4 Cara Cek Spek HP Android, Dijamin Akurat! - GimTekno

4 Cara Cek Spek HP Android, Dijamin Akurat!

Cara cek spek hp samsung/xiaomi/vivo/oppo/infinix/asus/realme

Mau tahu cara lihat spek hp Android kamu sendiri? Tenang, ada banyak kok' caranya, baik secara langsung, pakai aplikasi cek spek hp Android, atau dengan dial nomor tertentu untuk melihat infonya di website imei.info.

Mengetahui spesifikasi hp sendiri akan sangat berguna untuk beberapa kasus tertentu. Misalnya saja bila kamu ingin membandingkan hp lama kamu dengan hp yang akan kamu beli. Selain itu kamu pun bisa melihat spek untuk melihat performa atau kualitas kamera yang dimilikinya.

Untungnya tidak sulit untuk melakukan hal tersebut. Buat kamu yang ingin mencobanya, berikut adalah beberapa cara cek spek hp dengan mudah, baik dengan aplikasi maupun tanpa aplikasi

Cara Cek Spek HP Tanpa Aplikasi

1. Lihat kemasan atau cek via Google

Cara paling mudah untuk melihat spesifikasi hp kamu sendiri adalah dengan melihat kemasan dan buku panduan yang ada saat kamu membeli hp. Semua merek hp umumnya menyediakan informasi singkat, mulai dari CPU, Kamera, Storage, Ukuran Layar, serta besarnya ROM/RAM.

Buat kamu yang ingin mengecek spek hp second yang sudah tidak memiliki dus, kamu juga bisa mencari informasinya di internet selama kamu mengethui merek dan model hp yang kamu gunakan. Kamu bahkan bisa mendapatkan info yang lebih lengkap melalui situs seperti GSM Arena.

2. Lihat info spek hp di menu "About Phone"

Cara lain untuk melihat info spek hp adalah melalui menu pengaturan hp. Setiap merek hp, mulai dari Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo, Infinix, Asus, atau Realme umumnya memiliki menu yang menampilkan spek hp yang mereka gunakan.

Untuk mengaksesnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke menu Pengaturan atau Setting di HP
  • Cari Menu Tentang Ponsel atau About Phone
  • Setelah itu gulir (scroll) ke bawah untuk melihat spek hp
  • Bila kamu tidak melihatnya, coba cari menu Specs atau All Specs yang umumnya disediakan beberapa merek hp.
Cara cek spesifikasi hp Android

Melalui cara ini, kamu bisa cek spek hp dengan lebih detail dibanding melihat spek melalui kemasannya. Secara umum, kamu bisa melihat spek detail hp (RAM, CPU, Storage), model hp, versi Android yang digunakan, hingga nomor IMEI hp kamu.

3. Cek spek hp lewat dial/imei

Buat kamu yang ingin tahu spek hp yang lebih detail, kamu bisa memeriksanya melalui situs imei.info. Agar hasilnya lebih akurat, ada baiknya jika kamu mencari model hp kamu menggunakan nomor IMEI.

Untuk cara cek spek hp lewat IMEI bisa kamu lihat langkahnya di bawah ini.

  • Pertama, dapatkan nomor IMEI melalui melalui menu About Phone seperti cara di atas, atau dengan menggunakan kode dial *#06#.
  • Setelah itu buka situs imei.info lalu tempel nomor IMEI tersebut di kotak yang tersedia.
  • Selesaikan Captcha untuk bisa memakai layanan mereka.
  • Klik tombol Check untuk melihat spesifikasi lengkap hp Android-mu.
Cara cek spek hp lewat IMEI

Dibandingkan dua cara sebelumnya, situs imei.info memberikan detail yang jauh lebih baik. Tidak cuma bisa cek spek hp Android, kamu pun bisa melihat daftar fitur yang disediakan merek hp tersebut.

Kamu yang ingin cek spek kamera hp pun akan sangat terbantu dengan situs ini. Tidak cuma menginformasikan besarnya resolusi kamera hp, kamu pun bisa tahu resolusi maksimumnya serta kemampuan video-recording-nya.

Selain itu situs ini juga menyediakan support untuk beragam jenis ponsel, tidak cuma smartphone saja tapi juga feature phone seperti hp Nokia jadul yang belakangan banyak bermunculan.

