Mesin pencari buatan indonesia selain google

Google adalah rajanya mesin pencari di seluruh dunia. Tidak tanggung-tanggung, persentase penggunanya bahkan mencapai lebih dari 90% di banyak negara.

Meski begitu, masih ada beberapa negara tampaknya lebih sulit ditembus oleh Google. Meski masih cukup dominan, persentasenya masih jauh dibanding rata-rata negara lainnya.

Hanya beberapa negara saja yang menggunakan mesin pencari alternatif Google dengan persentase tinggi seperti Yandex di Rusia, Korea dengan Naver-nya, atau Baidu di Tiongkok.

Indonesia sendiri juga sebenarnya memiliki beberapa mesin pencari buatan lokal. Sayang kebanyakan dari mereka kini sudah tumbang, dan kalaupun bisa diakses, hasil pencariannya masih kalah akurat dibanding mesin pencari terbaik lainnya.

Buat kamu yang belum tahu, berikut adalah beberapa mesin pencari buatan Indonesia yang masih dan pernah ada.

Mesin Pencari Buatan Indonesia

1. Geevv

Geevv adalah search engine yang awalnya banyak mendapatkan respon positif dari banyak media. Apalagi mereka mengusung konsep Social Search Engine yang mendonasikan 80% penghasilan mereka untuk donasi.

Meski begitu lama-kelamaan diketahui bahwa Geevv menggunakan API dari Bing untuk menampilkan hasil pencarian mereka. Jadi Geevv tidak bisa dibilang 100% buatan anak bangsa sendiri.

Sayangnya nasib mereka kini tidak jelas. Meski masih bisa diakses melalui ekstensi browser dan aplikasi android, hasil pencariannya tidak menunjukan apa-apa. Website resmi mereka di geevv.com bahkan kini sudah dimiliki orang lain.

2. Yufid.com

Yufid.com menjadi satu-satunya mesin pencari buatan Indonesia yang aktif sampai sekarang. Meski begitu kemampuan mesin pencari ini cukup terbatas dibandingkan search engine pada umumya.

Dengan misi untuk memberikan kemudahan untuk mendapatkan pengetahuian islam yang sahih dan bermanfaat, mesin pencari sunnah ini hanya bisa digunakan untuk mencari artikel-artikel islami saja. Semua artikel yang ditampilkan diklaim berasal dari situs-situs yang telah mereka kurasi dan sortir satu-persatu untuk mendaptkan hasil terbaik.

3. Mesin Pencari Buatan Indonesia Lainnya

Dahulu ada cukup banyak mesin pencari selain Google buatan Indonesia. NowGoogle.com menjadi salah satu yang terpopuler dan menampilkan hasil pencarian dengan mengkurasi search engine populer lain.

Sayangnya semua mesin pencari buatan Indonesia tersebut kini sudah tidak berfungsi lagi dn sulit diakses. Beberapa bahkan dibeli oleh orang lain dan digunakan untuk kepentingan lain.

Nowgoogle.com, Gruil.com: Saat diakses akan diarahkan ke landing page iklan.

Findtoyou.com, Cangkok.com, Basigi.com, Goleoo.com: Tidak bisa diakses.

Bataviase.com, Fjbex.com, Pitoong.com: Nama domain dibeli orang lain.


Dengan jumlah penduduk serta penetrasi internet yang tinggi, developer Indonesia memiliki potensi besar untuk bisa membuat searhc engine mereka sendiri dan membuatnya lebih populer dari Google, seperti yang dilakukan Yandex, Baidu, dan Naver.

Meski sempat ada usaha untuk menyaingi, sayangnya cukup sulit untuk menandingi Google dan membuat orang-orang berpaling ke search engine buatan lokal. Mudah-mudahan saja di kemudian hari ada starup yang berani mendobrak dominasi Google agar mesin pencari buatan Indonesia bisa berjaya di negeri sendiri.

Post a Comment