30+ Aksesoris Laptop Terbaik untuk Segala Kebutuhan - GimTekno

30+ Aksesoris Laptop Terbaik untuk Segala Kebutuhan

Buat kamu yang menggunakan laptop untuk pekerjaan sehari-hari, memiliki hardware pelengkap yang tepat bisa membantu meningkatkan produktivitasmu. Tidak cuma itu, macam-macam aksesoris laptop terbaik pun dapat membuat kamu semakin nyaman dalam melakukan berbagai tugas.

Mulai dari kipas yang bikin laptop adem hingga mouse yang responsif, ada beragam aksesoris laptop yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Perangkat portable tersebut pun nantinya dapat kamu sulap menjadi workstation yang kaya fitur dan comfy banget untuk pemakaian sehari-hari.

Rekomendasi aksesoris laptop yang wajib dimiliki

Nah, buat kamu yang ingin menambahkannya, berikut adalah deretan rekomendasi aksesoris laptop terbaik agar kamu tidak kelewatan.

Daftar Aksesoris Laptop yang Wajib Dimiliki

1. Tas Laptop

Setiap pembelian laptop umumnya menyertakan tas laptop sebagai bonus. Dengan tas tersebut, kamu bisa membawa laptop dan semua perlengkapannya dengan mudah kemana-mana. Namun jika kamu akan sering menggunakannya, kamu mungkin perlu berinvestasi pada tas laptop yang lebih baik.

Tas Laptop Hanke BK1905
Tas laptop hadir dengan ukuran yang lebih besar dan fitur penunjang yang lebih banyak.

Dibandingkan tas laptop bawaan pabrik, ada banyak tas laptop yang menawarkan fitur lebih. Mulai dari tempat yang lebih lega, kompartemen atau kantong yang lebih banyak, penyediaan lubang untuk headset dan earphone, charging port, hingga sistem anti maling yang membuat tas laptop kamu makin aman.

Tidak cuma itu, beberapa tas laptop juga dibuat dengan material yang lebih baik dan tahan benturan. Kamu bahkan bisa memilih tas laptop dari bahan anti air agar perangkat kamu aman dari hujan. Tidak ketinggalan, ada banyak tas laptop yang memiliki desain yang lebih stylish, cocok untuk kamu yang ingin terlihat lebih gaya!

2. Wireless Mouse

Wireless mouse adalah aksesoris laptop lain yang juga wajib kamu miliki. Meski sudah ada touchpad, peran mouse belum bisa tergantikan sepenuhnya, apalagi buat kamu yang bakalan sering menggunakannya.

Logitech Pebble 2 M350s Mouse Wireless Bluetooth Slim Silent
Mouse external memiliki tingkat akurasi dan kenyamanan yang lebih baik dari touchpad bawaan laptop.

Entah itu untuk gaming, editing, atau pekerjaan lainnya, mouse external menawarkan tingkat akurasi yang lebih tinggi dan tingkat kenyamanan yang jauh lebih baik. Tingkat presisinya yang tinggi pun membuatnya dapat membantu meningkatkan produktivitas karena memungkinkan pengguna untuk bekerja dengan lebih cepat dan efisien, terutama bagi mereka yang terbiasa dengan menggunakan mouse tradisional.

Di antara banyak pilihan yang ada, Wireless mouse lebih portabel dan memungkinkan kamu untuk memakai mouse dari jarak yang lebih jauh tanpa terbatas oleh panjang kabel. Selain itu wireless mouse modern pun sudah memiliki respon yang cepat dan akurat dan tidak kalah dibanding mouse berkabel biasa.

3. Keyboard

Selain mouse, keyboard juga bisa jadi aksesoris laptop lain yang bisa kamu pertimbangkan. Dibanding keyboard bawaan laptop, Keyboard eksternal sering kali memiliki desain yang lebih ergonomis, dengan tombol yang lebih besar dan jarak yang lebih luas antara tombol-tombolnya. Hal ini dapat mengurangi ketegangan pada tangan, pergelangan tangan, dan bahu saat kamu mengetik untuk waktu yang lama.

APOLLO61 Wireless Mechanical Keyboard by Press Play
Bagi yang suka ngetik, keyboard eksternal jadi aksesoris laptop yang wajib dimiliki.

