3 Cara Membuat ID Card Sendiri Lewat HP - GimTekno

3 Cara Membuat ID Card Sendiri Lewat HP

Cara membuat ID Card sendiri lewat hp

Ada banyak cara membuat ID Card sendiri lewat HP yang bisa kamu lakukan. Tanpa skill khusus, kamu pun bisa membuat kartu untuk pelajar atau karyawan hanya dari smartphone saja.

Cara yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan layanan dari Canva yang memiliki banyak template ID Card siap pakai. Selain itu kamu pun bisa coba bikin ID Card sendiri lewat aplikasi khusus atau aplikasi office yang terpasang di hp kamu.

Untuk mengetahui cara lengkapnya, simak dulu yuk cara buat ID Card lewat hp berikut ini.

Cara Membuat ID Card di HP

1. Cara Bikin ID Card Sendiri di Canva

Canva adalah layanan desain grafis yang bisa kamu gunakan secara gratis. Di dalam aplikasi ini, kamu bisa menemukan berbagai template, mulai dari postingan sosial media, brosur, hingga pembuatan IDE Card.

Jika kamu ingin memakainya, kamu bisa mencoba Canva langsung dari browser hp kamu. Tapi jika kamu sering membuat desain, kamu bisa juga menginstal Canva terlebih dahulu dari Google Playstore atau Apple App store.

Jika kamu sudah memasang Canva dan membuat akun dengan email Google. Kamu bisa mengikuti langkah berikut untuk membuat ID Card di hp dengan Canva:

  • Buka menu pencarian lalu ketik "ID Card"
  • Jika sudah, akan muncul banyak template siap pakai. Pilih salah satunya
  • Tergantung template yang kamu pilih, kamu bisa menambahkan teks, foto, atau elemen lain untuk dicetak di ID Card kamu
  • Masing-masing elemen dalam ID Card juga bisa kamu ubah, seperti warna, jenis font, atau ukuran font. Sesuaikan dengan keinginan kamu
  • Jika sudah selesai, kamu bisa download ID Card kamu melalui tombol Unduh pada pojok kanan atas hp kamu
Cara bikin ID card sendiri di Canva

2. Cara Bikin ID Card Sendiri Di Aplikasi Card Maker

Jika kamu lebih memilih untuk membuat ID Card lewat aplikasi, ada beberapa pilihan yang bisa kamu instal di Android dan iPhone. Di Google Play Store dan Apple App Store, aplikasi dengan rating rata-rata yang bagus dan banyak diinstal adalah:

Keempatnya memiliki cara pemakaian yang sama. Kamu hanya perlu membuka aplikasi, memilih template, lalu mengedit dan mengatur semua elemen yang kamu butuhkan. 

Jika sudah, kamu bisa menyimpan kreasi kamu di galeri smartphone dan mencetaknya.

3. Cara Bikin ID Card Sendiri di Aplikasi Office

Jika kamu sudah memiliki aplikasi office, kamu bisa menggunakan beberapa template ID Card yang disediakan gratis oleh beberapa aplikasi, di antaranya:

Thegoodocs

Situs ini menyediakan beragam template ID Card yang bisa langsung kamu edit menggunakan aplikasi Google Docs atau Google Slides.

Jika ingin mengeditnya di aplikasi office lain, kamu bisa membukanya terlebih dahulu di Google Docs lalu menyimpannya ke hp kamu.

Template WPS

Situs ini menyediakan beragam template, termasuk ID Card. Template pun bisa kamu edit secara online, atau diunduh terlebih dahulu. Dan meski berasal dari WPS, file Word yang kamu unduh juga bisa diedit di aplikasi office Android lain seperti Microsoft Word, DocsToGo, atau Smart Office.

Cara bikin ID Card sendiri di aplikasi office

Template.net

Situs ini menyediakan banyak template ID Card yang bisa kamu edit secara online atau diunduh terlebih dahulu. Selain dalam format Word, template juga bisa kamu simpan dalam format ai (Illustrator), psd (Photoshop), dan masih banyak lagi.


Itulah tutorial cara membuat ID Card sendiri lewat hp. Jadi tanpa software editing grafis seperti Photoshop atau Illustrator, kamu tetap bisa membuat kartu tanda pengenal kamu sendiri dengan mudah.

Cara paling gampang adalah menggunakan Canva. Tinggal pilih template, edit, lalu save. Canva pun memiliki template yang beragam, mulai dari keperluan kantor, event, sekolah, dan masih banyak lagi. Enaknya lagi, kamu pun bisa mengedit langsung dari browser tanpa perlu menginstal aplikasinya terlebih dahulu. (Gimtekno.com)

0 Komentar