17 Aplikasi Musik Tanpa Iklan Gratis di Android - GimTekno

17 Aplikasi Musik Tanpa Iklan Gratis di Android

Dengan beragamnya pilihan, mencari aplikasi pemutar lagu atau music player yang cocok tentu jadi tantangan. Tapi bagi penggemar audio yang mengutamakan kenyamanan, keberadaan aplikasi musik tanpa iklan (apalagi yang gratis) tentu jadi kriteria yang sempurna.

Menikmati musik tanpa gangguan iklan di Android sebenarnya bisa dilakukan selama aplikasi tersebut bisa dijalankan offline. Kamu pun bisa menikmati beragam lagu yang sudah kamu download dan simpan di hape kamu secara leluasa. Namun ada juga beberapa aplikasi musik tanpa iklan open source yang secara default memang tidak menampilkan iklan sama sekali di aplikasi mereka.

Nah, buat kamu yang butuh rekomendasi, berikut adalah beberapa aplikasi musik tanpa iklan gratis yang bisa kamu instal di Android (dan iOS).

Aplikasi Pemutar Musik Tanpa Iklan Gratis

1. Musicolet Music Player

Rekomendasi aplikasi musik tanpa iklan pertama adalah Musicolet yang diklaim pembuatnya tidak butuh izin untuk mengakses internet. Jadi bukan hanya bebas iklan, kamu pun bisa tenang karena aplikasi ini tidak akan mengirimkan data-data penting dari hp kamu.

Aplikasi musik tanpa iklan gratis terbaik di Android

Untuk sebuah aplikasi gratis, Musicolet hadir dengan beragam fitur yang pastinya memanjakan pencinta musik. Dengan tampilan yang minimalis, Musicolet mudah dipakai untuk mencari lagu, membuat playlist, atau memainkannya saat kamu membuka aplikasi lain.

Musicolet pun hadir dengan equalizer dengan preset terpisah untuk speaker, headphone, TWS, dsb. Aplikasi pemutar lagu ini pun punya Tag Editor+ yang memungkinkan kamu untuk merapihkan koleksi lagu di hp kamu. Tidak ketinggalan, aplikasi ini pun bisa menyimpan dan mengedit lirik serta mensinkronkannya dengan lagu. Cocok deh untuk kamu yang senang nyanyi-nyanyi sambil dengar lagu favoritmu.

2. Omnia Music Player

Rekomendasi aplikasi pemutar musik tanpa iklan selanjutnya adalah Omnia Music Player yang sama-sama tidak menampilkan popup mengganggu dan bisa dipakai secara offline. Mirip Musicolet, Omnia pun dilengkapi dengan beragam fitur, meski tidak semuanya bisa dipakai cuma-cuma.

Sebagai salah satu aplikasi music player terbaik, Omnia support beragam file audio. Mulai dari yang populer seperti MP3, OGG, atau WAV, hingga file audio berkualitas tinggi seperti FLAC. Tidak cuma itu, Omnia pun support file LRC sehingga bisa menampilkan lirik audio tertentu.

Di luar itu, Omnia memberikan banyak fitur lain seperti gapless playback, crossfade, tag editing, sleep timer, dll. Aplikasi ini pun punya equalizer yang mampu memberikan pengalaman berbeda pada setiap genre lagu, serta support perintah Google Voice agar kamu dapat memakainya tanpa perlu menyentuh tombol di hp kamu.

3. Pulsar Music Player

Jauh sebelum Omnia, Rythm Software selaku pengembangnya sebenarnya sudah lebih dulu membuat aplikasi pemutar music gratis bernama Pulsar. Aplikasi ini pun sangat populer berkat kelengkapan fitur serta versi gratisnya yang luar biasa.

Sama seperti Omnia, music player ini support beragam file audio populer. Di dalamnya kamu pun bisa menemukan fitur seperti play speed adjusment, sleep timer, hingga metadata editor bawaan. Kamu juga bisa membuat playlist otomatis dan memutar lagu berdasarkan folder, nama penyanyi, atau genre lagu yang sedang ingin kamu nikmati.

Secara umum, baik Omnia dan Pulsar menawarkan fitur yang kurang lebih sama. Meski Omnia hadir dengan core yang lebih baru dan tampilan yang lebih fresh, Pulsar masih memiliki penggemar fanatik yang menggapnya sebagai salah satu aplikasi musik gratis terbaik di Android.

