30 Franchise Game Terlama, Terlaris, dan Terbaik Sepanjang Masa - GimTekno

30 Franchise Game Terlama, Terlaris, dan Terbaik Sepanjang Masa

Franchise game terbaik, terlaris, dan terpopuler sepanjang masa

(Update: 18 Agustus 2023) -  Menentukan Franchise game terbaik sepanjang masa jadi hal yang sulit mengingat ada banyak judul game yang mampu bertahan begitu lama dan secara konsisten mampu merilis sekuel game berkualitas dan ditunggu-tunggu pengemarnya.

Mengukur kesuksesan sebuah franchise game populer pun bukanlah hal yang mudah. Beberapa nama memiliki usia hingga puluhan tahun, yang lainnya mampu mencatatkan penjualan terbesar, ada pula yang mampu merilis banyak judul game selama bertahun-tahun.

Di luar itu, ada pula franchise game yang mampu melahirkan game ikonik dan terbaik sepanjang masa yang makin memperkuat nama franchise game itu sendiri.

Jika kamu penasaran apa saja seri game yang masuk daftar ini, berikut adalah list franchise game terbaik sepanjang masa yang namanya pasti sudah kamu kenal.

Franchise Game Terbaik Sepanjang Masa

1. Mario/Super Mario

Pertama kali muncul sebagai cameo di Donkey Kong tahun 1981, tukang ledeng Italia berkumis yang dikenal sebagai Mario tidak akan mendapatkan serinya sendiri sampai Super Mario Bros muncul di SNES pada tahun 1985.

Cameo Mario di game Donkey Kong
Pertama kali muncul sebagai cameo di Donkey Kong, Mario kini jadi salah satu franchise game terpopuler di dunia.

Muncul sebagai salah satu game platformer 2D paling ikonik, seri ini sekarang memiliki judul dari berbagai genre termasuk balap, olahraga, pertarungan, teris, dan banyak lagi. Selain itu genre platformer 3D yang lebih modern tetap dibuat dengan mempertahankan ciri khasnya, seperti latar belakang Mushroom Kingdom dan berbagai power-up unik di dalamnya.

Karakter yang kuat dan gameplay yang melekat di banyak hati penggemar membuat Mario lebih dari sebuah game, tapi juga salah satu ikon budaya pop yang populer. Maka tidak heran jika maskot Nintendo ini bahkan dikenal oleh mereka yang bahkan tidak memainkan game Mario/Super Mario.

2. Tetris

Saat pertama kali dibuat, Alexey Pajitov mungkin tidak akan menyangka kalau game puzzle buatannya akan jadi salah satu warisan terbesar di dunia game. Puluhan tahun berlalu, game ini bahkan masih terus dimainkan di berbagai perangkat keras yang ada.

Versi pertama Tetris
Versi pertama Tetris yang muncul di era 80-an

Dengan gameplay yang sangat sederhana, Tetris jadi permainan yang bisa dimainkan siapa saja, tanpa terhalang batasan budaya dan bahasa. Maka tidak heran jika game ini menjadi sangat populer dan bahkan menjadi fenomena global dengan jutaan pemain di seluruh dunia.

Kini, kamu bisa menemukan Tetris di berbagai platform. Guiness World Record bahkan mencatatnya sebagai game yang paling banyak diadopsi ke berbagai perangkat. Tidak jarang kamu pun bisa menemukan adaptasi permainan Tetris sebagai mini-game di banyak franchise game populer lainnya.

3. Pokemon

Pokemon adalah salah satu franchise game terbaik di dunia yang sebagian besar karakternya menjadi ikon populer. Game ini bahkan sempat menjadi pusat perhatian dunia saat Pokemon Go membuat banyak orang keluar rumah untuk mendapatkan pokemon mereka sendiri.

Pokemon Go
Kemunculan Pokemon Go di tahun 2016 sempat menjadi fenomena global.

Seri pertama dari game ini adalah Pokemon Red and Green yang dirilis pada tahun 1996 di Jepang sebelum akhirnya dikemas menjadi Pokemon Red and Blue untuk gamers internasional. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 150 judul game Pokemon yang tersebar di berbagai konsol Nintendo.

