Mengenal Apa Itu Mode Pesawat dan Kegunaannya - GimTekno

Mengenal Apa Itu Mode Pesawat dan Kegunaannya

Mode pesawat untuk apa sih? Meski awalnya dipakai untuk keselamatan pesawat, fitur ini ternyata memiliki banyak kegunaan lain lho!

Awalnya, mode pesawat dipakai pengguna untuk mematikan semua sinyal nirkabel pada perangkat, seperti jaringan seluler, Wi-Fi, dan Bluetooth, dengan tujuan menghindari interferensi dengan sistem navigasi dan komunikasi pesawat saat berada di udara.

Kini, mode pesawat juga bermanfaat dalam situasi lain, seperti menghemat daya baterai, mengurangi gangguan dari notifikasi, dan membantu pengguna untuk fokus pada tugas-tugas tertentu.

Nah, buat kamu yang mau tahu lebih dalam mengenai apa itu mode pesawat, simak dulu yuk penjelasan lengkap mengenai fungsi, manfaat, dan cara menggunakan mode pesawat di hp kamu.

Mengenal apa itu mode pesawat dan kegunaannya

Apa Itu Mode Pesawat?

Mode pesawat (flight mode/airplane mode) adalah fitur pada perangkat elektronik, seperti handphone, tablet, atau laptop, yang mematikan semua fungsi nirkabel perangkat tersebut. Saat mode pesawat aktif, perangkat akan mematikan sinyal seluler, Wi-Fi, Bluetooth, dan fungsi nirkabel lainnya.

Beberapa aplikasi atau fitur pada perangkat kamu bahkan sudah beradaptasi dan beralih ke mode offline saat mode pesawat aktif. Dengan begitu mereka tidak bisa mengakses internet untuk pembaruan atau sinkronisasi data dan baru akan melakukannya setelah kamu bisa terhubung kembali dengan jaringan internet.

Latar belakang dibuatnya mode pesawat berkaitan dengan keamanan penerbangan. Perangkat elektronik konsumen seperti handphone memiliki potensi untuk mengganggu peralatan avionik, yang merupakan sistem elektronik yang mengontrol dan mengawasi operasi pesawat terbang. Interferensi elektromagnetik dari perangkat elektronik dapat mengakibatkan masalah dalam navigasi, komunikasi, atau sistem lainnya yang kritis untuk keselamatan penerbangan.

Ketika seseorang berada dalam mode pesawat, maka kamu akan diblokir untuk melakukan beberapa hal berikut:

  1. Menggunakan sinyal seluler untuk panggilan telepon atau mengirim pesan teks.
  2. Menggunakan Wi-Fi untuk terhubung ke internet atau jaringan lokal.
  3. Menggunakan Bluetooth untuk menghubungkan perangkat dengan aksesori atau perangkat lain.

Meksi begitu kamu akan tetap bisa memakai perangkat tersebut dan melakukan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Menggunakan perangkat dalam mode offline untuk aktivitas seperti membaca ebook, menonton film, atau mendengarkan musik yang sudah disimpan di perangkat.
  2. Menggunakan fitur non-nirkabel seperti kamera, kalkulator, atau alarm.
  3. Memainkan game offline atau menggunakan aplikasi yang tidak memerlukan koneksi internet.
  4. Menyimpan data ke penyimpanan internal perangkat.

Penggunaan mode pesawat juga disarankan di tempat-tempat lain di mana sinyal nirkabel tidak diinginkan atau mengganggu, seperti di dalam bioskop, rumah sakit, atau area yang memiliki peraturan khusus terkait penggunaan perangkat elektronik.

Fungsi Mode Pesawat

1. Menjaga keselamatan penerbangan

Sesuai penjelasan di atas, fungsi utama mode pesawat adalah untuk menjaga keamanan pesawat dengan mencegah interferensi dengan peralatan di dalam pesawat. Meski pesawat kini sudah dilengkapi dengan sistem hardening atau shielding pada peralatan elektronik mereka, praktik untuk menggunakan mode pesawat atau bahkan mematikannya masih terus ditekankan pada setiap penumpang pesawat terbang.

2. Menikmati aplikasi dan game tanpa iklan

Di zaman sekarang rasanya sulit untuk menemukan aplikasi dan game gratis di Play Store yang tidak menampilkan iklan. Beberapa bahkan bisa sangat mengganggu dan cukup membuat kesal. Jika aplikasi atau game tersebut bisa dimainkan secara offline, kamu bisa mengaktifkan mode pesawat untuk sementara agar kamu bisa lebih fokus dan menikmati permainan yang ada.

3. Menghindari gangguan

Mode pesawat membantu menghindari gangguan dari notifikasi, panggilan telepon, atau pesan teks yang dapat mengganggu saat kamu sedang fokus pada tugas tertentu. Hal ini juga akan sangat bermanfaat saat kamu berada dalam situasi di mana keheningan sangat dihargai, seperti di tempat ibadah atau acara penting lainnya.

4. Menghemat baterai hp

Mode pesawat bisa membantu kemu menghemat baterai hp dengan mematikan semua sinyal nirkabel yang biasanya mengonsumsi daya baterai. Tanpa adanya sinyal nirkabel yang harus dipertahankan, hp akan menggunakan daya baterai lebih efisien.

Kegunaan mode pesawat lainnya adalah untuk membantu menghemat baterai ponsel

Hal ini akan sangat berguna, terutama saat kamu berada di area dengan sinyal yang lemah atau tidak stabil, di mana hp akan menggunakan lebih banyak daya untuk mencari dan mempertahankan koneksi. Dengan mematikan sinyal nirkabel saat tidak diperlukan, mode pesawat membantu menghemat daya baterai hp dan memperpanjang masa pakainya sepanjang hari.

5. Charge hp lebih cepat

Mengaktifkan mode pesawat pada hp dapat membantu kamu mengisi daya baterai lebih cepat dengan mematikan semua sinyal nirkabel seperti jaringan seluler, Wi-Fi, dan Bluetooth, yang mengurangi penggunaan daya baterai oleh perangkat. Dengan demikian, lebih sedikit daya baterai yang digunakan untuk menjaga koneksi dan berbagai layanan nirkabel, dan lebih banyak daya baterai yang tersedia untuk pengisian.

6. Mencegah tagihan membengkak di luar negeri

Saat bepergian ke luar negeri, penggunaan mode pesawat dapat membantu menghindari biaya roaming yang tinggi untuk layanan seluler. Dengan mematikan sinyal seluler dan mengandalkan Wi-Fi lokal atau kartu SIM lokal (jika perlu), kamu bisa lebih menghemat biaya komunikasi saat bepergian.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Mengaktifkan mode pesawat sebelum tidur dapat membantu menghindari gangguan dari notifikasi, panggilan telepon, atau pesan teks yang dapat mengganggu tidur kamu. Kamu pun bisa memiliki waktu tidur lebih panjang mengingat notifikasi tersebut kadang membuat kamu terbangun lebih lama dari yang seharusnya.


Itulah dia penjelasan lengkap mengenai apa itu mode pesawat dan fungsinya. Meski awalnya dipakai untuk menjaga keselamatan saat berada di dalam pesawat terbang, flight mode/airplane mode ini kini juga banyak dipakai di berbagai situasi seperti untuk menghindari gangguan atau menghemat baterai hp. (GimTekno.com)

0 Komentar