4. Dub Music Player

Rekomendasi music player tanpa iklan selanjutnya adalah Dub music Player. Selain support banyak jenis file audio, aplikasi ini juga punya fitur unik di mana kamu bisa mencampur musik seperti DJ dengan fitur crossfader mereka.

Di luar itu, Dub Music Player memungkinkan kamu untuk memutar lagu secara offline. Kamu pun bisa menggunakan equalizer bawaaan dan memakai efek audio seperti Loudness untuk memperbesar suara, Balance untuk menyeimbangkan suara kanan dan kiri telinga, hingga Speed dan Pitch untuk mengontrol kecepatan dan frekuensi lagu yang kamu dengar.

Buat kamu yang senang dengar lagu sampai tidur, Dub Music Player punya fitur Sleep Timer yang akan menghentikan lagu setelah waktu tertentu. Selain itu ada pula Car Mode yang akan mengubah tampilan muka aplikasi ini agar lebih mudah kamu pakai saat berkendara.

5. Music Player & MP3

Music Player & MP3 dari Hitchhike Tech adalah aplikasi musik gratis tanpa iklan yang memungkinkan kamu untuk menikmati lagu favorit secara offline. Aplikasi ini hadir dengan tampilan layar yang simpel dan stylish, serta support beragam jenis format audio populer.

Untuk memanjakan telingamu, aplikasi ini memiliki equalizer bawaan dengan beragam preset siap pakai untuk beragam genre musik, mulai dari klasik, jazz, rock, pop dsb. Kamu pun bisa membuat preset kamu sendiri dengan mengatur frekuensi, memperbesar suara bass, atau menambahkan reverb.

Selain itu, aplikasi musik gratis ini juga menyediakan playlist pintar secara otomatis dari lagu yang sering kamu putar. Pencarian lagu pun dapat dilakukan dengan mudah menggunakan filter, yang bahkan dapat mencari lagu dengan durasi atau ukuran tertentu.

6. Retro Music Player

Entah kenapa aplikasi ini dinamai Retro Music Player karena tidak ada yang tampak retro dengan tampilannya. Yang ada, aplikasi ini tampil sangat sederhana tanpa tombol menu yang membuat aplikasi tampak ribet!

Kesederhanaannya ini membuat Retro Music Player sangat mudah digunakan karena kamu bisa langsung mencari lagu berdasarkan nama artis, nama album, atau genre. Kamu bahkan bisa memainkan playlist untuk lagu yang terakhir dimainkan atau yang baru saja ditambahkan ke hp.

Di luar itu, Retro Music Player jadi aplikasi yang solid dan memiliki banyak fitur yang tak kalah dari pemutar lagu lainnya. Salah satu yang paling unik adalah filter yang memungkinkan kamu mencari lagu dengan durasi tertentu.

7. Oto Music

Oto Music adalah aplikasi music player tanpa iklan yang hadir dengan material design yang tampak modern dan kekinian. Ukurannya pun kecil, hanya 5 MB saja. Meski kecil, aplikasi ini punya beragam fitur yang boleh diadu dengan aplikasi lainnya.

Bagi kamu yang senang mengoleksi lagu, Oto Music bisa membantu kamu melengkapinya dengan menambahkan gambar si artis, cover album, hingga metadata sebuah lagu. Aplikasi ini juga bisa membantu kamu mencari lirik langsung dari aplikasi tersebut dan menampilkannya saat kamu memutar sebuah lagu.

Additionally, Oto has a sleep timer, replay gain support, a built-in equalizer, and much more. Di luar itu, Oto Music memiliki fitur keren lainnya seperti sleep timer, replay gain support, gapless playback hingga equalizer bawaan. Aplikasi ini pun bisa dipakai secara offline meski beberapa fitur membutuhkan koneksi internet.

8. Lark Player

Lark Player jadi salah satu aplikasi pemutar lagu paling banyak didownload di Android dengan 100+ juta unduhan. Selain kaya fitur, aplikasi ini bisa dipakai secara offline sehingga kamu tidak perlu terkoneksi dengan internet untuk memakainya.

Tidak cuma bisa memutar audio, Lark Player juga bisa dipakai untuk memutar video dalam format MP4, 3GP, WEBM, MOV, hingga MKV. Fitur preset dan equalizernya pun terbilang lengkap dan bisa kamu manfaatkan untuk memberikan suasana berbeda pada setiap genre yang kamu putar.

Di antara banyak fitur yang ada, salah satu yang paling unik adalah kemampuan Lark Player untuk membuat ringtone dari lagu favoritmu. Aplikasi ini pun bisa dipakai sebagai converter dari video ke MP3. Tidak ketinggalan, kamu pun bisa membagikan koleksi lagu kamu melalui Bluetooth, Facebook, Whatsapp, dan masih banyak lagi.

