20 Game Tinju Terbaik di Android, PC dan Konsol - GimTekno

20 Game Tinju Terbaik di Android, PC dan Konsol

Video game dan olahraga bela diri jadi kombinasi yang sudah ada sejak lama. Tinju sebagai salah satu olahraga kontak fisik paling populer pun hadir melalui beragam game boxing terbaik sepanjang masa.

Mulai dari perangkat genggam, pc, hingga konsol rumahan, game tinju selalu memiliki representasi terbaik yang mampu memberikan pemain sensasi bertarung yang seru melawan jagoan-jagoan boxing dunia. Kamu pun bisa menggunakan skill kamu untuk melayangkan kombinasi pukulan sambil menghindari serangan lawan.

Nah, buat kamu yang senang dengan pertarungan satu lawan satu tersebut, berikut adalah beberapa game boxing terbaik di Android, PC dan konsol yang tidak boleh kamu lewatkan.

Game Tinju Terbaik di Android

1. Real Boxing 2

Buat kamu yang senang dengan game tinju dengan grafik 3D yang realistis, Real Boxing 2 adalah salah satu game tinju terbaik di Android yang bisa kamu coba. Di sini kamu bisa bertarung sendirian atau bersama pemain lainnya secara online.

Game tinju terbaik di Android, Real Boxing 2

Saat memulai, kamu bisa membuat karakter kamu sendiri, mulai dari tampilan hingga bentuk tubuhnya. Karakter kamu pun akan memiliki stat dasar yang nantinya bisa kamu upgrade dan diberikan skill baru saat level up.

Real Boxing 2 memiliki beberapa mode permainan yang bisa kamu coba. Game ini bahkan memiliki event seru di mana kamu bisa bertinju melawan karaker-karakter unik seperti badut, Santa, hingga golem. Memenangkan pertandingan pun bisa memberikan kamu gear yang bisa meningkatkan kemampuan karaker kamu.

2. Boxing Star

Boxing Star adalah game tinju Android yang bisa kamu mainkan secara gratis. Meski tampilannya tidk serealistis Real Boxing 2, Boxing Star memiliki gameplay yang tidak kalah seru dan pas buat kamu pecinta olahraga tarung seperti tinju atau MMA.

Boxing Star

Mirip game sebelumnya, kamu bisa bertarung dalam berbagai mode, baik sendirian atau melawan pemain lain secara online. Kamu yang ingin bermain offline pun bisa bermain tanpa koneksi internet.

Buat yang ingin mengikuti cerita, kamu bisa mengikuti League Mode untuk melatih dan mengembangkan skill karakter kamu agar bisa bertarung di arena tinju dunia. Pastikan kamu mengembangkan skill Megapunch agar bisa bertanding dengan lawan dengan level yang lebih tinggi.

3. Prizefighter 2

Buat kamu yang senang dengan game tinju klasik seperti Super Punch Out!! di Android, Prizefighter 2 adalah alternatif yang pas. Menyusul kesuksesan game pertamanya, Koality Game membuat sekuel yang hadir dengan lebih banyak fitur dibanding pendahulunya.

Prizefighter 2

Dengan tampilan 16-bit ala konsol jadul, kamu bisa mengikuti perjalanan karir karakter kamu mulai dari ranking terbawah hingga jadi juara dunia. Namun perjalanan kamu belum selesai karena kamu juga harus mempertahankan gelar dan beradaptasi dengan usia karakter yang semakin menua.

Tidak cuma bisa berperan sebagai petinju, di sini kamu juga bisa menjadi Boxing Gym Manager yang dapat melatih petinju amatir atau veteran. Kamu pun bisa bermain sebagai Promotor dan membuat turnamen tinju kamu sendiri.

4. Real Steel Boxing Champions

Real Steel Boxing Champions merupakan sekuel dari game World Robot Boxing yang terinpirasi dari film Real Steel (2011) yang dibintangi Hugh Jackman. Dengan karakter robot, game ini jadi salah satu game tinju yang paling banyak diunduh di Android dan iOS dengan lebih dari 50 juta unduhan.

Game tinju robot, Real Steel Boxing Champions

Sama seperti di filmnya, kamu bisa bertemu dengan robot ikonik seperti Atom, Zeus, Metro, Midas, atau Noisy Boy. Kamu pun bisa membuat karakter robot kamu sendiri dengan lebih dari 1000 part berbeda yang masing-masing memiliki stat dan kemampuan unik.

