15 Game Fighting Terbaik SNES - GimTekno

15 Game Fighting Terbaik SNES

Game fighting mungkin tidak sepopuler game RPG SNES saat ini. Padahal di zamannya, game berantem SNES jadi salah satu permainan 2D paling sering dimainkan berkat popularitas arcade alias dingdong di akhir tahun 80-an.

Tidak cuma itu, game pertarungan di SNES diklaim lebih baik dibanding konsol lainnya dan membuat mereka lebih unggul dari rivalnya, SEGA.

Nah, buat kamu yang ingin merasakan serunya pertarungan dua dimensi dari karakter-karakter populer di Nintendo, berikut adalah beberapa game fighting terbaik di SNES yang bisa kamu coba!

Game Berantem SNES Terbaik

1. Art of Fighting 2

Art of Fighting 2 atau Ryūko no Ken 2 adalah salah satu game yang awalnya muncul di SNK NEO-Geo. Meski secara teknik tidak terlalu mirip dengan aslinya, beberapa bagian dari game tersebut memiliki kemiripan dan banyak digemari penggemar Art of Fighting yang sulit untuk mendapatkan konsol SNK Neo-Geo yang berukuran seperti mesin dingdong.

Art of Fighting SNES (Super Nintendo Entertainment System)

Game Art of Fighting 2 sendiri merupakan sekuel dari game sebelumnya yang banyak dikritik karena memiliki banyak kekurangan dibanding versi Neo-Geo-nya. Namun sekuel game ini justru malah mendapatkan penilaian yang lebih baik dan diklaim memiliki grafik, suara, serta gameplay yang lebih baik dari seri aslinya.

Satu hal yang menarik dari semua seri game berantem Art of Fighting adalah beberapa mode pertarungannya seperti Super Attack dan Desperation Attacks, serta mini-game. Adanya Story Mode pun akan sangat menyenangkan untuk kamu yang ingin tahu kisah di balik game ini.

2. Fatal Fury Special

Sama seperti game Art of Fighting, Fatal Fury Special (Garō Densetsu Special) juga merupakan game dari SNK Neo Geo yang diporting ke SNES dan beberapa perangkan konsol lainnya. Game aslinya sendiri memiliki review yang sangat positif dan jadi salah satu game paling banyak dimainkan.

Fatal Fury Special SNES (Super Nintendo Entertainment System)

Sayang dengan gameplay yang mirip, sejak kemunculanya Fatal Fury dianggap menjiplak konsep game Street Figter 2. Padahal Fatal Fury memiliki karakter ikonik mereka sendiri serta cara bertarung yang sedikit berbeda dibanding game lainnya.

Fatal Fury Special sendiri menggabungkan karakter dari Fatal Fury 2, plus 4 boss dan 3 karakter dari game original Fatal Fury Sayangnya perbedaan kekuatan konsol Neo Geo dan SNES membuat kualitas grafik dan pergerakan di konsol tersebut kalah baik. Meski begitu Fatal Fury Special tetap jadi salah satu game berantem terbaik di SNES yang harus dicoba pecinta genre fighting.

3. Gundam Wing: Endless Duel

Gundam Wings: Endless Duel menjadi salah satu game underrated mengingat permainan ini baru muncul di akhir kejayaan SNES. Makanya game Shin Kidō Senki Gundam Wing: Endless Duel ini belum sempat diterjemahkan dan hanya bisa ditemukan dalam bahasa Jepang saja.

Gundam Wing: Endless Duel SNES (Super Nintendo Entertainment System)

Game Gundam Wing: Endless Duel sendiri akan cocok untuk kamu penggemar mecha di mana kamu bisa memainkan banyak karakter keren dari seri anime Mobil eSuit Gundam Wing dan bertarung 1v1. Endless Duel sendiri dikemas dengan intro mirip anime yang sangat berbeda dibanding game lain di konsol SNES. Penggambaran masing-masing robot raksasa pun dibuat dengan apik.

Meski tidak ada versi Inggrisnya, game Gundam Wing: Endless Duel tetap patut dipertimbangkan sebagai salah satu game pertarungan SNES terbaik. Tidak heran jika game ini sempat dibuatkan dua sekuel di konsol Playstation.

