Di antara semua video game yang pernah dirilis, tidak semua mendapatkan popularitas yang sama. Beberapa mungkin akan cukup terkenal sehingga dibuat triloginya, namun beberapa lainnya malah sangat digandrungi hingga terus dibuat sekuel atau bahkan dibuat versi remake/remaster.

Game-game tersebut berubah menjadi sekedar permainan, melainkan sebuah franchise yang karakter dan alur ceritanya menjadi legenda yang terus dibicarakan dan dikenali banyak orang lintas generasi.

Nah, buat kamu penasaran apa saja game-game epik tersebut, berikut adalah beberapa franchise game terlama, terlaris, dan terbaik di dunia dari seluruh platform permainan yang ada.

Franchise Game Terbaik

1. Madden NFL

Madden NFL, salah satu franchise game terlama di dunia

Meski American Football tidak terlalu populer di banyak negara, olahraga ini memiliki banyak penggemar setia, terutama di Amerika dan beberapa negara Eropa. Maka tidak heran jika Madden NFL yang awalnya dirilis sebagai John Madden Football untuk Microsoft DOS menjadi salah satu franchise game terlama yang masih dirilis hingga saat ini.

Dinamakan setelah pelatih dan komentator Hall of Fame Sepak Bola Pro yang ikonik, John Madden, serial ini telah terjual lebih dari 250 juta kopi dengan 40+ judul dalam kurun waktu lebih daru tiga puluh tahun.

Meski awalnya Madden NFL lebih dikenal sebagai seri PC dan konsol, versi terbaru dan spin-off-nya telah ikut merambah perangkat genggam dan seluler.

2. Pro Evolution Soccer

Franchise game paling laris sepanjang masa berikutnya adalah game sepakbola populer bernama Pro Evolution Soccer (PES), yang di Jepang dikenal dengan sebutan World Soccer: Winning Eleven.

Dirilis pada tahun 1995, game ini awalnya dibuat dengan nama J-League Jikkyou Winning Eleven. Setiap tahun game ini selalu dikembangkan dan mendapatkan update terbaru hingga menjadi game PES yang kita kenal selama ini.

Tingkat popularitas game ini bisa dilihat dari banyaknya penggemar sepakbola yang pernah memainkan game PES tersebut. Game ini bahkan mampu bersaing dengan raksasa game sepakbola lainnya, FIFA.

3. Super Mario

Pertama kali muncul di Donkey Kong tahun 1981, tukang ledeng Italia berkumis yang dikenal sebagai Mario tidak akan mendapatkan serinya sendiri sampai Super Mario Bros tahun 1985.

Muncul sebagai salah satu game platformer 2D paling ikonik, seri ini sekarang mencakup berbagai genre termasuk balap, olahraga, dan permainan pesta serta platformer 3D yang tetap setia pada semangat aslinya.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Super Mario dianggap sebagai salah satu franchise game terlaris sepanjang masa, dan telah terjual lebih dari 380 juta unit pada tahun 2021.

4. Metal Gear

Metal Gear Solid, salah satu franchise game terbaik di berbagai platform

Metal Gear awalnya dirilis sebagai game top-down shooter untuk komputer MSX2, tetapi gameplay-nya telah berkembang jauh selama bertahun-tahun hingga sekarang menyerupai game aksi-petualangan orang ketiga.

Serial ini paling dikenal karena gameplay yang yang banyak mengandalkan gerakan siluman dan cutscene menarik yang awalnya eksklusif untuk Jepang sampai dibuat dalam versi bahasa Inggris untuk pemain di Eropa dan Amerika Utara pad akurun waktu 1987-1990.

Meskipun produksi seri Metal Gear sedikit terhambat setelah kepergian Hideo Kojima, penggemar berharap Konami akan terus mengembangkan franchise ini di masa mendatang.

5. Final Fantasy

Final Fantasy memiliki sejarah video game yang sangat kaya yang dimulai pada bulan Desember 1987 dengan dirilisnya game pertama oleh pencipta seri Hironobu Sakaguchi.

Pada saat itu, Sakaguchi yakin itu akan menjadi video game terakhir yang pernah dia buat, tetapi seperti keberuntungan, Final Fantasy ternyata sukses besar dan terus menelurkan sekuel dan spin-off yang tak terhitung jumlahnya.

