19 Tips dan Trik Google Search agar Kamu Jago Browsing - GimTekno

19 Tips dan Trik Google Search agar Kamu Jago Browsing

Google Search adalah mesin pencari raksasa yang bisa kamu gunakan untuk menemukan apa saja di internet dengan cepat. Cukup masukan kata kunci yang kamu inginkan, maka kamu bisa mendapatkan hasil pencarian yang relevan dengan apa yang sedang kamu cari.

Meski bisa digunakan dengan cara sederhana tersebut, ada beberapa tips dan trik Google Search yang bisa membantu kamu untuk mendapatkan hasil pencarian yang lebih spesifik. Dengan begitu kamu bisa mempersempit area pencarian dan mendapatkan apa yang kamu inginkan.

Nah, agar kamu lebih jago dalam browsing, berikut adalah beberapa tips dan trik Google Search yang bisa kamu praktikan sekarang.

Tips dan Trik Google Search

Tips dan Trik Google Search

1. Temukan variasi kata kunci

Jika kamu ingin mencari variasi kata kunci, kamu bisa menggunakan simbol (~) tepat sebelum kata kunci. Tips Google Search ini akan berguna jika kamu tidak yakin dengan apa yang kamu cari.

Misalnya, jika kamu mengetik ~Telepon ke dalam kotak pencarian, Google tidak hanya akan mencari telepon, tetapi juga telepon seluler, telepon pintar, dan beberapa hal lain yang terkait dengan telepon.

~Telepon

2. Kecualikan kata kunci tertentu pada pencarian

Jika kamu ingin mengecualikan kata kunci tertentu selama pencarian, cukup beri tanda hubung (–) sebelum kata kunci yang akan dikecualikan. Denganbegitu Google hanya akan fokus pada kata kunci yang kamu inginkan dan menghapus hasil pencarian yang memiliki kata kunci yang tidak kamu inginkan.

Misalnya, jika kamu ingin mencari 'laptop terbaik tahun 2021' tetapi tidak menyukai laptop yang diproduksi oleh Lenovo, berikut adalah cara melakukannya:

laptop bisnis terbaik 2021 -lenovo

3. Temukan semua situs yang tertaut ke situs web

Jika kamu ingin menemukan semua situs yang tertaut ke situs web tertentu, kamu dapat menggunakan trik Google Search yang satuu ini. Yang harus kamu lakukan adalah meletakkan link: sebelum URL situs web.

Misalnya, jika kamu ingin menemukan situs yang tertaut ke gimtekno.com, ini cara kamu melakukan pencarian,

link: gimtekno.com

4. Cari frasa tertentu yang menghindari sinonim

Biasanya, ketika kamu mencari sesuatu, Google akan melakukan beberapa tebakan dan menampilkan hasil yang menurut mereka relevan dengan apa yang kamu cari.

Untuk menghentikan Google melakukan tebakan itu dan membuatnya hanya mencari kata kunci yang tepat yang kamu cari, kamu harus menggunakan tanda kutip ganda di sekitar istilah pencarian.

Menggunakan tanda kutip ganda pada kata kunci akan menginstruksikan mesin pencari untuk memberikan hasil yang benar-benar menggunakan keyword tersebut saja.

“smartphone gaming terbaik”

5. Cari menggunakan operator OR

Jika kamu menggunakan OR di antara dua kata saat mencari di Google, kamu akan mendapatkan hasil tentang salah satu kata tersebut sesuai ketersediaan. OR harus selalu dalam huruf kapital.

Olimpiade 2013 OR 2014

6. Temukan situs serupa

Jika kamu ingin menemukan situs serupa seperti yang kamu rasa berguna, kamu dapat menggunakan tip pencarian ini. Jika kamu mengetikkan related: mengikuti URL situs yang kamu sukai, Google akan menampilkan situs yang menyediakan jenis layanan atau konten yang sama dengan situs tersebut.

related: facebook.com

7. Jadikan Google sebagai kalkulator

Kamu bisa mengetikkan soal matematika paling sederhana ke dalam Google Search dan Google akan menyelesaikannya untuk kamu.

3*3+ (120/12)

Trik Google Search untuk menghitung soal matematika


8. Temukan halaman yang memiliki istilah pencarian kamu di dalam konten

Jika kamu ingin mencari halaman yang berisi istilah pencarian kamu di bagian konten, kamu harus menggunakan allintext: sebelum istilah pencarian.