Robot yang kamu buat pun nantinya bisa diadu dalam 10 arena berbeda, baik melawan AI atau bertanding dengan pemain lainnya. Game ini pun memiliki beberapa tantangan untuk menguji ketangguhan robot kamu. Pastikan robot kamu dilengkapi part terbaik agar bisa mengeluarkan serangan yang mematikan.

5. Head Boxing

Head Boxing adalah game tinju Android yang cocok buat kamu yang sekadar ingin seru-seruan main bareng teman. Apalagi masing-masing karakter dibuat dengan tampilan dan ekspresi muka yang lucu, meski suaranya dibuat profesional sama voice actor sungguhan.

Head Boxing

Gameplaynya sendiri sedikit beda dengan game tinju Android lain yang lebih realistis. Di sini karakter kamu bisa punya gerakan spesial dengan kekuatan dahsyat. Head Boxing bahkan menyediakan hewan peliharaan yang bisa membantu kamu memenangkan pertandingan.

Dengan 7 mode pertarungan yang berbeda, 2Players jadi mode paling seru di mana kamu bisa bertarung bersama teman kamu. Dan jika butuh tantangan, ada mode Multiplay yang akan mempertemukan kamu dengan jagoan lain dari seluruh dunia.

Game Tinju Terbaik di PC dan Konsol

6. Knockout Kings 2001 (2001)

Platform: PS1, PS2

Knockout Kings adalah seri video game tinju yang dibuat oleh EA Sports antara tahun 1998 hingga 2003. Di antara semua judul yang ada, Knockout Kings 2001 jadi game tinju terbaik di era Playstation tersebut.

Knockout Kings 2001

Dibanding pendahulunya, Knockout Kings 2001 melibatkan jumlah petinju yang lebih banyak, termasuk petinju hebat di masa itu seperti Lennox Lewis atau Oscar de La Hoya. Kamu pun bisa bertanding menggunakan petinju legendaris dari era sebelumnya seperti Muhammad Ali, Rocky Marciano dan Joe Frazier.

Game ini pun jadi yang pertama dan satu-satunya melibatkan petinju wanita dalam sebuah game tinju. Meski tampilannya kini ketinggalan zaman, Knockout Kings masih memiliki gameplay yang menarik dengan level teknis dan taktikal yang cukup menantang.

7. Fight Night Round 4 (2009)

Platform: PS3, Xbox 360, Windows Mobile, Blackberry

Dari Knockout Kings, EA Sports membuat seri tinju lain bernama Fight Night yang dibuat dalam 5 judul hingga tahun 2011. Di antara semuanya, Fight Night Round 4 jadi salah satu game boxing terbaik di konsol dengan meraih skor tertinggi versi Metacritic.

Fight Night Round 4 (2009)

Secara umum, Fight Night Round 4 mampu memenuhi ekspektasi pecinta game tinju dengan grafiknya yang lebih realistis, simulasinya yang lebih apik, serta mode karirnya yang lebih menarik. Hal ini pun didapat berkap physics engine baru yang membuat game ini jadi standar bagi game simulasi olahraga lain di zamannya.

Di luar itu, Fight Night Round 4 diisi oleh roster berisi petinju terkenal, termasuk banyak petinju legendaris dunia seperti Sugar Ray Leonard, Sonny Liston, hingga Evander Holyfield. Game ini pun jadi satu-satunya di seri ini yang memungkinkan kamu untuk membuat pertarungan ikonik tinju seperti Hagler vs. Hearns atau De La Hoya vs. Mayweather.

8. Fight Night Champion (2011)

Platform: PS3, Xbox 360

Selain judul di atas, game Fight Night lain yang juga pantas masuk daftar game tinju terbaik sepanjang masa adalah Fight Night Champion. Game ini bahkan jadi salah satu inpirasi besar bagi game boxing lain yang muncul setelahnya.

Game tinju terbaik di PS3, Fight Night Champion (2011)

Sebagai game terakhir di seri ini, Fight Night Champion berhasil memukau berkat kisahnya yang lebih gelap dan mampu menangkap suasana brutal di balik gemerlapnya dunia tinju. Game ini bahkan jadi game EA Sports pertama yang mendapatkan rating M (Mature).

Selain mode single player-nya yang luar biasa, Fight Night Champion juga menghadirkan lebih banyak petinju, arena pertandingan, dan pertandingan klasik. Selain itu game ini pun memperkenalkan kontrol baru yang membuat permainan lebih seru dan tidak serumit game lain di seri ini.

9. Undisputed (2023)

Platform: PC, PS5, Xbox Series X/S

Undisputed adalah game tinju terbaru di daftar ini. Untuk saat ini Undisputed masih dalam tahap early access di Steam dan masih dalam tahap rencana untuk konsol PS5 dan Xbox Series X/S. Namun game ini terlihat sangat menjanjikan dengan banyaknya fitur yang pastinya memanjakan pecinta game boxing di seluruh dunia.

