60+ Game Ringan Android yang Bisa Dimainkan Offline - GimTekno

60+ Game Ringan Android yang Bisa Dimainkan Offline

 

Game ringan Android offline

Menginstal game ringan Android yang bisa dimainkan secara offline jadi solusi bagi kamu yang ingin mencari hiburan meski hanya punya hp low spec. Game mb kecil pun memungkinkan kamu untuk menginstal banyak game meski punya storage terbatas.

Meski punya ukuran yang kecil, game ringan Android tersebut punya kualitas yang tidak kalah dibanding game yang berukuran lebih besar. Beberapa game bahkan memiliki tampilan yang bagus walau file instalasinya kurang dari 100 MB.

Nah, buat kamu yang sedang cari permainan semacam ini, berikut adalah beberapa aplikasi game ringan Android offline untuk hp low spec yang bisa kamu download dari Google Play Store (bahkan App Store).

Game Ringan Android Offline

Mengingat ada cukup banyak game Android offline dengan ukuran mb kecil, maka daftar rekomendasi game ini akan dibatasi untuk game dengan rating di atas 4.5, ukuran file sebelum instalasi di bawah 100MB, sudah diunduh minimal 100 ribu kali, serta masih terus diupdate hingga tahun 2023 ini.

Berdasarkan kriteria tersebut, berikut adalah tabel berisi daftar game offline Android berukuran kecil yang bisa kamu download dan mainkan.

Game Kategori Ukuran
One More Brick 2 Puzzle, Brick Break, Casual 6 MB
PewPew Live Action, Shooter, Casual 7 MB
Sudoku - The Clean One Puzzle, Logic, Casual 7 MB
Mekorama Puzzle, Logic, Casual 10 MB
Lapse: A Forgotten Future Adventure, Interactive Story 15MB
Learn Chess with Dr. Wolf Board, Chess, Casual 19 MB
Infinity Loop: Relaxing Puzzle Logic, Puzzle, Casual 20 MB
Math - Riddle and Puzzle Game Puzzle, Logic, Casual 27 MB
Space RPG 3 Role Playing, Casual 30 MB
Fishing Food Simulation, Fishing, Casual 35 MB
Orbia: Tap and Relax Action, Arcade 38 MB
Car Industry Tycoon: Idle Sim Simulation, Management, Tycoon 39 MB
OneBit Adventure Role Playing, Roguelike, Casual 42 MB
One Gun: Stickman Action, Shooter, Casual 44 MB
Dungeon Village Role Playing, Town Building, Casual 44 MB
Reactor - Energy Sector Tycoon Simulation, Management, Tycoon 46 MB
Island Empire - Turn Strategy Strategy, Casual 46 MB
Cow Evolution: Idle Merge Game Merge, Idle, Casual 50 MB
Pawnbarian: a Puzzle Roguelike Board, Strategy, Casual 53 MB
Get aCC_e55 Puzzle, Casual 54 MB
Laser: Relaxing & Anti-Stress Puzzle, Logic, Casual 54 MB
Life is a Game Simulation, Life, Casual 59 MB
Foodpia Tycoon Simulation, Management, Tycoon 60 MB
Tube Tycoon Simulation, Idle, Casual 60 MB
Merchant Role Playing, Shopkeeping 61 MB
Mindustry Strategy, Tower Defense, Casual 62 MB
Sailor Cats Simulation, Idle, Casual 63 MB
Earth Inc. Simulation, Management, Tycoon 64 MB
Dadish 3 Action, Platformer, Casual 65 MB
Jumo Clicker! Simulation, Idle, Casual 67 MB
Mars Action, Platformer, Casual 68 MB
Candies 'n Curses Action, Platformer, Casual 69 MB
Egg Inc. Simulation, Management, Tycoon 70 MB
Turnip Boy Commits Tax Evasion Action, Adventure, Casual 76 MB
Guidus : Pixel Roguelike RPG Role Playing, Roguelike, Casual 76 MB
Legends of Runeterra Card, Card Battler, Casual 79 MB
Ollie's Manor: Pet Farm Sim Simulation, Management, Farming 79 MB
The Battle of Polytopia Strategy, 4X, Casual 80 MB
Rebel Inc Simulation, Management, Strategy 81 MB
Medieval: Idle Tycoon Game Simulation, Management, Tycoon 82 MB
Alto's Adventure Racing, Runner 82 MB
Tiny Tower:Pixel Life Builder Simulation, Management, Tycoon 82 MB
Crazy Dino Park Simulation, Management, Casual 83 MB
Workemon Simulation, Management, Tycoon 84 MB
Flick Solitaire Card, Casual 84 MB
Hooked Inc: Fishing Games Simulation, Fishing 84 MB
KleptoCats 2 Simulation, Pet, Casual 86 MB
Merge Cartoon : Renovate Town Puzzle, Merge, Casual 87 MB
Miners Settlement: Idle RPG Simulation, Idle, Casual 87 MB
The Fishercat Simulation, Fishing, Casual 89 MB
Plague Inc. Simulation, Casual 89 MB
Dungeon: Age of Heroes Role Playing, Roguelike, Casual 90 MB
Hero Factory - Idle Tycoon Simulation, Idle 91 MB
Hero Park: Shops & Dungeons Simulation, Management, Tycoon 91 MB
Zombie Catchers : Hunt & Sell Action, Platformer, Casual 92 MB
Doofus Drop Action, Casual 93 MB
Card Thief Card, Card Battler, Casual 94 MB
Sliding Seas Puzzle, Match 3, Casual 95 MB
Fishing Life Simulation, Fishing, Casual 95 MB
My Oasis: Relaxing, Satisfying Simulation, Idle, Casual 98 MB
Medieval Mini RPG Role Playing, Idle, Casual 98 MB
Final Destiny Role Playing, Action, Casual 99 MB