Selain itu, keyboard eksternal juga biasanya lebih tahan lama dibandingkan dengan keyboard bawaan laptop. Pilihannya pun jauh lebih beragam dengan berbagai desain dan fitur yang bisa disesuaikan dengan gaya mengetikmu.

Tidak cuma itu saja, menggunakan keyboard external akan mengurangi kontak langsung antara tangan dan permukaan laptop. Hal ini pun akan membuat kamu lebih nyaman karena permukaan laptop cenderung memanas saat dipakai dalam jangka waktu lama.

4. Wrist/Rest Pad

Buat kamu yang sudah terlanjur nyaman dengan keyboard bawaan laptop, wrist pad atau bantalan notebook bisa jadi aksesoris laptop yang pas buat kamu.

Triple W Silicone Laptop Wrist Pad
Wrist pad dapat membantu mengurangi pegal saat harus ngetik seharian.

Dengan bahan silikon anti air yang lembut, wrist pad bisa memberikan bantalan agar pergelangan tangan kamu tetap nyaman dan tidak mudah lelah. Pada bagian bawahnya juga sudah terdapat anti slip yang tidak membuat posisi wrist pad tidak mudah berubah, tanpa merusak bodi laptop.

5. USB Hub

USB Hub jadi salah satu aksesoris wajib untuk laptop, apalagi desain kekinian yang lebih tipis membuat banyak laptop modern memiliki jumlah port yang lebih terbatas. Dengan USB Hub, kamu bisa mencolokkan lebih banyak aksesoris laptop tanpa perlu memakainya bergantian.

Robot H130 USB HUB 2.0 4 Ports
Tambah jumlah port USB laptop dengan USB-Hub.

USB Hub sendiri hadir dalam beragam jenis yang nantinya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Jika kamu ingin membelinya, kamu bisa menggunakan beberapa kriteria berikut ini:

  • Cek tipe koneksi. Pada umumnya laptop memiliki port USB-A, namun beberapa laptop keluaran terbaru memiliki port USB-C yang jauh lebih cepat.
  • Hitung jumlah port yang dibutuhkan. USB Hub standar umumnya memiliki 3-4 port tambahan, namun ada pula USB Hub yang menyediakan hingga 8-10 port atau lebih dari itu.
  • Kecepatan Transfer. Pastikan USB hub mendukung kecepatan transfer data yang sesuai dengan kebutuhan. USB 3.0 atau lebih baru umumnya menawarkan kecepatan transfer yang lebih cepat daripada USB 2.0.
  • Power supply. Jika kamu berencana untuk menggunakan banyak perangkat yang membutuhkan daya, seperti hard drive eksternal atau perangkat pengisian daya, pertimbangkan untuk memilih USB hub yang dilengkapi dengan adaptor daya tambahan untuk memastikan pasokan daya yang memadai.

6. Docking Station

Mirip dengan USB Hub, docking station jadi aksesoris laptop yang menyediakan port USB tambahan. Meski begitu alat ini juga memungkinkan kamu untuk memiliki port non-USB, pengisian daya, hingga slot untuk SSD/NVME.

Vention Multiport 12in1 Docking Station All in One Converter
Mirip USB-Hub, namun docking station memiliki lebih banyak port berbeda untuk beragam keperluan.

Dengan harga yang umumnya jauh lebih mahal, docking station jadi alat yang tepat jika kamu membutuhkan port tambahan seperti LAN, ethernet, audio, card reader, hingga port audio. Beberapa bahkan memiliki slot HDMI atau bahkan VGA untuk kamu yang ingin menyambungkan laptop dengan monitor external.

Tidak cuma itu saja, beberapa docking station pun mampu jadi sumber pengisian daya. Lalu ada pula yang memiliki slot untuk membaca SSD/NVME buat kamu yang butuh tempat penyimpanan ekstra.

7. USB-C to USB-A Adapter

Jika kamu sering bekerja menggunakan perangkat atau smartphone yang sudah mengadopsi USB Type-C, kemungkinan besar kamu akan butuh USB-C to USB-A OTG/adapter/converter. Dengan begitu kamu bisa menyambungkan kedua perangkat tersebut dengan mudah.

Perlu diketahui bahwa ada beberapa USB hub yang juga sudah memiliki fitur seperti ini. Jadi jika kamu belum memilikinya, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli USB Hub dengan converter tersebut.