Menangkap monster lucu dan melatihnya hingga berevolusi jadi nilai jual unik seri game ini. Berkelana di dunia Pokemon yang familiar dan mengoleksi semua monster yang kamu temukan juga jadi hal menarik di game ini. Namun di luar itu, Pokemon terus berinovasi dan memperkenalkan banyak fitur baru untuk membuat game mereka tetap terasa fresh.

4. Call of Duty

Game lain di daftar franchise game paling laris sepanjang masa selanjutnya adalah game tembak-tembakan, Call Of Duty. Game ini pertama kali dirilis pada tahun 2003 oleh Activision pada platform PC dengan mengangkat cerita berlatar belakang Perang Dunia kedua.

Kini, serial game Call of Duty bisa dinikmati di berbagai platform mulai dari Playstation, Xbox, hingga smartphone. Ceritanya pun dibuat lebih beragam dan mengambil berbagai sudut pandang dan lokasi menarik dalam sejarah dunia.

Popularitasnya membuat Call of Duty sebagai salah satu game paling populer di dunia. 22 Seri yang dirilis hingga tahun 2022 mampu mendatangkan penghasilan lebih dari 6 triliun dan membuat game ini menjadi salah satu game dengan genre FPS tersukses.

5. Bomberman

Mungkin mengejutkan untuk mengetahui bahwa Bomberman telah ada lebih lama daripada banyak franchise game populer lain di dalam daftar ini, dengan yang asli dirilis pada Juli 1983 untuk PC oleh Hudson Soft. Sejak itu, ada puluhan judul dalam seri ini di game utama dan game spin-off yang mencakup PC, konsol, dan perangkat seluler.

Dibuat oleh Shinichi Nakamoto, game ini memiliki gameplay sederhana di mana pemain menempatkan bom secara strategis untuk mengalahkan musuh dan menghilangkan rintangan. Gim ini juga memiliki power-up dan item yang meningkatkan kemampuan Bomberman, seperti kapasitas bom, gerakan yang lebih cepat, dan ledakan yang lebih kuat.

Meskipun tidak sepopuler pada 1990-an dan awal 2000-an, game Bomberman masih terus diproduksi di berbagai platform gaming. Baru-baru ini Konami bahkan akan sedang berencana untuk merilis Super Bomberman R 2 yang mungkin saja akan mendorong kembali popularitas Bomberman.

6. FIFA

Tanpa diragukan lagi, FIFA buatan Electronic Arts (EA) jadi franchise game sport terbesar di dunia, tidak hanya untuk sepakbola tapi juga olahraga secara umum. Meski begitu popularitas FIFA tidak diraih dengan mudah. Dirilis pertama kali pada tahun 1993, baru pada edisi FIFA: Road to World Cup 98-lah popularitas FIFA mulai menanjak.

Fifa: Road to World Cup 98
FIFA: Road to World Cup 98 ikut melambungkan nama FIFA sebagai franchise game sport terbaik sepanjang masa.

Pada edisi tersebut, FIFA memperkenalkan banyak hal baru, seperti peningkatkan kualitas grafis, teknologi AI yang lebih baik, serta opsi kustomisasi pemain. Namun hal yang paling berkesan adalah adanya lisensi yang memungkinkan game ini untuk menampilkan semua nama lengkap negara dan pemain yang berlaga di Piala Dunia, sehingga memberikan pengalaman realistis bagi para pemain.

Sejak saat itu, FIFA terus melakukan ekspansi dan mendapatkan lebih banyak lisensi dari berbagai liga ternama dunia. Selain tu mereka juga terus melakukan inovasi, seperti pengenalan FIFA Ultimate Team (FUT) pada FIFA 09' yang menjadi populer hingga kini.

7. The Legend of Zelda

Franchise terkenal lainnya dalam sejarah Nintendo, The Legend of Zelda telah ada sejak tahun 1986 dan kini telah memiliki lebih dari 45 judul game utama, spin-off, dan remaster. Menariknya, game ini juga dikreasikan oleh Shigeru Miyamoto yang juga andil besar dalam franchise Mario dan Donkey kong.

Secara umum, game The Legend of Zelda berkisah mengenai petualangan fantasi di dunia Hyrule, di mana Link harus menyelamatkan putri Zelda. Aspek unik dari RPG ini adalah real-time battle yang dipadukan dengan eksplorasi dungeon dan dunia bawah tanah yang penuh dengan puzzle.