9. AIMP

Lebih dulu dikenal sebagai salah satu aplikasi music player terbaik di PC, AIMP juga memiliki aplikasi khusus Android lho! Sama seperti saudaranya di PC, aplikasi ini juga bebas digunakan, dan bahkan tidak menampilkan iklan sama sekali untuk versi Android-nya.

Aplikasi musik tanpa iklan ini dikenal support banyak berbagai format audio. Kamu pun bisa mengimport playlist dalam format m3u, m3u8, xspf, pls dan cue. Mengontrol aplikasi ini pun sangatlah mudah dan bisa kamu lakukan melalui widget atau menu pada notification bar.

Meski bisa dipakai secara offline, AIMP memiliki beberapa fitur yang hanya bisa bekerja saat kamu online. Mulai dari menyetel file audio dari Windows Shared Folder atau penyimpanan cloud berbasis WebDAV, hingga membagikan lagu yang kamu punya kepada orang lain. Kamu pun bisa streaming radio melalui AIMP lho!

10. Namida

Namida adalah aplikasi musik yang bersifat open source dan hanya bisa diunduh lewat Github. Hal ini membuat Namida jadi aplikasi pemutar lagu bebas iklan dan analytics tracker dari Google.

Meski gratis, Namida hadir dengan beragam tema dan menu kustomisasi. Aplikasi musik gratis ini pun memiliki segudang fitur mulai dari Sleep Timer, Must Played Playlist, hingga thumbnail yang bisa dibuat bergerak layaknya animasi. Aplikasi ini bahkan punya fitur yang bisa mencegah lagu duplikat di hp kamu.

Selain jadi music player, Namida juga bisa lho dipakai untuk streaming video Youtube! Mode ini pun dilengkapi berbagai fitur menarik, seperti Audio Only Mode dan Caching. Kamu bahkan bisa mengunduh video yang kamu suka agar bisa ditonton meski kamu sedang offline.

11. ViMusic

Sama seperti Namida, ViMusic adalah aplikasi pemutar lagu Android open source yang tidak akan kamu temui di Play Store. Tapi tenang, selain dari Github, kamu pun bisa download aplikasi ini melalui situs F-Droid.

ViMusic sendiri merupakan aplikasi pemutar lagu yang cocok untuk kamu yang senang streaming lagu dari Youtube Music. Dengan fitur caching, kamu bisa mendengarkan lagu tanpa putus-putus. Bila perlu, kamu pun bisa mengunduh lagu yang kamu suka, langsung dari aplikasi ini.

Di luar itu, ViMusic juga melengkapi aplikasi mereka dengan fitur audio normalization yang bisa memperbaiki kualitas suara. Selain itu ada fitur bookmark untuk menyimpan lagu favortmu, serta fitur yang memungkinkan kamu untuk mengunduh lirik agar kamu bisa karaokean.

12. Vinyl Music Player

Pada awalnya, Vinyl Music Player merupakan fork dari aplikasi pemutar lagu Phonograph yang mulai membuat fitur gratis mereka jadi berbayar. Namun di saat Phonograph mulai diabaikan pembuatnya, Vinyl Music Player justru masih terus bertahan dan terus mendapatkan update secara berkala.

Secara umum, semua fitur pada Phonograph pro bisa kamu temukan di aplikasi ini. Mulai dari integrasi dengan Last.fm untuk mendapatkan metadata artis dan album, tag editor, widget, lockscreen, dan masih banyak lagi.

Meski begitu Vinyl Music Player hadir dengan tampilan yang lebih modern dan kekinian. Mereka pun melakukan banyak perbaikan bug, serta menambahkan fitur mereka sendiri. Mulai dari Replay Gain, Whitelist, SD Card Write Access, hingga tema yang dapat mengikuti settingan tema hp kamu.

13. Symphony

Di antara semua aplikasi musik gratis tanpa iklan lainnya, Symphony tergolong sangat baru dan baru dirilis November 2023 lalu. Meski begitu aplikasi ini sudah mulai mendapat banyak penggemar baru, terutama dari mereka yang ingin aplikasi musik simpel dengan ukuran yang ringan.

Hal ini membuat Symphony hadir dengan tampilan dan fitur yang minimalis. Fitur yang kamu dapat pun hanya terbatas pada fitur-fitur dasar seperti memutar lagu, membuat playlist, hingga melihat koleksi lagu-lagu kamu dalam Folder View atau Tree View.