8. Stand Laptop

Stand laptop adalah aksesoris laptop yang bukan hanya sekadar jadi dudukan laptop saja. Stand laptop dapat membantu meningkatkan postur ergonomis dengan mengangkat layar laptop ke tingkat mata yang lebih nyaman. Hal ini dapat mengurangi tekanan pada leher, bahu, dan punggung, serta mengurangi risiko cedera atau ketidaknyamanan jangka panjang.

Stand Laptop UNEED ULS901
Selain jadi dudukan, stand laptop juga bisa mendinginkan laptop dan membuat penggunanya nyaman. 

Kebanyakan stand laptop juga dilengkapi dengan lubang ventilasi atau desain berlubang untuk meningkatkan sirkulasi udara di sekitar laptop. Hal ini akan sangat membantu menjaga laptop tetap adem dan mengurangi risiko overheating yang dapat mengganggu kinerja laptop.

Tidak cuma itu, mengangkat laptop dari permukaan meja akan menciptakan ruang tambahan di bawah laptop. Tempat ini pun nantinya bisa dipakai untuk menyimpan barang-barang kecil seperti pena, buku catatan, atau perangkat kecil lainnya. Meja kamu pun akan terlihat lebih rapi dan terorganisir.

9. Lap Desk

Buat kamu yang senang menggunakan laptop di atas kasur atau di dalam mobil, lap desk atau cushioned laptop stand bisa jadi alternatif. Beda dengan stand laptop biasa, bentuk lap desk dengan bantalan di bawahnya akan membuat kamu lebih nyaman saat memangku laptop.

Lap Desk Triple W
Lap desk jadi aksesoris laptop yang pas buat kamu yang mager.

Beberapa lap desk juga hadir dengan mousepad bawaan yang cocok buat kamu yang pakai mouse external. Selain itu ada pula phone/tablet holder yang membuatnya bisa jadi dudukan serbaguna saat kamu mager, tidak hanya untuk laptop saja.

10. Vertical Laptop Stand

Buat kamu yang ingin punya meja yang rapih, vertical laptop stand dapat membantu kamu mewujudkannya. Alih-alih meletakan laptop secara horizontal, alat ini justru akan menyimpan laptop dalam posisi vertikal (berdiri) saat sedang tidak digunakan.

Hagibis Vertical Stand untuk laptop
Laptop tampak lebih rapih saat disimpan dengan vertical stand.

Dengan bahan alumunium alloy yang kuat, vertical laptop stand dapat menahan beban laptop agar tidak mudah rubuh. Alat ini pun dapat diatur agar lebarnya bisa mengakomodir segala jenis laptop. Dan jangan khawatir laptop kamu baret karena bantalan di kedua sisinya akan menjaga bodi laptop kamu tetap mulus.

11. Cooling Pad

Buat yang sering ngegame atau memakai laptop untuk kerja berat, cooling pad jadi aksesoris laptop yang wajib dimiliki. Dengan tambahan kipas eksternal ini, panas akan lebih mudah disebar sehingga suhu laptop akan lebih terjaga.

Fantech Cooling Pad RGB NC12
Bikin laptop jadi adem saat dipakai seharian dengan cooling pad.

Saat memilih, pastikan cooling pad cocok dengan ukuran laptop kamu. Idealnya, pilih juga cooling pad yang dilengkapi dengan pengontrol kecepatan kipas. Dengan begitu kamu bisa menyesuaikan kecepatan kipas sesuai dengan kebutuhan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi pendinginan dan mengurangi kebisingan yang tidak perlu.

Terakhir, periksa apakah cooling pad menggunakan daya dari laptop atau memerlukan adaptor daya eksternal. Beberapa cooling pad juga dilengkapi dengan port USB atau phone holder, yang bisa menjadi fitur tambahan yang pastinya sangat berguna.

12. Cleaning Kit

Debu, serpihan makanan, dan kotoran lainnya dapat dengan mudah menumpuk pada permukaan laptop, terutama di sela-sela tombol keyboard. Akumulasi kotoran ini lama-kelamaan dapat mengganggu kinerja perangkat, menyebabkan kerusakan, atau bahkan menyebabkan overheat jika ventilasi tersumbat.

