Cara Mengurangi Skala Animasi untuk Mempercepat Android - GimTekno

Cara Mengurangi Skala Animasi untuk Mempercepat Android

Salah satu kelebihan Android adalah opsi kustomisasinya yang melimpah. Jika hp kamu lemot, kamu bisa mempercepat Android dengan berbagai cara, misalnya dengan mengurangi skala animasi (animation scale).

Skala animasi pada Android sendiri merujuk pada proses transisi dan animasi yang dilakukan setiap kali kamu membuka aplikasi, atau berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Proses ini sendiri konstan dilakukan, sehingga mengurangi skala animasi bisa jadi cara ampuh untuk mempercepat kinerja Android.

Nah, jika kamu penasaran apa itu skala animasi pada Android dan bagaimana cara mengaktifkannya, berikut adalah penjelasan lengkapnya!

Cara mengurangi skala animasi android

Apa Itu Skala Animasi pada Android?

Seperti penjelasan sebelumnya, skala animasi (animation scale) pada Android adalah fitur yang memastikan transisi saat kamu membuka aplikasi berjalan mulus. Skala animasi ini sendiri terbagi menjadi tiga, yaitu:

  • Window animation scale yang berfungsi mengatur kecepatan animasi jendela yang terbuka, seperti popup.

  • Transition animation scale yang berfungsi untuk mengontrol kecepatan animasi saat transisi di antara dua tampilan berbeda. Sebagai contoh, saat kamu memencet opsi kembali saat berada di menu tertentu.

  • Animation duration scale yang berguna untuk mengubah kecepatan animasi pada setiap aplikasi yang terpasang pada OS Android. Sebagai contoh, saat kamu membuka dan menutup aplikasi, melihat notifikasi, dan masih banyak lagi.

Ketiganya sudah diatur sedemikian rupa agar kamu bisa merasakan pengalaman terbaik saat menggunakan smartphone. Membuka aplikasi atau berpindah dari satu layar ke layar lainnya pun akan terasa lebih mulus dan tidak terlihat kaku atau ngelag.

Sayangnya proses yang terjadi secara konstan ini membutuhkan resource hp kamu. Semakin mulus animasinya, semakin berat pula kinerja pada CPU dan GPU smartphone.

Karena itulah, mengurangi skala animasi bisa jadi salah satu cara untuk mempercepat Android. Kamu pun bisa lebih hemat baterai karena resource yang dibutuhkan untuk menjalankan animasi ikutan berkurang.

Cara Mengurangi Skala Animasi Android

Untuk mengurangi skala animasi Android, kamu harus mengaktifkan opsi pengembang terlebih dahulu. Setelah itu kita bisa melakukan pengaturan animasi melalui fitur yang ada pada menu developer tersebut.

Langkah #1: Aktifkan Opsi Pengembang

Untuk mengaktifkannya, kamu hanya perlu mengikuti langkah berikut ini.

  1. Buka menu pengaturan atau Settings

  2. Cari menu About Phone, Tentang Ponsel, atau semacamnya

  3. Pada opsi Build Number atau Nomor Bentukan Ponsel, ketuk sebanyak 7 kali atau lebih

  4. Jika berhasil, maka kamu akan mendapatkan notifikasi bahwa opsi pengembang sudah diaktifkan.

mengaktifkan opsi pengembang android

Langkah #2: Mengatur Skala Animasi Android

Setelah berhasil mengaktifkan mode pengembang, kamu bisa mencari opsi untuk mengatur skala animasi Android melalui menu yang disediakan. Caranya?

  1. Masuk ke menu Settings

  2. Cari menu Developer Options atau Additional Settings > Developer Options

  3. Jika sudah, scroll terus ke bawah sampai kamu menemukan area pengaturan Drawing

  4. Di situ kamu bisa menemukan 3 opsi pengaturan animasi, yaitu Window animation scale, Transition animation scale dan Animator duration scale.

  5. Untuk mempercepat kinerja Android, kamu bisa mengurangi nilai animasi tersebut menjadi .5x.

  6. Perubahan umumnya bisa langsung terasa. Bila tidak terlihat, kamu bisa me-restart smartphone terlebih dahulu.

Opsi skala animasi Android

Mengubah nilai-nilai animasi di atas bisa sangat mempengaruhi kinerja ponsel Android kamu. Nilai yang besar akan butuh sumber daya yang besar pula. Sebagai gantinya, kamu akan mendapatkan animasi super mulus yang akan jauh lebih enak dilihat.

Jika kamu lebih mementingkan performa, maka mengurangi skala animasi Android akan sangat membantu. Kamu bahkan bisa memilih opsi Animation Off untuk mematikan animasi seluruhnya. Meski begitu hal ini akan membuat tampilan ponsel menjadi kaku. Jika perlu kamu bisa mencoba semua opsi yang ada dan melihat pilihan mana yang ingin kamu gunakan.

0 Komentar