20 Game Tank Terbaik di Android dan PC - GimTekno

20 Game Tank Terbaik di Android dan PC

Tank adalah simbol kekuatan militer yang luar biasa, dengan desainnya yang masif, senjatanya yang mematikan dan kemampuannya untuk mengatasi medan sulit. Makanya tidak heran jika game tank terbaik di PC dan Android jadi incaran bagi mereka yang ingin mencoba kendaraan perang tersebut.

Dalam dunia game, penggunaan tank identik dengan perang dan gameplay seru. Dengan daya hancur yang besar, pemain bisa merasakan sensasi yang berbeda dari game perang biasanya. Di balik itu, terbatasnya ammo dan lambatnya gerakan tank jadi tantangan tersendiri yang menarik bagi pemain.

Game tank sendiri tidak selalu berhubungan dengan perang. Beberapa developer bahkan mengkombinasikan elemen lain yang membuatnya tetap fresh. Tampilannya pun tidak melulu realistis. Beberapa bahkan membuat tank dalam bentuk lucu dengan daya ledak di luar nalar.

Nah, buat kamu yang mau mencoba serunya menaiki panser alias kendaraan lapis baja ini, berikut adalah beberapa game tank terbaik di PC dan Android yang bisa kamu coba!

Game Tank Terbaik

1. World of Tanks Blitz

Platform: Android, iOS, Windows, Mac

Ada banyak alasan kenapa World of Tanks Blitz - PVP MMO jadi salah satu game tank terbaik di PC dan Android, serta sudah diunduh lebih dari 100 juta kali di Play Store. Selain punya grafis 3D yang baik, game ini juga punya gameplay yang seru dan menarik bagi siapa saja yang menyukai game tank perang.

World of Tanks Blitz - PVP MMO

Di game ini, kamu bisa memilih salah satu dari berbagai jenis tank ikonik, lengkap dengan opsi kustomisasi melimpah yang memungkinkan pemain untuk mengembangkan strategi bermain yang unik. Mode pertempuran yang seru, seperti pertempuran tim dan pertempuran solo, memberikan variasi yang menarik, sementara kontrol yang lancar memastikan kamu punya respon cepat saat terlibat dalam pertempuran sengit.

Selain itu, komunitas global yang besar menambah dimensi sosial dengan interaksi antar pemain dari seluruh dunia. Adanya turnamen dan acara khusus pun semakin menambah elemen kompetitif yang membuat game ini sayang dilewatkan bagi pecinta game tank.

2. War Machines: Tanks Battle Game

Platform: Android, iOS

War Machines: Tanks Battle Game adalah game tank dengan pertempuran real-time yang menarik dan intens di platform Android. Dengan grafis 3D dan desain tank yang realistis, permainan ini menawarkan sensasi mengendarai kendaraan lapis baja di lingkungan pertempuran yang mendalam dengan atmosfernya yang menegangkan.

War Machines: Tanks Battle Game

Kontrol permainan dirancang agar pemain untuk dengan mudah mengendalikan tank mereka dalam pertempuran yang chaos. Selain itu, kamu juga bisa mengkustomisasi tank dengan berbagai opsi upgrade dan pembaruan, termasuk peralatan tambahan, senjata, dan beragam modifikasi untuk penampilan tank-mu.

Berbagai mode pertempuran, seperti Pertempuran Tim dan Pertempuran Bebas, menambah variasi permainan yang tidak kalah seru. Kamu pun bisa beradu skill melawan pemain lain dari seluruh dunia dan bertarung menggunakan tank dengan level kekuatan yang sama.

3. Tank Battle Heroes: World War

Platform: Android, iOS, PC, Nintendo Switch

Sama seperti dua judul sebelumnya, Tank Battle Heroes: World War adalah game tank terbaik yang sayang untuk dilewatkan. Meski tidak sepopuler keduanya, game ini sama-sama mampu memberikan pengalaman pertempuran tank yang memuaskan bagi mereka yang mencari game penuh aksi dan tantangan strategis di perang dunia maya

Tank Battle Heroes: World War

Di game ini, kamu bisa memilih berbagai mode pertempuran dan mendapatkan reward untuk meningkatkan kemampuan tank dan mencapai achievement tertentu. Buat kamu yang senang main solo, ada 3 skenario medan perang yang bisa coba kamu taklukan. Namun yang paling seru adalah mode multiplayer di mana kamu bisa mempertahankan negaramu dari serbuan negara musuh.

