9 Aplikasi 2FA Terbaik di Android dan iOS - GimTekno

9 Aplikasi 2FA Terbaik di Android dan iOS

Membuat password yang kuat saja belum cukup untuk menjamin keamanan digital kamu. Untuk melengkapinya, kamu bisa memasang aplikasi 2FA terbaik (two-factor authentication) agar informasi sensitif lebih aman dari akses yang tidak sah.

Dengan semakin banyaknya ancaman online dan meningkatknya pertumbuhan transaksi digital, permintaan akan solusi autentikasi yang kuat semakin mendesak. Untungnya kamu bisa mendapatkan banyak opsi aplikasi otentifikasi dua faktor yang masing-masing menawarkan fitur, keandalan, dan pengalaman pengguna yang baik.

Sebelum kita masuk pada daftar aplikasi dua faktor terbaik, simak dulu yuk apa itu 2FA dan bagaimana cara mereka mengamankan data online kamu.

Aplikasi 2FA terbaik Android dan iOS

Apa Itu 2FA?

2FA, atau two-factor authentication alias autentikasi dua faktor, adalah lapisan keamanan tambahan yang membantu melindungi akun online di luar nama pengguna dan kata sandi. Jadi selain menggunakan kata sandi, verifikasi identitas kita juga akan dilakukan dengan menggunakan metode lain, seperti kode khusus yang dikirimkan melalui ponsel kita oleh aplikasi 2FA. Dengan langkah ekstra ini, pengguna yang tidak berwenang mengakses akun akan sulit untuk bisa masuk tanpa memiliki perangkat fisik yang kita miliki.

2FA sendiri memiliki berbagai metode verifikasi, beberapa di antaranya adalah:

  • 2FA berbasis SMS: Metode ini melibatkan penerimaan kode satu kali melalui SMS pada perangkat seluler terdaftar, yang kemudian dimasukkan pengguna untuk mengautentikasi identitas mereka.
  • Aplikasi 2FA: Aplikasi ini menghasilkan kode satu kali atau pemberitahuan push, sering kali berdasarkan algoritme berbasis waktu, yang dapat dimasukkan pengguna untuk melakukan autentikasi.
  • 2FA berbasis email: Metode ini melibatkan pengiriman kode satu kali atau tautan unik ke alamat email terdaftar pengguna, yang harus mereka gunakan untuk memverifikasi identitas mereka.
  • Otentikasi biometrik: Metode ini menggunakan karakteristik biologis unik seperti sidik jari, pengenalan wajah, atau pemindaian retina untuk mengonfirmasi identitas pengguna.
  • Hardware token: Perangkat fisik ini menghasilkan kata sandi satu kali, seringkali hanya dengan menekan sebuah tombol, memberikan lapisan keamanan tambahan yang tidak bergantung pada ponsel atau komputer.
  • Pertanyaan keamanan: Pengguna harus menjawab pertanyaan keamanan yang telah ditentukan sebelumnya untuk mengakses akun mereka, sehingga menambahkan lapisan verifikasi tambahan.

Jika kamu ingin menambahkan lapisan keamanan tambahan menggunakan aplikasi, berikut adalah beberapa aplikasi 2FA terbaik di Android dan iOS yang bisa kamu download dan pasang di smartphone kamu.

Aplikasi 2FA Terbaik

1. Google Authenticator

Google Authenticator

Google Authenticator adalah aplikasi 2FA yang paling banyak didownload. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mendapatkan kode autentikasi acak, bahkan saat dalam keadaan offline sekalipun. Cara pemasangannya pun mudah, termasuk instalasi menggunakan QR Code yang lebih cepat.

Aplikasi dua faktor ini pun support dua akun sehingga kamu bisa menghubungkan banyak akun sekaligus tanpa butuh banyak aplikasi lain. Kode yang dihasilkan pun dapat disinkronkan ke akun Google sehingga kamu tetap bisa mengaksesnya tanpa perlu membuka hape.

2. Microsoft Authenticator

Microsoft Authenticator

Aplikai 2FA terbaik lainnya yang juga tidak kalah populer adalah Microsoft Authenticator. Dan meski ada nama "Microsoft"-nya, aplikasi ini tetap bisa dipakai di layanan lainnya seperti Google, Amazon, Facebook, LinkedIn, aplikasi email dan banyak lagi.

Tidak cuma menyediakan token untuk autentikasi, aplikasi ini juga punya fungsi lain sebagai password manager yang dapat menyimpan data login kamu dan mengisinya secara otomatis saat kamu mengakses website/aplikasi yang butuh data tersebut. Dan jika kamu banyak memakai layanan Microsoft, integrasinya yang sempurna dengan beragam layanan tersebut juga layak dipertimbangkan saat memilih aplikasi ini.

3. TOTP Authenticator

TOTP Authenticator

TOTP Authenticator adalah aplikasi dua faktor yang menggabungkan tingkat keamanan yang tinggi dengan cara pemakaian yang mudah. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menambahkan two-factor authentication di Android, iOS, bahkan desktop (melalui ekstensi browser premium mereka).

Bagi kamu yang memakai beberapa perangkat sekaligus, TOTP Authenticator support opsi import/export agar kamu bisa mensinkronkan data di perangkat tersebut. Pengguna premium bahkan bisa memanfaatkan layanan cloud mereka untuk mempermudah hal tersebut.