Meski tampilan visual dan mekanika permainan telah berevolusi dari waktu ke waktu, The Legend of Zelda tetap jadi game yang ditunggu-tunggu penggemarnya. Konsistendi dalam melahirkan game-game keren membuat The Legend of Zelda jadi game wajib bagi para penggemar RPG yang ingin mencari permainan seru dan menantang.

8. The Sims

Di daftar selanjutnya ada franchise The Sims yang menjadi game simulasi kehidupan paling populer. Konsep permainannya pun sangat sederhana di mana kamu hanya perlu menggerakan sebuah pemain (sim) dan membuat keputusan yang berperan besar dalam kehidupannya.

Game yang pertama kali dirilis pada tahun 2000 ini menjadi salah satu pionir dalam mempopulerkan game dengan genre simulasi. Kesuksesan game ini bahkan membuatnya menjadi salah satu franchise game paling laris sepanjang masa.

Sampai saat ini, game The Sims masih terus mendapatkan update terbaru. Belum lagi DLC-nya yang beragam membuat konten The Sims jauh lebih kompleks dibanding pendahulunya.

9. Assasin's Creed

Franchise game terbaik selanjutnya adalah Assassin’s Creed yang dirilis oleh Ubisoft. Seri pertama dari franchise ini dirilis pada tahun 2006 untuk Playstasion 3. Kini ada 12 judul utama dan belasan spin-off yang tersedia di berbagai platform gaming.

Assasin's Creed Unity
Selain gameplay, akurasi dan detail membuat Assasin's Creed jadi salah satu franchise game terbaik.

Assassin's Creed sendiri berkisah seputar rivalitas dua perkumpulan kuno, yaitu Ordo Assassin dan Ksatria Templar. Masing-masing judul gamenya menampilkan berbagai lokasi bersejarah sungguhan dengan cerita yang sedikit mencampurkan sejarah dan fantasi.

Hal yang paling menarik dari franchise game ini adalah tingkat keakuratan yang tinggi, terutama pada detail arsitektur, kostume, dan kebudayaan lokal. Mekanisme stealth di mana karakter kamu bisa menyelinap dan melakukan parkour di antara bangunan pun membuat game ini bergitu asik dimainkan.

10. Final Fantasy

Dari banyak cerita, Final Fantasy pertama yang rilis pada tahun 1987 adalah usaha terakhir dari Hironobu Sakaguchi dalam menyelamatkan Square dari kebankrutan. Siapa sangka game ini justru populer dan jadi pionir bagi salah satu franchise game paling populer sepanjang masa.

Final Fantasy VII Remake Intergrade
Final Fantasy telah banyak merilis banyak game ikonik yang membuatnya jadi salah satu franchise game terbaik sepanjang masa.

Kaget karena kesuksesan Final Fantasy I, Sakaguchi pun membuat sekuel dengan cerita dari nol karena memang tidak ada rencana untuk membuatnya. Cerita stand alone pun akhirnya jadi salah satu trademark Final Fantasy yang pada akhirnya memudahkan siapa saja untuk menyelami dunia Final Fantasy tanpa harus memainkannya dari awal.

Unsur cerita dan presentasi menjadi daya tarik utama game Final Fantasy. Franchise ini pun dikenal dengan berbagai karakter unik yang masing-masing memiliki kepribadian, latar belakang, serta misi yang berbeda-beda. Belum lagi dunia luas yang digambarkan dengan sangat indah dan detail.

Kini Final Fantasy memiliki puluhan judul game yang tersebar di banyak konsol game. Beberapa game Final Fantasy terbaik bahkan menjadi ikonik dan sering disebut sebagai game RPG terbaik sepanjang masa.

11. Sonic the Hedgehog

Sonic the Hedgehog merupakan sebuah game di mana landak berwarna biru adalah tokoh protagonis utama dalam serial game buatan Sega tersebut. Karakter ini bahkan begitu ikonik hingga menjadi salah satu maskot paling dikenal dari Sega yang bersaing ketat dengan Mario milik Nintendo.

