15 Game Membangun Kota Terbaik di Android dan iOS - GimTekno

15 Game Membangun Kota Terbaik di Android dan iOS

(Update: 03 Agustus 2023) - Genre simulasi city building menjadi salah satu favorit yang memungkinkan pemain membangun desa, kota, atau sebuah kerajaan. Di game membangun kota tersebut, tugas kamu adalah membuat kota/desa dan membuatnya berkembang menjadi yang terbaik.

Ada banyak elemen seru yang membuat game simulasi membangun kota menjadi unik dan sangat menyenangkan. Dengan strategi yang tepat, tentu akan ada rasa puas tesendiri melihat apa yang kamu bangun menjadi sesuatu yang megah bukan?

Nah, buat kamu penggemar game semacam ini, simak dulu yuk game membangun kota terbaik di Android dan iPhone yang bisa kamu mainkan.

Game Membangun Kota, Desa, dan Kerajaan Terbaik di Smartphone

1. Township

Township (Play Store) | Township (App Store)

Township jadi salah satu game membangun kota terbaik di Android dan iOS

Dengan lebih dari 473 Ribu ulasan dan nilai rata-rata 4,7, Township memiliki segalanya untuk membuat penggemar game simulasi menyukainya. Dilengkapi dengan tampilan antarmuka yang menarik, kamu bisa membangun kota impian dengan membuka restoran, bioskop, gedung komunitas, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, permainan ini berjalan seperti dunia nyata dan memungkinkan kamu untuk berdagang dengan pulau lain secara waktu nyata. Selain itu kamu juga bisa menjelajahi sumber daya, menemukan artefak kuno, hingga menjalankan kebun binatang.

Menariknya lagi, Township memungkinkan kamu untuk bermain dengan teman Facebook dan mereka yang ada di komunitas game ini.

2. Designer City

Designer City (Play Store) | Designer City (App Store)

Designer City

Game Designer City adalah permainan yang memungkinkan kamu untuk merancang, mengelola, dan mengembangkan kota kamu sendiri.

Di game simulasi membangun kota ini kamu bisa membangun beragam bangunan dan monumen yang tampak unik dan menarik. Selain itu, kamu juga dapat mengelola kota dengan mengontrol jumlah penduduk, menggunakan layanan kota, mengoptimalkan sumber daya, dan membuat aturan baru.

Setelah kota mulai berjalan, saatnya untuk mendesain ulang dan mengembangkan kota. Jangan lupa untuk memperhatikan lingkungan dengan membangun pembangkit listrik ramah lingkungan, danau, dan hutan.

3. City Island 5 - Tycoon Building Simulation Offline

City Island 5 (Play Store) | City Island 5 (App Store)

City Island 5 - Tycoon Building Simulation Offline

Game City Island 5 adalah salah satu dari sekian banyak game dari seri simulasi membangun kota yang dibuat oleh developer Sparkling Society. Di game ini kamu bisa membangun desa menjadi sebuah kota besar dengan menempatkan lebih banyak bangunan dan membuka pulau baru.

Menariknya, City Island 5 termasuk salah satu game offline terbaik yang bisa kamu mainkan saat tidak ada koneksi internet memadai. Selain itu di game ini juga terdapat banyak misi dan konten sehingga kamu tidak bosan karena selalu ada sesuatu untuk dilakukan.

4. Frozen City

Frozen City (Play Store) | Frozen City (App Store)

Frozen City

Sekilas Frozen City mirip dengan game membangun kota lain di mana kamu bisa mendirikan kota, mengumpulkan resources, hingga memenuhi kebutuhan warga. Namun latar belakang dunia pasca apokaliptik yang membuat dunia kembali ke zaman es membuat game ini memiliki cerita yang unik.

Survival jadi tema yang membuat game ini menarik. Dunia es yang kejam pun akan sangat berpengaruh pada resources yang kamu kumpulkan, serta penyintas yang berdiam di kotamu.

Agar kotamu makin berkembang, kamu harus bisa meningkatkan efisiensi produksi dan mengalokasikan wargamu dengan efektif. Bangun lebih banyak tempat untuk mendapatkan survivor baru, dan rekrut para Hero yang bisa membantu kamu mengelola kota.

5. Megapolis: City Building Simulator

Megapolis (Play Store) | Megapolis (App Store)

Megapolis: City Building Simulator

Tidak diragukan lagi, game Megapolis: City Building Simulator dirancang untuk memberi kamu pengalaman simulasi membangun kota terbaik.