Seri ini terdiri dari 15 entri JRPG di beragam konsol, belum termasuk berbagai subseri yang mencakup genre pertempuran, strategi, dan bahkan game balap.

6. Pokemon

Pokemon adalah salah satu franchise game terbaik di dunia yang sebagian besar karakternya menjadi ikon populer. Game ini bahkan sempat menjadi pusat perhatian dunia saat Pokemon Go membuat banyak orang keluar rumah untuk mendapatkan pokemon mereka sendiri.

Seri pertama dari game ini adalah Pokemon Red and Green yang dirilis pada tahun 1996 di Jepang sebelum akhirnya dikemas menjadi Pokemon Red and Blue untuk gamers internasional.

Mempertahankan gameplay-nya yang unik, game seri Pokemon terus dirilis secara berkala mengikuti perkembangan animenya dan kini sudah mencapai generasi ke-delapan.

7. Sonic the Hedgehog

Sonic the Hedgehog merupakan sebuah game di mana landak berwarna biru adalah tokoh protagonis utama dalam serial game buatan Sega tersebut. Karakter ini bahkan begitu ikonik hingga menjadi salah satu maskot paling dikenal dari Sega.

Munculnya Sonic sendiri berlatar belakang dari keinginan Sega untuk membuat karakter orisinil yang direncanakan akan menggeser Alex Kidd yang ketika itu menjadi mascot mereka. Sega juga ingin tampil lebih fresh dalam usaha mereka untuk bersaing dengan kesuksesan game Super Mario milik Nintendo.

Franchise game ini dirilis pertama kali pada tahun 1991. Terakhir, Sega membuat seri terbaru Sonic Forces yang dirilis pada November 2017 untuk platform PlayStation 4, Xbox One dan PC. Dengan semua rilis tersebut, konon Sega berhasil meraup untuk lebih dari 4 triliun.

8. Wonder Boy

Wonder Boy, salah satu franchise game Sega terlama selain Sonic the Hedgehog

Meskipun Sonic the Hedgehog mungkin merupakan franchise Sega yang paling dikenal, game tersebut bukanlah franchise tertua. Jauh sebelum itu, ada Wonder Boy (juga dikenal sebagai Monster World) yang menyabet gelar tersebut dengan usia tiga puluh lima tahun dan terus bertambah.

Wonder Boy asli dirilis pada April 1986 untuk arcade, sebelum akhirnya dirilis untuk konsol Sega Master System di mana ia akan menjadi salah satu game andalan di dalamnya.

Sejak itu, penampilan Wonder Boy sangat terbatas, meskipun kebangkitan platformer 2D baru-baru ini telah mengantarkan gelombang remake yang mencakup Wonder Boy Returns, The Dragon's Trap, dan Asha in Monster World.

9. Dragon Quest

Awalnya diperkenalkan ke dunia Barat sebagai Dragon Warriors, franchise Dragon Quest adalah salah satu franchise JRPG tertua dan terluas di industri video game.

Serial ini dimulai pada tahun 1986 dengan Dragon Quest asli dan masih berlanjut hingga hari ini, dengan entri arus utama dan spin-off dirilis setiap tahun.

Meskipun popularitasnya masih condong ke penonton lokal Jepang, keberhasilan kritis baru-baru ini dari Dragon Quest XI: Echoes of an Elusive Age menunjukkan janji untuk daya tarik global seri ini.

10. The Legend of Zelda

Franchise terkenal lainnya dalam sejarah Nintendo, The Legend of Zelda telah ada selama sekitar tiga puluh lima tahun dengan total 27 game utama, spin-off, dan remaster.

Mirip dengan franchise popuelr lain seperti Super Mario dan Pokemon, Nintendo juga terus merilis game Zelda pada konsol baru yang terus bermunculan serta pada perangkat genggam.

Meski tampilan visual dan mekanika permainan telah berevolusi dari waktu ke waktu, perasaan menavigasi ruang bawah tanah yang rumit sebagai pahlawan pembawa pedang Link tetap sama memuaskannya di BOTW seperti di LoZ asli.

11. Castlevania

Meskipun belum ada game Castlevania aru sejak Lords of Shadow 2 tahun 2014, franchise ini masih hidup melalui berbagai koleksi, remaster, dan spin-off di perangkat seluler.