Franchise game ini dirilis pertama kali pada tahun 1991 untuk Seag Mega Drive/Genesis. Hingga kini game Sonic masih terus aktif dikembangkan dengan Sonic Origins dan Sonic Superstars sebagai dua game terakhir yang mereka buat belakangan.

Secara umum, semua game Sonic berkisah mengenai usaha Sonic dalam melawan rencana jahat Dr. Eggman alis Robotnik. Gameplaynya pun termasuk super cepat di mana kamu bisa berlari di atas platform random sambil mengumpulkan cincin.

Franchise game Sonic pun dikenal memiliki banyak karakter, dengan Tail dan Knuckle jadi tokoh lain yang tidak kalah populer. Bila dikumpulkan, karakter-karakter di Sonic bisa saling diadu dalam permainan bergenre lain seperti balapan atau fighting.

12. Need for Speed

Selain menjadi salah satu game balap tersukses di dunia, Need for Speed juga jadi salah satu franchise game terlaris sepanjang masa. Tidak tanggung-tanggung, kopi game ini sudah terjual hingga ratusan juta dengan pendapatan triliunan.

Serial yang dikenal sebagai Over Driven di Jepang ini pertama kali dirilis pada tahun 1994. Salah satu fitur yang membuat game unik ini adalah hot pursuit di mana kamu bisa kejar-kejaran dengan polisi dan pembalap lainnya.

Hingga saat ini, game ini sudah memiliki lebih dari 25 seri yang tersebar di berbagai platform. Jika kamu senang memacu adrenalin dan menancap gas dalam-dalam, franchise game balap populer ini wajib kamu mainkan.

13. LEGO

Popularitas LEGO sebagai mainan balok-balokan memudahkan mereka untuk masuk ke media lain, seperti video games. Karena itulah mereka membentuk LEGO Media pada tahun 1996 dan merilis seri game mereka sendiri dengan dunia dan karakter yang terinspirasi dari mainan buatan mereka.

LEGO Lord of the Rings
Kolaborasi dengan seri ternama seperti The Lord of the Rings membuat LEGO jadi salah satu franchise game populer di dunia.

Sejak saat itu, LEGO terus meluncurkan game baru secara konsisten setiap tahunnya. Tidak cuma membuat seri original, mereka pun banyak berkolaborasi dengan franchise populer lainnya seperti Harry Potter, Star Wars, Pirates of the Caribbean, DC & Marvel Super Heroes, Lord of the Rings, dan banyak lagi.

Kebanyakan game LEGO melibatkan unsur puzzle dan petualangan. Selain itu game LEGO pun dikenal family-friendly dan cocok dimainakan segala umur. Lagipula siapa yang tidak ingin melihat dan memainkan karakter favorit mereka hadir dalam bentuk LEGO?

14. Resident Evil

Sejak tahun 1996, Resident Evil telah memperlihatkan kepada kita bagaimana seramnya berhadapan langsung dengan zombie dan makhluk hasil mutasi lainnya. Makanya tidak heran jika game yang awalnya bernama Biohazard ini berperan besar dalam mempopulerkan zombie dan genre survival horror.

Resident Evil 2 Remake
Resident Evil jadi franchise game yang berperan penting dalam mempopulerkan game zombie dan genre horror survival.

Secara umum, Resident Evil berkisah mengenai insiden bioterrorism di mana eksperimen berubah menjadi bencana. Sebagai pemain, kamu pun harus mempelajari asal muasal bencana tersebut sambil menyelamatkan diri dari kepungan zombie.

Popularitas franchise ini membuatnya masuk ke banyak media lain, mulai dari film aksi, animasi, seri televisi, novel, komik, merchandise, dan banyak lagi. Semuanya pun berperan besar dalam membuat Resident Evil sebagai franchise horror dengan pendapatan kotor terbesar.

15. Madden NFL

Meski American Football tidak terlalu populer di banyak negara, olahraga ini memiliki banyak penggemar setia, terutama di Amerika dan beberapa negara Eropa. Maka tidak heran jika Madden NFL yang awalnya dirilis sebagai John Madden Football untuk Microsoft DOS menjadi salah satu franchise game terlama yang masih dirilis hingga saat ini.

Dinamakan setelah pelatih dan komentator Hall of Fame Sepak Bola Pro yang ikonik, John Madden, serial ini telah terjual lebih dari 250 juta kopi dengan 40+ judul dalam kurun waktu lebih dari tiga puluh tahun.

