Apa Arti Wipe Data Android? Sama Kayak Factory Reset? - GimTekno

Apa Arti Wipe Data Android? Sama Kayak Factory Reset?

Berdasarkan Google Translate, Wipe Data mengacu pada proses untuk menghapus data. Tapi apa sebenarnya arti Wipe Data? Lalu apa fungsi perintah tersebut dan bagaimana cara melakukannya di HP Android?

Arti Wipe Data di HP Android?

Arti Wipe Data di Android, sama dengan factory settings

Wipe Data adalah salah satu perintah umum yang ada pada semua merek hp, mulai dari Xiaomi, Realme, Vivo, Oppo, hingga iPhone. Nama Wipe Data sendiri seringkali disebut juga dengan nama lain, seperti factory reset, master reset, atau data erasing.

Perintah Wipe Data pada hp Android mengacu pada proses untuk menghapus semua data yang disimpan di ponsel, termasuk aplikasi yang sudah terpasang, pengaturan pribadi, file media, dan informasi lainnya.

Beberapa hal yang akan dihapus atau direset saat melakukan "Wipe Data" di hp Android antara lain:

  1. Aplikasi dan data pengguna: Semua aplikasi yang terpasang dan data-data yang terkait akan dihapus dari ponsel. Hal ini termasuk data aplikasi, seperti pesan teks, kontak, dan pengaturan aplikasi.
  2. Pengaturan Ponsel: Semua pengaturan yang telah diubah, termasuk preferensi jaringan, suara, tampilan, dan lainnya akan dikembalikan ke pengaturan bawaan.
  3. File media: Foto, video, musik, dan file lainnya yang kamu simpan di tempat penyimpanan internal akan dihapus.
  4. Akun dan Sinkronisasi: Akun Google dan akun media sosial lainnya yang telah disinkronkan dengan ponsel akan dihapus, serta data yang terkait dengan sinkronisasi tersebut.
  5. File sistem dan cache: Proses "Wipe Data" juga akan membersihkan partisi sistem dan cache, yang dapat membantu memperbaiki masalah kinerja atau kestabilan yang mungkin terjadi.

Setelah selesai dilakukan, proses ini akan mengembalikan hp ke kondisi awal seperti saat baru keluar dari pabrik. Karena itulah sangat dianjurkan untuk mencadangkan data penting kamu agar tidak hilang selama proses ini.

Secara umum, data yang dihapus melalui perintah ini seharusnya tidak dapat dikembalikan secara langsung. Proses "Wipe Data" akan menghapus data dari partisi penyimpanan ponsel dan akan menghapus kunci enkripsi yang digunakan untuk mengakses data tersebut, sehingga membuat data tidak dapat diakses lagi.

Meski begitu, ada kemungkinan bahwa data yang dihapus dapat dipulihkan menggunakan metode pemulihan data khusus. Peluang keberhasilannya pun akan lebih besar jika data tersebut belum ditimpa oleh data baru.

Jadi, jika kamu ingin benar-benar memastikan bahwa data tidak dapat dipulihkan, kamu bisa memakai aplikasi khusus untuk menghapus data secara permanen, atau melakukan "Wipe Data" secara berkala untuk memastikan data lama tidak dapat dipulihkan.

Kapan Perintah "Wipe Data" Diperlukan?

Dengan mengembalikan setelah pabrik dan menghapus semua data di dalam hp, ada banyak alasan kenapa perintah Wipe Data di Android diperlukan oleh beberapa orang:

  1. Penjualan atau Pemberian: Sebelum menjual atau memberikan ponsel kepada orang lain, kamu bisa melakukan "Wipe Data" terlebih dahulu untuk menghapus semua informasi pribadi dan mengembalikan ponsel ke pengaturan pabrik.
  2. Perbaikan Masalah: Jika ponsel mengalami masalah yang tidak dapat diatasi dengan cara lain, seperti kinerja yang lambat atau aplikasi yang tidak berfungsi dengan benar, "Wipe Data" dapat membantu memperbaiki masalah tersebut dengan membersihkan sistem dan mengembalikannya ke kondisi awal.
  3. Pembersihan Ponsel: Setelah penggunaan jangka panjang, ponsel mungkin terisi dengan file-file yang tidak perlu atau cache yang besar. Dengan melakukan "Wipe Data", kamu bisa membersihkan ponsel dan mengembalikannya ke kondisi awal untuk meningkatkan kinerja.
  4. Pencegahan Masalah Keamanan: Jika khawatir data pribadi kamu diretas atau disalahgunakan, melakukan "Wipe Data" dapat membantu menghapus semua informasi pribadi dari ponsel dan mencegah akses tidak sah.
  5. Perbaikan Pembaharuan Sistem Operasi: Kadang-kadang, saat memperbarui sistem operasi Android, masalah kompatibilitas atau kinerja mungkin terjadi. Dalam beberapa kasus, melakukan "Wipe Data" setelah pembaruan dapat membantu mengatasi masalah ini.

Cara Wipe Data di Android

Cara melakukan "Wipe Data" pada hp Android dapat bervariasi tergantung pada merek dan model hp yang kamu miliki. Namun sebelum melakukannya, pastikan kamu mem-backup semua data penting, karena proses "Wipe Data" akan menghapus semua data yang disimpan di ponsel kamu.

Jika sudah, kamu bisa melakukan Wipe Data dengan langkah mudah berikut ini.

Langkah 1: Masuk ke Recovery Mode

  1. Matikan hp.
  2. Tekan dan tahan tombol daya bersamaan dengan tombol volume up atau volume down (tergantung pada merek hp) sampai layar menyala.
  3. Setelah masuk ke menu Recovery Mode, gunakan tombol volume untuk menavigasi dan tombol daya untuk memilih.

Langkah 2: Pilih Wipe Data/Factory Reset

  1. Di menu Recovery Mode, navigasikan ke opsi "Wipe Data/Factory Reset" menggunakan tombol volume.
  2. Tekan tombol daya untuk memilih opsi ini.
Cara Wipe Data/Factory Settings di Android

Langkah 3: Konfirmasi Reset

  1. Setelah memilih "Wipe Data/Factory Reset", kamu akan diminta untuk mengonfirmasi tindakan tersebut.
  2. Konfirmasikan dengan memilih "Yes" atau "Ok".
  3. Tunggu proses penghapusan data selesai.
Konfirmasi Wipe Data hp Android

Langkah 4: Reboot Sistem

  1. Setelah proses "Wipe Data" selesai, pilih opsi "Reboot System Now" untuk me-restart ponsel.
  2. Jika sudah, hp akan mulai booting ke sistem yang bersih tanpa data pribadi atau aplikasi yang diinstal sebelumnya.
Reboot hp setelah Wipe Data

Itulah penjelasan singkat mengenai apa arti Wipe Data? Lalu apa fungsi perintah tersebut dan bagaimana cara melakukannya di HP Android? Jika kamu ingin menjual hp atau memperbaiki masalah berat pada ponsel Android, perintah Wipe Data bisa membantu kamu dengan mudah.

0 Komentar