4. Justice League Task Force

Siapa sih yang sekarang tidak kenal dengan tokoh-tokoh seperti Batman, Superman, Wonder Woman, atau Flash?

Justice League Task Force SNES (Super Nintendo Entertainment System)

Bagi pengguna dan penggemar SNES, karakter ikonik tersebut bisa dimainkan melaui game Justice League Task Force. Satu hal yang menarik, game ini dibuat oleh Sunsoft dan Blizzard, yang kini lebih kita kenal sebagai developer game terkenal World of Warcraft, Diablo, dan Overwatch.

Di game ini kita bisa memainkan banyak karakter populer dari Justice League, termasuk penjahat seperti Dark Seid atau Desparo. Setiap pertarungan diadakan di tempat yang berbeda seperti Gotham City, Atlantis, atau Metropolis. Selain itu ada Story Mode buat kamu yang ingin mengetahui kisah di balik superhero yang kamu mainkan.

5. Killer Instinct

Killer Instinct adalah game buatan Rare yang juga membuat game populer lain seperti Donkey Kong Country. Satu fakta menarik, game yang awalnya muncul di arcade ini sebenarnya direncanakan untuk tampil di Nintendo Ultra 64 sebelum akhirnya muncul di SNES.

Killer Instinct SNES (Super Nintendo Entertainment System)

Salah satu nilai jual game Killer Instinct adalah karakternya yang original dan bervariasi. Selain itu game ini fokus pada serangan kombo serta gerakan finishing yang terinspirasi dari game Mortal Kombat. Meski tidak se-superior versi arcade-nya, Killer Instinct tetap jadi salah satu game SNES terbaik versi banyak media dan majalah gaming.

6. Mighty Morphin Power Rangers: The Fighting Edition

Mighty Morphin Power Ranger adalah serial yang sangat terkenal di era 90-an. Namun di game ini kamu tidak akan menemukan ranger favoritmu, melainkan robot mecha Zord yang menjulang tinggi.

Mighty Morphin Power Rangers the Fighting Edition SNES (Super Nintendo Entertainment System)

Di game ini kamu bisa memilih salah satu dari Story Mode, Fighting Mode, atau Trial Mode. Fighting Mode adalah nama lain dari Player vs Player, sedangkan Trial Mode adalah Player vs CPU. Dalam Story Mode, kamu bisa memilih antara Thunder Megazord atau Mega Tigerzord dan melawan 8 musuh berbeda sebelum bertarung dengan Ivan Ooze di laga terakhir.

Salah satu elemen menarik dari game ini adalah adalah power bar-nya. Setiap karakter akan memiliki power bar yang turun naik, mulai dari kosong hingga terisi penuh. Hal ini nantinya akan mempengaruhi kekuatan serangan spesial yang kamu gunakan. Dan jika kamu berhasil menggunaan gerakan spesial dengan power bar yang penuh sebanyak 3 kali, karakter kamu dapat menggunakan gerakan spesial sesuka hati selama beberapa waktu.

7. Power Instinct

Power Instinct (Gōketsuji Ichizoku) adalah game pertarungan yang dirilis terlebih dahulu di arcade pada tahun 1993 sebelum di-porting ke SNES dan Sega Mega Drive. Game ini berkisah mengenai sebuah turnamen Gōketsuji di mana pemenang dapat mengontrol klan yang ada.

Game ini memiliki beberapa gerakan menarik seperti double jump, double dash yang membuat pertarungan semakin menarik. Kamu bahkan bisa menyerang sambil berlari. Saltu hal unik lainnya adalah adanya fitur transformasi di mana beberapa pemain dapat mengubah penampilan dan gaya bertarung mereka hanya dengan melakukan gerakan tertentu.

Meski mendapatkan respon yan cukup positif, Power Instinct sebenarnya memiliki beberapa kekurangan dibanding versi aslinya. Selain adanya intro pemain yang hilang, Mode Karaoke pun tidak dimunculkan sehingga pengguna SNES tidak bisa menikmatinya.

8. Sailor Moon S

Sailor Moon jadi salah satu anime paling populer di era 90-an. Makanya tidak heran jika karakter di seri anime tersebut muncul di banyak platform lain, seperti video games. Di SNES sendiri ada 9 game Sailor Moon yang bisa kamu mainkan, salah satunya adalah sailor Moon S atau Bishōjo Senshi Sailor Moon S: Jōgai Rantō!? Shuyaku Sōdatsusen.