Meski awalnya Madden NFL lebih dikenal sebagai seri PC dan konsol, versi terbaru dan spin-off-nya telah ikut merambah perangkat genggam dan seluler juga.

16. NBA 2K

Selain football, basketball juga jadi olahraga paling populer di Amerika Serikat. Dengan liga terbaik di dunia, NBA menarik minat jutaan penggemar olahraga tersebut, baik melalui siaran langsung maupun media lain seperti video game.

NBA 2K adalah franchise game olahraga yang dapat menangkap spirit bola basket dengan luar biasa. Mulai dari komentator, detail, soundtrack, hingga gameplay dibuat dengan kualitas terbaik. Dan sama seperti franchise olahraga lainnya, game ini pun selalu dirilis setiap tahun bertepatan dengan musim baru NBA.

Tidak cuma memungkinkan kamu untuk memainkan tim/pemain NBA favoritmu, game ini juga memiliki mode lain seperti MyCareer atau MyGM di mana kamu bisa meniti karir basket kamu sendiri, atau menjadi GM yang mengurus sebuah klub NBA.

17. Star Wars

Selain menyuguhkan kita dengan tontonan menarik, Star Wars juga memiliki banyak judul video game yang tidak kalah seru. Dimulai dari adaptasi The Empire Strikes Back pada tahun 1982 di Atari, kini sudah ada lebih dari 100 judul game Star Wars di berbagai platform gaming.

Star Wars: Jedi Survivor
Selain film, Star Wars juga hadir dalam bentuk video game yang ikut membantu memperluas cerita di dunia Star Wars.

Sama seperti di filmnya, game Sttar Wars memungkinkan kamu untuk menyelami dunia Star Wars, entah dengah menjadi Jedi, bertarung dengan lightsaber, menguasai The Force, atau mengendarai kendaraan ikonik mereka seperti Millenium Falcon dan X-Wings.

Game Star Wars pun mencakup berbagai genre, termasuk aksi-petualangan, RPG, simulasi luar angkasa, strategi, dan banyak lagi. Keragaman ini memungkinkan penggemar untuk menikmati alam semesta Star Wars dengan berbagai cara, sesuai dengan gaya bermain dan preferensi masing-masing.

Cerita dalam game Star Wars pun tidak sepenuhnya mengikuti kisah dalam filmnya. Beberapa memiliki cerita di luar franchise film dan memperkenalkan tokoh, cerita, dan lokasi baru yang menambah luas dunia Star Wars.

18. Pro Evolution Soccer

Franchise game paling laris sepanjang masa berikutnya adalah game sepakbola populer bernama Pro Evolution Soccer (PES), yang di Jepang dikenal dengan sebutan World Soccer: Winning Eleven.

Dirilis pada tahun 1995, game ini awalnya dibuat dengan nama J-League Jikkyou Winning Eleven. Setiap tahun game ini selalu dikembangkan dan mendapatkan update terbaru hingga menjadi game PES yang kita kenal selama ini.

Tingkat popularitas game ini bisa dilihat dari banyaknya penggemar sepakbola yang pernah memainkan game PES tersebut. Game ini bahkan mampu bersaing dengan raksasa game sepakbola lainnya, FIFA.

19. WWE 2K

Franchise game terbaik lainnya datang dari dunia gulat. Tapi bukan sembarang gulat karena ini adalah WWE! Dikenal juga dengan nama Smackdown, WWE adalah olahraga hiburan yang berhasil mengkombinasikan gulat dengan drama dan jurus maut dari para pesertanya.

Game pertama WWE adalah WWF SmackDown! yang dirilis oleh THQ pada tahun 2000 pada Playstation 1, disusul oleh WWF SmackDown! 2: Know Your Role di tahun yang sama. Dengan karakter ikonik seperti The Rock, Mankind, Triple H, dan The Undertaker, dua game pertama WWE ini mendapatkan respon yang sangat positif dan jadi pondasi bagus bagi sekuelnya hingga saat ini.

Fans jadi alasan terbesar kenapa franchise ini bisa bertahan lama. WWE 2K pun membalasnya dengan terus berinovasi, mulai dari menyempurnakan gerakan pemain, menambah event WWE, perhatian terhadap detail serta suara komentator dan penonton yang lebih realistis, hingga menambahkan karakter baru sesuai dengan rooster WWE terkini.