Game boxing terbaik di PC, Undisputed (2023)

Satu hal yang dijanjikan Steel City Interactive selaku pengambang adalah tingkat realisme yang tinggi pada game Undisputed. Tidak hanya tampilannya tapi juga setiap gerakannya. Beda dari game tinju lainnya, ada 60 gerakan yang bisa kamu pelajari melalui mode latihan mereka sebelum kamu bertanding di arena yang sesungguhnya.

Deretan petinju yang tampil di game ini pun terbilang luar biasa. Kamu bisa melihat deretan petinju masa kini dari kelas bantam hingga kelas berat. Selain itu game ini pun mampu menghadirkan petinju legendaris, dan sederet petinju wanita yang sampai saat ini masih jarang dijumpai di game tinju lainnya.

10. Real Boxing (2014)

Platform: PC, Android, iOS

Real Boxing versi PC ini sama dengan game Real Boxing 2 yang jadi game tinju terbaik di Android sebelumnya. Game buatan Vivid Games ini adalah salah satu game tinju yang coba mengisi kekosongan dan meneruskan legacy Fight Night yang tidak lagi diteruskan oleh EA Sports.

Real Boxing (2014)

Dalam game ini, kamu bisa membuat karakter kamu sendiri untuk coba merangsek dari petinju kelas bawah hingga menjadi legenda di dunia tinju. Melatih karakter jadi poin utama game ini di mana kamu bisa meningkatkan stamina, kekuatan dan kecepatan karakter kamu.

Untuk gameplay, Real Boxing memiliki mekanika yang solid di mana kamu bisa melancarkan hook, jabs atau uppercuts sambil mewaspadai dan menghindari pukulan lawan. Dan meski sudah dirilis hampir 10 tahun yang lalu, Real Boxing masih cukup seru untuk dimainkan, terutama bagi penggemar yang ingin mencari alternatif Fight Night.

11. Punch a Bunch (2023)

Platform: PC

Punch a Bunch adalah game tinju indie yang hadir dengan tampilan dan gameplay yang sederhana. Permainannya lebih mirip dengan game arcade jaman dulu di mana karakter kamu bahkan tidak bisa berlatih untuk meningkatkan levelnya.

Punch a Bunch (2023)

Mengingat game ini hanya dibuat satu orang, tampilan karakternya jelas bukan yang paling realistis. Meski sudah 3D, karakter kamu malah tampak lucu dan seperti gumpalan berwarna kuning dengan kostum khas petinju dan sarung tangannya.

Permainan pun dibuat sangat sederhana dengan mekanisme dasar seperti beberapa teknik memukul dan menghindar. Meski tampak mudah, Punch a Bunch menyajikan tantangan tersendiri bagi siapa saja yang ingin menjadi juara.

12. Super Punch-Out!! (1994)

Platform: SNES

Super Punch Out!! adalah seri game tinju buatan Nintendo yang pertama kali rilis di arcade sebelum pindah ke konsol SNES. Meski sudah sangat jadul, Super Punch Out!! merupakan salah satu game berantem terbaik di SNES dan akan selalu dikenang sebagai game klasik yang patut kamu coba.

Game tinju terbaik di SNES, Super Punch-Out!! (1994)

Menyusul kesuksesan game Punch Out!! sebelumnya di NES, Super Punch Out!! hadir dengan berbagai peningkatan. Apalagi game ini dibuat di konsol 16-bit yang lebih bertenaga dibanding NES yang masih 8-bit.

Secara umum gameplay-nya sama di mana kamu bisa menggunakan kombinasi serangan dan halauan mengikuti taktik yang dilakukan lawan. Kamu pun bisa memanfaatkan power meter untuk melancarkan serangan yang lebih kuat yang bisa membuat lawan KO.

13. Punch Out!! (2009)

Platform: Wii

Setelah hiatus lebih dari 10 tahun, serial Punch Out!! kembali merilis game mereka khusus untuk konsol Nintendo Wii pada tahun 2009. Dan sama seperti pendahulunya, game ini pun mendulang sukses, baik dari segi penilaian kritikus game hingga penjualannya.

Game tinju terbaik di Wii, Punch-Out!! (2009)

Game ini sendiri dibuat sebagai reboot bagi serial aslinya. Makanya ciri khas Punch Out!! yang menampilkan pertarungan dari belakang petinju masih dipertahankan. Kamu pun akan menemukan lawan-lawan yang sama dari seri-seri sebelumnya dengan tambahan karakter baru seperti Disco Kid, Giga Mac, dan Donkey Kong.