Sailor Moon S SNES (Super Nintendo Entertainment System)

Game ini sendiri berlatar belakang season 3 setelah seri Sailor Moon R, ketika suatu hari pada sailor frustasi dengan kepemimpinan Sailor Moon dan memutuskan untuk mengadakan turnamen untuk memilih pemimpin selanjutnya. Di sini kamu bisa memainkan 9 karakter seluruh karakter wanita dari anime Sailor Moon. Masing-masing memiliki stat dan kekuatan spesial yang menarik untuk kamu yang ingin bernostalgia dengan seri anime legendaris ini.

9. Super Street Fighter II

Street Fighter adalah salah satu franchise terpopuler di genre fighting. Meski semua seri game ini patut dimainkan, Super Street Fighter II patut dikedepankan mengingat game ini menjadi fondasi bagi semua game Street Fighter selanjutnya.

Super Street Fighter II SNES (Super Nintendo Entertainment System)

Street Fighter II sendiri mengambil formula yang sukses di seri pertama mereka dan mengembangkannya jadi lebih baik. Hasilnya adalah game Stree Fighter dengan karakter yang lebih banyak dan unik, serta gameplay yang menarik. Belumlagi latar belakang hidup yang membuat permainan Super Street Fighter II layak dimainkan pecinta game fighting baru maupun lama.

10. Street Fighter: Alpha 2

Serial game Stree Fighter lain yang juga patut masuk dalam daftar game berantem terbaik di SNES adalah Alpha 2. Menariknya, game ini sendiri sempat enggan diluncurkan oleh Capcom ke SNES meningat ada banyak keterbatasan pada konsol tersebut. Makanya, game ini baru muncul di akhir masa SNES dan lebih populer di konsol Playstation dan Sega Saturn.

Street Fighter Alpha 2

Adanya keterbatasan pada kemampuan SNES membuat game ini memiliki banyak kekurangan dibanding versi arcade. Selain grafik yang terlihat kurang mulus, efek suaranya pun sering terdengar tumpang tindih, terutama ketika ada dua pemain ang mengeluarkan gerakan spesial.

Meski begitu game ini tetap patut mendapatkan tempat spesial mengingat kerasnya usaha mereka untuk mendobrak performa mesin 16 bit. Selain itu kamu pun bisa memainkan banyak karakter keren dari seri Street Fighter, termasuk musuh-musuh seperti Akuma, Bison, dan Dan yang bisa langsung dimainkan.

11. Teenage Mutant Ninja Turtles: Tournament Fighters

Mungkin tidak banyak yang tahu bila lisensi Teenage Mutant Ninja Turtles dipegang oleh Konami di era 90-an. Makanya tidak heran bila game dengan karakter kartun tersebut banyak dijumpai di platform SNES.

Teenage Mutant Ninja Turtles Tournament Fighters SNES (Super Nintendo Entertainment System)

Meski kebanyakan game yang dirilis merupakan game pertarungan side-scrolling, Konami juga merilis game pertarungan bernama Teenage Mutant Ninja Turtles: Tournament Fighters. Di sini kita bisa bertarung menggunakan tokoh-tokoh dari seri tersebut seperti Donatelo, Raphael, Michaelangelo, Leonardo, serta musuh-musuh seperti Shredder, Wingnut, dan Chromedome.

Selain di SNES, game ini juga ada di konsol NES dan Sega Genesis. Namun game yang dirilis di SNES memiliki keunikan tersendiri, salah satunya dalah pengenalan power bar yang dapat diisi dengan cara bertarung. Bila power bar tersebut penuh, kamu bisa melepaskan gerakan spesial. Meski hal ini cukup umum di banyak game pertarungan, Teenage Mutant Ninja Turtles: Tournament Fighters jadi salah satu game yang pertama kali mempopulerkannya.

12. Ultimate Mortal Kombat 3

Bila ada game yang berhasil menyaingi popularitas Stree Fighter sebagai game bertarung terbaik SNES, kemungkinan besar Mortal Kombat adalah jawabannya.