Cleaning Kit laptop
Membersihkan laptop makin mudah dengan cleaning kit.

Karena itulah, kamu harus rutin merawat kebersihan laptop dan membersihkannya dari semua kotoran. Untuk membantu kamu melakukannya, ada cleaning kit khusus laptop yang sudah dilengkapi alat-alat yang dapat membersihkan laptop hingga ke sela-sela terdalam.

13. Air Blower/Duster

Cleaning kit untuk laptop umumnya sudah menyertakan semprotan udara yang bisa dipakai secara manual. Namun buat kamu yang tidak mau repot, ada air blower/duster yang bisa melakukannya secara otomatis.

Air Blower/Duster Zola
Tiup debu dan kotoran membandel dengan air blower/duster.

Dengan kecepatan maksimum hingga puluhan ribu RPM, alat ini dapat membantu meniup debu yang melekat pada semua perangkat elektronik kamu, termasuk laptop. Debu yang berada di sela yang sulit dijangkau pun dapat terlepas dengan mudah dan lebih gampang dibersihkan.

Namun kamu yang ingin memilikinya harus menyiapkan budget yang cukup besar karena harga alat ini terbilang mahal.

14. Screen Protector

Layar jadi bagian penting sekaligus bagian yang paling rentan dari sebuah laptop. Untuk melindunginya, kamu bisa memakai screen protector atau screen guard yang punya cara kerja mirip anti gores pada hp.

Dengan aksesoris ini, layar laptop kamu bisa terlindungi dari bekas sidik jari atau bahkan goresan. Beberapa screen protector bahkan sudah dilengkapi fitur anti glare yang membuat layar tetap terlihat jelas saat terkenal pantulan cahaya dari luar.

15. Anti Spy Screen

Buat kamu yang sering memakai laptop di tempat umum, kamu bisa memakai anti spy screen sebagai alternatif screen protector biasa. Sama-sama mampu melindungi layar laptop dari goresan, aksesoris yang satu ini juga bisa menjaga privasi kamu saat berada di keramaian.

Screen Guard Anti Spy Magnetic Privacy
Anti spy screen membuat layar kamu menghitam saat diintip dari samping.

Dengan melapisi layar dengan anti spy screen, layar kamu akan berubah menjadi gelap saat dilihat 45-60 derajat ke kanan atau ke kiri layar. Hal ini pun akan mencegah orang lain untuk mengintip apa yang sedang kamu lihat di layar.

16. Portable Monitor

Sesuai namanya, portable monitor adalah layar ringkas yang dapat dibawa kemana-mana. Jika kamu menggunakannya untuk laptop, portable monitor ini bisa bekerja sebagai monitor kedua yang bisa dipakai untuk menduplikasi atau memperlebar tampilan layar laptop kamu.

ASUS ZenScreen MB166C Portable USB Monitor 15.6"
Portable monitor jadi aksesoris laptop yang pas buat kamu yang butuh monitor tambahan.

Portable monitor sendiri memang bukan aksesoris laptop yang wajib dimiliki. Namun buat kamu yang merasa tampilan layar laptop kamu terlalu kecil, atau memang butuh dua layar untuk menunjang produktivitas, maka portable monitor akan sangat membantu.

Kebanyakan portable monitor hadir dengan beberapa port, mulai dari port USB-A atau USB-C, mini HDMI, hingga HDMI. Dan jika sedang tidak digunakan untuk laptop, portable monitor juga bisa disambungkan ke berbagai perangkat lain, seeprti smartphone atau tablet.

17. Bluetooth Speaker/Soundbar

Meski memiliki speaker bawaan, jujur saja kualitas suara speaker laptop rata-rata bukanlah yang terbaik. Mengingat ringkasnya ukuran laptop, wajar jika kebanyakan produsen kesulitan memberikan tempat untuk menempatkan speaker terbaik di laptop buatan mereka.

Jadi buat kamu yang senang mendengarkan lagu atau menonton film di laptop, bluetooth speaker atau soundbar jadi aksesoris laptop yang tidak boleh ketinggalan.

Edifier M201BT Speaker Bluetooth
Speaker/Soundbar jadi aksesoris laptop yang wajib dimiliki penggemar musik dan film.