Dimulai dengan Castlevania asli yang dirilis tiga puluh lima tahun yang lalu untuk NES, gim-gim tersebut kadang-kadang telah bergeser dari gambar 2D ke 3D sambil mempertahankan gameplay berbasis eksplorasi yang dikenal dalam seri ini.

Game ini juga merupakan properti milik Konami lainnya yang, seperti Metal Gear, memiliki potensi untuk membuat comeback besar di tahun-tahun mendatang jika ditangani dengan benar.

12. Assasin's Creed

Assassin's Creed, salah satu franchise game tersukses di dunia

Franchise game terbaik selanjutnya adalah Assassin’s Creed yang merupakan game petualangan orang pertama yang dikembangkan oleh Ubisoft.

Seri pertama dari franchise ini dirilis pada tahun 2006 untuk Playstasion 3 sebelum akhirnya dirilis untuk PC dua tahun setelahnya.

Tidak tanggung-tanggung, game ini bisa langsung mendapatkan penghargaan E3 setelah rilis, hingga kini dikembangkan dalam 11 judul berbeda dan tersedia di berbagai platform mulai dari Playstation 4, Xbox 360, Xbox One, Microsoft Windows, OS X, Nintendo DS, Playstation Portable, Playstation Vita, Handphone, dan Wii U.

13. Tetris

Tetris selalu memiliki semacam kualitas abadi yang memungkinkannya melampaui tren game dan revisi perangkat keras sambil tetap memberikan gameplay puzzle yang membuat ketagihan.

Sangat sedikit yang berubah selama tiga puluh tujuh tahun lebih seri selain dari musik baru, latar belakang, dan mode permainan yang disertakan dengan setiap entri.

Saat ini kamu dapat menemukan versi Tetris di hampir semua jenis platform, termasuk PC, konsol, seluler, dan bahkan VR.

14. Metroid

Mengingat Metroid adalah salah satu properti Nintendo yang paling awal, mengejutkan melihat betapa sedikit dan jauhnya entri baru dalam seri yang dirilis.

Metroid memulai debutnya pada tahun 1986 dan melanjutkan untuk membangun genre baru video game berbasis eksplorasi yang dijuluki Metroidvania, di samping seri Castlevania.

Selama tiga puluh lima tahun, Nintendo telah mengeluarkan 16 game seri Metroid di seluruh perangkat genggam dan konsol, dengan yang terbaru adalah Metroid Dread.

15. Donkey Kong

Awalnya dirilis di arcade pada tahun 1981, popularitas Donkey Kong yang meroket ikut meningkatkan kekuatan Nintendo sebagai penyedia franchise game populer seperti Super Mario serta subseri Donkey Kong Country.

Sekarang empat puluh tahun dan 25 game kemudian, franchise game ini tidak sebesar Igame Nintendo lainnya seperti Super Mario, Legend of Zelda, atau Pokemon, dan mulai sedikit dilupakan seperti Metroid

Mempertimbangkan rilis game platformer terbaru yang dibintangi kera karismatik ini adalah Donkey Kong Country: Tropical Freeze tahun 2018, mungkin kamu tidak bisa berharap banyak akan ada lagi rilis game terbaru dari franchise ini.

16. Need for Speed

Need for Speed, salah satu franchise game balap paling populer di dunia

Selain menjadi salah satu game balap tersukses di dunia, Need for Speed juga jadi salah satu franchise game terlaris sepanjang masa. Tidak tanggung-tanggung, kopi game ini sudah terjual hingga ratusan juta dengan pendapatan triliunan.

Serial yang dikenal sebagai Over Driven di Jepang ini pertama kali dirilis pada tahun 1994. Salah satu fitur yang membuat game unik ini adalah hot pursuit di mana kamu bisa kejar-kejaran dengan polisi dan pembalap lainnya.

Hingga saat ini, game ini sudah memiliki lebih dari 25 seri yang tersebar di berbagai platform. Jika kamu senang memacu adrenalin dan menancap gas dalam-dalam, franchise game balap populer ini wajib kamu mainkan.

17. Bomberman

Mungkin mengejutkan beberapa gamer untuk mengetahui bahwa Bomberman telah ada lebih lama daripada banyak waralaba dalam daftar ini, dengan yang asli dirilis pada Juli 1983 untuk PC oleh Hudson Soft.

Sejak itu, ada lebih dari 70 judul dalam seri ini di game utama dan game spin-off yang mencakup PC, konsol, dan perangkat seluler.

