Cara Mengatasi Error "Format Tidak Didukung atau Berkas Rusak" - GimTekno

Cara Mengatasi Error "Format Tidak Didukung atau Berkas Rusak"

Cara mengatasi Format tidak didukung atau berkas rusak di Android dan WhatsApp

Mengatasi error "File format is not supported," atau "Format tidak didukung atau berkas rusak" bukanlah hal yang sulit. Hal ini pun tidak perlu dikhawatirkan karena masalah ini umumnya terjadi karena hp kita tidak 'mengenali' file tersebut saja.

Bagi yang belum tahu, error "File format is not supported," atau "Format tidak didukung atau berkas rusak" umumnya muncul saat kita hendak membuka file asing, entah dari email, WhatsApp, atau berkas lain yang kita unduh dari sosial media. Dengan banyaknya jenis/format file yang ada, wajar jika Android tidak mengenali beberapa di antaranya.

Tidak cuma itu saja, error tersebut pun bisa disebabkan oleh alasan lain, seperti:

  • Format file yang salah/tidak sesuai
  • Format file tidak tercantum pada nama file
  • Smartphone tidak memiliki aplikasi khusus format file tersebut
  • File yang rusak

Jika kamu menemukan masalah seperti itu saat membuka dokumen WhatsApp dan email, mengunduh video dari sosmed, atau membuka gambar di galeri, berikut adalah beberapa cara ampuh untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Error "File Format Is Not Supported"

1. Download aplikasi yang dapat membuka format tersebut

Satu alasan umum kenapa error "Format tidak didukung atau berkas rusak" muncul adalah karena hp kamu tidak memiliki aplikasi yang bisa membuka format file tersebut. Hal ini umumnya terjadi saat kamu mengunduh dokumen seperti PDF, EPUB, DOCX, atau XLSX. Tanpa adanya aplikasi yang mengenali format tersebut, maka file tersebut pun tidak bisa dibuka di Android.

Untuk mengatasinya, cara paling mudah adalah menginstal aplikasi khusus format tersebut. Sebagai contoh, kamu bisa mencari aplikasi baca PDF gratis di Play Store untuk membuka format PDF (dan EPUB). Selain itu kamu juga bisa download aplikasi office untuk membuka file Microsoft seperti DOCX, XLSX, atau PPTX.

Jika kamu tidak mengetahui format file yang akan dibuka, kamu bisa membuka aplikasi File Manager bawaan Android lalu melihat nama file tersebut. Nama yang muncul setelah tanda titik adalah format file tersebut. Sebagai contoh, format dari file contoh.docx adalah DOCX.

2. Mengubah nama dengan format yang sesuai

File dengan nama ekstensi yang salah atau tidak ada sama sekali juga bisa jadi penyebab error "Format tidak didukung atau berkas rusak." Tanpa adanya nama format file, Android tidak akan dapat mengenali file tersebut meski memiliki aplikasi untuk membukanya.

Hal ini umumnya terjadi saat kamu mengunduh file dari internet atau sosial media. Sebagai contoh, gambar/foto yang seharusnya bernama gambar.jpg bisa saja terunduh sebagai gambar tanpa ada nama ekstensinya. Bahkan tidak mungkin kamu menyimpannya dalam format lain seperti gambar.pdf atau gambar.mp3.

Jika kamu mengetahui format file yang kamu download, kamu bisa masuk ke File Manager Android lalu mengubah nama file tersebut dengan ekstensi yang sesuai.

Ubah nama file dengan format yang sesuai

3. Menggunakan Aplikasi File Viewer

Buat kamu yang tidak mengetahui format file yang ingin kamu buka, sebenarnya ada cara mudah untuk melihat sekaligus mengakses file tersebut. Salah satu aplikasi yang bisa kamu gunakan adalah File Viewer for Android yang dapat membuka lebih dari 150 jenis file berbeda.

Cara mengatasi "File format is not supported" dengan aplikasi File Viewer for Android

Dengan aplikasi ini, kamu bisa melihat beragam format dokumen (PDF, DOCX, XLS, POT, XPS, dll), file audio (AAC, AMR, FLAC, OGG, MIDI), file video (3GP, MKV, WEBM), file gambar (RAW, AVIF, SVG, WEBP), dan masih banyak lagi.

Meski begitu aplikasi ini terbatas hanya untuk melihat isinya saja. Untuk mengedit dan melakukan banyak hal lainnya, kamu tetap perlu dedicated app untuk format file tersebut.

4. Download ulang file

Sesuai namanya, error "Format tidak didukung atau berkas rusak" juga sangat mungkin terjadi jika file yang kamu dapat cacat atau rusak. Hal ini bisa terjadi karena koneksi internet yang tiba-tiba error, atau proses download yang tidak sempurna.

Untuk mengatasinya, cara satu-satunya adalah mengunduh ulang file tersebut. Jika masih mengalami kegagalan, kamu bisa coba mengunduh dari website yang berbeda.

5. Kompresi file terlebih dahulu

Cara terakhir untuk mengatasi error "format tidak didukung atau berkas rusak" adalah dengan mengkompresinya terlebih dahulu. Hal ini umumnya akan sangat berguna bagi kamu yang ingin berbagi file melalui WhatsApp yang tidak mendukung beberapa format file tertentu.

Cara mengatasi format file tidak didukung di wa adalah dengan menginstal aplikasi kompresi gratis seperti RAR atau ZArchiver. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa mengompres berbagai file ke dalam format ZIP dan RAR. Setelah itu, kamu pun bisa mengirimkan file tersebut melalui WhatsApp.


Itulah beragam cara mengatasi format file tidak didukung secara default oleh Android. Selama kamu menamai file dengan benar, satu-satunya cara yang harus kamu lakukan untuk mengatasi error "format tidak didukung atau berkas rusak" adalah dengan menginstal aplikasi pihak ketiga yang mendukung format file tersebut saja. (GimTekno.com)

0 Komentar