Btw tidak cuma di Android, game ini juga tersedia untuk iPhone dan bisa di-download via App Store. Kamu yang ingin memainkan game ini di komputer atau laptop pun bisa mendapatkannya melalui Steam.

4. Tank Force: War Games of Blitz

Platform: Android, iOS, Windows, Mac

Tank Force: War Games of Blitz adalah game tank multiplayer buatan Xdev di mana kamu bisa bermain 7v7. Kamu pun bisa memilih untuk melawan AI atau pemain lain dari seluruh dunia.

Tank Force: War Games of Blitz

Di game tank ini, kamu bisa merasakan serunya memasuki simulator tank sambil beradu strategi. Untuk memenangkan pertempuran, kamu harus bisa menaklukan markas musuh atau mengalahkan semua lawan yang ada di peta. Setiap peta pun memiliki zona geografis yang unik serta memberikan tantangan berbeda pada setiap pemain.

Selain itu, tersedia pula beragam opsi tank yang bisa kamu pilih, lengkap dengan kendaraan perang lainnya. Kamu pun bisa mengupgrade dan mengkustomisasi tank, serta menambahkan armor berbeda untuk membuat tank kamu makin sulit dikalahkan.

5. Battle Tanks: Tank Games WW2

Platform: Android, iOS, Windows, Mac

Masih dari developer game yang sama, kali ini ada Battle Tanks: Tank Games WW2 yang di PC dikenal dengan nama Legends of World War II. Di sini kamu bisa bergabung bersama rekan-rekanmu untuk bertarung dalam pertandingan 10v10.

Battle Tanks: Legends of World War II

Sesuai dengan namanya, game ini berlatar belakang Perang Dunia Kedua. Arena pertempurannya pun disesuaikan dengan kondisi saat itu di mana kamu bisa bertarung di kota-kota Eropa, zona industri, atau ladang yang terbengkalai akibat perang.

Tidak lupa, kamu pun bisa memilih 30 kendaraan unik dan mobil perang lain yang identik di zaman tersebut. Kamu bisa memilih kendaraan perang ringan yang cepat dan cocok untuk scouting, atau kendaraan perang berat seperti tank yang punya daya ledak lebih hebat.

6. Armor Age

Platform: Android, iOS

Masih dengan tema Perang Dunia Kedua, Armor Age adalah game tank terbaik lain yang juga harus kamu coba. Beda dengan game-game sebelumnya, Armor Age adalah game tank RTS (Real Time Strategy) yang mengandalkan strategi.

Armor Age

Di game ini, kamu bisa memilih 6 tank dari dunia nyata yang masing-masing dilengkapi dengan kelebihan dan kekurangan. Tugas kamu adalah memerintah pasukan tank-mu untuk bergerak dan memanfaatkan kekuatan mereka. Jika terdesak, kamu pun bisa memanggil air supply dan air support untuk mengalahkan lawan.

7. Tank Stars

Platform: Android, iOS

Buat kamu yang ingin game tank yang lebih kasual, Tank Stars adalah salah satu yang terbaik dan sudah diunduh lebih dari 100 juta kali. Game ini pun bisa dimainkan offline dan lebih asik dimainkan berdua bersama teman atau dalam mode multiplayer.

Tank Stars

Gameplaynya sendiri mirip dengan game Worms di mana kamu harus menembak dengan memilih sudut tembakan yang tepat secara bergantian. Kamu pun bisa bertarung di berbagai arena dan memilih salah satu dari beragam senjata, mulai dari roket, bom beku, plasma cannon, hingga bom nuklir!

Setiap kemenangan akan memberikan kamu reward yang nantinya bisa dipakai untuk mengupgrade kemampuan tank-mu, atau menggantinya dengan tank keren lain, mulai dari tank modern hingga tank legendaris seperti T-34, Abrams, atau tank Tiger.

