7 Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP - GimTekno

7 Cara Menghilangkan Tanda Headset di HP

Tidak pakai headset tapi tidak ada suara? coba cek status bar atau top bar di bagian atas hp kamu. Bisa jadi hp masih mendeteksi koneksi headphone atau earphone sehingga speaker tidak bisa digunakan. Lalu bagaimana cara menghilangkan tanda headset di hp tersebut?

Dalam keadaan normal, headphone/earphone yang terpasang akan memunculkan tanda headset pada icon bar. Hal ini menunjukan bahwa hp kamu mendeteksi adanya perangkat audio yang terhubung. HP kamu pun akan mengalihkan output suara dari speaker ke jack headphone.

Sayangnya pada beberapa kasus, lambang earphone tidak hilang meski perangkatnya sudah dicabut. Hal ini pun cukup mengesalkan karena hp nantinya tetap menganggap ada perangkat audio yang terhubung sehingga speaker tidak mengeluarkan suara.

Cara menghilangkan tanda headset di hp Android

Nah, jika kamu bermasalah dengan hal ini, berikut adalah beberapa cara menghilangkan tanda headset di HP yang bisa kamu gunakan di berbagai merek hp, mulai dari Xiaomi, Realme, Oppo, Infinix, hingga Samsung.

Menghilangkan Mode Headset di HP

1. Pasang dan copot kembali headset

Cara paling mudah untuk menghilangkan tanda headset di hp Android adalah dengan memasang ulang headphone atau earphone kamu, lalu melepasnya kembali. Kamu bisa mencobanya beberapa kali sampai mode headset menghilang.

2. Restart hp

Restart jadi salah satu solusi klasik bagi semua perangkat elektronik. Proses ini mampu membersihkan memori sementara (cache) dan menghentikan semua proses yang berjalan, termasuk proses yang mungkin terkait dengan deteksi headset.

Dengan melakukan restart, sistem akan memulai ulang dan bisa membantu mengembalikan pengaturan audio ke kondisi normal. Setelah restart, coba cabut dan pasang kembali earphone atau headphone kamu untuk memastikan bahwa ikon headset tidak muncul lagi.

3. Membersihkan lubang dan jack headset

HP Android menggunakan sensor yang ada para port headphone untuk mendeteksi apakah ada jack headphone yang terpasang. Selain itu, beberapa perangkat Android juga menggunakan sensor magnetik di dalam jack headphone untuk mengetahui apakah headset terpasang atau tidak.

Gangguan pada sensor tersebut biasanya jadi penyebab utama kenapa lambang earphone tidak hilang meski headset sudah tercabut. Salah satu masalah yang umum jadi pemicunya adalah port atau jack headphone atau earphone yang kotor.

Jadi, cara menghilangkan tanda headset di hp Android yang harus kamu coba selanjutnya adalah memastikan port dan jack headset kamu dalam keadaan bersih.

Kamu bisa melakukannya dengan meniupkan udara ke dalam port headphone untuk memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal di dalamnya. Jika ada kotoran yang membandel, kamu bisa mematikan hp terlebih dahulu dan menggunakan korek kuping yang dibasahi dengan sedikit alkohol.

4. Gunakan aplikasi

Cara lain untuk menghilangkan tanda headset adalah dengan aplikasi bernama Disable Headphone, HDST Toggle. Aplikasi ini memiliki fungsi sederhana yang memungkinkan kamu untuk mengubah headphone ke speaker dan sebaliknya.

Dengan menggunakan widget, kamu bisa mengatur output audio dengan mudah tanpa perlu membuka aplikasi tersebut. Aplikasi ini pun dilengkapi fitur reset yang bisa mengembalikan settingan audio Android ke setelan pabrikan. Aplikasi ini pun kompatibel dengan berbagai merek hp mulai dari Xiaomi, Oppo, Realme, Vivo, Samsung, dan masih banyak lagi.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa menginstal aplikasi Lesser Audio Switch. Aplikasi ini dapat dipakai untuk memaksa Android untuk menggunakan output headphone, speaker, atau perangkat audio lain yang terhubung via Bluetooth dan USB.

Lesser Audio Switch akan sangat membantu buat kamu yang mengalami masalah dengan mode headset. Cukup dengan mengatur mode output-nya, kamu bisa menghilangkan ikon headset di hp dan kembali memakai speaker seperti biasa setelah mencabut headphone/earphone.

5. Gunakan fitur bawaan hp

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti di atas, kamu juga bisa memakai aplikasi audio bawaan merek tertentu. Misalnya saja, pada hp Xiaomi terdapat fitur Sound Effects atau Sound Enhancer di mana kamu bisa mengatur perangkat audio yang kamu pasang.

Gunakan fitur bawaan hp Xiaomi untuk menghilangkan tanda headset

Untuk menggunakannya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka menu Settings > Sound & Vibrations > Sound Effects.
  • Setelah itu masuk ke menu Adjust sound to earphone
  • Di sini kamu bisa mengatur suara headset sesuai dengan alat yang kamu miliki, entah itu headphone, in-ear earphone, hingga noise cancelling earphone
  • Pilih salah satunya lalu cabut headset kamu untuk melihat efeknya
  • Jika ikon headset masih muncul, ulangi langkah di atas lalu pilih opsi perangkat lainnya

6. Gunakan perangkat yang kompatibel

Melansir dari situs Huawei, masalah mode headset yang nyangkut ini dapat disebabkan pula oleh perangkat yang tidak kompatibel. Hal ini pun diamini oleh salah satu pengguna Quora yang berhasil mengatasi tanda headset dengan mengganti earphone lamanya dengan earphone dari merek yang sama dengan hp-nya.

Jika kamu lebih memilih untuk menggunakan earphone keluaran lain, pastikan produk tersebut memiliki spek yang mirip agar masalah mode headset tidak mudah muncul dan mengganggu speakermu.

7. Bersihkan cache melalui Recovery Mode

Menghapus cache Android melalui recovery mode bisa membantu menghilangkan tanda headset di HP Android. Langkah ini akan menghapus file cache sementara yang mungkin terkait dengan masalah tersebut, dan dapat membantu memperbaiki kesalahan sistem yang mungkin menjadi penyebabnya.

Bersihkan cache Android untuk mengatasi mode headset yang tidak bisa hilang

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menghapus cache Android melalui recovery mode:

  • Matikan HP terlebih dahulu
  • Masuk ke recovery mode. Caranya bisa bervariasi tergantung pada merek dan model HP. Biasanya, kamu hanya perlu menekan kombinasi tombol tertentu (misalnya tombol Volume Up + Power) saat HP dinyalakan.
  • Setelah masuk ke dalam menu recovery mode, gunakan tombol volume untuk navigasi dan tombol power untuk memilih. Pilih opsi "Wipe cache partition" atau "Cache partition" menggunakan tombol volume, kemudian tekan tombol power untuk memilihnya.
  • Setelah proses selesai, pilih opsi "Reboot system now" untuk me-restart HP.

Penggunaan headset yang berlebihan bisa jadi penyebab kenapa lambang earphone tidak hilang meski headset sudah dicabut. Memasang dan mencabut headset berulang-ulang biasanya cukup ampuh untuk menghilangkan tanda headset di hp. Namun bila cara tersebut belum berhasil, masih ada beberapa cara lain untuk mengatasi mode headset yang tidak kunjung hilang sebelum kamu membawanya ke tempat servis ponsel. (GimTekno.com)

0 Komentar