Ultimate Mortal kombat 3 SNES (Super Nintendo Entertainment System)

Game ini sendiri menawarkan sesuatu yang berbeda dibanding game bertarung lain dengan grafik dan palet warna yang menarik. Selain itu game ini juga sempat membuat heboh dengan banyaknya adegan yang cukup brutal dan penuh dengan darah.

Namun di balik itu semua, di game ini kamu bisa memainkan karakter unik dari dunia Mortal Kombat seperti Kabal, Cyrax, Sektor, Nightwolf, dan masih banyak lagi. Kamu pun bisa menggunakan berbagai teknik seperti tombol run yang bisa mendekatkan kamu kepada musuh, serta chain combos untuk menghantam musuh berturut-turut.

Dan jika kamu berhasil mengalahkan musuh, ada teknik brutality dengan animasi yang unik dan menjadi salah satu ciri khas dari game Mortal Kombat.

13. World Heroes 2

World Heroes sempat mendapatkan penilaian yang kurang baik di awal perilisannya karena kemiripannya dengan game Street Fighter yang lebih populer. Tidak hanya gerakannya, berbagai tokoh yang berasal dari seluruh dunia jadi penyebabnya.

World Heroes 2 SNES (Super Nintendo Entertainment System)

Meski begitu World Heroes menawarkan keunikan sendiri dan pada akhirnya mampu keluar dari bayang-bayang Street Fighter. Game yang dialihkan ke SNES bahkan menjadi salah satu yang terbaik dan mirip dengan versi arcade-nya berkat keakuratannya dalam menampilkan tokoh serta gameplaynya.

Pada game sekuel World Heroes ini, kamu bisa memilih 8 karakter dari game sebelumnya serta 6 tokoh baru. Karakter yang ditampilkan pun sangat unik mulai dari robot komandan militer Jerman, kapten bajak laut, pemain American Football, dan masih banyak lagi.

14. WeaponLord

Tidak seperti game pertarungan SNES lain yang biasanya di-porting dari aracade, WeaponLord dibuat khusus untuk konsol game rumahan dan jadi game pertama ang dioptimalkan agar bisa dimainkan secara online.

Weaponlord SNES (Super Nintendo Entertainment System)

Game WeaponLord sendiri dibuat oleh developer yang juga mengembangkan Street Fighter, dan dibuat khusus untuk pecinta game fighting. Game ini sendiri terinspirasi dari serial Conan the Barbarian sehingga tidak heran jika karakter di game ini mirip dengan tokoh-tokoh dari seri tersebut.

Satu hal yang paling mencolok dari game ini adalah sistem pertarungannya. Selain menggunakan senjata (weapon-based), game ini juga memiliki gaya tarung unik yang banyak mengandalkan kombo dan serangan balik.

Sebagai contoh, game ini memiliki gerakan thrust-blocking yang mirip sistem parry di Street Fighter III. Selain itu game ini juga memperkenalkan gerakan Deflect, sebuah manuver serangan balik unik yang dimiliki masing-masing karakter. Saat bertarung, kamu pun bisa melihat animasi saat pemain berhasil memotong rambut atau pakaian lawan. Dan jika kamu berhasil mengalahkan musuh, kamu bisa menggunakan death combos yang dapat memberikan efek mengerikan pada lawan.

15. Seifuku Densetsu Pretty Fighter

Seifuku Densetsu Pretty Fighter mungkin tidak termasuk game berantem terbaik di SNES. Namun jika kamu ingin mencoba permainan yang memberikan suasana baru, maka game ini bisa jadi pertimbangan.

Seifuku Densetsu Pretty Fighter SNES (Super Nintendo Entertainment System)

Sama seperti Sailor Moon S, game ini juga diisi oleh karakter perempuan yang masing-masing memiliki gaya bertarung mereka sendiri. Selain itu semua karakternya menggunakan pakaian unik seperti seragam sekolah, komono, disco queen, kunoichi (ninja perempuan), atau pakaian dinas perawat.

Namun jangan berharap terlalu banyak karena rating game ini tidak terlalu bagus, dan dianggap mirip dengan game Asuka 120% yang dirilis pada tahun yang sama.


Itulah dia beberapa game berantem Super Nintendo terbaik yang bisa kamu mainkan. Melalui emulator SNES, kamu bisa melihat game-game terbaik di masa lalu yang menjadi cikal bakal game-game pertarungan yang ada sekarang ini.

0 Komentar