20. Tomb Raider

Karakter Lara Croft dengan tank top berwarna turquoise, celana pendek coklat, dan sepatu boots tinggi jadi salah satu karakter paling ikonik di dunia game. Lara Croft bahkan jadi salah satu karakter wanita dari game lawas yang paling sering dijadikan cosplay bersama Tifa Lockhart dan Chun-Li.

Tomb Raider Lara Croft
Popularitas Tomb Raider membuat Lara Croft jadi karakter game wanita yang sering dijadikan cosplay.

Game pertama Tomb Raider muncul di akhir tahun 1996 untuk PC, Playstation, dan Sega Saturn. Meski sempat vakum sejak 2018, Tomb Raider kembali meluncurkan game baru pada tahun 2023 dengan judul Tom Raider Reloaded yang rilis untuk perangkat smartphone Android dan iPhone.

Dengan cerita ala Indiana Jones, Lara Croft mengajak kita untuk berkeliling di berbagai lokasi historis untuk mencari berbagai artefak yang hilang sambil menelusuri makam kuno dan reruntuhan berbahaya. Game-nya pun memiliki gameplay yang sama di mana kamu akan berpetualang di lingkungan yang berbahaya sambil memecahkan puzzle, menjinakan perangkap, hingga melawan musuh yang menghadang.

21. Dragon Quest

Awalnya diperkenalkan ke dunia Barat sebagai Dragon Warriors, franchise Dragon Quest kini jadi salah satu franchise JRPG tertua dan terbesar di industri video game. Game pertama Dragon Quest hadir pada tahun 1986 di konsol NES. Kini, game ini sudah memiliki 11 seri utama, belum termasuk spin-off dan remake yang hadir di berbagai konsol game.

Game yang dibuat bersama pencipta Dragon Ball, Akira Toriyama, ini memiliki banyak hal yang membuatnya spesial. Selain tampilan grafis yang familiar, cerita hebat yang dinarasikan dengan baik jadi point utama franchise game ini. Belum lagi pengenalan mekanik khas game RPG yang bahkan jadi standar game dengan genre tersebut beberapa tahun setelahnya.

Jadi jangan heran jika game ini jadi salah satu franchise game terlaris, terutama di Jepang. Mereka bahkan pernah mencatatkan rekor penjualan hingga 1.1 juta kopi dalam sehari melalui Dragon Quest III di tahun 1988. Dragon Quest IV pun tidak mau kalah dan berhasil mencatatkan penjualan hingga 1.3 juta kopi hanya dalam satu jam saja!

22. Halo

Halo adalah game tembak-tembakan yang kini diterbitkan oleh Microsoft. Franchise game ini memiliki pengaruh besar pada budaya game dan genre FPS, dengan game pertama mereka, "Halo: Combat Evolved", dirilis pada tahun 2001 untuk konsol Xbox.

Dunia Halo kaya dengan cerita, menampilkan perpaduan teknologi futuristik, ras alien, dan konflik epik antara manusia dan Kovenan, aliansi spesies alien. Mereka juga memiliki protagonis ikonik, Master Chief Petty Officer John-117, yang merupakan tokoh sentral dalam franchise tersebut. Sikap gagahnya di balik baju besi canggih telah membuatnya menjadi karakter yang mudah dikenal pecinta game manapun.

Pada tahun 2004, HALO merevolusi game multipemain online di konsol, memperkenalkan matchmaking dan sistem peringkat. Mode ini pun disambut dengan sangat baik karena keseimbangan, desain peta, dan gameplay-nya yang kompetitif.

Sejak saat itu, daya tarik franchise tersebut telah menjangkau lebih banyak pemain di seluruh dunia, berkontribusi pada popularitasnya yang bertahan lama. Dampaknya bahkan melampaui game itu sendiri, memengaruhi budaya pop, merchandise, dan komunitas solid di berbagai belahan dunia.

23. Mortal Kombat

Mortal Kombat adalah game yang dikembangkan oleh NetherRealm Studios (sebelumnya Midway Games). Saat pertama dirilis pada tahun 1992 di arcade, game ini menonjol karena karakter digitalnya dan penggunaan efek kekerasan realistisnya, yang jadi hal yang tak biasa pada game pertarungan lain pada masa itu.