Google secara eksklusif akan menemukan halaman yang memiliki istilah pencarian kamu di area konten dan mengabaikan halaman-halaman yang hanya diberi judul dengan istilah pencarian kamu.

allintext: antivirus terbaik untuk windows

9. Temukan halaman yang memiliki istilah pencarian kamu dalam judul

Trips dan trik Google Search selanjurnta adalah penggunaanallintitle: sebelum istilah pencarian untuk membuat Google mencari halaman yang memiliki istilah pencarian kamu di judulnya.

allintitle:smartphone terbaik di bawah 1 juta

10. Temukan halaman yang memiliki istilah pencarian kamu di URL mereka

Jika kamu ingin Google menemukan halaman yang memiliki istilah pencarian kamu di URL mereka, kamu dapat menambahkan inurl: di depan istilah pencarian kamu.

inurl:laptop gaming terbaik

11. Lihat situs web meskipun sedang down

Google menyimpan versi cache dari semua situs web yang diindeks. Bahkan jika situs tertentu tidak aktif untuk sementara, kamu masih dapat membuat Google menampilkan versi yang di-cache. Cukup ketik cache: dan kemudian URL situs web itu di kotak pencarian Google.

cache: gimtekno.com

12. Temukan harga saham perusahaan mana pun

Jika kamu berinvesati dalam bentuk saham, kamu dapat melihat dan memantau harga saham saat ini dari perusahaan mana pun menggunakan Google. Cukup ketik saham: diikuti dengan nama perusahaan ke dalam kotak pencarian Google.

stocks: indofood

Tips Google Search untuk melihat dan memantau harga saham


13. Gunakan Google untuk konversi unit

Kamu dapat dengan mudah mengonversi berbagai pengukuran menggunakan kotak pencarian Google. Untuk melakukan ini, cukup ketik convert: diikuti dengan unit pengukuran dan konversi dari satu ke yang lain.

convert: 1200 miles in km

Sebagai alternatif, kamu juga langsung mengetik seperti contoh berikut

1200 miles to km

14. Temukan file yang kamu inginkan dengan mudah

Jika kamu ingin menemukan file dalam format yang diinginkan untuk diunduh, ketikkan kata kunci kamu diikuti dengan filetype: dan ekstensi file. Ini akan membantu kamu menemukan file di web dengan mudah.

musik meditasi filetype:mp3

15. Temukan semua halaman situs web yang diindeks oleh Google

Jika kamu ingin melihat semua halaman situs web tertentu yang sudah diindeks oleh Google, kamu dapat menggunakan tips dan trik Google Search ini. Yang harus kamu lakukan adalah, ketik site: sebelum URL situs ke dalam kotak pencarian.

situs: gimtekno.com

16. Temukan definisi kata apa pun menggunakan Google

Jika kamu ingin tahu apa arti kata yang tidak dikenal, ketikkan saja define: diikuti dengan kata kamu. Google pun akan mengambil penjelasan dari kamus Oxford.

define: computer

Sebagai alternatif, kamu juga bisa menambahkan mencari definisi kata seperti contoh berikut

computer meaning

17. Lihat hasil pencarian dari situs tertentu

Jika kamu ingin Google mencari kata kunci kamu hanya di situs web tertentu saja, ketik site: diikuti dengan URL situs pilihan kamu setelah istilah pencarian.

VPN terbaik site: gimtekno.com

18. Kecualikan hasil pencarian dari situs web tertentu

Saat mencari sesuatu di Google, jika kamu tidak ingin melihat hasil pencarian mengarah ke situs web tertentu, cukup ketik -site: diikuti dengan URL situs setelah istilah pencarian.

tutorial wordpress -situs:detik.com

19. Gunakan kotak pencarian untuk menerjemahkan teks

Kamu tahu bahwa kamu dapat menerjemahkan teks ke berbagai bahasa menggunakan Google translate, tetapi tahukah kamu bahwa kamu juga dapat menggunakan Google Search untuk terjemahan?

Kamu hanya perlu mengetikkan translate diikuti dengan teks dalam tanda kutip dan ke dalam bahasa pilihan.

translate:"what are these" into japanese

Meski begitu tips Google Search ini hanya bisa dipakai pada beberapa kalimat umum saja. Jika kamu mengetik kalimat yang spesifik seperti 'di mana hotel terbaik di Shinjuku,' maka Google akan memberikan kamu rekomendasi sesuai kata kunci tersebut.


Meski bisa digunakan seperti biasa, ada banyak tips dan trik Google Search yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan hasil yang lebih spesifik. Dengan begitu hasil pencarian bisa disesuaikan agar pas dengan apa yang kamu cari. Dengan banyaknya fitur-fitur seperti contoh di atas, tidak heran kan kalau mesin pencari ini masih jadi yang terbaik dibanding mesin pencari selain Google lainnya.

0 Komentar