Aplikasi untuk Melihat Spek HP Android

1. CPU-Z

CPU-Z, aplikasi cek spek hp terbaik Android

CPU-Z adalah aplikasi untuk melihat spesifikasi hp yang lebih dulu populer di PC Windows. Selain mampu menampilkan spek komputer atau laptop dengan detail, ukurannya pun ringan dan tidak memberatkan saat dijalankan.

Kualitas software CPU-Z juga tetap terjaga pada aplikasi Androidnya. Dengan aplikasi ini kita bisa mengetahui informasi detail mengenai hardware yang digunakan oleh hp kamu. Selain mengetahui info jeroan hp seperti processor, GPU dan jumlah RAM, kamu juga bisa mengetahui informasi perangkat seperti merek, model, ukuran layar, resolusi layar, dimensi, serta kapasitas baterai hp kamu.

Enaknya lagi, semua fitur ini bisa kamu pakai secara gratis. Kamu pun hanya perlu koneksi internet agar CPU-Z dapat melakukan online validation saat memeriksa spek HP kamu di database mereka.

2. Aida64

Aida64, aplikasi untuk memeriksa spek hp lengkap

Aplikasi lain yang juga banyak digunakan untuk melihat spek hp Android adalah AIDA64. Sama seperti CPU-Z, aplikasi ini juga bisa memberikan kamu beragam informasi seputar hp mulai dari CPU, jaringan WiFi, layar smartphone, baterai, serta versi OS yang digunakan.

Selain itu aplikasi ini juga bisa dipakai untuk mengukur real time GPU Clock, melihat aplikasi dan codecs yang terpasang pada smartphone, hingga melihat perangkat Android Wear yang terhubung dengan smartphone tersebut.

3. Device Info HW

Device Info HW, aplikasi cek hp ringan

Aplikasi lain yang tidak kalah populer adalah Device Info HW. Selain dapat memberikan informasi yang lengkap dan akurat, salah satu kelebihan aplikasi ini adalah ukurannya yang hanya 2MB-an saja.

Tidak kalah bagusnya dibanding dua nama di atas, Device Info HW bisa digunakan untuk memberikan informasi lengkap seputar hardware smartphone, mulai dari RAM, memory, chipset, baterai, sistem operasi, suhu, serta dukungan codec.

Jika kamu ingin melihat info lengkap seputar kamera smartphone kamu, aplikasi ini juga bisa memberikan informasi seperti aperture, field of view, zooom, serta focal length.

4. Inware

Inware

Inware jadi pilihan yang cocok jika kamu mencari aplikasi cek spesifikasi hp yang ringan. Dengan ukuran kurang dari 4MB, aplikasi ini bsia memeriksa spesifikasi smartphone dengan lengkap dan cepat.

Tampilan aplikasi ini sederhana dan cukup modern dengan sentuhan material UI. Cara penggunannya pun mudah dan hanya butuh satu klik saja untuk mengetahui informasi lengkap hp kamu.

5. DevCheck Hardware and System Info

Devcheck Hardware and System Info, aplikasi cek spek hp jadul

Aplikasi pengecek spek hp terakhir punya nama yang cukup panjang, DevCheck Hardware and System Info. Sesuai namanya, aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk memeriksa beragam komponen serta perangkat lunak yang digunakan oleh smartphone kamu. Selain itu aplikasi ini juga bisa melihat semua aplikasi yang terpasang serta daftar sensor yang tertanam pada hp yang kamu pakai.

Jika kamu punya smartphone keluaran lama alias jadul, aplikasi ini juga cocok karena support untuk Android versi 4.0 ke atas.

Satu hal yang menarik, aplikasi ini juga memiliki fitur benchmarking yang bisa dipakai untuk menilai kemampuan hape kamu. Selain itu kamu pun bisa memonitor CPU, suhu, GPU, kekuatan sinyal dan masih banyak lagi. Namun untuk menggunakannya, kamu harus upgrade aplikasi ke versi Pro terlebih dahulu.


itulah dia beberapa cara cek spek hp yang bisa kamu pakai di berbagai merek hp, mulai dari Samsung, Realme, Xiaomi, ASUS, Vivo, Infinix, hingga Oppo. Kamu yang tidak ingin ribet bisa melakukannya tanpa aplikasi. Namun bila butuh info lebih detail, ada banyak aplikasi cek spek HP Android yang bisa kamu coba. (GimTekno.com)

0 Komentar