10 Antivirus Gratis Terbaik PC Windows - GimTekno

10 Antivirus Gratis Terbaik PC Windows

 

Antivirus gratis terbaik pc dan laptop windows

Memasang antivirus gratis terbaik bisa jadi langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengamankan pc atau laptop kamu tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam. Meski bisa dipakai secara cuma-cuma, perlindungan yang bisa kamu dapat sagnat baik dan cukup untuk penggunaan pribadi.

Tidak cuma mencegah virus, beberapa aplikasi antivirus pc juga dilengkapi banyak fitur untuk mencegah bahaya lain seperti malware, backdoor, spamming, spoofing, atau ransomware. Jadi tidak hanya sebagi antivirus, mereka juga bisa menjadi anti malware atau anti ransomware terbaik untuk komputer kamu.

Nah, buat kamu yang ingin menggunakannya, beirkut adalah beberapa rekomendasi antivirus gratis terbaik yang bisa kamu download dan instal di pc atau laptop kamu.

Antivirus Gratis Terbaik PC

1. Avast

Avast adalah salah satu perusahaan antivirus tertua yang sudah beroperasi sejak 1988 dan digunakan oleh hampir 500 juta pengguna di seluruh dunia. Avast juga telah memenangkan banyak penghargaan sebagai antivirus gratis terbaik.

Dari hasil test yang dilampirkan oleh situs av-test.org, Avast Free Antivirus bahkan memiliki nilai sempurna pada kategori performance, protection, dan usability. Jadi tidak hanya memberikan perlindungan maksimal, antivirus ini pun mudah digunakan, dan tidak akan menggganggu kinerja pc atau laptop kamu secara signifikan.

Perlindungan yang diberikan Avast pun tidak sebatas pada virus saja, tapi juga ancaman berbahaya lain seperti malware dan ransomware. Kamu pun bisa mendapatkan fitur keamanan lainnya seperti web protection, email protection, serta gamer mode yang akan sangat berguna buat kamu yang hobi main game online.

2. Avira Free Security

Avira - Aplikasi Antivirus gratis terbaik pc dan laptop Windows

Antivirus gratis terbaik pc selanjutnya adalah Avira Free Security. Sama seperti Avast, Avira pun mendapatkan hasil yang sangat baik dalam pengetesan yang dilakukan oleh av-test.org. Meski gratis, antivirus ini memiliki detection rates yang sangat baik, serta cepat dan cukup ringan saat digunakan.

Jika memungkinkan, virus scanner Avira akan lebih banyak beroperasi menggunakan teknologi cloud mereka dan melakukan pendeteksian serta analisis pada sistem mereka. Hal ini membuat proses tersebut berjalan cepat, serta tidak membebani komputer kamu dan membuatnya tidak berat saat dijalankan.

Satu hal menarik dari antivirus Avira adalah adanya ekstensi browser Safe Shopping yang bisa melindungi kamu dari situs phising, web trackers, dan iklan yang tidak diinginkan. Selain itu versi gratisnya juga memiliki fitur VPN yang bisa digunakan untuk mengakses situs yang diblokir.

Hal lain yang tidak kalah menarik adalah adanya fitur optimization tools yang dapat membantuk kamu membersihkan file sampah dan cookies, serta memperbaiki menu pengaturan privacy tersembunyi yang diam-diam merekam semua data kamu.

3. AVG Free Antivirus

Bicara tentang software antivirus gratis tentu belum lengkap tanpa menyebut nama AVG AntiVirus. Meski kini menjadi bagian dari Avast, AVG tetap menyediakan antivirus yang tidak kalah baiknya.

Jangan tertipu dengan label gratisnya. Melalui aplikasi antivirus terbaik pc ini kamu akan mendapatkan banyak fitur premium seperti perlindungan terhadap URL jahat, add-on browser yang tidak diinginkan, dan memeriksa kinerja PC di dalamnya.

Selain itu, AVG AntiVirus memiliki fitur zero hour detection yang akan melindungi kamu dari virus terbaru. Hal ini dilakukan dengan melaporkan masalah apa pun segera setelah mendeteksinya dan mengirimkan laporan ke pengembangnya.

Tidak hanya itu, AVG AntiVirus juga terbukti melindungi komputer dari malware tersembunyi seperti spyware dan serangan ransomware. Jadi jika kamu perlindungan lengkap, AVG Antivirus free bisa jadi pertimbangan sempurna.

4. Kaspersky Security Cloud

Kaspersky Security Cloud - antivirus terbaik gratis windows

Kaspersky adalah salah satu aplikasi antivirus terbaik di dunia. Meski kebanyakan produknya berbayar, kamu bisa menikmati versi gratisnya dengan download Kaspersky Security Cloud.

Sama seperti versi lainnya, Kaspersky Security Cloud juga memiliki detection rates yang baik dan dapat mengenali virus dengan segera. Selain itu aplikasi ini juga menyediakan perlindungan terhadap malware meski belum sebaik aplikasi anti malware pada umumnya.

Tidak hanya memberikan perlindungan dari virus dan malware, Kaspersky Security Cloud juga menyediakan fitur-fitur menarik seperti VPN yang bisa digunakan untuk membuka situs yang diblokir pemerintah atau negara tertentu, password manager, file shredder, hingga virtual keyboard agar kamu terhindar dari ancaman keylogger.