Dari segi gameplay, Punch Out!! memiliki gameplay yang tidak jauh berbeda dari semua game sebelumnya. Nintendo selaku pengembang pun tidak banyak melakukan perubahan besar kecuali merubah tampilannya agar Punch Out!! tetap menarik bagi pemain baru namun tetap jadi nostalgia yang mengesankan bagi pemain lama.

14. Big Rumble Boxing: Creed Champions (2021)

Platform: PC, PS4, PS5, Xbox Series X/S, Switch

Sebagai salah satu film tinju paling populer, Rocky memiliki sederet judul video game yang bisa kamu mainkan. Salah satu game tinju terbaru dari franchise ini adalah Big Rumble Boxing: Creed Champions yang rilis pada tahun 2021 pada berbagai konsol.

Big Rumble Boxing: Creed Champions (2021)

Bermain sebagai Rocky Balboa, kamu bisa bertemu dengan karakter dari dunia Creed/Rocky, mulai dari Adonis Creed, Clubber Lang, hingga Ivan Dragon. Kamu pun bisa menikmati potongan sinematik yang terinspirasi dari film aslinya, lengkap dengan soundtrack 'Eye of the Tiger' yang ikonik dari seri tersebut.

Secara permainan, gameplaynya tidak terlalu sulit meski kamu harus memiliki timing yang tepat saat melakukan serangan atau menahannya. Salah satu review bahkan menyamakan game ini dengan Street Fighter versi arcade di mana kamu bisa menekan sembarang tombol secara sporadis untuk mendominasi lawan. Cocok buat kamu yang mau seru-seruan tanpa pusing menghapal setiap kombo serangan.

15. Rocky Legends (2004)

Platform: PS2, Xbox

Game Rocky lain yang juga bisa kamu mainkan adalah Rocky Legends yang rilis untuk PS2 dan Xbox pada tahun 2004. Meski gameplaynya diklaim tidak semulus game sebelumnya, Rocky Legends punya cerita yang jauh lebih menarik.

Rocky Legends (2004)

Selain bisa bermain sebagai Rocky Balboa, kamu juga bisa mengikuti Carreer Mode sebagai petarung lain seperti Apollo Creed, Clubber Lang, dan Ivan Drago. Mengikuti kisah di filmnya, kamu bisa melihat awal karir mereka hingga mereka bertemu Rocky dalam filmnya. Kisah Ivan Drago jadi yang paling unik karena endingnya mengubah kisah Rocky secara drastis.

Hal lain yang menarik dari game ini adalah mode latihannya. Latihan pada mode karir memungkinkan kamu untuk mengubah stat karakter kamu. Dengan begitu kamu bisa mengubah gaya bertarung karakter ikonik Rocky sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan.

16. Creed: Rise to Glory - Championship Edition (2023)

Platform: PC, Meta Quest, PS4, PS5

Sebelum baca reviewnya, perlu diketahui bahwa Creed: Rise to Glory dan Championship Edition-nya merupakan game yang hanya bisa dipakai menggunakan perangkat VR (virtual reality) saja.

Game tinjut VR, Creed: Rise to Glory - Championship Edition

Beda dari game-game tinju sebelumnya, penggunaan perangkat VR membuat kamu bisa merasakan langsung serunya pertandingan dari sudut pandang orang pertama. Hal ini pun akan sangat cocok untuk kamu yang gemar bertinju karena Creed: Rise to Glory bisa membantu kamu untuk mengasah keterampilan tinju dalam dunia nyata.

Creed: Rise to Glory sendiri pertama kali rilis pada tahun 2018. Namun pada tahun 2023 mereka merilis versi Championship Edition yang hadir dengan lebih pengingkatan kualitas dan perbaikan bug pada game sebelumnya. Pada versi ini bahkan terdapat Fitness Option yang bisa membantu kamu untuk mengurangi kalori dan membuat tubuhmu sehat.

17. The Thrill of the Fight (2016)

Platform: SteamVR, Oculus Rift

Game tinju lain yang juga memanfaatkan fitur virtual reality adalah The Thrill of the Fight yang kompatibel dengan SteamVR dan Oculus Rift. Diliris pada tahun 2016, grafisnya mungkin tidak sebaik Creed: Rise to Glory, namun mekanismenya patut diacungi jempol.

The Thrill of the Fight (2016)

The Thrill of the Fight memiliki gameplay yang realistis dan mirip dengan suasana tinju yang sebenarnya. Misalnya saja, pukulan ke bagian vital seperti rahang, ulu hati, atau kening akan memiliki damage yang lebih besar dan berpotensi membuat lawan KO.