8. Hills of Steel 2

Platform: Android, iOS

Jika kamu suka dengan Tank Stars, maka kamu juga perlu mencoba Hills of Steel 2. Seperti pendahulunya, Hills of Steel 2 memungkinkan kamu untuk bertarung 3v3 menggunakan tank dengan desain yang keren dan penuh warna.

Hills of Steel 2

Di game ini, kamu bisa mengikuti beragam event online, mulai dari Team Survival, Bunker Bash, Domination, hingga Epic Duel. Kamu pun bisa membuat klan, atau bergabung dengan klan yang ada, untuk mengikuti kompetisi khusus dan bertanding untuk menjadi yang terbaik.

Satu hal yang menarik dari game ini adalah desain tank-nya yang unik. Kamu bisa memilih tank Phoenix yang punya flamethrowser atau tank Tower dengan senjata sniper jarak jauhnya. Kamu bahkan bisa memilih tank yang lebih futuristik seperti Scorpion dengan senjata racunnya, atau tank Rex yang sama kuatnya dengan dinosaurus.

9. Labo Tank

Platform: Android, iOS

Labo adalah seri game untuk anak yang dirancang untuk meningkatkan kreativitas anak dan menstimulasi imaginasi mereka. Melalui Labo Tank, anak bisa mengkreasikan tank mereka sendiri dan menggunakannya untuk dikendarai, dibawa balapan, atau melawan monster.

Labo Tank

Dengan sistem seperti puzzle, anak bisa merancang tank mereka sendiri memakai blok yang sudah disediakan, lengkap dengan stiker lucu untuk mendekorasinya. Template pun tersedia agar anak dapat meniru desain tank legendaris seperti tank Sherman, Panther, KV-2, hingga tank Cromwell.

10. Tanks vs Bugs

Platform: Android, iOS

Apa jadinya jika kamu bertemu serangga ganas berukuran besar dengan armor tebal yang sulit ditembus senjata biasa? Tank jawabannya!

Tanks vs Bugs

Di game ini, kamu bisa mencoba lebih dari 30 level berbeda dengan tiga tingkat kesulitan. Ini belum termasuk turnamen dan extra game modes yang bisa kamu mainkan.

Untuk mengalahkan lawan, kamu bisa memilih salah satu tank yang memiliki gaya pertarungan unik plus The Guardian yang membantu menjaga tank dari serangan lawan. Setiap serangga pun bisa dilawan dengan taktik khusus sehingga kamu harus merancang strategi yang bisa memanfaatkan kekuatan tank kamu.

11. Pico Tanks: Multiplayer Mayhem

Platform: Android, iOS

Pico Tanks adalah game tank dengan gameplay yang mirip dengan game seperti World of Warcraft. Game ini memiliki beberapa mode game 3v3 seperti Hold the Flag di mana kamu harus menangkap bendera lawan dan mempertahankannya, Feth the Cargo di mana kedua tim saling berebut kargo, atau Team Deathmatch di mana pemenang adalah mereka yang berhasil mengalahkan lebih banyak musuh.

Pico Tanks: Multiplayer Mayhem

Satu hal yang membuat game ini menarik adalah opsi kustomisasi tank-nya. Tidak hanya tampilannya saja, tapi juga kekuatan dan kemampuan yang dimiliki armada kamu.

Kamu mulai dengan memilih base yang digunakan. Base yang ringan akan membuat tank kamu cepat, sementara yang berat memungkinkan kamu memakai banyak senjata. Setelah itu kamu bisa menambahkan banyak lain, mulai dari beragam senjata hingga memilih Power Up yang akan sangat berguna dalam perang, seperti menyembuhkan kawan atau menghancurkan lawan.

12. Tanks a Lot - 3v3 Battle Arena

Platform: Android, iOS

Game tank 3 lawan 3 lain yang tidak kalah seru adalah Tanks a Lot. Tidak cuma bisa main multiplayer, game ini juga punya mode Battle Royale di mana kamu harus berjuang sendirian untuk jadi yang terbaik.