Meskipun Bomberman mungkin tidak sepopuler pada 1990-an dan awal 2000-an, kesuksesan Super Bomberman R 2020 mungkin mendorong Konami untuk memberi lampu hijau lebih banyak game dalam seri ini.

18. The Sims

Di daftar selanjutnya ada franchise The Sims yang menjadi game simulasi kehidupan paling populer. Konsep permainannya pun sangat sederhana di mana kamu hanya perlu menggerakan sebuah pemain (sim) dan membuat keputusan yang berperan besar dalam kehidupannya.

Game yang pertama kali dirilis pada tahun 2000 ini menjadi salah satu pionir dalam mempopulerkan game dengan genre simulasi. Kesuksesan game ini bahkan membuatnya menjadi salah satu franchise game paling laris sepanjang masa.

Sampai saat ini, game The Sims masih terus mendapatkan update terbaru. Belum lagi DLC-nya yang beragam membuat konten The Sims jauh lebih kompleks dibanding pendahulunya.

19. Pac Man

Ada cerita bahwa pencipta Pac-Man, Toru Iwatani, mendapatkan ide untuk judul arcade tercinta ini sambil makan sepotong pizza di sebuah restoran di Tokyo.

Entah cerita itu benar atau tidak, popularitas Pac Man membuatnya franchise game terbaik ini sejajar dengan game legendaris lain seperti Tetris atau Pong.

Sekarang berusia empat puluh satu tahun di industri game, Pac-Man masih mendapatkan rilis baru sekitar tahun 2021 setelah rilis Pac-Man 99 eksklusif yang terinspirasi dari battle royale.

20. Microsoft Flight Simulator

Diakui tidak sepopuler banyak franchise game dalam daftar ini, Microsoft Flight Simulator memiliki riwayat rilis ekstensif yang lebih jauh dari yang kamu kira

Pengembangan sim penerbangan asli dimulai pada tahun 1977, dengan versi final dirilis lima tahun kemudian untuk IBM PC, menjadikannya perangkat lunak Microsoft yang paling lama berjalan dan mendahului Windows empat tahun.

Iterasi yang lebih baru telah meningkatkan kontrol, UI, dan grafik, dengan Microsoft Flight Sim 2020 untuk PC Windows dan Xbox Series X/S menawarkan lingkungan yang tampak paling realistis hingga saat ini.

21. Call of Duty

Call of Duty, franchise game FPS terbaik dan terlaris sepanjang masa

Game lain di daftar franchise game paling laris sepanjang masa selanjutnya adalah game tembak-tembakan, Call Of Duty. Game ini pertama kali dirilis oleh Activision pada platform PC dengan mengangkat cerita berlatar belakang Perang Dunia kedua.

Kini, serial game Call of Duty bisa dinikmati di berbagai platform mulai dari Playstation, Xbox, hingga smartphone. Ceritanya pun lebih beragam dan mengambil berbagai tempat menarik dalam sejarah dunia.

Popularitasnya membuat Call of Duty sebagai salah satu game paling populer di dunia. 14 Seri yang dirilisnya mampu mendatangkan penghasilan lebih dari 3 triliun dan membuat game ini menjadi salah satu game dengan gender FPS tersukses.

22. Space Invaders

Menjadi game franchise tertua kedua, Space Invaders asli memulai debutnya di arcade selama akhir 1970-an.

Sejak itu, gim ini telah di-remix, dirilis ulang, dan di-porting ke hampir semua sistem yang dapat kamu bayangkan, dengan yang terbaru adalah Space Invaders Forever 2020 untuk Nintendo Switch dan PS4.

Sepanjang waktu itu, sangat sedikit yang berubah mengenai mekanisme permainan Space Invaders, dengan satu-satunya perbedaan nyata adalah peningkatan grafis dan desain suara.

23. Megami Tensei

Dibuat oleh Atlus, Megami Tensei telah ada selama tiga puluh empat tahun dan telah dirilis lebih dari 50 kali, termasuk spin-off dan remake.

Serial ini dimulai dengan Digital Devil Story: Megami Tensei, sebuah JRPG berdasarkan trilogi novel fantasi sains yang ditulis oleh penulis Jepang Aya Nishitani.

Pada November 2021, entri terbaru, Shin Megami Tensei V, dirilis untuk Nintendo Switch, menandai game utama baru pertama sejak SMT4 pada 2013.

Post a Comment