Di game ini kamu pun bisa berhadapan dengan berbagai lawan dengan gaya bertarung yang berbeda-beda. Kamu pun harus bisa beradaptasi dengan gaya mereka untuk bisa menang. Pastikan kamu memiliki stamina yang cukup karena game ini bisa sangat menguras tenaga.

18. Punch Club 2 - Fast Forward (2023)

Platform: PC, PS4, Xbox Series X/S, Switch

Jika kamu ingin sesuatu yang berbeda, Punch Club 2 adalah game tinju terbaik untukmu. Lebih dari sekadar game fighting, Punch Club 2 pun memadukannya dengan simulasi kehidupan dan manajemen sumber daya.

Punch Club 2 - Fast Forward (2023)

Untuk jadi petarung terbaik, kamu harus berlatih keras dan meningkatkan stat dan teknik kamu. Namun hal ini mendapatkan sedikit twist karena kamu bisa memakai teknologi seperti neuro training atau software ilegal. Terdengar aneh? tidak, karena hal apa saja mungkin di dunia bertema cyberpunk ini.

Selain mengurusi dunia tinjumu, kamu juga harus bisa membagi waktu dan mendapatkan uang untuk kehidupan sehari-hari. Pekerjaan yang bisa kamu dapat pun terbilang cukup nyeleneh di mana kamu bisa memilih untuk bekerja untuk polisi, penjahat, atau mafia. Masing-masing pun memberi reward selain uang, seperti akses ke gaya bertarung baru yang bisa membuat kamu makin kuat.

19. Ready 2 Rumble Boxing: Round 2 (2000)

Platform: PS1, PS2, GBA, N64, Dreamcast

Ready 2 Rumble Boxing adalah game tinju yang dikenal dengan karakter 3D-nya yang kocak dengan permainan yang tidak kalah menariknya. Hal yang membuatnya beda dari game tinju lain adalah mode RUMBLE di mana kamu bisa menyusun kata tersebut dengan memukul telak lawan. RUMBLE yang sudah tersusun nantinya akan memicu serangkaian kombinasi tombol yang bisa membuat karakter mengeluarkan pukulan maut.

Ready 2 Rumble Boxing: Round 2 (2000)

Pada Round 2, mode RUMBLE ini dikembangkan lagi menjadi tiga level. Huruf untuk menyusun kata RUMBLE pun bisa didapat dengan meledek lawan (taunt). Tergantung level RUMBLE tersebut, kamu bisa memberikan lawan pukulan mematikan atau malah membuatnya KO seketika.

Tidak cuma itu, Ready 2 Rumble Boxing: Round 2 juga memiliki banyak karakter tersembunyi yang bisa kamu buka dengan menekan deretan tombol dalam urutan tertentu. Game ini bahkan kedatangan cameo dari tokoh-tokoh terkenal seperti Michael Jackson, Shaquille O'Neill, hingga pasangan presiden Bill dan Hillary Clinton.

20. Victorious Boxers: Ippo’s Road to Glory (2001)

Platform: Playstation 2

Meski jadi salah satu manga tinju terbaik, tidak semua game Hajime no Ippo diterjemahkan ke Bahasa Inggris. Salah satu game Hajime no Ippo terbaik adalah Victorious Boxers: Ippo's Road to Glory yang dirilis pada Playstation 2 pada awal tahun 2000-an.

Victorious Boxers: Ippo’s Road to Glory (2001)

Mengambil cerita dari manga-nya, Victorious Boxers hadir dengan karakter ikonik dari manga Hajime no Ippo, mulai dari Ryuichi Hayami, Mamoru Takamura, Ryo Mashiba, hingga Vorg Zangief. Meski tampilan karakternya kini terlihat ketinggalan zaman, gameplaynya masih membuatnya menarik untuk dimainkan.

Selain kontrol yang dapat menggerakan pemain ke delapan arah berbeda, game ini pun memungkinkan kamu untuk menyimpan replay pertarungan kamu. Satu hal menarik adalah tidak adanya damage atau life meter. Saat pemain kewalahan, kamu bisa melihat perubahan pada wajah yang tampak lebih bonyok atau pergerakan yang semakin lambat.


Deretan game tinju terbaik di Android dan PC bisa jadi pilihan bagi kamu yang menyukai olahraga kontak fisik tersebut. Gameplaynya pun sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan gaya mainmu, mulai dari yang sederhana, taktis, hingga yang sangat realistis. (GimTekno.com)

0 Komentar