Tanks a Lot - 3v3 Battle Arena

Mirip dengan Pico Tanks, game ini dilengkapi dengan desain 3D menarik dan mirip kartun. Opsi kustomisasi tank-nya pun tidak kalah menarik di mana kamu bisa menambahkan beragam senjata, mulai dari machine guns, tasers, railguns, hingga napalm!

13. War Thunder

Platform: Windows, Linux, Mac, PS4, PS5, Xbox One, Xbox Series X/S

Meski bukan khusus tank, game ini rasanya patut disebut sebagai salah satu game tank terbaik. Game buatan Gaijin Entertainment ini berbeda dengan kebanyakan game perang di mana mereka lebih fokus pada kendaraan militer seperti tank, pesawat tempur dan kapal perang.

War Thunder

Game ini dikenal karena tingkat realisme dan detailnya yang tinggi. Tank dalam game dibuat dengan detail interior dan eksterior yang akurat. Gerakan dan tingkat kehancuran yang dihasilkan pun dikalkulasikan dengan sangat baik. Detail ini sangat diapresiasi penggemarnya dan tercermin pada forum War Thunder yang jadi tempat berkumpulnya penggila kendaraan tempur dan kendaraan militer lainnya.

Selain itu War Thunder pun memiliki lebih dari 2000 kendaraan berbeda dan menawarkan berbagai jenis tank dari berbagai negara yang terlibat dalam Perang Dunia II dan konflik lainnya. Dengan begitu kamu bisa merasakan perbedaan antar tank dan menguji keterampilan mereka di medan perang yang beragam, dari hutan hingga gurun.

14. Gunner, Heat, PC!

Platform: PC

Buat kamu yang senang dengan aspek realistis dari sebuah game perang, Gunner, Heat, PC! (GHPC) adalah salah satu rekomendasi game simulasi tank perang terbaik.

Gunner, Heat, PC!

Tidak cuma mendesain tank secara detail, game ini pun mampu mensimulasikan gerakan tank dan kehancuran pada tank dengan luar biasa. Keberadaan karakter yang dilengkapi dengan voice over pun semakin membuat game ini terasa nyata.

Sayangnya game ini masih dalam tahap early access. Meski begitu progress-nya cukup menjanjikan dengan banyaknya update yang rutin dirilis setiap beberapa minggu. Untuk saat ini pun baru tersedia mode campaign saja di mana kamu bisa menggunakan tank pilihanmu untuk bermain dalam skenario perang di lokasi sungguhan.

15. Sprocket

Platform: PC

Sprocket adalah game tank terbaik untuk kamu yang senang dengan aspek desain kendaraan lapis baja tersebut. Beda dengan game tank lainnya, opsi kustomisasi yang disediakan dijamin mampu merealisasikan ide tank tergila yang ada di pikiranmu.

Sprocket

Melalui game simulasi tank ini, kamu bisa merancang dan membuat semua bagian tank, mulai dari tampilan exterior, interior, hingga aksesoris yang digunakannya. Setiap bagian pun harus dirancang dengan sempurna agar tank mampu beroperasi dengan sempurna tanpa mengorbankan ketangguhannya atau kehilangan daya ledak.

Tidak hanya itu, kru yang bertugas di dalam tank tersebut juga harus diakomodir sedemikian rupa agar mereka bisa mengoperasikan tank dengan mudah. Pastikan kompartemen kru cukup lega agar kinerja mereka tidak menurun.

16. Tank Mechanic Simulator

Platform: PC

Sesuai namanya, Tank Mechanic Simulator (TMS) adalah game yang memungkinkan kamu untuk berperan sebagai montir khusus tank. Tugas kamu adalah menemukan tank yang terbengkalai, membersihkannya, memperbaikinya, hingga mengecat ulang tank dengan warna pilihanmu.

Tank Mechanic Simulator

Dalam game simulator tank ini terdapat 15 tank dan 4 kendaraan lapis baja lain yang bisa kamu perbaiki. Menggunakan dokumen resmi dan opini para ahli, setiap tank dibuat sedetail mungkin sesuai dengan tampilan aslinya. Dengan 200 parts berbeda yang bisa dikerjakan, TMS juga bisa memberikan kamu pelajaran penting seputar bagian-bagian tank dan cara kerjanya.

