhatsApp di Bitly
Cara buat link WhatsApp di Bitly


Itulah dia beberapa cara buat link WhatsApp yang bisa kamu coba. Jika ingin link sederhana, kamu bisa membuatnya secara manual. Namun jika ingin menambahkan pesan otomatis, kamu bisa membuatnya melalui WhatsApp Link Generator yang sudah disediakan Gimtekno.com.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa memakai layanan dari bit.ly untuk membuat link wa.me terlihat lebih pendek dan mudah diingat. Kamu pun bisa memanfaatkan fitur-fitur keren dari Bitly yang sangat berguna jika kamu menggunakan WhatsApp sebagai tools marketing. (Gimtekno.com)

0 Komentar