Speaker eksternal umumnya dirancang dengan driver yang lebih besar dan komponen yang lebih baik daripada speaker laptop bawaan. Karena itulah mereka dapat menghasilkan suara yang lebih jernih, lebih kaya, dan lebih menarik secara keseluruhan.

Khusus untuk speaker eksternal dengan subwoofer, mereka bahkan mampu menghasilkan bass yang lebih dalam dan lebih kuat daripada speaker laptop bawaan. Hal ini tentu akan meningkatkan pengalaman mendengarkan musik, menonton film, atau bermain game.

18. Headset/Headphone

Headset atau headphone jadi alternatif speaker bagi kamu yang gemar mengkonsumsi file multimedia di laptop. Aksesoris laptop ini pun jadi opsi yang baik saat kamu memakai laptop di tempat umum tanpa perlu khawatir mengganggu orang lain di sekitarmu.

Headphone sendiri memiliki pilihan yang sangat beragam, mulai dari yang berkabel hingga yang bisa dipakai wireless. Headphone wireless memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi meski kamu perlu memperhatikan baterainya. Sementara headphone dengan kabel umumnya punya kualitas suara yang lebih baik tanpa adanya kompresi.

19. Webcam

Laptop sebenarnya sudah memiliki fitur webcam mereka sendiri. Namun jika kamu sering melakukan panggilan video online, streaming, atau merekam untuk Youtube, membeli webcam external bisa memberikan manfaat lebih dibanding menggunakan kamera bawaan laptop.

Webcam Logitech Brio 100
Webcam external memberikan hasil dengan kualitas yang lebih baik dari kamera bawaan laptop.

Secara umum, webcam eksternal seringkali memiliki kualitas gambar yang lebih baik daripada webcam bawaan laptop. Hal ini karena webcam eksternal sering dilengkapi dengan sensor gambar yang lebih besar, lensa yang lebih baik, dan kemampuan untuk merekam video dalam resolusi yang lebih tinggi.

Selain itu, webcam eksternal juga dapat ditempatkan dan diposisikan secara fleksibel sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hla ini tentu berbeda dengan webcam bawaan laptop yang cenderung tetap terpasang pada laptop dan lebih sulit untuk diatur posisinya.

20. Keyboard Cover

Agar keyboad laptop tidak mudah kotor dan berdebu, kamu bisa menutupnya dengan keyboard cover saat sedang tidak digunakan. Keyboard cover umumnya dibuat dari bahan silikon atau microfiber yang halus dan tidak akan menyebabkan baret pada layar saat laptop ditutup.

Jika kamu menggunakan keyboard external, cover ini dapat membantu kamu menjaga tampilan dan performa keyboard bawaan laptop agar tetap sempurna saat kamu membutuhkannya nanti.

21. Port Cover

Port cover laptop
Lindungi port laptop yang tidak terpakai dari debu dan kotoran dengan plug silikon.

Selain melindungi keyboard, kamu pun bisa menutup lubang atau port yang sedang tidak digunakan menggunakan port cover khusus laptop. Dengan aksesoris laptop ini, kamu bisa menutup port USB, slot kartu TF, port HDMI, port audio dan lain-lain, agar tidak mudah berdebu dan berkerak.

22. Webcam Cover

Buat yang parno sama webcam bawaan laptop dan khawatir akan masalah privasi, webcam cover jadi aksesoris laptop yang wajib dimiliki. Sesuai namanya, aksesoris ini akan menutupi kamera webcam bawaan laptop dan memastikannya benar-benar tertutup saat sedang tidak digunakan.

Webcam cover laptop

Dengan mekanisme yang sederhana, kamu hanya perlu menggeser slide untuk menutup atau membuka kamera webcam. Dengan begitu kamu bisa merasa 100% aman dan tidak perlu khawatir jika ada hacker yang berusaha memanfaatkan celah lewat kamera tersebut.

23. Security Lock

Masih berhubungan dengan keamanan, security lock jadi aksesoris laptop yang wajib dimiliki jika kamu sering menggunakan laptop di tempat umum. Dengan kunci ini, laptop kamu akan terikat pada benda lain sehingga tidak mudah digondol orang yang berniat jahat.