Satu hal menarik, game ini juga memungkinkan kamu untuk mencoba setiap tank yang kamu perbaiki. Kamu bisa membawanya berkeliling, melihat-lihat bagian dalam tank, hingga menguji senjata yang dimilikinya.

17. Future Tanks: War Tank Game

Platform: Android, iOS

Future Tanks adalah game tank dengan latar belakang futuristik. Gameplay-nya sendiri mirip dengan game tank lainnya di mana kamu harus beradu skill dengan pemain lain menggunakan tank yang nantinya bisa kamu upgrade.

Future Tanks

Satu hal yang berbeda adalah desain tank yang seakan-akan dibuat di masa depan. Kamu pun bisa menggunakan medan perang yang tidak biasa, mulai dari dataran gersang di Mars, stasiun luar angkasa, markas alien, dan masih banyak lagi.

18. Panzer Knights

Platform: PC

Secara singkat, Panzer Knight adalah game yang memadukan War Thunder/World of Tanks dengan anime. Dan jika kamu menyukai anime Girl und Panzer, maka game tank perang ini akan sangat cocok untukmu.

Panzer Knight

Dalam game ini, kamu akan berperan sebagai komandan regu yang seluruhnya terdiri dari tank. Terinspirasi dari jalur perang Polandia-Herman, ada 11 level dengan beragam side quest yang bisa kamu coba taklukan. Setiap misi pun dibuat unik, mulai dari menyerbu garis pertahanan musuh, mempertahankan posisimu, atau menghajar semua musuh yang ada.

Di game ini kamu bisa mengoleksi lebih dari 20 tank berbeda, yang masing-masing didesain dengan outline unik yang terinspirasi dari anime. Setiap tank ini pun memiliki atribut berbeda yang bisa kamu manfaatkan untuk memenangkan perang sesuai dengan skenario yang sedang terjadi.

Daya tarik terbesar game ini tentu adalah karakter kru berwajah anime dan memiliki voice over Jepang yang bisa kamu rekrut. Sama seperti tank-nya, masing-masing karakter pun punya skill khusus yang akan memberikan kamu keuntungan pada situasi tertentu.

19. Steel Armor: Blaze of War

Platform: PC

Steel Armor: Blaze of War adalah sebuah game tank buatan Graviteam yang rilis pada tahun 2015. Game ini memanjakan pemain dengan detail dan realisme tinggi dalam taktik perang menggunakan tank dalam berbagai skenario.

Steel Armor: Blaze of War

Di game ini kamu bisa memilih satu dari berbagai tank era Perang Dingin untuk menghadapi situasi pertempuran di medan perang realistis. Kendaraan dan lingkungan yang dibuat dengan baik pun semakin memberikan nuansa autentik perang tank yang sesungguhnya.

Satu hal menarik, game ini memiliki campaign yang bisa kamu mainkan sesuka hati. Nantinya kamu bisa memilih untuk bermain sebagai tentara Soviet, Iran, Irak, atau pasukan Angola. Tugas yang kamu dapat pun nantinya berbeda-beda tergantung lokasi, mulai dari menyerang posisi lawan, memberi support pada infantri, atau melakukan penyergapan.

20. Tank Warfare

Platform: Android, iOS

Tank Warfare jadi alternatif War Machines dan World of Tank Blitz terbaik di Android. Hadir dengan desain visual 3D yang apik, game ini memiliki mode single player atau multiplayer dengan simulasi perang yang realistis.

Tank Warfare

Setiap perang akan memberikan kamu reward yang bisa dipakai untuk membuka tank baru dengan atribut yang lebih baik, mulai dari tank kecil yang super cepat, atau heavy tank dengan kekuatannya yang dahsyat. Selain itu kamu juga bisa memasangkan akseseori yang dapat dipakai di waktu genting untuk mengubah alur permainan.


Game tank terbaik di Android dan PC hadir dengan kontrol yang canggih dan detil yang luar biasa. Tidak cuma menghadirkan sensasi berkendara di atas kendaraan lapis baja berkekuatan dashyat tersebut saja, penggambarannya yang realistis pun bisa mengajarkan kita banyak hal mengenai tank dan teknologi di baliknya. (GimTekno.com)

0 Komentar