1. Sudoku - The Clean One

Sudoku adalah game sederhana sekaligus hiburan menarik bagi kamu yang senang dengan permainan asah otak. Hanya dengan angka dan grid, Sudoku akan menantang kemampuan berpikir dan logika kamu dalam menyusun barisan angka dari 1-9.

Sudoku - The Clean One

Dengan berbagai tingkatan level, game Sudoku ini bisa dimainkan dalam waktu singkat tergantung kemampuan kamu. Dan di antara banyak game Sudoku di Android, versi The Clean One memiliki tampilan yang paling baik, sekaligus fitur yang sangat lengkap.

Selain punya tampilan yang bisa dikustomisasi, Sudoku - The Clean One juga punya mode input paling mudah. Kamu pun bisa mengisi kotak-kotak sudoku dengan mudah dan mengalahkan rekor waktu kamu sendiri. Tidak cuma itu, game ini pun memiliki mode offline sehingga bisa kamu mainkan kapan saja.

2. Mekorama

Mekorama adalah Game offline Android berupa permainan puzzle isometrik 3D di mana pemain memandu robot kecil untuk melewati berbagai level, dan memecahkan teka-teki untuk membantu robot mencapai tujuannya.

Mekorama

Game ini terkenal dengan grafisnya yang menawan, gameplaynya yang santai, dan desain levelnya yang kreatif. Pemain sering kali ditugaskan untuk memutar dan memindahkan balok untuk membuat jalur bagi robot. Jadi butuh ketelitian dan kemampuan visualisasi yang baik untuk memainkannya.

Dengan ukuran file yang tergolong sangat ringan, Mekorama bahkan hadir dengan fitur yang memungkinkan kamu membuat diorama kamu sendiri, Kreasi kamu pun bisa dibagikan agar orang lain juga bisa memainkannya.

3. Learn Chess with Dr. Wolf

Learn Chess with Dr. Wolf adalah game catur yang cocok untuk pemula dan pemain tingkat menengah. Game ini sendiri dibuat oleh Chess.com sehingga teruji keakuratannya.

Learn Chess with Dr. Wolf

Sesuai namanya, di sini kamu bisa belajar dasar dan trik catur menggunakan fitur in-game coaching yang telah disediakan. Tidak cuma menyediakan lebih dari 30 materi berbeda, Dr Wolf pun bisa memandu kamu step-by-step untuk memahami materi tersebut.

Meski memiliki materi gratis, game offline Android ini juga memiliki fitur tambahan berbayar yang bisa memberikan kamu lebih banyak pelajaran, termasuk unlimited hint yang bisa kamu gunakan saat mengulang semua materi yang ada.

4. Math | Riddle and Puzzle Game

Buat kamu yang senang dengan permainan angka, Math | Riddle and Puzzle Game jadi game Android yang cocok untukmu. Tidak cuma soal berhitung, game ini pun akan menantang logika dan kemampuan kamu dalam menyelesaikan puzzle.

Math | Riddle and Puzzle Game

Dengan 100 level berbeda, kamu harus memutar otak untuk melihat hubungan antara susunan angka yang diberikan, menggunakan operasi dasar seperti jumlah, kurang, kali, bagi, atau sekadar substitusi angka.