Menggunakan kabel baja yang kuat, securit lock juga memastikan kunci tidak mudah dipotong dan dicuri. Instalasi pun bisa dilakukan dengan mudah menggunakan lubang keamanan bawaan laptop tanpa perlu membobol laptop atau mengubah bentuknya. Alat ini pun nantinya dapat dibuka dengan mudah, baik dengan kunci atau penggunaan mode sandi 4 digit.

24. Kacamata Anti Radiasi

Buat yang setiap hari bekerja di depan layar laptop, kacamata anti radiasi jadi aksesoris yang tidak boleh ketinggalan.

Meskipun monitor komputer modern tidak menghasilkan radiasi ionisasi yang berbahaya, perangkat ini memancarkan cahaya biru yang intens. Pemaparan berlebihan terhadap cahaya biru dapat menyebabkan kelelahan mata, ketegangan, dan gangguan tidur. Kacamata anti-radiasi dapat membantu mengurangi paparan cahaya biru ini dan melindungi mata dari kelelahan yang berlebihan.

Beberapa kacamata anti radiasi juga dilengkapi dengan lapisan anti-reflective atau anti-glare yang dapat membantu mengurangi silau dan pantulan cahaya dari layar komputer. Hal ini dapat akan memberikan kenyamanan saat harus menatap layar berjam-jam dan mengurangi ketegangan pada mata.

25. GaN Charger + Adapter Converter

Buat kamu yang berencana ganti charger atau adaptor laptop, kamu perlu mempertimbangkan GaN Charger. GaN Charger sendiri sebenarnya lebih cocok untuk laptop dengan konektor daya Type-C. Namun jangan khawatir karena kamu bisa memakai adapter converter khusus agar bisa dipakai di laptop dengan jenis konektor daya berbentuk bulat.

Ugreen GaN Charger 100W
Meski berukuran lebih kecil,GaN Charger punya kinerja lebih baik dari charger laptop biasa.

Beda dari charger biasa, GaN Charger menggunakan bahan Gallium Nitride, material semikonduktor yang mampu menghasilkan daya dengan efisiensi yang lebih tinggi daripada silikon, yang merupakan bahan yang umum digunakan dalam charger tradisional. Hal ini membuat charger GaN dapat mengisi daya perangkat lebih cepat namun menghasilkan panas yang lebih sedikit.

Tidak cuma itu, GaN charger umumnya lebih kecil dan lebih ringan daripada charger tradisional yang membuatnya lebih portabel dan mudah dibawa-bawa saat bepergian. GaN charger pun tidak hanya bisa dipakai untuk laptop, tapi juga beragam perangkat lainnya.

26. Power Bank Laptop

Bagi yang sering bepergian jarak jauh dalam jangka waktu lama, memiliki powerbank untuk laptop bisa jadi penolong saat kamu butuh sumber daya di tempat yang tidak memungkinkan. Dengan ukurannya yang jauh lebih besar dari powerbank biasa, aksesoris laptop ini bisa menjadi solusi agar kamu bisa tetap mengakses laptop kamu meski tanpa akses listrik.

27. Stop Kontak Saklar dengan Pelindung Anti Petir

Tegangan listrik yang stabil jadi salah satu kunci untuk melindungi peralatan elektronik dan membuatnya awet. Pengguna laptop pun sebenarnya tidak perlu menggunakan stabilizer tambahan karena charger yang diberikan sudah mampu meregulasi listrik yang masuk ke dalam laptop. Jika ingin memberinya perlindungan tambahan, kalian bisa membeli stabilizer atau stop kontak khusus yang sudah dilengkapi dengan surge protector.

Perlu diketahui bahwa charger laptop dapat mentoleransi tegangan mulai dari 100 hingga 240 Volt. Hal ini membuat charger laptop dapat bekerja pada kondisi listrik yang tidak ideal sekalipun. Namun terlalu sering bekerja di tempat yang listriknya turun-naik lama-kelamaan dapat membuat komponen di dalamnya rusak. Penggunaan stabilizer atau stop kontak dengan surge protection dapat menjaganya tetap awet sekaligus melindunginya dari lonjakan tegangan berlebih akibat sambaran petir.

28. HDD/SSD External

Menggunakan HDD/SDD external jadi langkah tepat jika laptop kamu memiliki penyimpanan internal yang terbatas. Keduanya pun dapat dipakai sebagai alat untuk membuat salinan cadangan (backup) penting untuk melindungi informasi berharga dari kehilangan karena kegagalan perangkat keras atau kesalahan pengguna.