Mortal Kombat Sub-Zero Fatality Moves
Pertarungan brutal membuat Mortal Kombat jadi franchise game fighting terpopuler.

Popularitas Mortal Kombat pun ikut terbantu dengan adanya gerakan spesial bernama Fatality. Dengan gerakan ini, pemain bisa menghabisi lawan yang sudah kalah secara brutal dengan efek gore yang berlebihan. Meski menjadi kontroversi dan mendapatkan banyak kritik pada saat itu, para pemain menyukainya, dan hal ini pun menjadi ciri khas Mortal Kombat hingga sekarang.

Terlepas dari semua itu, franchise game ini menawarkan berbagai macam karakter, masing-masing dengan tampilan dan kepribadian yang berbeda. Setiap karakter bahkan memiliki gerakan khusus, kombo, dan mekanisme uniknya sendiri yang menjadi bagian tak terpisahkan dari gameplay franchise game terbaik sepanjang masa ini.

24. Dragon Ball

Franchise game Dragon Ball adalah serangkaian video game berdasarkan manga dan anime Dragon Ball buatan Akira Toriyama yang sangat populer. Game ini memungkinkan pemain untuk masuk ke dunia Dragon Ball, mengambil peran karakter ikonik dan terlibat dalam pertempuran epik.

Game Dragon Ball pertama, "Dragon Ball: Dragon Daihikyou", dirilis pada tahun 1986 untuk arcade. Namun, popularitas game mulai melambung pada 1990-an dengan dirilisnya beberapa game konsol. Karakter Dragon Ball pun sering muncul di banyak game crossover hingga game lain semacam Roblox.

Tidak dipungkiri, popularitas manga dan anime Dragon Ball ikut mengerek franchise game Dragon Ball ke tingkat yang lebih tinggi. Namun bila ingin netral, ada cukup banyak game Dragon Ball yang dibuat dengan sangat baik, dan bahkan asik dimainkan oleh mereka yang tidak menonton anime-nya.

25. Donkey Kong

Donkey Kong muncul pertama kali di arcade pada tahun 1981. Game ini dirancang oleh Shigeru Miyamoto, yang kemudian menciptakan banyak waralaba ikonik Nintendo. Sayangnya game ini sekarang lebih dikenal karena memperkenalkan Mario (saat itu dikenal sebagai Jumpman) saat ia mencoba menyelamatkan pacarnya Pauline dari cengkeraman Donkey Kong.

Terlepas dari semua itu, Donkey Kong adalah salah satu game platformer paling awal dan membuat banyak elemen gameplay yang menjadi inti permainan genre ini, seperti melompat antar platform dan menghindari rintangan, dengan level yang semakin lama semakin sulit.

Sayangnya franchise ini mulai sedikit terlupakan dengan game terakhirnya, Mini Mario & Friends: Amiibo Challenge, dirilis pada tahun 2016. Meski begitu karakter khas Donkey kong masih bisa kamu jumpai di game crossover Nintendo lainnya. Lagipula game ini sudah memiliki banyak game dan spin-off, sehingga kamu tidak akan kekurangan game Donkey Kong seru untuk dimainkan.

26. Metal Gear

Metal Gear awalnya dirilis sebagai game top-down shooter untuk komputer MSX2, tetapi gameplay-nya telah berkembang jauh selama bertahun-tahun hingga kini menyerupai game aksi-petualangan orang ketiga.

Serial ini paling dikenal karena gameplay yang yang banyak mengandalkan gerakan siluman dan cutscene menarik yang awalnya eksklusif untuk Jepang sampai dibuat dalam versi bahasa Inggris untuk pemain di Eropa dan Amerika Utara pada kurun waktu 1987-1990.

Sayangnya produksi seri Metal Gear sedikit terhambat setelah pembuatnya, Hideo Kojima, hengkang dari Konami di tahun 2015. Buktinya, sejak saat itu baru ada satu game Metal Gear baru yang rilis. Mirisnya, game ini pun mendapatkan review buruk, tidak seperti game Metal Gear sebelumnya saat masih dipengang oleh Hideo Kojima.