Meski begitu aplikasi ini 100% bebas iklan dan bisa kamu pakai sepuasnya. Dan dengan banyaknya rencana untuk penambahan fitur baru, Symphony bisa jadi aplikasi musik yang perlu kamu awasi di kemudian hari.

14. Simple Music Player

Simple Music Player adalah aplikasi musik gratis tanpa iklan yang fokus untuk memberikan pengalaman mendengarkan musik terbaik tanpa distraksi. Bisa diakses offline, kamu bisa menikmati musik di mana saja tanpa ketergantungan pada internet.

Aplikasi ini dikenal memiliki fitur hemat baterai yang membuat baterai ponsel kamu tidak cepathabis saat menikmati musik sepanjang hari. Musik pun dapat dikontrol dengan mudah melalui status bar, widget, atau tombol hardware pada headphone.

Selain itu, Simple Music Player juga menyediakan equalizer untuk meningkatkan kualitas suara sesuai dengan jenis musik dan jenis speaker yang digunakan. Selain itu, fitur sleep timer memungkinkan kamu untuk mengatur waktu tidur sambil mendengarkan musik favorit, dengan pilihan genre seperti jazz, chill, atau suara alam.

15. Frolomuse

Sebagai pemutar musik gratis, Frolomuse dilengkapi dengan equalizer yang memungkinkan pengguna menyesuaikan suara sesuai preferensi dengan banyak preset dan opsi reverb untuk memberikan dimensi baru saat mendengarkan musik.

Frolomuse juga memberikan fleksibilitas dalam mengatur antrian lagu saat ini, dengan opsi pengulangan atau pengacakan musik dalam playlist yang kamu buat. Adanya Sleep Timer pun memungkinkan kamu untuk tertidur sambil mendengar lagu favorit.

Tak hanya itu, Frolomuse memberikan fitur-fitur tambahan seperti kemampuan mencari dengan mudah, memotong ringtone dari file mp3, dan kontrol musik pada layar kunci menggunakan notifikasi. Dengan kemampuan membuat shortcut di layar utama, aplikasi ini memberikan akses cepat ke koleksi musik favorit pengguna.

16. Auxio

Aplikasi musik tanpa iklan selanjutnya adalah Auxio. Tanpa butuh koneksi internet, aplikasi ini hanya butuh izin untuk mengakses storage untuk melihat koleksi audiomu, services untuk menjalankan musik di latar belakang, serta notifications untuk menayangkan judul lagu yang sedang kamu putar.

Audio player Android ini hadir dengan fitur ReplayGain, agar kamu bisa menikmati musik tanpa perlu khawatir tentang perbedaan volume yang tiba-tiba. Fitur equalizer eksternal memungkinkan kamu untuk menyesuaikan pengaturan audio sesuai dengan preferensi. Selain itu, widget yang stylish dan dapat menyesuaikan ukurannya secara otomatis akan mempercantik tampilan layar.

Secara umum, Auxio adalah audio player offline dengan fitur solid yang memastikan kamu mendapatkan pengalaman terbaik dalam mendengarkan musik dan mengatur koleksimu. Aplikasi ini pun memiliki desain yang modern dan kekinian, serta mudah digunakan.

17. Mucke

Mucke adalah aplikasi music player offline di Android yang berawal dari sekadar hobi. Tapi jangan salah, aplikasi ini masih rutin mendapatkan update dan kini dikerjakan beramai-ramai bersama beberapa developer lain.

Mucke sendiri akan sangat cocok untuk kamu yang senang mendengarkan koleksi lagu kamu secara acak, namun dengan sedikit kebebasan untuk mengatur jalannya playlist kamu.

Misalnya saja, kamu bisa memberi like pada lagu untuk memutarnya beberapa kali di playlist. Kamu pun bisa men-skip lagu tertentu tanpa perlu membuat playlist baru. Yang paling unik, kamu bisa menautkan agar beberapa lagu dimainkan berurutan. Cocok deh untuk kamu yang punya lagu dari berbagai genre agar bisa dimainkan bersamaan.


Itulah dia beberapa rekomendasi aplikasi pemutar music tanpa iklan gratis yang bisa kamu coba. Tidak hanya membuat kamu nyaman, fitur yang ada di dalamnya pun tidak kalah canggih dan bisa memberikan kamu pengalaman terbaik saat mendengar lagu kesayanganmu. (GimTekno.com)

0 Komentar