Permainan ini menawarkan banyak kesempatan untuk membangun dan mengembangkan infrastruktur perkotaan agar sesuai dengan imajinasi modern kamu. Di sini kamu juga dapat membangun pusat penelitian untuk membuat kemajuan teknologi dan menjelajahi tambang serta sumber daya minyak untuk memperkuat ekonomi kamu.

Tidak hanya itu, game ini juga menawarkan kontes secara real-time, di mana kamu dapat bersaing dengan pemain lainnya. Jika berhasil menang, ada hadiah berharga yang bisa kamu dapatkan.

6. The Tribez

The Tribez (Play Store) | The Tribez (App Store)

The Tribez

The Tribez adalah game yang akan membawa kamu ke dunia zaman prasejarah yang sama sekali berbeda. Game petualangan ini memungkinkan kamu untuk menjalani masa-masa zaman batu secara virtual.

Kisah game ini dirancang untuk memberi kamu contoh di mana kamu ditugaskan untuk melakukan berbagai hal mulai dari menemukan kehidupan di pulau yang hilang hingga hidup dengan dinosaurus terakhir yang masih hidup.

Tidak hanya itu, kamu juga ditugaskan untuk memelihara tanaman dan memanennya untuk mengembangkan tempat tinggal. Secara keseluruhan, jika kamu suka berada di dunia fantasi atau masa bersejarah dengan tampilan yang menarik, game ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

7. SimCity Build It

SimCity Build It (Play Store) | SimCity Build It (App Store)

SimCity Build It

SimCity BuildIt bisa menjadi aplikasi yang tepat untuk menunjukkan seberapa kreatif kamu. Ditinjau oleh lebih dari 5 juta pengguna, game ini memiliki peringkat rata-rata 4,3 dan merupakan salah satu game simulasi strategi terbaik di Android dan iPhone.

Gim ini memungkinkan kamu membangun kota dengan membangun gedung, jembatan, taman, dan banyak lagi. Jangan lupa untuk terhubung dengan Walikota dari kota lain (pemain online) dan bekerja sama untuk mengembangkan kota kamu dengan lebih cepat.

8. Forge of Empires: Build Your City

Forge of Empires (Play Store) | Forge of Empires (App Store)

Forge of Empires: Build Your City

Forge of Empires: Build Your City adalah game buatan InnoGames yang menggabungkan genre simulasi dan strategi.

Di sini kamu mendapatkan tugas untuk membangun dan mengembangkan kota dari zaman batu ke zaman modern. Selain membangun monumen, perumahan, dan properti komersial, kamu juga dapat menemukan bangunan & barang serta mengembangkan teknologi baru.

Untuk memberi makan kota yang sedang berkembang, kamu juga harus mengelola persediaan yang diperlukan. Tidak hanya itu, perkuat ekonomi kota kamu dengan berdagang dengan kerajaan milik orang lain. Pertumbuhan kota kamu tidak terbatas di sini karena kamu bisa memperluas wilayah lebih jauh dengan menemukan provinsi baru.

9. Elvenar - Fantasy Kingdom

Elvenar - Fantasy kingdom (Play Store) | Elvenar - Fantasy kingdom (Play Store)

Elvenar - Fantasy Kingdom

Game buatan InnoGames lain yang juga jadi salah satu game membangun kota terbaik di Android dan iOS adalah Elvenar - Fantasy Kingdom. Sesuai namanya, game ini berlatar belakang dunia fantasi di mana manusia bertetangga dengan banyak ras lainnya.

Saat memulai, kamu bisa memilih untuk membangun kota untuk ras manusia atau elf. Seiring berjalannya permainan, kamu bisa menyambut ras lain untuk datang ke kotamu, mulai dari dwarves, peri, naga, dan banyak lagi.

Mengumpulkan resources dan riset teknologi kuno jadi kunci untuk membuat kota kamu maju. Kamu pun bisa melakukan trading dengan merchant atau kawan kamu untuk mengembangkan kota. Jika populasi kamu sudah membesar, saatnya untuk menemukan daerah baru untuk memperluas kerajaanmu.

10. Pocket City

Pocket City (Play Store) | Pocket City (App Store)

Pocket City

Sesuai namanya, Pocket City akan cocok untuk kamu yang ingin game membangun kota ukuran kecil yang ringan dan cepat. Meski begitu game ini juga cukup kompleks untuk membuat kamu betah memainkannya berjam-jam.

Di game ringan Android offline ini, kamu akan membangun kota berdasarkan zona, yaitu industrial, commercial, dan residential. Pastikan ketiga zona ini dibuat seimbang agar penduduk kamu senang dan berkecukupan. Selain itu jangan lupa juga untuk mengawasi kota dari ancaman api, kejahatan, hingga bencana alam.