Baik SDD maupun HDD bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Jika ingin external hard drive dengan kapasitas besar, maka kamu bisa mempertimbangkan HDD External. Namun bila kamu ingin transfer file yang cepat, maka SSD External jadi pilihan yang lebih baik.

29. Cable Management

Alat manajemen kabel untuk laptop adalah komponen penting yang sering kali diabaikan, namun memiliki dampak besar pada kenyamanan dan keamanan laptop. Manajemen kabel yang baik dapat membantu mengurangi kekacauan kabel di sekitar laptop, membuat area kerja terlihat lebih rapi, dan menghindari risiko kabel terjepit atau terjatuh yang dapat merusak laptop atau perangkat lainnya.

Selain itu, alat manajemen kabel juga dapat membantu melindungi kabel dari kerusakan akibat tekanan, gesekan, atau penjepitan. Dengan begitu, aksesoris laptop ini juga dapat membantu mencegah kerusakan pada kabel dan memperpanjang umurnya.

Alat manajemen kabel sendiri memiliki beragam bentuk, mulai dari klip, cable ties, tray, hingga kotak. Pembelian nantinya bisa disesuaikan dengan banyaknya perangkat lain dan kabel yang kamu gunakan.

30. Phone Holder

Bagi yang sering mantengin hp, mencari phone holder khusus untuk laptop bisa jadi alternatif smarpthone stand yang sama-sama bisa dipakai sebagai dudukan hp.

Phone holder laptop KIIP
Bekerja dengan smartphone dan laptop jadi makin mudah dengan phone holder.

Beda dengan stand yang diletakan di meja, phone holder dirancang agar menempel di laptop kamu. HP pun nantinya bisa ditempel ke alat tersebut menggunakan magnet.

Sebelum membeli aksesoris laptop ini, ada baiknya hp kamu sudah support wireless charging agar bodi hp dapat melekat erat pada magnet. Jika belum, kamu bisa menggunakan ring magnet tambahan yang dibeli secara terpisah.

31. Lampu Portable

Buat kamu yang suka ngetik sambil gelap-gelapan, memiliki lampu portable bisa jadi solusi supaya kamu bisa melihat layout keyboard kamu. Pilihannya pun beragam, mulai dari klip atau stand, hingga yang pakai sumber daya dari port USB atau yang pakai baterai.

Di antara semuanya, lampu baca dengan klip dan baterai mandiri lebih enak dipakai, apalagi kalau kamu memakai semua port usb yang ada di laptop kamu. lagipula kalau sedang tidak dipakai ngetik, lampu tersebut bisa beralih fungsi menjadi lampu baca atau lampu serbaguna lainnya.

32. SSD Caddy for Laptop

Bagi pemilik laptop lama, salah satu cara untuk meningkatkan kinerjanya secara signifikan adalah dengan menambahkan SSD. Dengan kecepatan baca/tulis yang jauh lebih cepat dibanding HDD, loading pun akan terasa kencang dan bikin kamu makin produktif.

SSD Caddy Laptop
Pasang SSD dengan mudah di laptop dengan SSD Caddy.

Memasang SSD di laptop sendiri sebenarnya cukup sulit, namun hal ini jauh lebih mudah dengan SSD caddy yang bisa dipasang pada slot optical drive laptop. Namun untuk memasangnya tetap butuh keterampilan teknis karena kamu harus membongkar laptop untuk melepas CD/DVD Drive dan memasang SSD Caddy.

Saat membeli, pastikan kamu sudah mengukur dimensi optical drive laptop, terutama tingginya. Untuk SSD-nya sendiri bisa apa saja. Tidak masalah jika kamu cuma punya budget sedikit karena kita hanya butuh yang kecil saja untuk menyimpan OS dan file sistem lainnya.


Itulah dia beberapa peralatan dan perlengkapan tambahan untuk laptop yang bisa kamu gunakan. USB-Hub dan wireless mouse rasanya jadi aksesoris laptop yang wajib dimiliki. Di luar itu, ada banyak pilihan aksesoris lain yang bisa membuat kamu makin nyaman bekerja dengan laptop, atau menjaganya agar awet dan tetap dalam performa terbaiknya. (GimTekno.com)

0 Komentar