10 Anti Malware Terbaik di PC dan Laptop Windows - GimTekno

10 Anti Malware Terbaik di PC dan Laptop Windows

Anti malware terbaik untuk pc dan laptop Windows

Anti malware menjadi salah satu program yang harus kamu pasang di PC atau laptop, terutama ketika kamu sering terhubung ke internet. Malware dapat digunakan untuk mencuri informasi pribadi kamu mulai dari nomor KTP, informasi bank, kartu kredit, dan sebagainya. Selain itu, beberapa juga menggunakan malware untuk mencuri informasi pribadi, keuangan, dan bisnis.

Meskipun Windows 10 memiliki proteksi bawaan pada Windows Defender, dan Microsoft rutin merilis update keamanan, selalu ada cara bagi malware untuk membahayakan PC kamu.

Namun, tidak perlu khawatir karena ada banyak solusi agar PC kamu dapat terhindar dari masuknya malware berbahaya tersebut. Dalam posting ini, kita akan melihat beberapa anti-malware terbaik untuk PC dan laptop Windows kamu.

Anti Malware Terbaik PC

1. Malwarebytes

Malwarebytes - anti malware terbaik pc dan laptop

Malwarebytes adalah nama teratas saat kamu mencari aplikasi anti malware terbaik PC dan laptop Windows. Aplikasi ini sendiri mengambil pendekatan unik untuk melindungi PC kamu dari malware. Mereka fokus pada pendeteksian bentuk malware terbaru dan ancaman lainnya, yang belum dideteksi oleh sebagian besar perusahaan tradisional.

Malwarebytes akan memberi kamu dua opsi setelah pemindaian. Pertama, tempatkan item yang dicurigai di area aman yang dikendalikan oleh Malwarebytes. Atau, abaikan dan kecualikan dari proses scanning di masa mendatang. Chameleon adalah fitur Malwarebytes yang paling populer. Fitur ini berfungsi sebagai pencegah malware yang mencoba menonaktifkan aplikasi anti-malware pada komputer yang terinfeksi.

Selain itu ada juga Malwarebytes Anti-exploit, yang memantau serangan yang masuk ke komputer kamu melalui kelemahan perangkat lunak. Tidak cuma itu, aplikasi ini adalah salah satu anti malware paling ringan, yang menyebabkan tidak berat saat dijalankan.

2. Bitdefender Internet Security

Bitdefender Internet Security - software anti malware terbaik untuk windows 10

Bitdefender Internet Security memiliki beberapa pertahanan anti malware terbaik dan paling komprehensif di bidang keamanan pc. Aplikasi ini lebih dari sekedar program anti-malware, namun juga memiliki fitur enkripsi file, perlindungan anti ransomware, dan bahkan mode permainan dan browser yang bisa diandalkan.

Perlindungan malware dari Bitdefender bekerja dalam tiga tahap. Yang pertama adalah perbandingan kode yang dicurigai dengan ciri-ciri malware yang diketahui oleh mesin pemindai filenya. Kemudian, monitor mengamati perilaku file dan memeriksa kodenya. Jika mendeteksi sesuatu yang mencurigakan, aplikasi ini akan mengirimkannya ke server Bitdefender untuk dianalisis.

Software anti malware terbaik untuk Windows 10 ini juga bisa secara otomatis memindai drive USB. Satu-satunya kelemahan saat ini adalah waktu yang lama untuk melakukan pemindaian sistem secara menyeluruh, terutama jika kamu memiliki jumlah data yang sangat banyak dan tidak menggunakan SSD.

3. Norton Power Eraser

Norton, seperti yang mungkin kamu ketahui, adalah salah satu merek paling tepercaya di dunia keamanan internet. PC kamu akan bebas dari malware dan konten berbahaya lainnya setelah menggunakan Norton Power Eraser. Perangkat lunak ini adalah alat sederhana namun efektif untuk menghapus semua potensi ancaman dari PC kamu.

Aplikasi ini juga dapat menghilangkan adware dan pop-up di komputer kamu. Semua spam dihapus secara agresif oleh Power Eraser. Sangat mudah untuk memindai sistem kamu, dan hasilnya ditampilkan dengan cara yang mudah digunakan setelah pemindaian selesai. Untuk mencegah ancaman cyber secara efektif, Norton Power Eraser juga dapat mendeteksi dan menghapus ancaman lain seperti Crimeware.

4. Zemana Anti Malware

Zemana - anti malware terbaik untuk laptop windows 10

Zemana AntiMalware adalah scanner malware online yang bisa digunakan untuk melakukan pemindaian secara real-time dalam versi berbayarnya. Aplikasi ini tidak akan menyimpan definisi virus di komputer kamu, melainkan mengunggah file fingerprint ke server cloud mereka sesuai permintaan.

Anti malware terbaik untuk laptop ini mampu mendeteksi dan menghapus virus, trojan, rootkit, worm, spyware, adware, dan malware lainnya. Antarmuka pengguna perangkat lunak ini sangat bersih dan sederhana, serta memiliki dukungan teknis yang sangat baik jika kamu membutuhkannya.

Untuk semua jenis malware, Zemana AntiMalware menggunakan tingkat deteksi zero-hour. Dengan begitu setiap malware dapat terdeteksi sebelum menyebar lebih jauh ke PC kamu.