Pocket City memiliki versi gratis yang memungkinkan kamu mencoba semua fiturnya tanpa perlu membeli atau menonton iklan. Semua bangunan nantnya bisa diperoleh melalui gameplay saja saat kamu naik level. Namun jika kamu membeli versi premiumnya, kamu bisa membangun lebih dari 3 kota sekaligus dan mempercepat pembangunan kota kamu.

11. Pocket City 2

Pocket City 2 (Play Store)Pocket City 2 (App Store)

Pocket City 2

Jika kamu menyukai gameplay Pocket City, maka kamu juga harus mencoba sekuelnya yang tidak kalah seru di Pocket City 2. Meski judulnya sama, Pocket City 2 menawarkan sensasi yang berbeda dibanding pendahulunya.

Di game ini, kamu tidak hanya bisa membangun kota saja, tapi juga menikmati kota tersebut. Dengan begitu kamu bisa membeli rumah kamu sendiri, mengisinya dengan perabotan, mengadakan acara, serta berjalan-jalan di sekitar kota.

Menariknya, kamu bisa berinteraksi dan membantu para NPC yang jadi warga kotamu. Kamu pun bisa terlibat dalam banyak mini-games seru seperti balapan jalanan, menerbangkan pesawat, dan masih banyak lagi.

12. Aquapolis

Aquapolis (Play Store) | Aquapolis (App Store)

Aquapolis

Aquapolis adalah game membangun kota yang unik, karena kamu akan melakukannya di dalam air. Dengan lebih dari 80 bangunan dan dekorasi berbeda, kamu bisa menciptakan dunia indah di bawah laut sesuai dengan fantasimu.

Tidak cuma membangun kota, kamu pun bisa mengembangkan teknologi untuk membuat kota kamu makin maju. Jangan lupa juga ajak teman Facebook kamu untuk melihat-lihat kota yang sudah kamu bangun.

Tidak cuma itu, di balik game ini juga terdapat misteri besar yang membuat kota tersebut bisa berada di bawah air. Kamu bisa mengetahui kisah tersebut melalui serangkaian puzzle dan quest menarik yang ditawarkan game ini.

13. City Mania: Town Building Game

City Mania (Play Store) | City Mania (App Store)

City Mania: Town Building Game

Di game City Mania, hal pertama yang mungkin akan menarik perhatian kamu adalah karakter lucu yang mereka tambahkan. Menariknya, game ini memungkinkan kamu untuk menambahkan karakter unik pilihan kamu sendiri.

Tapi ingat, jangan lupa untuk membangun dan mengembangkan kota karena ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan di game ini. Selain itu gunakan strategi yang tepat agar kota dapat tumbuh sesuai potensi maksimalnya.

14. Virtual City Playground: Building Tycoon

Virtual City Playground (Play Store) | Virtual City Playground (App Store)

Virtual City Playground: Building Tycoon


Virtual City Playground adalah game membangun kota terbaik yang selalu masuk dalam daftar game berpenghasilan kotor terbaik di 100 negara berbeda. Game ini memungkinkan kamu untuk membangun stadion, bandara, kastil es, gedung pencakar langit, dan masih banyak lagi untuk meningkatkan standar hidup di kota kamu.

Dengan pendekatan ekologis, kamu dapat menanam pohon, mendaur ulang sampah, menambah rumah sakit, stasiun pemadam kebakaran, dan mengupgrade bangunan agar kota kamu tidak hanya indah dan aman, tetapi juga lebih sehat.

15. Airport City

Airport City (Play Store) | Airport City (App Store)

Airport City


Airport City sedikit berbeda dari yang lain di daftar ini. Alih-alih membangun seluruh peradaban, di sini kamu harus membangun kota berupa sebuah Bandara (airport).

Mulai dari dasar, kamu bisa mengumpulkan seluruh armada dari beberapa pesawat paling keren dan langka. Untuk lebih membuat game ini menarik, ada petualangan waktu yang muncul dalam waktu terbatas yang dapat memberi kamu hadiah unik.

Tidak hanya itu, saat bandara yang dibangun semakin berkembang, kamu mendapatkan kesempatan untuk mencapai ruang angkasa juga. Jangan lupa untuk bekerja sama dengan teman-teman kamu dan membentuk aliansi.


Membangun dan merancang sesuatu membawa kesenangan tersendiri bagi gamer yang ingin bermain dengan santai. Tidak hanya itu, game simulasi membangun kota juga bisa mewujudkan impian kamu untuk membangun kota sendiri. (GimTekno.com)

0 Komentar