Semakin tinggi levelnya, semakin rumit pula cara yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Namun jangan khawatir, karena ada akses untuk membuka hint dan jawaban jika kamu sudah mengalami kebuntuan.

5. One Gun: Stickman

Stickman adalah salah satu karaker populer yang banyak dipakai banyak developer dalam game mereka. Meski punya tampilan sederhana, banyak game stickman yang patut masuk daftar game seru mb kecil, salah satunya adalah One Gun: Stickman.

One Gun: Stickman

Di game RPG action ini, kamu harus berpetualang dan melawan zombie, monster, dan mahluk hebat lainnya. Untungnya kamu bisa memilih berbagai senjata dan skill yang bisa membantu kamu mengalahkan musuh dengan cepat.

Pada versi offline, kamu bisa memilih mode Battle, Map, dan Hell. Namun jika kamu mengaktifkan koneksi data, kamu juga bisa bergabung dalam mode Ranking untuk saling beradu skill dan menjadi hero terbaik dibandingkan pemain lain dari seluruh dunia.

6. Dungeon Village

Kairosoft adalah developer asal Jepang yang banyak membuat game Android dengan berbagai genre. Dengan tampilan pikselnya yang khas, karya-karya dari Kairosoft pun banyak yang pantas untuk masuk daftar game offline Android dengan mb kecil.

Dungeon Village

Salah satu karya Kairosoft yang bisa kamu coba adalah game membangun kota bernama Dungeon Village. Sesuai namanya, di sini kamu bisa mengembangkan desa kamu, sambil menaklukan ruang bawah tanah untuk melawan monster dan mengambil loot-nya yang melimpah.

Semakin banyak uang yang kamu kumpulkan, semakin banyak pula hal yang bis akamu bangun, mulai dari Combat School hingga Magic Labs. Dengan begitu kamu pun bisa membangun kota yang bisa menjadi kiblat bagi para petualang dari seluruh dunia.

7. Get aCC_e55

Mendengar namanya mungkin akan sulit menebak game Android apa ini sebenarnya? Makanya Get aCC_e55 jadi salah satu underrated game di Android yang sulit untuk tidak disukai, terutama bagi kamu penggemar game puzzle.

Get aCC_e55

Get aCC_e55 adalah salah satu game escape room terbaik dengan tampilan isometric puzzle berlatar belakang era cyberpunk. Kamu akan diberikan misi untuk membuka ruangan tertentu, memperbaiki hal-hal yang rusak, serta mengumpulkan parts yang diperlukan untuk mobil masa depanmu.

Untuk menyelesaikannya, kamu bisa berkeliling mencari dan mengumpulkan petunjuk dengan cara memutar ruangan tempat kamu berada. Dengan tampilan grafis yang sangat baik, game Android ringan ini bisa memberikan kamu pengalaman yang menyenangkan.

8. Mindustry

Mindustry adalah game android offline yang menggabungkan elemen RTS dengan aspek tower defense. Jadi selain mengatur sumber daya yang ada, kamu pun harus bisa menghalau serangan lawan, atau malah menaklukan mereka.

Mindustry

Mirip game Factorio, kamu harus mengolah sumber daya yang ada untuk digunakan dalam pembuatan gedung dan unit perang yang dibutuhkan. Kamu pun bisa membuat material yang lebih advance untuk meningkatkan kekuatan perang dan efektivitas produksimu.

Dengan ukuran mb kecil, game ini pun memiliki campaign yang tidak kalah seru. Dengan lebih dari 30 maps dan 250 teknologi berbeda, kamu bisa mengerahkan usaha terbaikmu untuk menaklukan planet Serpulo dan Erekrir.

9. Candies 'n Curses

Candies 'n Curses adalah game aksi platformer di mana kamu berperan sebagai Molli Pop. Tugas kamu adalah memerangi hantu dengan berbagai macam senter, mulai dari lentera terkutuk hingga pedang yang memancarkan sinar magis.

Candies 'n Curses

Setiap peralatan pun bisa kamu perkuat menggunakan charms. Masing-masing jimat tersebut memiliki kemampuan dan power-up yang akan membuat kamu lebih kuat. Beberapa bahkan bisa jadi partner yang membantu kamu menghabisi lawan.

Candies dan Curses sendiri jadi rujukan untuk reward yang bisa kamu pilih setelah menyelesaikan sebuah stage. Keduanya akan memberikan kamu bonus permanen yang bisa membantu kamu memenangi laga, namun dengan twist menarik di setiap pilihan yang kamu buat.