Tidak ketinggalan, kamu bisa mengatur data dari banyak akun menggunakan Label. Aplikasi ini pun bisa kamu amankan menggunakan PIN atau biometrics agar aplikasi 2FA tidak bisa sembarangan dipakai orang lain.

4. LastPass Authenticator

LastPass Authenticator

Kamu mungkin familiar dengan LastPass sebagai salah satu password manager terbaik. Namun di luar itu, LastPass juga menyediakan aplikasi 2FA yang bisa dipakai pada layanan yang support Google Authenticator atau two-factor authentication berbasis TOTP.

Aplikasi 2FA Android dan iOS ini dapat dipasang dengan mudah menggunakan QR Code. Kode 6 digit yang dihasilkan pun dapat ditampilkan dalam bentuk push notification atau lewat SMS.

Aplikasi ini pun hadir dengan fitur tambahan cloud backup yang bisa dipakai untuk cadangan data dan sinkronisasi. Perangkat pun bisa ditandai sebagai "Trusted/Terpercaya" agar kamu tidak perlu memasukan kode selama kamu memegang perangkat yang kamu hubungkan.

5. Dashlane Authenticator

Dashlane Authenticator

Sama seperti LastPass, Dashlane adalah salah satu aplikasi password manager terbaik yang juga menyediakan layanan 2FA. Dengan Dashlane Authenticator, kamu bisa menggunakan pengamanan muulti-factor pada layanan yang menyediakan fitur 2FA atau 2SV (2-step verification), baik dengan kode QR atau memasukan kode secara manual.

Satu hal yang membedakannya dengan LastPass adalah integrasinya dengan layanan password manager yang mereka miliki. Dengan memiliki kedua layanan Dashlane, proses otentifikasi dan verifikasi dapat berjalan mulus dan saling mengamankan satu sama lain.

Dashlane Authenticator bahkan bisa membantu kamu mencadangkan token ke Dashlane Password Manager. Dengan begitu kamu tetap bisa mengakses layanan tersebut meski hape kamu hilang atau dicuri.

6. 2FA Authenticator (2FAS)

2FA Authenticator

Buat kamu yang sedang mencari aplikasi dua faktor gratis open source, 2FA Authenticator adalah jawabannya. Aplikasi ini bahkan diklaim paling aman, tanpa perlu buat akun, serta tanpa menyimpan password dan metadata apapun.

Meski sepenuhnya gratis, 2FA Authenticator punya fitur yang tidak kalah menarik, mulai dari mencadangkan token, sinkronisasi antar perangkat, hingga bekerja secara offline. Aplikasi 2FA ini juga bisa kamu 'kunci' menggunakan PIN atau biometrik agar tidak bisa sembarangan dipakai orang lain.

7. FreeOTP Authenticator

FreeOTP Authenticator

FreeOTP Authenticator adalah aplikasi dua faktor open-source yang tersedia untuk Android dan iOS (iPhone). Dengan aplikasi ini, kamu bisa menghasilkan one-time password yang dibutuhkan untuk proses otentifikasi atau verifikasi.

FreeOTP dapat digunakan di banyak situs populer seperti Google, Facebook, atau GitHub. Kamu pun bisa menggunakanya untuk bekerja di komunitas pribadi selama kamu menggunakan protokol standar TOTP atau HOTP.

8. Twilio Authy Authenticator

Twilio Authy Authenticator adalah aplikasi 2FA terbaik di Android yang banyak dipakai untuk mengamankan dompet kripto seperti Coinbase. Di luar itu, Twilio juga support banyak situs populer seperti Google, Dropbox atau Amazon. Aplikasi dua faktor ini bahkan support situs yang butuh 8 digit token, bukan hanya yang 6 digit saja!

Dengan fitur multi device sync, kamu bisa memakai aplikasi ini di banyak perangkat sekaligus. Selain itu ada Secure Cloud Backups yang dapat membantu kamu saat perangkat kamu hilang dan tidak bisa mengakses Twilio secara langsung. Tidak ketinggalan, aplikasi ini bisa dipakai saat offline, bahkan ketika berada pada mode airplane lho!

9. Aegis Authenticator

Aegis Authenticator

Aegis Authenticator adalah aplikasi 2FA gratis yang sudah support algoritma HOTP dan TOTP. Hal ini membuat Aegis kompatibel dengan beragam layanan yang memiliki fitur 2FA. Kamu yang ingin pindah dari aplikasi lain bahkan bisa menggunakan fitur import untuk menyalin data dari Google Authenticator, Microsoft Authenticator, Steam, TOTP Authenticator, Authy, FreeOTP, dan masih banyak lagi.

Data yang kamu simpan pun nantinya bisa dikategorikan agar lebih mudah dicari menggunakan ikon dan grup kustom. Agar lebih aman, kamu pun bisa menggunakan PIN, password atau biometrik untuk membuka akses aplikasi ini.

Tidak ketinggalan, aplikasi open source ini juga menyediakan fitur backup ke cloud storage pilihanmu. Kamu bahkan bisa membuatnya berjalan otomatis selama cloud storage yang kamu pakai support Storage Access Framework of Android.


Itulah daftar aplikasi 2FA terbaik di Android dan iOS yang bisa kamu download lewat Google Play dan App Store. Dengan otentifikasi dua faktor, data digital kamu akan lebih terjamin keamanannya dan lebih sulit dibobol selama kamu memiliki perangkat fisik yang kamu gunakan untuk 2FA. (GimTekno.com)

0 Komentar