5. Emsisoft Anti Malware

Emsisoft adalah nama yang mungkin kurang populer, padahal fitur yang ditawarkannya tidak kalah dibanding anti malware terbaik lainnya. Aplikasi ini tidak hanya membantu dalam mendeteksi dan menghapus malware, tetapi juga mampu meningkatkan kinerja keseluruhan sistem kamu. Selain itu, aplikasi ini telah meningkatkan perlindungan terhadap bot dan serangan backdoor yang dapat mencuri informasi sensitif kamu.

Fitur File Guard-nya menggunakan teknologi pemindaian mesin ganda Emsisoft untuk memindai file yang selesai diunduh dan dieksekusi. Ada juga anti-ransomware, pemblokir perilaku, penjelajahan web, dan perlindungan anti-phishing.

Anti-Malware Emsisoft memiliki fitur yang sangat keren dan unik yang disebut Emergency Kit Maker. Fitur ini akan menciptakan paket portabel yang dapat disimpan di mana saja, termasuk pada perangkat USB. Setelah itu, kamu dapat memindai komputer lain juga melalui flash disk.

6. Total AV

Total AV - anti virus dan malware terbaik untuk pc

TotalAV adalah salah satu software anti malware dan antivirus pc terbaik di pasaran. Meskipun relatif baru, aplikasi ini dapat mendeteksi, menghapus dan mencegah melaware menyebar di PC kamu. Makanya tidak heran bila aplikasi ini mendapatkan reputasi tinggi di dunia keamanan siber.

Mesin perlindungan real-time TotalAV diklaim sangat cepat dan aman. Apalagi fitur tersebut dikembangkan Avira yang menjadi salah satu merek top di dunia cyber security.

Sayangnya versi premium antivirus ini agak mahal, tetapi aplikasi ini menawarkan perlindungan anti-malware terlengkap yang tersedia di pasaran saat ini. Dengan salah satu mesin pemindaian yang paling kuat, Total AV sangat layak dipertimbangkan jika kamu memerlukan anti malware terbaik untuk Windows.

7. MalwareFox

MalwareFox adalah anti-malware paling ringan untuk Windows yang hadir dengan banyak fitur untuk menjaga pc atau laptop kamu agar bebas dari malware. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memiliki perlindungan ransomware, pembersihan browser, dan banyak fitur lainnya.

Pemindaian secara default hanya mencari drive internal, tetapi dalam pengaturan, kamu dapat mengizinkan akses ke drive apa pun. Antarmuka pengguna aplikasi ini cukup menarik, dan kinerjanya tidak akan menghabiskan terlalu banyak sumber daya komputer kamu.

MalwareFox mendeteksi ancaman menggunakan teknologi Pro-Active. Teknologi ini pada dasarnya menggunakan signature dari sebuah program untuk memeriksa ancaman dan mengirimkannya ke servernya. Jika signature tersebut cocok dengan malware yang dikenal, maka file tersebut akan dihapus dari komputer kamu.

8. Kaspersky Internet Security

Kaspersky Internet Security - Aplikasi anti malware terbaik pc dan laptop

Kaspersky Internet Security memiliki fitur anti malware terbaik yang bisa memberikan perlindungan dengan dampak minimal pada sistem kamu. Aplikasi ini memiliki sebagian besar fitur yang kamu harapkan, seperti enkripsi file, file shredder, anti-spam, dan pengoptimal sistem. Selain itu juga terdapat beberapa fitur yang cukup keren, seperti firewall dua arah dan perlindungan webcam.

Fitur utama Kaspersky adalah deteksi ancaman virus dan malware, pemantauan perilaku untuk mendeteksi malware “zero-day” yang tidak diketahui, dan analisis berbasis cloud dari perangkat lunak mencurigakan yang diunggah dari mesin pengguna.

Selain itu fitur internet security monitor mampu memantau semua perangkat di jaringan kamu dan mencegah pemasangan perangkat lunak dan malware yang tidak diinginkan. Ini juga mencakup iOS dan Android untuk keamanan seluler kamu. Semua ini membuat Kaspersky menjadi salah satu aplikasi anti malware terbaik untuk PC Windows.

9. Avast AntiVirus

Avast - anti virus dan anti malware terbaik gratis pc

Avast Antivirus adalah program anti virus dan malware terbaik gratis dengan banyak fitur seperti safe web browser serta pengunduh video. Meski gratis, pendeteksi malware-nya adalah yang terbaik di kelasnya.

Aplikasi ini juga merupakan salah satu aplikasi anti-malware ringan yang tidak memperlambat sistem kamu dengan cara apa pun. Faktanya, tab “performance issues” memungkinkan kamu mengidentifikasi dan membersihkan masalah yang memengaruhi kinerja PC kamu.

10. Spybot Search & Destroy

Spybot Search and Destroy menggunakan pemindaian aktif untuk mencegah spyware dan malware menyusup dan membuat perubahan di komputer kamu. Selain monitoring, aplikasi ini juga bisa melakukan pemindaian penuh untuk mencari program berbahaya di sistem kamu.

Tidak hanya ampuh untuk menangkap malware, program ini juga bisa digunakan untuk memblokir cookie dan plugin yang tidak kamu inginkan, menghapus trek penggunaan, hingga memindai rootkit yang bisa membahayakan PC kamu.

Satu hal yang menarik, Spybot dapat menghapus jejak penggunaan yang mendokumentasikan file yang kamu buka, aplikasi yang kamu luncurkan, dan situs web yang kamu kunjungi. Dengan begitu, Spybot memberi pengguna lapisan perlindungan lain dari orang yang berniat jahat.

0 Komentar