10. Turnip Boy Commits Tax Evasion

Turnip Boy Commits Tax Evasion jadi game ringan Android buat kamu yang senang dengan aksi petualangan. Sesuai namanya, tema yang diangkat game ringan Android ini pun sangat menarik seputar menghindari pajak, namun dengan karakter unik berupa sayuran lobak.

Turnip Boy Commits Tax Evasion

Di game ini, kamu bisa berpetualang ke dalam dungeon yang penuh dengan teka-teki, namun penuh harta karun. Kamu pun bisa bertemu dengan banyak karakter lain, yang masing-masing memiliki cerita unik dan masalah mereka sendiri. Tidak ketinggalan, ada bos yang menunggumu di Epic Dungeon.

Satu hal yang menarik, game ini juga punya elemen RPG yang membuatnya unik. Meski punya mb kecil, game ini memiliki fitur multiple ending berdasarkan efektivitas kamu dalam menghindari pajak. Jadi makin seru deh untuk dimainkan berulang-ulang!

11. Guidus : Pixel Roguelike RPG

Guidus adalah game roguelike dengan unsur RPG yang bisa dimainkan offline. Di sini kamu bisa memilih banyak individu unik, yang masing-masing memiliki kekuatan tersendiri. Skill dan karakter kamu pun bisa berkembang seiring progress yang kamu buat, dan membuatnya lebih kuat.

Guidus: Pixel Roguelike RPG

Dalam game ini terdapat puluhan item yang dapat membantu, mengubah secara drastis, atau bahkan berdampak negatif pada build karakter kamu. Mekanisme gamenya sendiri cukup sederhana, dengan bos yang punya pola serangan yang bisa kamu pelajari.

Dengan grafis piksel yang baik, kamu bisa download game offline mb kecil ini untuk dimainkan mengisi waktu. Kamu pun bisa memainkannya berulang-ulang untuk membuka semua karakter dan aksesoris lucu untuk masing-masing karakter tersebut.

12. Legends of Runeterra

Legends of Runaterra adalah game Android ringan terbaik untuk kamu yang senang dengan permainan kartu ala Yu-Gi-Oh! Meski berukuran kecil, game ini punya mekanisme permainan yang kompleks, disertai degngan grafis dan artwork yang luar biasa.

Legends of Runeterra

Meski bisa dimainkan secara offline, game ini akan lebih seru dimainkan secara online di mana kamu bisa bertanding melawan pemain lain, atau mengikuti event global yang diadakan secara rutin. Kamu yang butuh tantangan lebih pun bisa mencoba Lab of Legends di mana kamu bisa melawan AI dengan peraturan dan tantangan tambahan.

Satu hal yang membuat Legends of Runaterra jadi game kartu terbaik di Android adalah sistem di mana kamu hanya butuh skill untuk mendapatkan semua kartu yang ada. Beda dengan game kartu lain sejenisnya, pembelian hanya dibatasi pada sisi kosmetik saja. Dengan begitu kamu bisa lebih fokus dalam permainan dan tidak perlu takut kalah dari orang yang mengeluarkan lebih banyak uang.

13. Rebel Inc

Rebel Inc. adalah game ringan Android yang cocok untuk penggemar genre RTS. Berlatar belakang negara pasca perang, kamu harus bisa meracik strategi untuk menyeimbangkan prioritas sipil dan kekuatan militer, sambil mewaspadai gerakan para pemberontak.

Rebel Inc

Dengan 8 gubernur yang masing-masing memiliki kemampuan berbeda, kamu akan ditantang untuk menstabilkan region sesuai dengan skenario yang didasari gejolak politik di dunia nyata. Kamu yang butuh tantangan lebih pun bisa mencoba tingkat kesulitan Mega Brutal.

Meski tergolong game ringan, Rebel Inc. mampu menampilkan kompleksitas strategi yang cukup baik, dengan tutorial yang mendalam. Meski tingkat kesulitannya dirasa cukup tinggi bagi sebagian orang, Rebel Inc tetap mampu memberikan kesenangan dan tantangan bagi pecinta game strategi di Android.

14. Alto's Adventure

Buat kamu yang senang game lari-larian, Alto's Adventure adalah game offline Android dengan tema snowboarding yang bisa kamu coba. Meski sudah ada sejak tahun 2016, game ini masih terus mendaptkan update dan terus diingat berkat grafisnya yang indah dan minimalis, suasananya yang tenang, serta gameplay yang membuat ketagihan.