27. Grand Theft Auto

Grand Theft Auto (GTA) adalah franchise game buatan Rockstar Games yang pertama kali rilis pada tahun 1997. Meski begitu game ini jadi lebih populer berkat Grand Theft Auto II yang rilis pada tahun 2001 dengan 3D open world yang lebih imersif.

Grand Theft Auto III
GTA III jadi titik balik yang membuat franchise Grand Theft Auto populer seperti sekarang.

Franchise ini sendiri tidak cuma dikenal berkat gameplaynya, tapi juga bahasan kontroversial di dalamnya, dengan tema yang tidak jauh dari kejahatan, korupsi, dan moralitas. Tidak jarang pemain dihadapkan pada pilihan ambigu yang bertentangan dengan norma umum.

Meski begitu, game GTA tetap mendapatkan cinta dari banyak penikmat game. Kebebasan untuk melakukan apapun yang kamu mau jadi alasan terbesar. Selain itu komunitas modding GTA jadi salah satu yang paling aktif dan membuat game ini tetap terasa seru meski dimainkan berulang-ulang.

28. Street Fighter

Street Fighter adalah game buatan Takashi Nishiyama and Hiroshi Matsumoto yang pertama kali rilis di arcade pada tahun 1987. Kini, Street Fighter jadi franchise game terbesar kedua milik Capcom setelah Resident Evil.

Street Fighter menampilkan genre game pertarungan satu lawan satu, dengan gerakan khusus, kombo, dan gameplay kompetitif. Karakter yang dimilikinya pun beragam, dengan gaya bertarung, kebangsaan, dan kepribadian yang unik. Di antara banyak karakter, Street Fighter menjadikan Ryu dan Ken sebagai karakter utama dan meletakkan dasar bagi franchise game ini.

Kehadiran Street Fighter di era arcade membuatnya mampu meraih popularitas di komunitas penggemar game fighting yang kompetitif. Makanya kamu masih bisa menikmati game keluaran terbaru, seperti Street Fighter 6 yang baru diliris tahun 2023 ini.

29. Microsoft Flight Simulator

Meski tidak sepopuler banyak franchise game dalam daftar ini, Microsoft Flight Simulator memiliki riwayat rilis ekstensif yang lebih jauh dari yang kamu kira

Pengembangan sim penerbangan asli dimulai pada tahun 1977, dengan versi final dirilis lima tahun kemudian untuk IBM PC, menjadikannya perangkat lunak Microsoft yang paling lama berjalan dan mendahului Windows empat tahun.

Iterasi yang lebih baru dibuat untuk meningkatkan kontrol, UI, dan grafik, dengan Microsoft Flight Sim 2020 untuk PC Windows dan Xbox Series X/S menawarkan lingkungan yang tampak paling realistis hingga saat ini.

30. Space Invaders

Menurut Wikipedia, Space Invaders adalah franchise game terlama, di mana game pertamanya muncul pada thun 1978, dan game terbarunya masih terus muncul di tahun 2023.

Dibuat oleh Tomohiro Nishikado, game ini memperkenalkan pemain pada mekanisme gameplay yang sederhana namun menarik: menembak jatuh gelombang penyerbu alien yang turun.

Kemunculan Space Invaders dianggap sebagai pelopor dalam industri game dan telah meninggalkan pengaruh yang bertahan lama pada lanskap game arcade. Game ini memperkenalkan beberapa elemen gameplay yang inovatif, termasuk AI musuh yang bergerak dalam formasi, pergerakan musuh yang semakin cepat, dan konsep scoreboard.

Sejak kemunculannya, Space Invaders terus dibuatkan sekuel, adaptasi, dan rilis ulang. Meski begitu, mekanisme permainan Space Invaders tidak banyak berubah, dengan satu-satunya perbedaan nyata adalah peningkatan grafis dan desain suara.


Ada banyak alasan kenapa sebuah judul game bisa bertahan begitu lama. Selain mampu menawarkan kualitas permainan yang konsisten, update dan tambahan fitur baru juga membuat sebuah franchise game selalu dinanti setiap tahunnya. Di antara banyak seri game yang ada saat ini, beberapa nama di atas jadi franchise game terpopuler dengan jutaan pemain lintas generasi. (GimTekno.com)

0 Komentar