5. Bitdefender Antivirus Free

Antivirus gratis lain yang tidak kalah canggih adalah Bitdefender buatan developer asal Rumania. Dari beberapa test independen yang dilakukan, Bitdefender versi gratis ini memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mendeteksi virus dan mengatasinya. Bahkan fitur anti malware di dalamnya pun mendapatkan hasil yang sangat baik dan sama ampuhnya.

Menggunakan engine berbasis cloud, Bitdefender free dapat digunakan secara online dan berjalan di background sambil memonitor aktivitas mencurigakan di pc atau laptop kamu. Kamu pun tidak akan melihat perubahan performa yang signifikan di komputer kamu.

Tidak cuma itu, Bitdefender pun memiliki fitur anti phising dan fraud protection yang tidak kalah baiknya. Dengan begitu kamu bisa tetap nyaman saat berselancar di dunia maya dan melakukan transaksi secara online.

6. Total AV Free Antivirus

Total AV menyediakan antivirus gratis yang bisa kamu gunakan untuk penggunaan pribadi. Tidak hanya bisa melindungi dari virus, aplikasi keamanan ini juga bisa melindungi kamu dari malware, spyware, cryptojcaking, dan phising. Dari tes yang dilakukan secara independen, kemampuan Total AV untuk mendeteksi malware bahkan tidak kalah dibanding anti malware terbaik di pasaran.

Tidak cuma itu, phising protection yang ditawarkan Total AV Free Antivirus juga patut diacungi jempol. Menggunakan data yang komprehensif serta teknologi berbasis AI, aplikasi ini mampu mendeteksi situs mencurigakan dengan sangat baik, bahkan lebih baik dibandig tools anti phising bawaan Google Chrome.

Sayang pada versi gratisnya kamu tidak akan mendapatkan fitur real-time protection yang penting untuk melindungi komputer sejak pertama dinyalakan. Untuk mendapatkan fitur ini dan banyak fitur tambahan lainnya, kamu harus upgrade terlebih dahulu.

7. Panda Free Antivirus

Panda free antivirus

Panda Free Antivirus adalah aplikasi yang cocok bila kamu sedang mencari software anti virus yang ringan, mudah digunakan, namun tetap memiliki kinerja yang bisa diandalkan. Tidak hanya mendeteksi virus, aplikasi ini juga mampu menghalau adware, spyware, dan ransomware.

Satu hal yang menarik dibanding anti virus gratis lainnya adalah adanya fitur gaming mode. Dengan begitu kamu tidak akan mendapatkan notifikasi mengganggu selama kamu asik bermain game.

Tidak cuma itu, Panda Free Antivirus juga memiliki fitur rescue kit yang dapat digunakan untuk menyimpan antivirus ini ke dalam flash disk agar kamu bisa mendeteksi virus di komputer lain tanpa perlu menginstalnya terlebih dahulu. Dan jika kamu senang berselancar di dunia maya, versi gratis Panda Antivirus ini juga menawarkan VPN dengan kuota 150 MB per hari.

8. Adaware Free Antivirus

Antivirus gratis pc lain yang bisa kamu coba adalah Adaware Free. Pada versi gratisnya, kamu bisa mendapatkan program yang bisa melindungi kamu dari berbagai jenis virus, ransomware, spyware, dan malware. Selain itu aplikasi ini juga bisa memindai unduhan kamu agar tidak disisipi oleh program berbahaya.

Sayangnya fitur yang ditawarkan pada versi gratis Adaware hanya sebatas pada real-time protection dan scan on demand saja. Untuk mendapatkan fitur lain seperti Firewall, web protection, parental control, hingga PC Cleaner, kamu harus mengupgrade ke versi premium terlebih dahulu.

9. Sophos Home Free

Antivirus ini memiliki dua varian, yaitu Sophos Home dan Sophos Business. Di antara keduanya, satu berbayar, dan satu lagi gratis untuk digunakan. Namun menariknya, kamu akan mendapatkan semua fitur premium yang termasuk dalam varian berbayar di versi gratisnya.

Software antivirus gratis ini memiliki manajemen keamanan jarak jauh yang dapat digunakan untuk mengelola masalah terkait keamanan komputer dari jarak jauh.

Desain Sophos yang praktis telah membuatnya populer di kalangan pengguna yang tidak awam teknologi juga. Jadi, jika kamu membutuhkan perangkat lunak antivirus yang sempurna dengan mekanisme yang mudah, Sophos Home Free patut jadi salah satu pilihan kamu.

10. Immunet

Immunet, antivirus gratis buatan Cisco dengan database ClamAV

Dibanding antivirus lain, Immunet mungkin bukan nama yang cukup populer. Padahal aplikasi antivirus gratis ini dikembangkan oleh Cisco.

Melalui aplikasi ini, komputermu bisa terlindungi dari berbagai ancaman mulai dari virus, malware, spyware, bots, worms, trojan, hingga keylogger yang terdapat pada database ClamAV.

Immunet sendiri dilengkapi dengan teknologi unique signature automation yang mampu mengenali program berbahaya. Namun yang membuatnya unik adalah penggunaan cloud computing yang terhubung dengan komunitas pengguna Immunet lain. Jika ada salah satu anggota yang terkena virus baru, maka Immunet akan memasukan ancaman tersebut dan memastikan tidak ada anggota lain yang terkena bahaya yang sama.

Dengan ukuran yang hanya 10MB, Immunet jadi anti virus gratis paling ringan yang bisa kamu coba. Selain itu kamu bisa menjadikannya sebagai proteksi tambahan dan menginstal antivirus lain sebagai perisai utamanya.

0 Komentar