Alto's Adventure

Dalam game ini, pemain berperan sebagai Alto. Misi kamu adalah mengumpulkan llama, melakukan trik, dan menyelesaikan tujuan sambil menghindari rintangan dan tantangan seperti jurang dan batu. Game ini menampilkan siklus siang-malam dan kondisi cuaca yang berubah-ubah, yang tidak hanya menambah daya tarik visualnya tetapi juga memengaruhi gameplay.

Salah satu fitur menonjol dari game ini adalah soundtracknya yang menenangkan dan imersif, yang meningkatkan pengalaman secara keseluruhan. Makanya, walau jadi game mb kecil, game ini punya banyak respon positif dari para kritikus game.

15. Workemon

Workemon merupakan game simulasi bisnis sekaligus parodi dari franchise populer Pokemon. Di sini kamu bisa mengumpulkan para pekerja (Workemon), melatihnya dan membuat mereka bertarung untukmu. Kamu pun bisa menantang 8 saudaramu untuk menjadi yang terbaik.

Workemon

Meski cara mainnya sekilas mirip, Workemon juga memiliki keunikannya sendiri, terutama dari segi cerita yang penuh dengan plesetan, satir dan dialog humoris. Masing-masing Workemon yang kamu temui selama petualangan pun memiliki cerita menarik mereka sendiri.

Dirilis tahun 2017, game ini masih mendapatkan update dan perbaikan bug secara rutin. Kamu pun bisa mendapatkan pengalaman yang tidak kalah serunya dibanding bermain game Pokemon.

16. Hooked Inc: Fishing Games

Buat kamu yang suka game memancing, Hooked Inc adalah salah satu rekomendasi game offline terbaik di Android dan iOS. Tidak hanya memancing ikan saja, game ini pun memiliki elemen sim dan tycoon di mana kamu bisa mengembangkan usaha penangkapan ikanmu.

Hooked Inc: Fishing Games

Untuk melakukannya, gunakan peralatan dan sewa kru terbaik agar bisa memperoleh hasil yang maksimal. Kamu pun bisa berpindah dari satu lokasi pemancingan ke tempat lainnya untuk berburu ikan-ikan langka di lautan di seluruh dunia.

Meski asik dimainkan secara offline, kamu pun bisa bermain menggunakan koneksi internet untuk bertanding di lomba memancing multiplayer. Di sini kamu berpeluang untuk mendapatkan reward berharga seperti gems.

17. Plague Inc

Sebelum Rebel Inc, developer Ndemic Creation lebih dulu populer lewat game fenomenal mereka, Plague Inc. Dengan tema penyebaran penyakit, game ringan Android ini bahkan sempat viral selama pandemi Covid dan jadi satu-satunya game di daftar ini yang di-download lebih dari 100 juta kali.

Plague Inc

Di sini, tugas kamu adalah membuat penyakit berbahaya yang dapat menghapus populasi umat manusia di seluruh dunia. Dengan ratusan sifat yang bisa dikembangkan, penyakit buatanmu harus bisa menghindari tindakan pencegahan manusia agar lebih mematikan dan lebih cepat menyebar melalui berbagai medium.

Selama beberapa tahun terakhir, game ini mendapatkan banayk update yang membuatnya makin seru dan realistis. Game ini pun bisa dimainkan berulang-ulang dengan ribuan variasi skenario yang berbeda-beda.

18. Card Thief

Game ringan Android offline lainnya adalah Card Thief yang mengkombinasikan permainan kartu dengan elemen stealth. Game ini pun menambahkannya dengan desain keren bertema 'suram' yang sesuai dengan alur cerita di game ini.

Card Thief

Dalam game Card Thief, kamu harus bergerak secara strategis melalui deretan kartu yang mewakili tindakan atau rintangan tertentu, seperti penjaga, obor, loot dan peralatan. Tujuan kamu adalah mengumpulkan loot sebanyak-banyaknya tanpa terdeteksi oleh para penjaga.

Game ini sendiri cocok untuk kamu yang mencari game untuk mengisi waktu luang. Dengan gameplay singkat 2-4 menit per sesi, Card Thief jadi game offline terbaik untuk kamu yang senang dengan permainan berbau strategi.


Itulah beberapa rekomendasi game ringan android yang bisa dimainkan secara offline. Meski berukuran kecil, game-game tersebut mampu memberikan pengalaman yang baik dengan gaya unik mereka masing-masing. Kamu pun bisa download game offline mb kecil lewat Google Play Store. (GimTekno.com)

0 Komentar