6 Penyebab Layar HP Berubah Warna - GimTekno

6 Penyebab Layar HP Berubah Warna

Penyebab layar hp berubah warna

Bingung kenapa tiba-tiba layar smartphone kamu berubah jadi kuning, abu-abu atau hitam-putih? Jangan khawatir, penyebab layar hp berubah warna biasanya cukup sepele dan bisa diselesaikan dengan mudah.

Pada kebanyakan kasus, hal ini bisa terjadi karena kamu tidak sengaja mengaktifkan fitur smartphone, seperti reading mode, dark mode, atau mode hemat daya yang ada pada hampir semua merek hp, seperti Xiaomi, Samsung, Oppo, Vivo, hingga Infinix.

Semua fitur tersebut umumnya akan mempengaruhi tampilan warna dan tingkat kecerahan hp yang membuat layar terlihat seakan berubah warna. Tergantung mode yang sedang kamu aktifkan, layar bisa terlihat lebih gelap atau bahkan memiliki warna yang condong kekuningan, kemerahan, hingga kebiruan.

Meski begitu tidak jarang pula hal ini terjadi karena kerusakan parah pada smartphone. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penyebab layar hp berubah warna dan bagaimana cara mengembalikan warna layar hp tersebut.

Cara Mengembalikan Warna Layar HP

1. Atur Reading Mode/Night Mode

Penyebab layar hp berubah warna yang paling umum adalah aktifnya reading mode atau night mode pada ponsel kamu. Apalagi tombol untuk mengaktifkan keduanya dapat diakses dengan mudah, jadi ada kemungkinkan besar kamu mengaktifkannya secara tidak sengaja.

Jika aktif, kedua mode ini umumnya akan membuat layar kamu berwarna kuning atau kekuningan. Meski begitu ada beberapa smartphone seperti Samsung yang malah membuat layar hp berwarna abu-abu saat mode reading/night aktif.

Reading Mode Android

Untuk menonaktifkannya, kamu hanya perlu scroll notification bar lalu cari ikon reading mode atau night mode. Jika sudah, maka warna layar ponsel akan kembali seperti semula.

Sebagai informasi tambahan, cahaya biru (blue light) yang berasal dari hp diklaim dapat berpengaruh pada produksi melatonin yang berfungsi untuk mengatur pola tidur.

Saat mengaktifkan reading/night mode, ponsel akan mengurangi jumlah cahaya biru yang dipancarkan yang membuatnya tampak kekuningan. Dengan mode tersebut, kamu bisa meminimalkan gangguan pada ritme sirkadian dan memudahkan kamu untuk tertidur setelah menggunakan hp di malam hari.

2. Atur Mode Gelap

Jika layar kamu tiba-tiba berubah menjadi hitam atau lebih gelap, kemungkinan besar kamu sudah mengaktifkan dark mode. Sama seperti sebelumnya, tombol untuk mengaktifkan fitur ini dapat diakses dengan mudah sehingga bisa saja tertekan dan jadi penyebab layar hp berubah warna jadi hitam atau abu-abu.

Mode Gelap / Dark Mode Android

Pada mode gelap, setiap menu dan aplikasi yang kamu buka nantinya akan memiliki background berwarna kehitaman. Hal ini bertujuan untuk mengurangi ketegangan pada mata, memberikan penglihatan yang lebih baik saat kondisi ruangan tidak terlalu terang, hingga menghemat daya ponsel kamu.

Mirip cara sebelumnya, untuk mengaktifkan mode ini kamu hanya perlu scroll notification bar lalu cari ikon dark mode atau Mode Gelap. Jika sudah, background hp kamu akan kembali seperti sedia kala.

3. Cek Pengaturan Jadwal

Jika hp berubah warna pada jam tertentu, kemungkinan besar kamu mengaktifkan salah satu mode di atas menggunakan jadwal. Sebagai contoh, ada beberapa hp yang bisa mengubah tampilan layar sesuai dengan jam. Jadi saat pagi dan siang hari, tampilan layar akan normal, namun menjelang malam hingga keesokan harinya, hp akan mengaktifkan mode malam (night mode) secara otomatis.

Menu pengaturan jadwal dark mode/night mode

Untuk mengatasinya, cukup masuk ke menu Settings > Display lalu cari opsi Night Mode atau Reading Mode. Bila fitur penjadwalan (schedule) pada keduanya aktif, kamu bisa mematikannya agar warna layar hp tidak berubah-ubah.

4. Atur Mode Penghemat Daya

Fitur hp lain yang juga berpengaruh pada tampilan layar adalah Mode Penghemat Daya alias battery saver. Mirip dengan sebelumnya, tampilan hp juga akan berubah menjadi hitam. Bedanya, mode ini seringkali membuat tampilan background layar kamu hitam sepenuhnya. Selain itu hp biasanya juga hanya menampilkan ikon esensial seperti tombol telepon, kontak dan SMS saja.

Mode Battery Saver Android

Tidak jauh berbeda dengan penyebab layar hp berubah warna lainnya, tombol untuk mengaktifkan mode ini juga mudah diakses dan bisa saja aktif secara tidak disengaja. Kamu pun bisa scroll navigation bar untuk menyalakannya. Saat aktif, akan ada tombol Exit yang bisa kamu klik untuk keluar dari mode battery saver. Jika kamu tidak menemukannya, coba cek fitur ini melalui menu Setting > Battery.

5. Cek Fitur Penyesuaian Warna

Mungkin tidak banyak yang tahu kalau smartphone kamu memiliki beragam fitur yang bisa dipakai untuk mengubah tampilan warna layar. Fitur ini akan sangat membantu untuk meningkatkan kontras, membuatnya lebih gelap, menyesuaikan warna dengan tema yang kamu suka, atau membantu kamu yang mengalami masalah penglihatan.

Fitur penyesuaian warna ini dapat mengubah tampilan layar kamu jadi cukup ekstrim, mulai dari berwarna ungu, oranye, merah, biru, bahkan membuatnya tampak seperti negatif film.

Fitur penyesuaian warna sendiri sebenarnya akan cukup sulit diakses. Namun jika hp kamu dimainkan anak-anak, bisa saja ada kemungkinan kalau mereka bisa memainkan fitur tersebut.

Untuk mengeceknya, kamu bisa masuk ke menu Settings > Display. Setelah itu cari menu Color Scheme atau semacamnya dan cari tombol Default untuk mengembalikan pengaturan warna seperti sedia kala.

Selain itu, kamu juga bisa memeriksa menu Settings > Accessability atau Setings > Additional Settings > Accessability. Di sini biasanya kamu bisa menemukan fitur Color Correction atau Color Inversion yang bisa mengubah tampilan warna.

Menu pengaturan warna Android

6. Perbaiki Layar yang Bermasalah

Bila layar kamu sebelumnya normal, lalu warnanya tiba-tiba berubah, semua cara di atas umumnya berhasil mengembalikan tampilan layar seperti semula. Namun jika tidak ada yang berhasil, kemungkinan besar layar hp kamu memang bermasalah.

Meski kemungkinannya kecil, hal ini bisa saja terjadi jika hp kamu pernah jatuh, terkena air, kepanasan, atau memang sudah cukup berumur. Jika hal ini terjadi, bawa hp kamu ke service center terdekat untuk mengecek penyebabnya.


Itulah dia beberapa penyebab layar hp berubah warna dan apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Rata-rata, hal ini disebabkan oleh masalah yang sepele. Jika kamu tidak menemukan solusinya di sini, ada kemungkinan kerusakan pada layar yang mempengaruhi tampilan hp kamu. (GimTekno.com)

0 Komentar