8 Cara On/Off dan Restart Handphone tanpa Tombol Power - GimTekno

8 Cara On/Off dan Restart Handphone tanpa Tombol Power

Tombol power jadi satu bagian hp yang seringkali rusak setelah pemakaian dalam jangka waktu lama. Jika sudah begini, bagaimana cara on/off atau restart handphone tanpa tombol power tersebut?

Meski sulit, ada banyak cara yang bisa kamu coba. Menginstal aplikasi yang dapat mensimulasi tombol power bisa jadi salah satu solusi. Selain itu kamu pun bisa memanfaatkan beragam fitur Android yang dapat merestart hp kamu.

Cara menyalakan, mematikan, dan restart hp tanpa tombol power

Cara Menyalakan, Mematikan dan Restart HP tanpa Tombol Power

1. Menggunakan kabel charger

Jika kamu hanya sekadar ingin menyalakan hp tanpa tombol power, cukup colokkan kabel charger kamu saja. Dengan begitu hp akan bangun dari posisi sleep sehingga kamu bisa mengaksesnya seperti biasa.

2. Meneleponnya dari ponsel lain

Sebagai alternatif, menyalakan hp tanpa tombol power juga bisa dilakukan dengan menelponnya dari ponsel lain. Sebagai alternatif, kamu pun bisa meminta orang lain untuk mengirimkan pesan WhatsApp ke nomor kamu agar notifikasinya dapat membangunkan hp kamu secara otomatis.

3. Restart dari menu Quick Settings

Beberapa model hp menampilkan menu Power saat kamu memakai menu Quick Settings. Cukup gulirkan layar dari atas ke bawah, lalu cari shortcut Power yang ada. Setelah itu kamu bisa menggunakan tombol power atau restart seperti biasa.

Beberapa merek hp menyediakan fitur Power yang bisa diakses dari Quick Settings

4. Gunakan fitur Accessibility

Jika kamu tidak memiliki hp dengan fitur di atas, kamu bisa memakai fitur Accessibility yang ada di semua hp Android. Melalui fitur ini, kamu bisa membuat shortcut di Home Screen yang memungkinkan kamu untuk mengakses banyak menu dengan cepat, salah satunya adalah menu Power.

Untuk mengaktifkannya, kamu hanya perlu mengikuti langkah berikut ini.

  • Buka Settings lalu cari menu Accessibility
  • Aktifkan fitur Accessibility Menu Shortcut dan beri akses yang diperlukan
  • Jika sudah, kamu bisa melihat ikon baru di bagian kanan bawah layar
  • Klik untuk membuka shortcut dan cari ikon On/Off untuk mematikan atau restart hp tanpa tombol Power
Gunakan Accessibility Menu Shortcut untuk restart hp tanpa tombol power

5. Aktifkan fitur "Raise to Wake" atau "Double Tap"

Fitur "Raise to Wake" dan "Double Tap" pada HP Android adalah fitur yang memungkinkan layar perangkat menyala secara otomatis tanpa perlu menekan tombol power. Raise to Wake atau Lift to Wake memungkinkan hp untuk menyala saat kamu mengangkatnya, sementara Double Tap menggunakan ketukan ganda untuk menyalakan dan mematikan hp.

Untuk menggunakan kedua fitur ini bisa sedikit berbeda tergantung pada merek dan model perangkat hp, namun secara umum, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu Settings > Display atau Settings > Lock Screen
  • Setelah itu scroll sampai kamu menemukan opsi Raise to Wake dan Double tap to wake or turn off screen when device is locked
Fitur Raise to Wake dan Double Tap di Android

6. Gunakan aplikasi

Saat ini ada cukup banyak aplikasi yang bisa mensimulasikan tombol power dan restart di hp Android. Kamu bahkan bisa memakainya tanpa perlu root hp terlebih dahulu. Setelah terpasang, kamu bisa dengan mudah mematikan, menyalakan atau restart hp tanpa perlu memakai tombol power.

Meski begitu perlu diketahui bahwa kebanyakan aplikasi ini tidak bisa dipakai jika hp kamu dalam keadaan mati atau shutdown. Namun jika kamu ingin membatasi penggunaan tombol power, aplikasi ini bisa sangat membantu.

7. Restart hp tanpa tombol power lewat ADB

Cara lain untuk restart ponsel tanpa tombol power adalah dengan menggunakan ADB. ADB (Android Debug Bridge) sendiri merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk menghubungkan perangkat Android dengan komputer dan mengelola perangkat tersebut melalui baris perintah (command line). ADB memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai hal, salah satunya adalah me-restart handphone tanpa tombol power.

Untuk melakukannya, kamu harus mengaktifkan fitur USB Debugging terlebih dahulu.

  • Masuk ke menu Settings > About Phone lalu klik pada keterangan Build Number beberapa kali sampai muncul pesan kalau kamu sudah berhasil mengaktifkan menu developer/pengembang.
  • Jika sudah, cari menu Developer Options lalu aktifkan opsi USB Debugging
  • Setelah mengaktifkan menu tersebut, kamu perlu menyambungkan hp Android ke PC atau Laptop
  • Download dan pasang aplikasi ADB terlebih dahulu. Kamu bisa mengunduhnya dari situs resmi Android atau XDA Developers
  • Jika sudah, masuk ke direktori C:\adb lalu buka command prompt di lokasi tersebut.
  • Setelah itu ketika perintah adb devices untuk melihat nomor IMEI hp yang tersambung dengan aplikasi ini.
  • Untuk restart hp tanpa tombol power melalui ADB, kamu hanya perlu memasukan perintah adb reboot saja

8. Mengganti tombol power dengan tombol volume

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti tombol power dengan tombol volume. Jadi kamu tetap bisa menyalakan, bahkan restart hp, namun dengan tombol volume yang kini sudah berganti peran.

Cara melakukannya pun cukup mudah melalui aplikasi gratis bernama Power Button to Volume Button yang bisa kamu unduh dari Play Store. Hanya saja pastikan kamu membaca cara kerjanya karena aplikasi ini bisa cukup menguras baterai.

Sebagai alternatif, kamu juga bisa melakukan hal ini secara manual menggunakan aplikasi ADB menggunakan beberapa langkah berikut:

  • Pertama, ikuti cara di atas hingga kamu bisa membuka command line di direktori C:\adb
  • Jika sudah, masukan perintah adb reboot recovery untuk merestart hp dan membawanya masuk ke menu Recovery Mode
  • Masukan perintah lanjutan fastboot continue
  • Setelah itu, masukan perintah berikut untuk membuka menu pengaturan layout tombol adb pull /system/usr/keylayout/Generic.kl
  • Setelah itu cari opsi "VOLUME_DOWN" atau "VOLUME_UP" dan ganti dengan "POWER"
  • Untuk menyimpan perubahan, masukan perintah adb push /system/usr/keylayout/Generic.kl

Tips agar Tombol Power tetap Awet

Untuk mencegah kerusakan yang lebih cepat pada tombol power, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Pada sebagian besar hp Android sekarang sudah terdapat fitur seperti fingerprint scanner atau FaceID. Dengan kedua fitur tersebut, kamu bisa menyalakan hp tanpa tombol power menggunakan sidik jari atau muka kamu sendiri. Dengan begitu kamu bisa mengurangi ketergantungan pada tombol power dan hanya memakainya untuk menyalakan hp dari posisi off atau restart saja.

0 Komentar